Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Blogger Perlu Membeli Domain Sendiri

Simak yuk beberapa alasan blogger perlu membeli domain sendiri. Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika punya blog yang menggunakan Top Domain Level (TLD)


Zaman sekarang sudah banyak blogger yang menggunakan Top Level Domain atau lebih dikenal dengan istilah TLD. Bukan tanpa alasan, blog dengan alamat tanpa embel-embel blogspot atau wordpress memang terlihat lebih keren dan profesional. 

Selain itu blogger yang menggunakan domain sendiri juga berpeluang mendapatkan penghasilan dari blognya baik dari sponsored post, content placement atau review produk. Jadi bukan hanya dari google adsense saja. 

Awalnya saya mulai ngeblog karena ingin menyalurkan hobi saya yang sejak kecil sudah suka dengan aktivitas menulis. Namun setelah tahu blog ternyata dapat dimonetisasi, saya tertarik dan akhirnya memutuskan membeli sebuah domain. 

Alasan membeli Domain Sendiri

Sebelum lanjut saya jelaskan sedikit dulu ya tentang domain. Sederhananya domain atau TLD adalah nama dari sebuah website/blog. 

Misalnya kamu ingin mencari blog ini, saat browsing di internet kamu cukup ketik "siska dwyta" maka dari hasil pencarian akan muncul www.siskadwyta.com

Nah, siskadwyta.com inilah yang disebut domain. Sedangkan .com adalah eksistensi domain. Eksistensi domain sendiri ada beragam jenisnya. 

Beberapa eksistensi domain yang populer di kalangan blogger selain .com yaitu .id, .net, xyz, web.id, dan .my.id. 

Kamu bisa memilih sesuai keinginan dan budget yang kamu miliki karena setiap jenis eksistensi punya harganya masing-masing. 

Kalau pengen domain yang murah kamu bisa coba my.id, atau kalau punya budget lebih kamu bisa memilih .id atau .net. Namun umumnya para blogger lebih suka eksistensi .com karena mudah dihapal dan harganya juga cukup terjangkau. 

Pertanyaannya sekarang, mengapa sih blogger perlu membeli domain atau apa untungnya menggunakan TLD? Simak yuk jawabannya berikut ini. 

Membangun personal branding 

Membeli domain adalah salah satu langkah awal yang mesti kamu lakukan jika ingin membangun personal branding sebagai seorang blogger. 

Well, saya sudah ngeblog selama delapan tahun, tetapi orang-orang baru mengenal saya sebagai blogger tiga tahun terakhir ini. Tepatnya setelah saya memiliki domain sendiri. 

Padahal kalau diingat, dulu saya kesulitan membangun personal branding karena memiliki banyak nama pengguna di media sosial. Username saya di facebook tidak sama dengan nama akun saya di Instagram, begitu pula di twitter. Alamat blog saya juga beda. Alhasil orang-orang jadi kesulitan mengidentifikasi saya. 

Apalagi saat itu saya merasa tidak ada 'keahlian' pada diri ini yang bisa saya tonjolkan. 

Baru setelah aktif ngeblog dan beralih menggunakan domain siskadwyta.com sekaligus menggunakan username siskadwyta di semua akun media personal branding saya mulai terbentuk. 

Sekarang kalau mendengar nama Siska Dwyta, mereka mengenal saya sebagai blogger. Kalau kamu searching dengan mengetikkan nama Siska Dwyta, kamu juga pasti akan menemukan domain atau nama webiste saya di halaman pertama dan peringkat pertama mesin pencari.

Ya, domain yang kamu pasang di blog/website akan sangat memudahkan kamu membangun personal branding. Bahkan manfaat membeli domain yang bukan cuma dirasakan blogger, kamu juga bisa memanfaatkan TLD untuk branding usaha yang tengah kamu rintis atau jalankan. 

Tentunya orang-orang akan mudah mengenali nama usaha kamu jika kamu memiliki domain dengan nama yang sama. 

Mudah diingat dan menarik perhatian pengunjung 

Blog yang menggunakan TLD biasanya lebih mudah diingat para pengunjung. Bukan hal yang mengherankan. Semakin pendek nama domain atau alamat blog/website kamu, semakin mudah pula orang menghapalnya. 

