Pengalaman Belajar Online dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Pengalaman belajar online dengan aplikasi siap kerja QuBisa

Sebelum sharing pengalaman belajar online dengan aplikasi siap kerja QuBisa saya pengen flashback dulu nih ke masa-masa saat saya baru saja lulus kuliah dengan menyandang gelar sarjana pendidikan.

Dengan gelar tersebut seharusnya saya nggak perlu bingung lagi akan melangkahkan kaki ke mana. Tujuannya kan sudah jelas ya.

Untuk apa kuliah di jurusan pendidikan kalau bukan untuk jadi guru? 

Nah, itu dia masalahnya. Meski sudah mengantongi ijazah S1 saya merasa seperti belum siap kerja. Dan meski sudah sudah siap kerja pun nyatanya cari kerja tidak semudah membalikkan telapak tangan, sekalipun itu di Papua.

Pengalaman Cari Kerja di Papua

Yup, selepas wisuda saya balik ke tanah kelahiran saya di Papua. Tepatnya di Serui, Kepulauan Yapen. Banyak yang mengira cari kerja di Papua itu gampang. Benarkah demikian?

Oh, big no! Kondisi Papua sekarang nggak sama dengan 20 atau 10 tahun yang lalu. Kalau zaman 2000-an awal sih iya. Daftar CPNS sekali masih bisa langsung diterima karena persaingan belum begitu ketat.

But now? Kondisi Papua sekarang sudah semakin maju lho. Orang-orang yang merantau ke sana juga semakin banyak jadi jangan kira setelah datang ke Papua bisa langsung dapat kerja. Yah kecuali kamu benar-benar beruntung.

Saya saja yang lahir dan besar di Papua masih menganggur dulu selama berbulan-bulan lamanya baru dapat kerja di sana. Itu pun pas dapat kerja ya seperti guru-guru pada umumnya yang memulai karir sebagai tenaga pengajar honorer dengan gaji minim. 

Padahal job desk termasuk jam mengajar nggak ada bedanya tuh dengan guru-guru yang sudah terangkat sebagai ASN namun penghasilan sungguh miris, jauh di bawah upah minimum buruh.

Bukan bermaksud mau membandingkan tapi semestinya profesi guru sekalipun masih berstatus honorer pun patut dihargai dengan mendapat gaji yang layak. Semestinya seperti itu ya? Sayangnya masih banyak guru yang hidupnya belum sejahterah.

Apalagi yang hanya mengharapkan penghasilan semata-mata dari gaji honorer saja untuk hidup di Papua, itu sungguh berat. Jangan samakan dengan di Jawa sana. Biaya hidup di Papua serba mahal. 

Syukurnya waktu itu saya tinggal di rumah orang tua, jadi nggak mikir biaya makan dan tempat tinggal. Namun bagaimana dengan mereka yang merantau ke sana dan kerjanya hanya sebagai guru honorer?

Bayangkan saja, untuk biaya sewa kos perbulan di Papua bisa menghabiskan uang jutaan belum biaya makan, transportasi dan lain-lain. Mana cukup jika hanya mengandalkan penghasilan sebagai honorer yang tidak seberapa.

Benarlah apa yang dikatakan orang-orang, wisuda bukanlah akhir, melainkan awal dari memasuki tantangan hidup yang sebenarnya.

Tantangan di dunia kerja memang berat. Bukan berarti tidak bisa ditaklukkan. Kuncinya ada di persiapan. Untuk itu saran saya, buat kamu yang ingin cari kerja, nggak cuma di Papua sih dimana pun itu, sebaiknya persiapkan diri sedini mungkin. 

Jangan hanya mengandalkan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah saja. Karena di abad ke-21 ini ilmu tersebut tentu tidak cukup. Persaingan kerja di zaman sekarang sangat ketat sehingga kamu dituntut memiliki kemampuan baru. 

Misalkan kamu juga adalah lulusan sarjana pendidikan seperti saya, maka kamu harus memiliki kemampuan yang lebih dari sekadar mengajar. 

