LMS ruangkerja Solusi untuk Pelatihan Karyawan Perusahaan Saat Pandemi

Informasi mengenai LMS ruangkerja ini perlu diketahui oleh perusaahan yang ingin melakukan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM.

Kondisi pandemi ditambah dengan aturan PPKM membuat perusahaan tidak bebas mengadakan pelatihan seperti dulu. Padahal perusahaan harus senantiasa memberikan pelatihan-pelatihan untuk upgrade skill karyawannya agar bisa bersaing dengan perusahaan lain.

Untuk itu ruangkerja hadir sebagai solusi yang dapat membantu perusahaan yang ingin ingin menyelenggarakan pelatihan online. 

Bagaimana ruangkerja dapat menjadi solusi bagi perusahaan agar tetap bisa memiliki daya saing tinggi di tengah pandemi COVID-19? Yuk kita bahas! 

Pentingnya Perusahaan Memiliki Daya Saing Tinggi

Sebuah perusahaan memang harus memiliki sifat kompetitif agar dapat bertahan. Tanpa memiliki daya saing yang tinggi perusahaan bisa saja terhambat kemajuannya bahkan mengalami kebangkrutan.

Tentu dampak buruk tersebut tidak diharapkan terjadi. Itu sebabnya penting bagi perusahaan untuk terus bersaing.

Namun supaya dapat bersaing dengan perusahaan lain jelas bukan perkara mudah. Perusahaan harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. 

Selain itu perusahaan juga harus memiliki motivasi yang kuat untuk terus bertumbuh dan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman yang begitu pesat.

Untuk mencapai hal tersebut, pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan harus dilakukaan. 

Apalagi di era yang serba cepat seperti sekarang. Ilmu pengetahuan juga sudah semakin maju sehingga persaingan bisnis di semua bidang pun kian bertambah ketat.

Maka untuk mempertahankan keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan harus memastikan bahwa kualitas SDM yang dimilikinya terjamin bagus.

Mengapa hal demikian penting? Tentunya supaya perusahaan dapat tetap mengembangkan eksistensinya di masa depan. Oleh sebab itu, adanya pelatihan dan pengembangan SDM sangat krusial bagi kemajuan perusahaan.

Namun seperti yang sudah saya singgung di atas, kondisi pandemi COVID-19 membatasi semua aktivitas manusia di luar rumah.

Semua orang dilarang berinteraksi secara langsung termasuk dianjurkan untuk menghindari berbagai perhelatan atau acara yang mengundang kerumunan.

Dengan demikian pelatihan-pelatihan yang rutin dilakukan perusahaan untuk meningkatkan SDM mengalami berbagai kendala sehingga tidak bisa dilaksanakan seperti biasanya padahal anggaran sudah disiapkan. 

Lantas pertanyaan yang muncul kemudian, bagaimana langkah yang tepat agar perusahaan tetap bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM?

Tentu saja jawabannya adalah dengan melakukan pelatihan online. Apa sih yang tidak bisa kita lakukan di zaman sekarang? Meski tinggal di rumah saja kita bisa tetap berinteraksi dengan orang lain dengan memanfaatkan kecanggihan teknolongi.

Dengan dukungan teknologi yang super canggih, semakin banyak aktivitas individu maupun kelompok yang tetap bisa berjalan dengan lancar sekalipun tidak bertemu langsung, termasuk untuk upgrade skill melalui pelatihan pun kini dapat dilakukan secara digital. 

Nah, kamu mungkin sudah sering mendengar istilah Learning Management System (LMS). Ya, LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital. 

Salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru. 

Mengenal ruangkerja dan Keunggulannya sebagai LMS di Indonesia


ruangkerja merupakan Learning Management System (LMS) untuk pelatihan perusahaan dan lembaga yang dikembangkan oleh Ruangguru.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Ruangguru? Perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan dan telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran. 

Ruangguru kini hadir dengan inovasi terbarunya yaitu ruangkerja yang dikhususkan untuk pelatihan karyawan secara online. Boleh dibilang ruangkerja adalah cara baru untuk melakukan pelatihan perusahaan.

