7 Tips Menggunakan Font untuk Blog

Tips menggunakan font yang tepat untuk blog

Tips menggunakan font untuk blog ini perlu diketahui oleh para pemilik website maupun blogger. Tampilan blog yang keren bukan hanya didukung oleh template yang bagus melainkan juga penggunaan font yang tepat.

Apalagi tulisan atau tipografi termasuk komponen utama dalam sebuah blog. Itu sebabnya selain menyuguhkan konten yang bagus untuk pembaca kita juga perlu memberikan visual yang menarik dan membuat orang betah membaca tulisan kita.

Lalu bagaimana cara menggunakan font yang keren untuk menunjang desain blog kita? Simak tipsnya berikut  ini.

Tips menggunakan font untuk blog

Font memiliki peranan yang penting dalam desain blog atau website. Tentunya penggunaan font yang tepat akan membuat blog kita enak dilihat.

Sebaliknya keliru dalam memilih font dapat membuat tampilan blog terlihat kurang menarik. Alhasil pengunjung menjadi tidak betah berlama-lama berada di blog kita.

Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi, kan? Kalau begitu yuk perhatikan baik-baik tips memasang font yang tepat.

Pilih font yang simple

Ada banyak sekali pilihan font yang dapat kamu gunakan untuk blog. Kamu bisa mendapatkannya dari berbagai situs penyedia font. 

Saya sendiri suka mencari font di Google Font yang menyediakan berbagai jenis font secara gratis

Karena terlalu banyak pilihan pastinya kamu juga bakal bingung ya mau pake font yang mana. Saran saya sih sebaiknya pilih font yang sederhana saja, yang penting mudah dibaca. 

Jangan memilih font hanya karena terlihat bagus dan keren, namun saat dipasang malah sulit dibaca dan membuat pengunjung bingung.

Jangan gunakan banyak font

Penggunaan banyak font dalam blog justru dapat merusak pandangan lho. Bukannya membuat tampilan blog kita kelihatan cakep yang ada malah aneh. 

So, untuk membuat blogmu kelihatan keren kamu tidak perlu menggunakan banyak font. 2 atau 3 jenis font saja sudah cukup. 

1 untuk judul (heading) sedangkan jenis yang satunya lagi untuk body (paragraf). Sedangkan untuk aksen (kata atau kalimat yang ingin kamu tekankan) kamu bisa menggunakan salah satu dari jenis font heading atau body lalu menebalkan atau mengubah warnanya agar terlihat menonjol.

Atau bisa juga mengambil jenis font lain tapi tetap perhatikan keserasiannya dengan dua jenis font lainnya.

Perhatikan kombinasi font

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kombinasi font. Jumlah font yang disarankan cukup 2-3 font saja tapi kamu juga pastinya akan bingung mengkombinasikannya.

Urusan mencari pasangan font yang tepat memang agak tricky. Nah, kalau tidak mau pusing kamu bisa googling untuk mendapatkan rekomendasi kombinasi font terbaik. 

Kamu juga bisa memanfaatkan situs seperti Google webfont, Fontpair, Typ.io, dan lain sebagainya yang dapat memudahkan kamu memadukan font dengan lebih baik.

Hindari membuat konten dengan font tebal

Font yang tebal tentu lebih cocok digunakan pada judul (heading or subheading.) Selain itu font tebal juga bisa kita gunakan sebagai aksen agar kata atau kalimat yang ingin kita tekankan terlihat menonjol.

Sebaliknya tampilan blog kita akan terlihat tidak harmonis atau kurang menarik bila konten blog baik judul maupun paragraf menggunakan font tebal.

Beri jarak antar huruf dan jarak antar baris

Setelah menemukan kombinasi font yang tepat jangan lupa untuk memperhatikan jarak antar huruf maupun jarak antar baris. 

Meski kamu sudah menemukan pasangan font yang tepat tapi kalau jarak antar huruf dan antar baris ini tidak diatur dengan baik tampilan blog kamu akan terlihat tidak rapi. 

Selain itu jarak antar huruf dan antar baris yang terlalu dekat atau terlalu jauh juga akan membuat postingan blog kamu sulit dibaca. 

Gunakan heading dan subheading 

Tulisan dengan paragraf yang panjang akan membuat mata cepat lelah. Apalagi kebanyakan orang Indonesia tidak betah membaca tulisan yang panjang-panjang. 

Itu sebabnya kita perlu memberikan kenyamanan bagi pembaca yaitu dengan menulis  dengan paragraf yang pendek.

Kemudian tambahkan  heading atau subheading yang fungsinya bukan hanya sebagai pembatas tapi juga dapat membantu pembaca untuk mengetahui bahasan yang kamu tulis sehingga mereka betah dan tertarik membaca sampai tuntas.

Pilih warna font yang kontras dengan warna latar blog

Tampilan blog yang keren juga tidak lepas dari perpaduan background dan warna font. 
Pilihlah warna latar blog yang kontras dengan warna font. 

Of course warna latar blog favorit kebanyakan blogger saat ini (termasuk saya) adalah putih karena memang kelihatan lebih simple dan minimalis.

Walau begitu kamu boleh kok menggunakan background dengan warna selain putih namun pastikan warna font yang kamu gunakan harus kontras ya.

Kalau warna latar yang kamu pilih hitam ya jangan menggunakan warna font yang gelap juga sebab itu akan membuat konten blog kamu susah dibaca. Apalagi kalau pilih warna latar merah dengan warna font kuning, bukan cuma susah dibaca tapi bisa bikin mata sakit saking terangnya, hehe.

Itulah 7 tips menggunakan font untuk blog yang bisa kamu praktikkan untuk menghasilkan desain blog yang menarik dan disukai pengunjung. Semoga bisa membantu kamu menemukan font blog yang tepat ya.

Salam,


3 komentar untuk "7 Tips Menggunakan Font untuk Blog"

Comment Author Avatar
Jujur nih, saya kalau memilih font itu selalu bingung, sometimes merasa iri ama teman-teman yang pinter gitu milih font, jadinya simple dan enak di mata :D

Dan memang sih, hal terpenting dari font untuk blog itu ya biar tulisan di blog jadi lebih enak dan ramah di mata ya :)
Comment Author Avatar
Seringkali di blog saya, suka-sukanya aja bikin bold tulisan. Eh, ternyata ada estetikanya ya untuk yang begituan. Terus kalau milih font, saya kadang kekecikan. Mata sakit membaca.
Comment Author Avatar
Terima kasih banyak kak, tipsnya membantu sekali :)

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.