Nah, kabar baiknya sekarang sudah ada aplikasi siap kerja QuBisa yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan secara mandiri dan tidak harus mengeluarkan banyak biaya. 

Belajar Online Gak Ribet dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

aplikasi belajar online

Saat menulis postingan ini saya memang tidak lagi bekerja sebagai guru honorer di Papua. Saya sendiri yang memutuskan resign dan memilih menjadi ibu rumah tangga setelah menikah.

Kendati demikian saya tetap ingin menjadi perempuan berdaya dan produktif dari rumah. Bersyukur saya hidup di zaman teknologi sudah sangat canggih sehingga berkarir dari rumah bukan lagi hal yang mustahil.

Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan perempuan tanpa harus keluar rumah. Salah satunya adalah profesi yang tengah saya geluti saat ini yaitu blogger.

Memang pekerjaan ini jauh banget dengan basic saya yang aslinya dari pendidikan matematika. Namun saya senang melakoninya karena menulis sudah menjadi hobi saya sejak lama.

Apalagi mimpi saya sekarang ingin menjadi blogger profesional. Namun untuk mencapai hal tersebut bukan hal yang mudah. Jangan dikira skill yang harus dimiliki blogger hanya menulis, lebih dari itu.

Seorang blogger juga butuh meningkatkan kemampuan melalui upskilling dan reskilling

Nah, bersyukurnya saya ketemu dengan aplikasi belajar online QuBisa yang menyediakan berbagai kursus menarik untuk menunjang profesi saya sebagai blogger.

Bahkan bukan cuma kursus lho, di QuBisa juga kamu bisa menemukan webinar, microlearning, dan berbagai macam kelas lainnya baik untuk persiapan kerja maupun pengembangan diri.

Lewat QuBisa kamu bisa mengetahui cara belajar efektif sekaligus cara meningkatkan personal branding. Dijamin belajar gak ribet di QuBisa karena praktis dan dapat dilakukan dalam genggaman, kapan saja dan dimana saja. 

Nah, untuk bisa memaanfaatkan QuBisa juga tidak sulit. Kamu cukup unduh aplikasinya di playstore atau app store.

Selanjutnya lakukan registrasi dengan menggunakan akun gmail dan masukkan data sesuai nama yang ada di KTP kamu. Masukkan juga nomor whatsapp untuk verifikasi.

Setelah proses registrasi berhasil kamu sudah bisa mengakses semua fitur yang ada di aplikasi QuBisa, termasuk mengikuti kursus online gratis.

Pengalaman Mengikuti Kursus Online Gratis

kursus online gratis

Kursus online gratis? Iya, senangnya belajar bersama QuBisa karena nggak cuma dikasih tahu cara belajar efektif dan solusi belajar gak ribet melainkan juga terdapat layanan kursus cuma-cuma. 

Salah satu kursus online gratis yang saya ikuti di QuBisa adalah "Cara Mudah dan Efektif Menghasilkan Karya" yang disampaikan oleh Dr. Abdul Latief, seorang praktisi , akademisi, penulis sekaligus pembicara publik.

Kursus ini cukup singkat, hanya terdapat dua video pelajaran dengan durasi 26 menit. 2 menit pendahuluan kemudian dilanjutkan dengan materi selama 24 menit. 

Namun meski singkat efeknya benar-benar terasa. Setelah ikut kelas ini seketika membangkitkan kembali semangat saya untuk memulai berkarya.

Padahal sudah dari dulu saya menautkan mimpi ingin jadi penulis buku, saya ingin menghasilkan karya buku solo yang di sampulnya tertera jelas nama saya namun sampai hari ini mimpi tersebut seperti masih menjadi angan-angan.

Salau satu penyebab utamanya adalah karena saya terlalu takut untuk memulai. Terlalu banyak hal yang mengusik pikiran  hingga membuat saya takut untuk melangkah.

