7 Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

Tips membeli apartemen untuk pemula
Gambar : vasantainnopark.co
Tips membeli apartemen perlu diketahui oleh pemula. Sebagai konsumen kita harus cerdas dalam memilih properti. Jangan asal membeli hunian. Terlebih uang yang dikeluarkan untuk membeli sebuah unit apartemen tidaklah sedikit.

Membeli apartemen memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan memiliki hunian yang praktis ini.

Biar tidak keliru, simak yuk tips membeli apartemen yang bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu sebagai pemula.

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

Vasanta innopark
Salah satu apartemen yang recommended, bernuansa Jepang dan modern (vasanta innopark)

Pilih Apartemen yang Berada di Lokasi Strategis

Apartemen yang berada di tempat strategis sudah pasti memiliki banyak keunggulan. Salah satunya dapat memudahkan akses penghuninya.

Pasalnya apartemen yang memiliki lokasi strategis biasanya dekat dengan berbagai fasilitas umum. Mulai dari fasilitas transportasi, pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga rumah sakit.

Dengan demikian kamu tidak akan kesulitan bila ingin bepergian. Tentunya dengan memilih apartemen yang dekat dengan berbagai fasilitas umum juga bisa bikin kamu hemat biaya transportasi.

Beli saat Soft Launching atau Pre-Order

Tips berikutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah masalah harga. Jika ingin mendapatkan hunian dengan harga diskon belilah apartemen pada saat pre-order atau soft launching.

Developer apartemen biasa memberi diskon besar-besaran kepada calon pembeli di masa soft launching. Nah, ini bisa menjadi trik buat kamu untuk membeli unit apartemen di bawah harga normal.

Cek kredibilitas developer

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah mencari tahu kredibilitas pengembangnya agar terhindar dari penipuan.

Apalagi jika kamu membeli unit saat masih periode soft launching. Pasalnya pada periode tersebut gedung apartemen yang hendak kamu beli bisa saja belum dibangun.

Nah, untuk memastikannya kamu bisa mengecek  kredibilitas pengembang apartemen lewat Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Cek Izin dan Legalitas Bangunan Apartemen

Selain memastikan kredibilitas developer, kamu juga harus mengecek perihal izin dan legalitas bangunan apartemen yang hendak kamu beli .

Pastikan pihak pengembang sudah mengantongi sertifikat HGB, IMB dan SIPPT dari pemerintah setempat. Sebab apartemen yang sudah mendapat izin serta legalitas memiliki semua dokumen tersebut.

Gunakan Jasa Agen Properti Profesional

Sebagai orang yang masih awam dalam pembelian unit apertemen kamu bisa memilih untuk menggunakan jasa agen properti profesional.

Dengan begitu tugas kamu dalam urusan ini bisa lebih ringan karena segala hal terkait jual-beli apartemen seperti mencari unit terbaik, melakukan negosiasi, hingga mengurus surat-menyurat akan ditangani langsung oleh tim agen properti yang kamu sewa jasanya.

Pilih Unit Apartemen sesuai Kebutuhan

Apartemen terdiri atas berbagai tipe mulai dari studio, 1 bedroom, 2 bedroom, dan lain sebagainya. Tentu kamu harus memiliki pengetahuan mengenai hal ini agar dapat membantumu menemukan unit apartemen yang tepat.

Apalagi harga dari masing-masing tipe unit berbeda-beda. Jadi pastikan kamu memilih apartemen yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Nah, sebagai referensi kamu bisa cek apartemen di vasanta innopark.

Perhatikan fasilitas apartemen

Satu lagi tips membeli apartemen yang jangan sampai kamu lewatkan. Sebelum memutuskan untuk membeli kamu harus tahu fasilitas apa saja yang tersedia di apartemen tersebut, baik itu berupa fasilitas umum maupun pendukung.

Jika tersedia perabotan di dalam unit berarti itu termasuk fasilitas pendukung. Jadi pastikan apa saja fasilitas yang akan kamu dapatkan nantinya.

Sementara fasilitas umum yang dimaksud seperti yang disinggung di poin satu, dekat dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, masjid, tempat wisata, rumah sakit dan lain sebagainya

Demikian tips membeli apartemen untuk pemula. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu menemukan hunian yang cocok.

Selamat mencoba!

Salam,

Posting Komentar untuk "7 Tips Membeli Apartemen untuk Pemula"