Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asyiknya Gabung di Grup Blogwalking Asik

Asyiknya gabung di grup blogwalking asik

Grup Blogwalking Asik sudah ada sejak November 2019 dan saya baru gabung awal tahun ini. Ya ampun saya kemana saja sebelumnya.

Padahal tahun 2019 itu saya sudah mulai bergabung dengan berbagai WhatsApp Grup tempat kumpulnya para blogger.

Ya pokoknya kalau ada ajakan atau dapat info tentang WAG Blogger khususnya buat blogwalking saya pasti tertarik buat bergabung.

Alhasil sejauh ini ada sekitar 11 grup blogwalking yang saya masuki, hehe masih kurang banyak ya. Nah, salah satunya adalah Grup Blogwalking Asik.

Sekilas Tentang Grup Blogwalking

Teman-teman blogger tentu tidak asing lagi dengan yang namanya blogwalking. Setahu saya, dulu aktivitas jalan-jalan ke blog teman ini dilakukan secara sukarela atau sebagai ajang silaturahmi.

Tidak ada tuntutan yang dikunjungi harus berkunjung balik. Namun biasanya sih, si pemilik blog yang dikunjungi juga akan senang hati berkunjung ke blog teman yang sudah meninggalkan jejak komentar di blognya.

Sehingga boleh dibilang aktivitas blogwalking dulu masih berjalan secara alami. But now? Dunia blog sudah jauh berbeda.

Aktivitas blogging yang dulunya sebatas hobi telah menjadi sebuah pekerjaan. Tidak heran isi blog para blogger kini lebih banyak dipenuhi dengan postingan bersponsor yang membutuhkan banyak support.

Yup, para pemberi job untuk blogger biasanya memberi syarat sponsored post dari mereka harus mencapai jumlah pageviews sekian, jumlah komentar sekian. 

Selain itu, ada kriteria tertentu juga yang harus dipenuhi si pemilik blog agar blognya bisa lolos job. Misal, DA/PA harus sekian, DR sekian, rata-rata PV blog bulanan minimal sekian, Spam Score (SS) sekian, dan lain sebagainya.

Intinya, untuk bisa berprofesi sebagai blogger sungguh bukan hal yang mudah. Apalagi kalau jalannya sendiri. Tidak ada dukungan

Para blogger yang telah memonetisasi blognya ini butuh support. Maka lahirlah Grup-Grup Blogwalking yang tujuannya memang buat saling support. Dengan tujuan itu pula Blogwalking Asik lahir.

Bergabung di Grup Blogwalking Asik

Grup Blogwalking Asik atau sering disebut BWA adalah grup blogwalking yang dibuat pada 19 November 2019 oleh Mbak Rini si celotehdinihari.com dan ditemani admin oleh Mbah Hani pemilik blog haniwidiatmoko.com.

Menurut cerita Mbak Hani, ide untuk membuat Grup Blogwalking Asik berawal dari grup yang namanya Content Writer Freelance (CWF).

Di grup CWF tersebut ternyata banyak yang punya blog jadi mereka ngelist buat blogwalking. Namun karena dirasa mengganggu anggota grup lainnya yang tidak punya blog sehingga muncullah ide membuat grup khusus blogwalking.

Atas ide tersebut, saat itu Mbak Rini yang juga berada dalam grup CWF langsung membuat grup khusus di WhatsApp yang dinamai Blogwalking Asik dan meminta Mbak Hani menemaninya sebagai admin.

Link untuk bergabung ke grup WA Blogwalking Asik kemudian dibagikan ke twitter. Tak dinyana mendapat banyak respon. Tersebar juga dari satu blogger ke blogger lain. Sayangnya info tersebut tidak sampai ke saya, huhu.

Belakangan karena sempat ada kejadian yang tidak mengenakkan, dimana ada anggota yang meyebar spam di grup meski maksudnya bercanda tapi membuat ponsel teman lainya hang, akhirnya diputuskan link BWA tidak lagi di-share ke luar tapi secara manual diundang oleh admin untuk menghindari hal-hal semacam itu terulang kembali.

