Biaya Aqiqah Anak Perempuan di Masa Pandemi

Biaya aqiqah anak perempuan 2021

Biaya aqiqah anak perempuan jelas berbeda dengan biaya yang perlu orang tua keluarkan bila ingin memesan paket aqiqah anak laki-laki. Masalah biaya aqiqah untuk anak laki-laki atau anak perempuan memang sering menjadi kendala utama.

Banyak orang tua yang memiliki niat segera melaksanakan aqiqah di hari ke-7 setelah kelahiran bayinya tetapi terhalang dengan kondisi dana tabungan yang belum cukup atau ada keperluan penting lainnya.

Untuk itu ada baiknya jika orang tua sudah mulai menyisihkan tabungan aqiqah untuk calon buah hatinya jauh-jauh hari. Tentu akan lebih mudah menabung ketika kita mengetahui perkiraan biaya aqiqah bayi perempuan atau bayi laki-laki saat ini.

Hukum aqiqah sendiri adalah sunnah muakad atau sunnah yang diutamakan. Ada sebagian ulama juga yang berpendapat bahwa hukumnya wajib.

Terlepas dari hukum aqiqah, sudah sepatutnya kita bersyukur atas kelahiran buah hari tercinta. Salah satu bentuk syukur kita sebagai hamba setelah dianugerahi anak adalah dengan melaksanakan aqiqah yang disyariatkan oleh agama.

Itu sebabnya kita harus mengusahakan untuk bisa menyelenggarakan aqiqah. Apalagi Islam adalah agama yang tidak memberatkan umatnya. 

Jika belum mampu melaksanakan aqiqah di hari ke-7 kita bisa melaksanakannya di hari ke-14, 21, 28 atau di waktu-waktu lain. Dianjurkan pelaksanaannya paling lambat sebelum anak menginjak usia aqil baligh.

Lagipula aqiqah bisa dilaksanakan dengan sederhana tidak harus meriah atau menggelar acara besar-besaran, yang penting bisa terlaksana sesuai syariat.

Untuk aqiqah anak perempuan karena hanya memerlukan 1 ekor kambing sehingga biaya yang dikeluarkan tentu lebih murah dibanding aqiqah anak laki-laki yang membutuhkan 2 ekor kambing.

Harga 1 Ekor Kambing Aqiqah 

Untuk mengetahui perkiraan anggaran aqiqah anak perempuan kita harus membuat terlebih dahulu rincian daftar kebutuhan. Tentu anggaran paling utama yang harus kita sediakan adalah biaya untuk pembelian hewan aqiqah.

Harga untuk 1 ekor kambing sendiri beragam. Tergantung jenis dan ukuran kambing yang kita pilih. Harga kambing jantan dan kambing yang berukuran besar jelas lebih mahal dibanding harga kambing betina dan kambing berukuran kecil.

Nah, sebagai gambaran berikut ini info mengenai harga satu ekor kambing dari beberapa penyedia jasa kambing aqiqah terdekat dari lokasi tempat tinggal saya yakni di sekitar daerah Makassar :
  • Harga kambing di Juragan Kambing Makassar berkisar antara 1,7 Juta hingga 3 juta untuk kambing jantan dan 1,3 juta hingga 2,3 juta untuk kambing betina
  • Di Kambing Makassar kamu bisa menemukan kambing jantan dengan kisaran harga 1,6 juta hingga 2,3 juta sedangkan kambing betina berada di kisaran harga 1,3 juta hingga 1,7 juta
  • Kambing di Rumah Akikah Makassar juga dijual dengan harga yang bervariasi dengan kisaran antara 1,3 juta hingga 2,5 juta.
Dari informasi di atas bisa disimpulkan bahwa harga kambing juga bergantung pada tempat dimana kita membeli kambing. Harga 1 ekor kambing jantan di suatu tempat bisa berbeda dengan harga kambing jantan di tempat lainnya. Maka ada baiknya bila kamu melakukan survei terlebih dahulu untuk mendapatkan harga kambing terbaik.

Tentunya pemilihan kambing harus disesuaikan dengan anggaran. Jika dana yang kamu siapkan untuk aqiqah putri kecilmu hanya cukup untuk membeli 1 ekor kambing betina ya tidak masalah karena tidak ada ketentuan yang mengharuskan aqiqah dilaksanakan dengan menyembelih kambing jantan.

Estimasi Biaya Aqiqah Anak Perempuan

Setelah mendapat gambaran mengenai harga kambing selanjutnya kamu bisa mulai merincikan perkiraaaan biaya aqiqah secara keseluruhan. 

