Ramah Dikantong! Berikut 6 Tips Renovasi Rumah Yang Hemat Budget

Tips renovasi rumah yang hemat budget

Tips renovasi rumah yang hemat budget - Merenovasi rumah menjadi salah satu kegiatan yang harus direncanakan dengan baik. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan, mulai dari waktu sampai dengan kebutuhan biaya.

Jika kamu memiliki budget yang pas-pasan, maka proses perencanaan menjadi yang paling terpenting. Agar pengeluaran tidak membengkak, berikut tips renovasi rumah yang ramah di kantong!

Tips Renovasi Rumah yang hemat budget

Merenovasi rumah memang membutuhkan uang yang tidak sedikit. Namun tenang kamu masih bisa menekan biaya pengeluaran untuk renovasi rumah sehingga lebih hemat budget.

Untuk itu kamu bisa ikuti tips renovasi rumah yang ramah di kantong berikut ini :

Menentukan Konsep Awal

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membangun hunian yaitu menentukan konsep terlebih dahulu. Ini meliputi desain dari rumah, apa yang ingin direnovasi, sampai dengan penggunaan material. 

Perhatikan juga material lama yang ada di hunianmu, apakah perlu untuk diganti atau tidak ketika merenovasi rumah. 

Jika kamu menggunakan material yang lama, maka tentu harus membongkarnya secara hati hati agar tidak rusak. Sementara itu, menentukan desain akan berguna untuk memastikan konstruksi bangunan sesuai yang diinginkan. Selain itu, jika hasil renovasi tidak sesuai akan mempengaruhi dari biaya yang dikeluarkan nantinya. 

Menentukan Material yang Digunakan

Jika kamu memiliki dana yang cukup terbatas untuk merenovasi rumah, maka kamu harus bisa mengakalinya. Tips renovasi rumah berikutnya yang hemat di kantong yaitu dengan mencari bahan material murah, tetapi dengan kualitas menengah. 

Pasalnya, bahan material ini menjadi salah satu pengeluaran yang termahal ketika melakukan home remodelling. Namun, perhatikan juga pada beberapa bagian rumah yang tak bisa diajak kompromi untuk kualitas dan harga. 

Misalnya saja pada bagian struktur bangunan, pipa air yang ditanam, pondasi rumah, sampai dengan rangka atap. Semua aspek tersebut biasanya tidak bisa diajak kompromi untuk bahan-bahan yang murah saja. 

Memiliki Jenis Pembayaran Tukang

Dalam pembayaran tukang ada dua jenis yang bisa kamu pilih, yaitu harian dan borongan. Keduanya bisa dikatakan memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri jika dilihat secara mendetail. 

Sehingga, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu konsep renovasi rumah secara matang. Manakah yang lebih baik dipilih, apakah sistem borongan atau harian untuk renovasi hunian. 

Memilih Waktu yang Paling Tepat Untuk Merenovasi Rumah 

Selain memperhatikan aspek cara pembayaran, ada tips renovasi rumah  lainnya perlu kamu ketahui dalam membangun hunian. Salah satunya yaitu waktu yang tepat untuk merenovasi rumah. 

Ada baiknya jika melakukan renovasi pada musim panas, bukannya musim hujan. Pasalnya, musim bisa membuat bagian yang direnovasi di luar rumah akan sulit kering dan menjadi rusak. 

Renovasi Secara Bertahap

Renovasi hunian dengan skala besar besaran bisa berdampak pada tempat tinggal. Kondisi ini akan membuat kamu harus pindah ke tempat lainnya, yang berarti kamu harus mengeluarkan dana lebih untuk menyewa rumah. 

Agar dapat menghemat anggaran renovasi rumah, ada baiknya melakukan renovasi  secara bertahap. Misalnya saja pada bagian dapur terlebih dahulu, taman, dan lainnya. 

Bekerja Sama Dengan Baik 

Selain memperhatikan aspek aspek yang sudah disebutkan sebelumnya, penting bagi kamu untuk bekerja sama dengan baik untuk renovasi hunian. Menghadapi beban sendirian ketika proses pembangunan sedang berlangsung justru akan membuat kamu semakin stres. 

Sebagai tips renovasi rumah, sebaiknya hadapi dengan baik baik bersama pasangan atau seluruh anggota keluarga. Diskusikan masalah biaya, desain dan banyak hal lainnya.

Dengan melakukan berbagai tips untuk merenovasi hunian, maka kamu bisa mendapatkan hunian impian yang diidamkan. Agar lebih menghemat pengeluaran, jangan lupa lakukan perencanaan yang matang. 

Tujuannya untuk menghindari pembengkakan biaya ketika renovasi. Selain itu, perhatikan penggunaan material serta pembayaran tukang untuk mengerjakan home remodelling

Jika sebelumnya rumah kamu telah terdaftar di asuransi rumah, jangan lupa untuk melapor kembali kepada pihak asuransi untuk melakukan penyesuaian kembali.

Demikian ulasan mengenai tips renovasi rumah yang hemat budget. Semoga artikel i i bisa membantu kamu ya yang saat ini sedang berjuang mengumpulkan budgeet untuk merenovasi hunian sesuai yang kamu idamkan.

Salam,

Posting Komentar untuk "Ramah Dikantong! Berikut 6 Tips Renovasi Rumah Yang Hemat Budget"