Nah, saya termasuk anggota belakangan yang masuk ke BWA lewat jalur diundang admin. Itu pun atas inisiatif sendiri, nggak ada yang ngajakin, hehe. 

Waktu itu tertarik join karena sempat baca status WAnya Mbak Jihan kalau nggak salah, yang baru-baru menang lomba blog. 

Di statusnya, pemilik blog jeyjingga.com ini say thanks ke Mbak Rini dan teman-teman di grup BWA karena berawal dari grup itulah yang membuatnya termotivasi ikut lomba blog hingga membawanya pada pencapaian yang luar biasa. 

Tentu saya jadi penasaran dong. Soalnya setahu saya yang namanya Grup Blogwalking itu fokusnya ya buat saling blogwalking saja, lha ini kok ada grup blogwalking yang bisa memotivasi anggotanya buat ikut lomba blog, bagaimana ceritanya?

Akhirnya saya inisiatif sendiri menghubungi Mbak Rini dan menyatakan keinginan buat bergabung di grupnya. Saya masih punya history chatnya lho.

Malah sebutnya Grup Blogger Asik😅

Yap, saya bergabung di Grup Blogwalking Asik belum genap setahun, tapi luar biasa kesan yang saya dapatkan selama menjadi anggota BWA.

Oh ya untuk nama grupnya sendiri, ketika saya tanya kenapa Blogwalking Asik, Kata Mbak Rini tidak ada alasan khusus.

Pengen grup blogwalking-nya yang  santai soalnya kalau lihat grup-grup lain terkesesan saklek atau kaku.

Jadi niatnya Mbak Rini dan Mbak Hani blogwalkingnya yang asyik-asyik saja karena keduanya sebagai admin juga tidak mau ribet dengan kasih banyak aturan maupun larangan ini itu.

Ternyata sesuai banget dengan nama grupnya, ini grup blogwalking paling asyik yang saya masuki. Orang-orang yang ada di dalamnya juga pada asyik semua, banyak yang berprestasi pula. Jadi bersyukur banget bisa jadi bagian dari BWA.

Asyiknya Gabung di Grup Blogwalking Asik

Memang apa sih asyiknya masuk di Grup Blogwalking Asik? Apa yang membedakannya dengan grup blogwalking lainnya? Yuk, kita ulas satu-satu.

Grup blogwalking paling santuy

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, sejauh ini ada 11 grup blogwalking yang saya masuki termasuk grup support PV tanpa komen yang saya buat untuk teman-teman blogger yang mau meningkatkan PV dengan blogwalking tanpa perlu komentar.

Namun dari semua grup tersebut, termasuk grup yang saya buat sendiri, harus saya akui BWA adalah grup blogwalking paling santuy.

Jelas saya bisa membuat pernyataan demikian karena masing-masing grup blogwalking punya aturan yang ketat. Telat menyelesaikan kewajiban kena penalti tidak bisa ikutan list BW.

Ada yang telat done sehari kena penalti 2 pekan, telah sepekan tidak bisa ikut sebulan, telat sebulan tidak bisa ngelist 3 bulan.

Bahkan di grup yang saya buat sendiri juga ada hukumannya. Penaltinya tidak bisa ikut list BW sesuai jumlah hari telat. Jadi misalkan telat sepekan nggak bisa ikut list sepekan kemudian, telat sebulan tidak bisa ikut list sebulan kemudian dan seterusnya.

Namun aturan tersebut tidak berlaku di BWA. Yap, tidak ada penalti di Grup BWA. Asyik banget, kan?

Cuma tetap ada konsekuensinya. Peserta yang ikut list dikasih waktu selama sebulan buat kerjain kewajiban BW. Sebulan belum done juga maka akan dikeluarkan dari grup.

Di grup lain yang saya ikuti ada juga yang aturannya seperti itu. Telat sebulan langsung di-kick tapi di grup tersebut masih berlaku penalti. Done lewat dari  deadline baru bisa ikut list lagi sepekan kemudian.