Coba saja bandingkan nama blog berikut ini: 

www.muslimahsenja.blogspot.com www.muslimahsenja.wordpress.com www.muslimahsenja.com 

Mana yang paling mudah kamu ingat? Pastinya nama blog yang ketiga, kan? Tidak hanya mudah dihapalkan, menggunakan domain juga dapat menarik banyak pengunjung lho. 

Seperti yang saya singgung di atas, blog dengan TLD terkesan lebih keren dan tampak profesional sehingga dapat dengan mudah membangun kepercayaan pengunjung. 

Ketika pengunjung mencari sebuah artikel di mesin pencari, akan ada banyak sekali hasil penelusuran. 

Nah, rata-rata pengunjung akan lebih memilih artikel dari blog yang menggunakan domain berbayar. 

Serius mengurus blog 

Kamu sudah punya blog namun jarang diurus. Posting hanya sekali-kali. Enam bulan sekali atau setahun sekali. Blog kamu yang tampilannya sudah cantik kamu biarkan jadi sarang laba-laba. 

Padahal kalau diseriusi, blogmu itu bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Namun jangan dulu fokus ke sana. Mendapatkan penghasilan dari blog memang bukan hal yang mustahil. Hanya saja prosesnya tidak instan. 

Kalau kamu tertarik menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tambahan, kamu juga harus serius mengurusnya. Minimal harus konsisten dulu ngeblognya. 

Agar bisa serius dan membuang rasa malas, tidak ada salahnya kamu mengeluarkan sejumlah uang untuk beli domain. Cara tersebut bisa memotivasi dan membuat kamu lebih semangat mengurus blog. 

Meningkatkan SEO blog 

Alasan selanjutnya mengapa blogger perlu menggunakan domain berbayar adalah karena SEO. Setiap blogger pastinya ingin postingan blognya berada di halaman pertama mesin pencari. 

Artikel dengan keyword tertentu yang berhasil menduduki peringkat pertama di halaman awal google akan berpeluang mendatangkan traffic yang besar. Itulah sebabnya para blogger berlomba-lomba menerapkan teknis optimasi mesin pencari atau sering disebut SEO. 

Di sinilah manfaatnya memasang domain berbayar. Umumnya blog yang menggunakan TLD akan mudah terindeks dan berada di halaman pertama google ketimbang blog yang masih menggunakan domain gratisan. 

Berpeluang mendapatkan penghasilan 

Penghasilan dari blog bisa didapatkan melalui berbagai cara, diantaranya sebagai publisher adsense, ikut lomba blog, menerima tawaran kerjasama dari brand/agensi dalam bentuk sponsored post atau content placement, pasang link afiliasi dan lain sebagainya. 

Nah, sebenarnya menggunakan domain gratis atau yang masih bawaan blogspot maupun wordpress juga bisa mendapatkan penghasilan, akan tetapi peluangnya tidak sebesar saat kamu memiliki blog ber-TLD. Pasalnya brand atau agensi lebih tertarik bekerja sama dengan blogger yang punya blog TLD ketimbang non TLD. 

Lomba blog dengan hadiah jutaan rupiah juga biasanya disyaratkan hanya untuk blogger yang blognya menggunakan top domain level. 

Itu dia lima alasan mengapa blogger perlu membeli domain untuk meningkatkan kualitas blognya. Sangat menarik, bukan?

Penutup

Walau harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli domain dan biaya perpanjangannya setiap tahun, percayalah, kamu tidak akan rugi sama sekali.

Malah ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki domain sendiri. Nantinya uang yang kamu keluarkan untuk beli domain ditambah hosting jika kamu ingin menggunakan blog berbayar jumlahnya nggak seberapa dibanding uang yang mengalir ke rekening kamu setelah memonetisasi blog. 

Hayoo sampai di sini, mungkin kamu juga tertarik ingin mengikuti jejak saya untuk memiliki domain sendiri. Eh tapi bagaimana caranya? 

Pasti kamu bingung ya mau beli domain dimana? Tenang. Kamu bisa beli di tempat jual beli domain termurah se Indonesia. Penyedia jasa layanan domain dan hosting yang satu ini memang sangat recommended

Selain menawarkan harga domain yang murah kamu juga bisa dapat pelayanan yang memuaskan. Ok, selamat berburu domain incaran kamu. 

Salam,

Posting Komentar untuk "5 Alasan Blogger Perlu Membeli Domain Sendiri"

Berlangganan via Email