Terkait anggaran ini sangat bergantung pada konsep acara aqiqah yang akan kamu selenggarakan. Apakah kamu ingin mengadakan acara besar-besaran atau hanya mengundang keluarga dan tetangga terdekat saja atau cukup dengan mengadakan syukuran aqiqah di panti asuhan.

Sebelumnya saya sudah pengalaman aqiqah anak laki-laki tanpa menggunakan jasa paket aqiqah jadi setidaknya saya sudah memiliki gambaran mengenai biaya aqiqah anak perempuan. Yang jelas biayanya tidak lebih mahal dari biaya aqiqah anak laki-laki.

Berikut ini contoh perkiraan biaya aqiqah anak perempuan
  • Pembelian 1 ekor kambing : Rp2.000.000
  • Tukang jagal : Rp200.000
  • Bahan dan bumbu masak lainnya : Rp. 800.000
  • Kue : Rp150.000
  • Air mineral 2 dus : Rp60.000
  • Desain dan cetak undangan aqiqah 50 lembar : Rp. 100.000
  • Amplop untuk ustadz : Rp200.000
  • Sewa tenda dan kursi : Rp500.000
  • Biaya tak terduga : Rp500.000
Total Biaya Rp. 4.510.000

Total biaya yang dibutuhkan adalah Rp4.510.000. Rincian harga di atas baru sebatas perkiraan. Biaya yang kamu keluarkan bisa saja kurang atau bahkan lebih.

Intinya, sesuaikan dengan anggaran yang sudah kamu siapkan. Misalkan budget yang kamu miliki hanya Rp4.000.000 maka kamu bisa memilih kambing dengan harga di bawah 2 juta serta mengurangi jumlah tamu undangan sehingga biaya bumbu, kue dan lain-lain juga bisa kamu pangkas.

Atau misal budget yang kamu miliki sebesar Rp6.000.000 maka kamu bisa membeli kambing dengan harga Rp3.000.000 serta menambah biaya untuk menyewa jasa dekorasi aqiqah anak perempuan yang harganya berada di kisaran Rp800.000 hingga 1 jutaan.

Itulah perkiraan anggaran acara aqiqah yang dilaksanakan secara mandiri. Mulai dari survei kambing, penyembelihan, proses masak hingga berlangsungnya acara, kamu yang harus turun tangan sendiri.

Paket Aqiqah Super Hemat di Masa Pandemi

Kalau ingin melaksanakan aqiqah  dengan harga terjangkau dan praktis kamu bisa lho menggunakan jasa aqiqah.

Sekarang ini sudah banyak jasa penyedia paket aqiqah yang dapat meringankan tugas si empunya hajat. Jadi kalau tidak ingin rempong kamu bisa pertimbangkan menggunakan layanan aqiqah. 

Apalagi saat ini kita masih diuji dengan kondisi pandemi sehingga acara aqiqah tentu tidak bisa dilaksanakan dengan normal seperti biasanya.

Alih-alih menjamu tamu dengan hidangan prasmanan, akan lebih baik kalau kita mengadakan syukuran aqiqah sederhana cukup dengan pesan sejumlah nasi kotak lalu dibagi-bagikan ke tetangga serta orang-orang yang membutuhkan. Dengan begitu biaya aqiqah yang kita keluarkan pastinya bisa jauh lebih hemat.

Nah, khusus buat kamu yang tinggal di daerah Makassar dan sekitarnya saya ada rekomendasi paket aqiqah super hemat nih dari Lundra Catering.


Tersedia juga pilihan lain untuk paket aqiqah anak perempuan dengan harga yang masih terjangkau. 


Oh ya ini bukan postingan sponsor ya. Saya juga belum pernah memesan layanan aqiqah di Lundra Catering tapi kalau dilihat dari akun instagramnya kelihatan pelayanannya menarik dan recommended. Meski usianya baru setahun tapi jasa catering aqiqah ini juga sudah mendapatkan banyak testimoni positif dari pelanggannya.

So, kalau kamu mau adakan acara aqiqah praktis tanpa harus keluar rumah, kamu bisa pertimbangkan jasa aqiqah dari Lundra Catering. 

Sekian sharing saya kali ini. Semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai biaya aqiqah anak perempuan di masa pandemi.

Salam,

Posting Komentar untuk "Biaya Aqiqah Anak Perempuan di Masa Pandemi"