Nah, dalam pemaparan materinya Dr. Abdul menyampaikan bahwa sebenarnya cara efektif dan mudah untuk menghasilkan karya sangat gampang. 

Lihat anak kecil yang tadinya tidak bisa berjalan tapi ia mau berusaha untuk melangkah kaki sekalipun akan terjatuh nantinya.

Tidak ada anak kecil yang baru lahir langsung bisa berlari dengan lancar. Semua ada prosesnya. Namun yang terpenting adalah MEMULAI. Anak kecil akhirnya mampu berjalan karena ia mau melangkahkan kakinya. Ia memiliki keberanian untuk memulai belajar.

Begitu halnya ketika kita ingin memiliki karya, maka kuncinya adalah memulai. Mulailah dari sekarang juga, mulai dari hal yang paling kecil, mulai dari memerdekakan diri dari rasa takut yang selama ini membelenggu.

Di akhir kursus, Dr. Abdul mengutip satu kalimat yang sangat memotivasi sekaligus menyentil.
Orang optimis adalah mereka yang selalu kelebihan satu ide sedangkan orang pesimis adalah mereka yang selalu kelebihan satu alasan.

Tentu saja setelah ikut kursus gratis ini saya bertekad untuk jadi orang optimis dan makin mantap untuk menghasilkan sebuah karya.

Oh ya selain kursus tersebut saya juga sempat mengikuti webinar berjudul "Tameng Perempuan Menangkis Hate Speech di Medsos" yang dibawakan oleh Dr. Lisa Adhrianti, M.Si pada tanggal 19 Oktober kemarin. 

Bahasannya sangat menarik sekali karena berkaitan dengan perempuan beserta perannya di media sosial.

Sertifikat webinar QuBisa
Salah satu sertifikat yang saya dapatkan dari ikut webinar di QuBisa

Keunggulan Aplikasi Belajar Online QuBisa

Berdasarkan pengalaman mengikuti kursus online dan sudah mencoba sendiri aplikasi QuBisa saja jadi tahu keunggulan dari platform yang punya slogan "Aku Bisa, Kamu Bisa" ini.

Beberapa keunggulannya antara lain :

Memiliki fitur belajar yang lengkap

Fasilitas belajar online yang ada di QuBisa cukup lengkap. Dengan menggunakan QuBisa kamu akan dapat menikmati berbagai layanan belajar, diantaranya :
  • KSM (Ketrampilan Sukses Milenial)
  • KDM (Ketrampilan Digital Milenial)
  • Assessment, untuk mengukur seberapa kekuatan KSM dan KDM
  • Goes to Campus, QuBisa memberikan pembekalan untuk belajar kilat melalui gratis menonton dan webinar.
  • Kelas Terpopuler, terdapat 20 kelas populer mulai dari Self Leadership hingga Presentation Skill
  • Kelas Siap Kerja, terdapat 18 pilihan kelas mulai dari Tutorial Google Sheets untuk Pemula hingga Part of Speech.
  • Kelas Pengembangan Karir, terdapat 19 pilihan kelas, mulai dari Panduan Video Editor hingga Managing Millenials.
  • Kursus, ada 159 kursus berupa pilihan kursus online gratis dan ada juga yang berbayar
  • Webinar, seperti halnya kelas kursus, ada pilihan gratis dan berbayar dengan materi yang sangat beragam dan menarik
  • Microlearning, ada 230 pilihan microlearning berupa gratis menonton berdurasi antara 2 hingga 4 menit.
  • Artikel. Selain kelas, kamu juga bisa menemukan banyak pilihan artikel yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan juga kemampuan.
  • Sertifikasi. QuBisa juga menyediakan program sertifikasi di platformnya yang bisa kamu ikuti dengan biaya terjangkau.

Terdapat pilihan kelas belajar online gratis dan berbayar

Seperti yang sudah saya singgung di atas belajar di QuBisa memang gratis. Meski demikian ada juga pilihan kelas berbayar. 

