Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Terbaru Google Meet, Intip Juga Sederet Fitur Menarik Lainnya

Fitur terbaru Google Meet baru saja diluncurkan bulan ini. Fitur lainnya juga tidak kalah menarik. Intip di sini yuk!

Fitur terbaru google meet

Beberapa waktu lalu saya sempat heran saat temu online dengan teman-teman Seo Moms Community via Google Meet. Pasalnya terakhir kali saya membuka layanan aplikasi video yang dikembangkan oleh Google ini tampilannya masih sederhana sekali.

Nah, sekarang tampilan Google Meet sudah jauh lebih keren lho. Pasalnya belakangan ini Google gencar melakukan pembaruan terhadap layanannya dengan menghadirkan fitur-fitur baru yang sangat menarik.

Apa saja fitur terbaru dari Google Meet dan bagaimana cara menggunakannya? Lalu sejauh ini apa-apa saja fitur Google Meet yang bisa diakses pengguna? Yuk kita bahas!

Sekilas Tentang Google Meet

Sejak pandemi COVID-19 aktivitas di luar rumah menjadi terbatas. Walau sudah diterapkan adaptasi kenormalan baru namun hingga hari ini masih ada kantor yang menjalankan WFH. Rata-rata sekolah juga tetap menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pandemi yang tak kunjung reda membuat sebagian besar orang memanfaatkan aplikasi layanan video konferensi seperti Google Meet untuk bertemu secara virtual.

Google Meet adalah layanan video konferensi yang dikembangkan oleh Google. Kehadiran layanan ini di masa pandemi tentu sangat penting karena berbagai fiturnya dapat digunakan untuk menunjang produktivitas jarak jauh.

Penggunaan Google Meet sendiri tidak terbatas pada kegiatan meeting formal saja. Layanan video konferensi yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 lalu ini juga bisa dipakai untuk pertemuan keluarga, gathering online komunitas maupun silaturahmi atau reuni virtual.

So far, aplikasi ini boleh digunakan sesuka penggunanya asalkan bukan untuk hal-hal yang buruk ya. Jadi mau pake buat acara resmi bisa, santai pun bisa.

Apalagi kini Google Meet punya fitur baru yaitu filter augmented reality (AR) dan efek baru yang lucu dan menggemaskan. Ajang temu online pun bisa jadi lebih seru dan menyenangkan lho.

Fitur Terbaru Google Meet

Melalui akun twitter resminya Google mengumumkan mengenai fitur Augmented Reality (AR) yang baru-baru diluncurkan Google Meet dan telah tersedia di Android maupun iOS.

“Tambahkan kucing, astronot, ubur-ubur, dan lainnya ke panggilan Meet kamu. Filter, topeng, dan efek baru kini tersedia untuk Meet di Android dan iOS. Cobalah hari ini," demikian isi cuitan Google di Twitter versi Bahasa Indonesia pada 8 Juli kemarin.

Fitur baru Google Meet tersebut terletak di ikon sparkle yang berada di kanan bawah saat melakukan video call.

Namun perlu diketahui bahwa fitur baru Google Meet hanya tersedia khusus untuk pengguna akun Gmail pribadi dan tidak tersedia bagi pengguna workspace.

Fitur terbaru yang rilis bulan Juli ini memang dirancang agar video konferensi yang berlangsung seperti kelas online tidak berjalan membosankan.

Meski demikian fitur seru-seruan ini tidak dapat digunakan oleh pengguna workspace demi menjaga agar pemilik akun tetap profesional dalam menggunakan Google Meet untuk keperluan pekerjaan.

Jadi pilihan fitur pada pemilik workspace terbatas, yakni hanya terdapat fitur latar belakang buram maupun latar belakang virtual.

Berbagai fitur yang mengandung filter dan efek sekarang ini memang lagi tren terutama di kalangan anak muda.

Tidak heran Google menghadirkan fitur ini pada layanannya sebagai upaya agar pengguna Google Meet semakin meningkat.

Maka dengan hadirnya fitur AR, bukan tidak mungkin Google Meet bisa jadi tempat favorit anak-anak muda buat kumpul-kumpul, selain di Instagram dan tiktok, hehe.

Cara Menggunakan Fitur Terbaru Google Meet

Menarik sekali mengetahui Google Meet kini punya fitur yang bisa bikin wajah kita berubah unyu nan menggemaskan saat melakukan panggilan video.

Nah, pastinya kamu penasaran kan pengen coba pakai fitur terbaru dari Google Meet.