Nah, enaknya di BWA benar-benar tidak ada penalti sama sekali. Mau telat sepekan, dua pekan bahkan 29 hari, asal sudah done bisa cuss lanjut ikut list.

Benar-benar santuy, kan? Sesuai nama blognya lah sik asik, blogwalking ya asik-asik saja. Wong adminnya juga nggak mau repot.

So far, blogger yang sukanya santuy dan sering telat done seperti saya cocok bangetlah ikut blogwalking di BWA. 

Eh tapi biar bagaimana pun lebih enak hidup tanpa utang. Jadi kalau bisa done tepat waktu tentu lebih baik, ya kan? *nyentil diri sendiri

Bukan grup blogwalking biasa

Namanya saja Grup Blogwalking tapi sungguh ini bukan Grup blogwalking biasaBiasanya sih yang namanya grup blogwalking isinya cuma dipenuhi dengan list blogwalking saja.

Bahkan ada sebagian grup yang punya peraturan tidak boleh ada obrolan apapun selain ngelist, sehingga grup tersebut ramainya pas list dibuka dan saat ada peserta yang mau kasih centang tanda sudah selesai support.

Berbeda halnya dengan Grup Blogwalking Asik yang ramainya malah dengan obrolan di luar blogwalking. 

Sampai-sampai saya merasa BWA seperti bukan Grup Blogwalking gitu karena yang saya amati sejak bergabung, anggotanya lebih antusias kalau ada yang buka obrolan atau percakapan dibanding ikutan isi list BW. Apalagi kalau topiknya soal job lomba blog, hehe.

Topik yang dibahas di BWA juga random banget, bukan seputar blogging saja. Seperti baru-baru ini, paginya grup ramai dengan bahasan seputar pemilihan jurusan IPA & IPS, sorenya riuh dengan obrolan tentang kehamilan dan KB. Malamnya baru pada isi list BW. Bisa serandom itu ya?, haha.

Bahkan kalau ada yang mau curhat di BWA  boleh-boleh banget. Dijamin pasti banyak yang nanggepin asal curhatnya bukan tengah malam saja saat semua anggota grup pada tidur, hehe.

Anggotanya bukan kaum hawa saja

Hal menarik lainnya yang saya temukan di grup BWA adalah anggotanya yang beragam. Ya kan dari 11 grup blogwalking yang saya masuki hampir semua isinya rata-rata emak-emak semua.

Kalau pun ada yang anggotanya bapak-bapak itu hanya segelintir dan mereka jarang bersuara. Beda halnya dengan bapak-bapak yang ada di BWA. 

Pada suka nimbrung kalau emak-emak lagi ngobrol. Malah sering juga mereka yang membuka obrolan seru di grup. 

Eh yang masih bujangan juga ada lho. Barangkali ada yang mau cari jodoh blogger, bisa tengok di BWA, hehe.

Banyak blogger-blogger keren yang langganan juara blog

Rasa penasaran saya terhadap BWA dan apa kaitannya dengan lomba blog yang sempat Mbak Jihan singgung di statusnya dulu akhirnya terjawab juga.

Yap, ini dia keunggulan dari BWA yang bikin saya bangga bisa berada di grup ini, even hampir tidak pernah dapat ucapan selamat.

Yaa, gimana mau dapat ucapan selamat kalau ikut lomba blog saja jarang, hihi. Tapi salut banget deh karena di grup ini banyak para pejuang lomba blog yang sama-sama berjuang tapi nggak ada tuh yang namanya saling menjatuhkan.

Justru kalau ada yang menang, semua anggota di dalam grup ikut berbahagia dan memberikan ucapan selamat, baik yang tidak ikut maupun ikut lomba namun belum beruntung. 

Ini menariknya. setiap ada pengumuman lomba blog, pasti ada saja anggota BWA yang juara. Jadilah setiap kali ada pengumuman lomba, grup BWA pasti banjir dengan ucapan selamat. Pokoknya banyaklah blogger keren yang ada di BWA.