Jadi tidak semua kelas belajar yang ada di aplikasi ini gratis ya. Sejauh ini sih saya baru mencoba kelas gratisnya namun ke depan saya tertarik mengikuti kelas berbayarnya terutama yang berkaitan dengan cara meningkatkan personal branding.

Kekurangan dari kelas gratis memang terbatas materinya namun tidak perlu khawatir karena materi yang ada di kelas non berbayar juga tidak kalah menarik lho, seperti kursus yang saya ikuti di atas. 

Kursus gratis tapi rasa premium. Bahkan di QuBisa kita juga bisa mengikuti kelas public speaking tanpa bayar alias free.

Akses seumur hidup, kapan saja dan dimana saja.

Keunggulan lain dari aplikasi QuBisa adalah 
mendapatkan akses tanpa batas dan seumur hidup ke video belajar yang diisi oleh para instruktur yang ahli di bidangnya.

Dengan demikian, melalui QuBisa kita bisa mengakses semua video kursus yang kita ikuti baik gratis atau berbayar, kapan pun dan dimana pun.

Itulah beberapa keunggulan aplikasi QuBisa. Sebenarnya masih banyak lagi namun untuk lebih jelasnya bisa kamu eksplor sendiri. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk unduh aplikasinya ya.

Penutup

Demikian ulasan saya mengenai pengalaman belajar online dengan aplikasi QuBisa. Sesuai namanya, Aplikasi siap kerja QuBisa bisa membantu banyak orang untuk belajar mengembangkan diri/ personal branding/ upgrade ilmu/ coaching/ mentoring, dll. 

Jadi pastinya sangat bermanfaat sekali upgrade skill melalui upskilling dan reskilling dengan aplikasi ini.

Cara meningkatkan personal branding

Nah, sebagai penutup saya mau sekaligus kasih informasi nih ke teman-teman blogger, saat ini QuBisa sedang mengadakan Kompetisi Blog dengan tema Memulai Karir Lebih Percaya Diri bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa.

Untuk mengkuti kompetisi ini kamu cukup menceritakan pengalamanmu belajar dengan aplikasi QuBisa, tidak susah, kan?

Jika beruntung kamu akan dapat kesempatan meraih hadiah jutaan rupiah. Masih ada waktu nih. Deadline-nya sampai tangga 10 Desember 2021. Jangan sampai ketinggalan ya.

Salam,

33 komentar untuk "Pengalaman Belajar Online dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa"

Comment Author Avatar
Baca ini jadi ingat perjuangan setelah lulus kuliah dan kirim lamaran kesana kemari buat cari pekerjaan. Apalagi saat itu saya merasa, udah lulus tapi nggak bisa apa-apa, bener-bener nggak siap masuk dunia kerja. Seandainya dulu sudah ada aplikasi Qubisa, saya pasti nggak bakal kebingungan karena bisa ikut berbagai kursus untu meningkatkan softskill
Comment Author Avatar
Aplikasi siap kerja QuBisa ini mau aku share infonya ke wag keluarga ah, karena aku baca cukup membantu sekali ini bagi yang membutuhkan ya mba, Makasih loh info dan ulasannya.
Comment Author Avatar
Kursusnya bermanfaat banget ya itu, unik banget tapi ya, cuman 26 menit aja :)
Tapi beneran sih, Qubisa ini membantu banget banyak orang untuk upgrade ilmu dan pengetahuan biar siap kerja :)
Comment Author Avatar
Ininih yang harus dipahami orang sekarang bahwa Papua sekarang beda dengan Papua dulu. Dulu aja tiap daftar PNS kalau mau berhasil milihmya ke daerah yang jarang dilirik seperti NTT, Maluku, Papua, padahal orang Papua sendiri ngaku kalau persaingan udah makin banyak
Jadi selain ijazah, mantapkan dulu SDM dengan menambah kompetensi, ada Qubisa yang bikin kita bisa ya
Comment Author Avatar
Seruuu banget ada aplikasi QuBisa ini