Caranya gampang sekali kok. Biar kamu tidak bingung simak yuk langkah-langkah menggunakan fitur terbaru Google Meet berikut ini :
  • Buka aplikasi Google Meet via dekstop atau android/iphonoe
  • Selanjutnya lakukan panggilan video Google Meet dengan teman
  • Klik ikon sparkle yang berbentuk bintang berkilau pada kanan bawah layar
  • Setelah klik akan muncuk tab “Effect” pada sisi bawah.
  • Geser ke samping untuk menemukan “Filters”.
  • Pilih filter yang ingin kamu gunakan Tersedia banyak pilihan filter yang dapat digunakan.
Tentunya dengan hadirnya fitur terbaru dari Google ini akan membuat kegiatan pertemuan online baik dengan keluarga, kerabat maupun teman-teman menjadi lebih seru dan tidak membosankan.

Mengintip tampilan baru dan berbagai fitur Google Meet lainnya

Seperti yang sudah saya singgung di atas, tampilan Google Meet sekarang makin keren. Apalagi ditunjang dengan berbagai fitur-fitur terbarunya.

Kalau kamu terakhir menggunakan Google Meet sekitar lima bulan lalu mungkin kamu juga akan kaget dengan perubahan pada layanan video konferensi milik Google ini.

Selama beberapa bulan terakhir Google memang melakukan pembaruan besar-besaran. Sebelum merilis fitur AR, bulan Juni kemarin juga Google Meet menambahkan sejumlah fitur menarik lainnya yang tidak kalah menarik.

Agar kamu tidak ketinggalan informasi dan tidak kaget melihat 'wajah baru' Google Meet, yuk kita ulas juga sejumlah fiturnya yang lain.

Fitur Tata Letak

Kini Google Meet juga sudah punya tampilan grid view lho yang bisa menampilkan banyak orang sekaligus dalam satu layar seperti yang bisa dilakukan aplikasi lain, contohnya Zoom. Jadi bisa juga dipake buat foto-foto setelah meeting, hehe. 

Menariknya kita juga bisa atur sendiri tata letaknya sesuai keinginan. Ada 4 opsi yang bisa kita pilih, auto (menyesuaikan jumlah peserta), sidebar (fokus ke satu peserta tetapi bisa juga melihat peserta lain), sorot (hanya menampilkan satu peserta saja) dan grid view (tampilan bersusun).

Fitur Hemat Kuota

Google Meet sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur bernama Limit Data Usage yang bisa membantu pengguna untuk menghemat kuota data internet mereka.

Untuk mengatur mode hemat data ini, pengguna cukup buka menu pengaturan lalu aktifkan toggle "Limit Data Usage" dengan menggeser toggle ke samping kanan. 

Jika fitur hemat data ini diaktifkan maka konsumsi data internet akan dikurangi oleh Meet dengan cara mengurangi kualitas streaming video.

Fitur Latar belakang

Tidak ingin ketinggalan dari layanan video konferensi kompetitornya, Google Meet juga menghadirkan fitur latar belakang yang  bisa diakses via dekstop sejak November 2020 lalu dan baru-baru ini fitur tersebut juga sudah dapat dinikmati pengguna Androidm.

Selain mengganti latar belakang dengan gambar, dengan fitur ini juga kita bisa mengubah background menjadi buram.

Fitur Q&A

Google Meet sudah melengkapi layanannya dengan fitur Q&A lho. Lewat fitur ini pengguna bisa mengajukan pertanyaan dan kemudian akan dijawab oleh narasumber.

Tentu dengan adanya fitur Q&A jalannya meeting tidak akan terganggu. Sayangnya fitur Google Meet yang satu ini hanya dapat dinikmati oleh pelanggan akun kelompok G Suite saja.

Fitur Pencahayaan Otomatis

Google Meet juga semakin memanjakan penggunanya dengan menghadirkan fitur yang dapat mendeteksi secara otomatis apabila pengguna memiliki cahaya redup. 

Nantinya, Google Meet dapat meningkatkan kecerahan cahaya untuk membantu visibilitas pengguna. 

Demikian sejumlah fitur yang dimiliki Google Meet. Sebenarnya masih banyak lagi fitur lainnya seperti live streaming youtube maupun fitur teks ke streaming.

Selain itu Google Meet juga memperbaharui fitur raise hand yang kini tampil dengan animasi baru mengangkat tangan dengan suara notifikasi dan penyesuaian agar host tahu ada yang mengangkat tangan. 

Well, untuk fitur-fitur yang nggak sempat saya ulas di sini bisa kamu eksplor sendiri di aplikasinya ya. Selamat menikmati berbagai  fitur terbaru Google Meet. 

Semoga postingan ini bermanfaat.

Salam, 

Posting Komentar untuk "Fitur Terbaru Google Meet, Intip Juga Sederet Fitur Menarik Lainnya"

Berlangganan via Email