Bersama ruangkerja, perusahaan dapat membuat pelatihan yang efektif dan efisien karena di ruangkerja materi pembelajaran dibuat dengan menggunakan sistem micro-learning dan dikombinasikan dengan video kuis, dan infografis yang menarik.

Bukan hanya itu, ruangkerja juga memiliki  tampilan yang user-friendly dan sudah dilengkapi pula dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah tim manajemen dalam mengadakan pelatihan karyawan, seperti monitoring dashboard, leaderboard, collaboration dan masih banyak keunggulan lainnya.


Menariknya lagi,  setelah menyelesaikan setiap kelas, peserta bisa langsung mengunduh sertifikat dengan tampilan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan ruangkerja, pelatihan menjadi lebih terukur, cepat, dan terjangkau.

Berbagai Fitur ruangkerja Memudahkan Pelatihan Perusahaan

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern dengan menghadirkan berbagai fitur  menarik yang dapat membuat proses pelatihan untuk karyawan berjalan lancar dan nyaman.

Berikut ini beberapa fitur yang terdapat di ruang kerja :

Mobile learning

Dengan menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga karyawan dapat memilih mengikuti pelatihan ketika benar-benar sedang tidak sibuk bekerja.

Learning journey

Agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewatkan, ruangkerja juga sudah dilengkapi dengan fitur learning journey dimana ruangkerja memiliki pendekatan belajar yang terstruktur dan sistematis yang sangat cocok untuk para karyawan atau profesional yang sibuk dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran berbasis mobile.

Dengan adanya fitur ini, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. 

Learning plan

Selanjutnya terdapat fiur learning plan yang didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan.

Selain itu, desain juga dapat dibuat dengan baik, agar enak dilihat, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Sehingga karyawan menjadi nyaman saat belajar dan tidak mengalami kejenuhan.

Collaboration

Fitur menarik lainnya yang diberikan ruangkerja adalah collaboration sebagai media diskusi antar karyawan. 

Jadi, di ruangkerja perusahaan dapat membuat forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. 

Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien kan?

Leaderboard

Satu lagi nih fitur yang tidak kalah menarik yaitu leaderboard untuk memotivasi karyawan mendapatkan peringkat teratas dalam pelatihan.

Dengan fitur leaderboard perusahaan dapat memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat langsung oleh pimpinan.

Oleh karenanya, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan perusahaan akan semakin semangat untuk belajar. Apalagi setelah itu mereka juga bisa langsung mendapatkan sertifikat.

LMS ruangkerja menawarkan solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Mengapa memilih ruangkerja?

Sampai di sini kamu tentu kamu sudah  mendapatkan jawaban mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online.

Salah satu alasannya sesuai yang sudah saya rangkum di atas, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

Peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. 

Intinya dengan memanfaatkan ruang kerja semua jenis pelatihan dapat dikontrol dengan baik dan berjalan secara maksimal.

Jadi kalau bisa disimpulkan secara teknis ruangkerja memang sangat efektif. Pun berdasarkan waktu, sangat efisien untuk digunakan. Namun bagaimana dengan harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan? 

Nah, jawabannya adalah IYA. Kenapa? Karena ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, yaitu sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat. 

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah lho dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live

Dilengkapi pula dengan SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja. Sangat menarik, bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, perusahaan akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.

Itulah informasi mengenai LMS ruangkerja yang dapat menjadi solusi terbaik bagi perusahaan yang ingin melakukan pelatihan karyawan tanpa hambatan di masa pandemi. Semoga bermanfaat ya. 

Salam,


1 komentar untuk "LMS ruangkerja Solusi untuk Pelatihan Karyawan Perusahaan Saat Pandemi "

Comment Author Avatar
LMS Ruangkerja cocok bgt nih buat perusahaan yg ingin memberikan pelatihan pada karyawannya agar memiliki skill yang baik. Selain itu perusahaan jg berani bersaing dgn perusahaan yg lain. Fitur2 nya pun bagus bgt

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.