Menambah skill bisa dilakukan dengan gampil ya
makasiii sharing-nya mba
Comment Author Avatar
Aplikasi QuBisa ini mudah dan gampang bgt diakses, terlebih yang ingin meningkatkan kemampuan melalui upskilling dan reskilling ya mbak
Comment Author Avatar
Senangnya ya ada aplikasi untuk pengembangan diri. Apalagi ada paket gratisnya juga. Sebelum menggunakan yang berbayar, kita bisa nyoba yang gratis dulu ya...
Comment Author Avatar
Benar sekali kak. Kita tetap harus upgrade kemampuan. Bisa mengajar tapi juga harus bisa skill yang lain. Semangat terus kakak
Comment Author Avatar
INi solusi banget buat mereka yang mau siap2 kerja dengan skill yang ok sesuai dengan kemampuan. Aplikasi siap kerja, belajar online bisa meningkatkan perfoma kita banget.
Mau kepoin ahhh..
Comment Author Avatar
Fitur belajar di aplikasi QuBisa lengkap sekali. Semuanya memudahkan dan menyenangkan.
Semakin banyak yang tertarik pastinya kalau senyaman ini belajarnya
Comment Author Avatar
aku udah lama rasanya ga ikutan kursus, paling cuma ikut webinar atau talkshow online aja selama pandemi ini. kalau dulu kursus nya offline, sekarang bisa online yaa.. jadi lebih memudahkan kita dalam upgrade skill. keren!
Comment Author Avatar
Gara-gara banyak yg rekomendasi aplikasi QuBisa aku jadi pennasaran ikutan ngintip-ngintip siapa tau ada pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan aku. Belajarnya juga online ya jadi gak repot harus pergi-pergi
Comment Author Avatar
Aku juga download aplikasi siap kerja QuBisa di ponsel mba.
Belajar lebih fleksibel dan ada banyak pilihan kelas gratisnya ya.
Keren.
Comment Author Avatar
Qubisa aplikasi asyik banget nih ya membantu banget buat menambah kapasitas diri biar lebih siap menghadapi dunia kerja ya....
Comment Author Avatar
Jadi teringat jaman2 ku baru lulus, aku nganggur sampai 5 bulan. huhu
enak sekarang ada aplikasi siap kerja qubisa, kita bisa memantapkan skill dan pengetahuan. jadinya lebih siap menghadapi dunia kerja
Comment Author Avatar
Belajar dengan QuBisa memang anti ribet ya, aplikasinya mudah diakses dan materi untuk meningkatkan skill nya beragam
Comment Author Avatar
Sangat membantu sekali ya aplikasi ini
Bikin saya semangat untuk upgrade skill baik menulis atau public speaking...
Comment Author Avatar
Rekomendasi until download aplikasi ini udah banyak dari teman-temanku mba. Taking ngebantu banget buat nambah keahlian ya. Apalagi mudah juga di akses ya
Comment Author Avatar
Seringkali kita berharap gaji yang sepadan apalagi di luar jawa.
Tapi kenyataannya belum bisa begitu yaa..huhu...sedih banget.

Setiap ada kesempatan belajar, dimanfaatkan dengan baik dengan belajar di aplikasi online, Qubisa. Agar skillful dan mendapat salary yang sesuai harapan.
Comment Author Avatar
Senang banget dengan aplikasi QuBisa ini, saya juga sudah unduh mbak. Banyak sekali yang bisa didapatkan dari aplikasi ini. Jadi pengen ikutan lomba blognya juga nih.
Comment Author Avatar
Cari kerja itu susah banget, di manapun tempatnya. Apalagi kalau skill pas-pasan, pasti lebih sulit lagi. Saya ngalamin sendiri lho gimana sulitnya dapat kerjaan. Sudah ngelamar ke sana ke mari, tapi nggak ada panggilan.

Berarti memang harus banyak belajar online lagi di QuBisa biar bisa menambah skill. Jadi nggak tertinggal sama pelamar lainnya.