Berpeluang dapat job blog

Bergabung di Blogwalking Asik semakin asyik karena penghuninya nggak ada yang pelit lho. Suka berbagi kalau ada info job blog. 

Yes, alhamdulillaah saya sudah beberapa kali dapat tawaran job dari Mbak Rini. Bisa mendapatkan gaji dolar juga pertama kali tahunya dari grup ini.

Eh sebenarnya info terkait platform influencer & blogger dari luar negeri itu sudah saya dapatkan lebih dulu. 

Sudah daftar juga cuma tidak sampai ngebid karena mengira jobnya bakal pakai bahasa Inggris dan lagi harus ada akun paypal sementara akun untuk pembayaran luar negeri yang saya punya  bermasalah.

Nah, setelah dapat info dan baca blogpostnya Mbak Rini yang dibagikan di Grup BWA barulah saya tercerahkan dan akhirnya bisa dapat kesempatan digaji 100$/artikel.

Solidaritas Tinggi

Walau belum genap setahun bergabung tapi
saya bisa merasakan kekompakan para blogger yang ada di grup ini. 

Buktinya, dalam rangka anniversary-nya yang kedua BWA adakan challenge menulis dam tidak disangka banyak anggota grup yang berlomba-lomba mengajukan diri sebagai sponsor giveaway.

Sebelumnya pun kalau ada anggota grup yang memiliki masalah atau mengalami musibah, yang lain tidak sungkan memberi bantuan. Benar-benar solid ya? 

Belajar Bersama


Senangnya lagi BWA juga memfasilitasi anggotanya untuk belajar bersama dengan mengadakan sharing session.

Kegiatan yang diadakan BWA pada 19 November kemarin menghadirkan Bang Doel yang juga merupakan anggota grup.

Oh ya sebelumnnya saya juga sempat ikut belajar "Tips Menang Lomba Blog" yang diadakan Uda Fadli bersama teman-teman blogger dari BWA. 

Ternyata di BWA ini banyak lho blogger senior seperti pemilik blog kopitekno.com ini yang sudah sering pula diundang sebagai narasumber.

Namun kerennya di BWA tidak ada istilah senior-junior, baik yang sudah lama berkecimpung di dunia blog maupun yang baru nyemplung, semua sama. Tidak ada yang merasa paling jago dan paling hebat.

Jadinya yang member baru atau blogger pemula pastinya nggak bakalan minder berbaur dengan para blogger BW Asik. Semua baik kok, tidak ada yang sombong.

Itulah beberapa keseruan bergabung di Grup BW Asik. So far, kalau kamu belum join yuk jangan lewatkan kesempatan bergabung di grup super kece ini.

Penutup

Di usianya yang sudah menginjak 2 tahun, jumlah members BWA telah mencapai 200-anNamun seperti grup-grup lainnya, walaupun asyik banget bergabung di Grup BW Asik tapi masih ada member yang tidak aktif.

Gabung di grup tapi tidak bersuara. Ikut list pun tidak, sementara di luar sana masih banyak blogger ternyata yang antri mau gabung di BWA. 

Akhirnya atas kesepakatan bersama, diadakanlah seleksi alam aka tantangan menulis untuk melihat keseriusan mereka yang masih ingin bertahan di grup. 

Nantinya mereka yang gagal atau tidak berhasil menyelesaikan tantangan tersebut dengan terpaksa akan dikeluarkan dari Grup Blogwalking Asik.

Duh, sayang sekali ya. Tapi yah di situlah dilihat komitmennya demi BWA yang semakin baik di masa mendatang
Meskipun mungkin ada perubahan nantinya namun harapan saya BWA bisa tetap jadi tempat yang asyik buat kumpulnya para blogger Asik.

Salam sik asik, 

Posting Komentar untuk "Asyiknya Gabung di Grup Blogwalking Asik"