Udah sering baca ulasan soal QuBisa, jadi makin penasaran aja nih.
Comment Author Avatar
Aplikasi ini lengkap ya. Bisa upgrade diri dan disesuaikan untuk pekerjaan-pekerjaan yang kekinian serta tepat bagi kita. Apalagi setelah belajar, bisa ada kesempatan dapat hadiah juga lagi, mantap.
Comment Author Avatar
Kursus-kursus singkat namun aplikatif gini nih yang banyak dibutuhkan saat ini. Apalagi topik-topik kursusnya juga kekinian. Qubisa emang top dan rekomended buat yang pengen upgrade skill
Comment Author Avatar
Saya juga ikut nih kursus QuBisa, yg gratis banyak pilihan. Kalaupun berbayar, ada yang terjangkau kok, dapat sertifikat juga. Kan keren...
Ada aplikasinya bisa belajar dari mana aja.
Comment Author Avatar
Keren banget ini, kelasnya gratis. Jadi pengen ikut juga.

Benar sekali kalau kudu berani memulai, 1 langkah yg dilakukan akan makin mendekatkan dengan cita-cita. (Gak hanya bengong karena takut memulai).
Comment Author Avatar
Masya Allah, Mba Siska ini dari Papua? Saya baru tahu.

Papua sekarang udah maju banget mba. Teman saya aja yang di OJK pas dimutasi ke Papua dia udah gak galau lagi. Emang di sana udah kayak kota, di luar negeri. Apalagi kemarin udah digelar PON pula. Beuh.

Nyari kerja itu gak peduli di mana aja pasti butuh skill mumpuni. Kalo skillnya standar2 aja, yang semua orang juga bisa, nah itu namanya kita gak ada faktor pembeda. Wawancara pun jadi gagap. Asiknya sih upgrade skill di QuBisa.
Comment Author Avatar
Saya menemukan keasyikan belajar di QuBisa ini. Banyak kursus gratis yang sayang dilewatkan. Tapi memang tak bisa sering-sering. Cukup seminggu 1 kursus dan praktiknya. Beda gratis dan berbayar ada pada proses belajarnya. Pengen yang berbayar, suatu hari nanti. Ni nikmati yang gratis aja dulu. hehehe
Comment Author Avatar
Banyak banget ya mba fitur dan manfaat dari aplikasi ini. Memang di era digital saat ini sangat fleksibel dan mudah sekali jika ingin belajar sesuatu.
Comment Author Avatar
Aku sudah punya aplikasinya kak. Sudah coba juga beberapa kelasnya. Mantap banget sih menurut ku
Comment Author Avatar
Kursus semacam Qubisa ini memang penting sih. Sebab ilmu-ilmu dari bangku kuliah rasanya masih belum aplikatif. Memang tak sepenuhnya salah universitas juga, tapi link and match aja yang masih bermasalah di kita ini.
Comment Author Avatar
Yang saya suka dari QuBisa ini adalah programnya juga memberikan sertifikat bagi pesertanya. Penting banget kan legalitas sebuah sertifikat untuk kantor dan masuk CV kita.
Comment Author Avatar
Mbak Siska dapat berapa lama kah di Papua? Jadi pengalaman yang tak terlupakan ya ini mah. Alhamdulillah sebagai penggantinya, sekarang fokus jadi blogger dan menambah skills nya di aplikasi Qubisa.

Sebelum tau ini, saya sering belajar mandiri lewat beberapa platform serupa milik luar negeri. Sekarang tau kalau anak bangsa juga bikin Qubisa makin semangat pengen eksplore dan cari cari kursus yang sesuai dengan minat dan kebutuhan.
Comment Author Avatar
Yang punya ilmu, mau membagikan ilmunya di Qubisa bisa gak ya? Maksud saya seperti buka kelas di Qubisa gitu, dan apa saja syaratnya ya?

Pengen banget buka kelas Blogger untuk SEO dan desain untuk kontennya.

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.