Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan PrimaKu sebagai Aplikasi Monitor Tumbuh Kembang Anak

Cari tahu yuk keunggulan PrimaKu sebagai aplikasi monitor tumbuh kembang anak. Mungkin ada yang bertanya kenapa saya merekomedasikan aplikasi PrimaKu? Alasannya akan saya paparkan di sini. Baca sampai selesai ya.

Keunggulan PrimaKu sebagai aplikasi monitor tumbuh kembang anak

Setiap orang tua tentu mengharapkan anak-anaknya tumbuh sehat dan kuat. Namun bagaimana kita bisa tahu pertumbuhan dan perkembangan anak kita normal kalau kita sendiri tidak rutin membawanya imunisasi tiap bulan?

Atau rutin sih tapi tidak paham denga grafik yang tertera pada kurva pertumbuhan anak yang ada di buku KIA walau sudah dijelaskan berkali-kali sama petugas imunisasinya.

Nah, saya sendiri termasuk ibu yang rajin bawa anak imuniasasi tapi sampai anak kedua lahir pun saya masih tidak tahu cara membaca grafik pertumbuhan. Serius! 

Jadi tahu pertumbuhan anak saya normal itu hanya berdasarkan hasil ukuran BB dan PB anak tanpa melihat grafiknya.

Kadang juga nanya ke petugas imunisasi terkait tumbang kembang anak saya tapi jawaban yang saya dapat tidak memuaskan. Untungnya saya ketemu dengan PrimaKu, aplikasi kesehatan anak Indoesia yang bisa digunakan untuk memantau tumbuh kembang anak dengan mudah dan praktis.

Webinar Monitor Tumbuh Kembang Anak di PrimaKu

Webinar bersama PrimaKu

Bersyukur sekali pada 16 Desember 2021 kemarin saya dapat kesempatan mengikuti webinar bersama PrimaKu. 

Webinar yang berlangsung via Zoom ini mengangkat tema "Monitor Tumbuh Kembang di PrimaKu Demi Anak  Sehat dan Kuat" dan menghadirkan dokter dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes  (Dokter Spesialis Kesehatan Anak).

Fyi, saya pertama kali kenal dokter Miza waktu ikut Kulwap beliau yang membahas seputar demam pada anak. Selain sering diundang sebagai narasumber kulwap atau webinar beliau juga cukup aktif memberikan edukasi seputar kesehatan anak di akun instagramnya @mizaafrizal.

Mengawali materinya, dokter yang populer di kalangan moms milenial ini memaparkan  tiga poin penting yang wajib diketahui orang tua untuk menandai kesehatan anak.

Menurut dr. Miza ciri-ciri anak sehat itu antara lain :
  • Bertumbuh, anak sehat adalah anak yang bertumbuh, ditandai dengan  pertumbuhan volume tubuh anak. Seperti berat badan, tinggi badan dan  lingkar kepala bertambah.
  • Berkembang, anak sehat adalah anak yang berkembang. Ditandai dengan adanya penambahan keterampilan/kemampuan anak. Misal bisa merangkak, berdiri dan lain sebagainya.
  • Tidak sakit, agar anak tidak mudah terkena penyakit salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan rutin membawa anak imunisasi sesuai jadwal IDAI atau Kemenkes.
Pertanyaan yang muncul kemudian, kenapa orang tua harus rajin memantau tumbuh kembang anak dan membawanya imunisasi. Jawabannya menurut dokter Miza adalah untuk mencegah stunting.

Ya, tidak dimungkiri stunting merupakan masalah serius yang menjadi perhatian banyak negara termasuk di Indonesia.

Berdasarkan data Profil Kesehatan Ibu dan Anak pada tahun 2020 mencatat tingkat prevalensi stunting pada anak balita Indonesia di tahun 2019 sebesar 27,67 persen. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 pemerintah Indonesia menargetkan prevalensi stunting anak balita tahun 2024 sebesar 14,00 persen. Data yang sama mencatat persentase anak umur 12-23 bulan yang menerima imunisasi dasar lengkap pada tahun 2020 baru mencapai 57,17 persen.

Dari data di atas cukup miris ya karena masih rendah kesadaran orang tua di Indonesia untuk memantau tumbuh kembang anak.

Sekali lagi, bagaimana kita bisa tahu tumbuh kembang anak kita normal, gizinya tercukupi dengan baik atau tidak jika kita luput memonitor pertumbuhan dan perkembangan anak secara berkala.

Inilah yang menyebabkan stunting anak di Indonesia cukup tinggi karena terlambat ditangani. 

Berangkat dari fakta tersebut  PT Cipta Medika Informasi (PrimaKu) yang didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terus mengoptimalkan fitur-fitur unggulan yang hadir di dalam aplikasi teknologi monitoring kesehatan anak terdepan dan terlengkap di Indonesia. 

PrimaKu hadir dengan fitur-fitur unggulan, guna menjadi solusi utama bagi para orang tua di Indonesia dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anaknya agar menjadi generasi yang sehat, kuat, dan cerdas.

Dokter Miza dalam Webinar bersama PrimaKu

Nah, menurut dokter Miza, orang tua perlu untuk memperoleh pengetahuan dan informasi holistik mengenai tumbuh kembang anak yang sesuai dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan itu bisa didapatka. melalui PrimaKu.

Lebih lanjut dokter Miza juga mengakui bahwa kehadiran aplikasi PrimaKu sangat memudahkan orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak. Tidak hanya itu, PrimaKu juga membantu pekerjaan para dokter anak.
“Kehadiran PrimaKu, yang merupakan produk inovasi hasil dari perkembangan teknologi di bidang kesehatan anak, semakin memudahkan bagi orang tua sehingga diharapkan menjadi pilihan utama mereka dalam memantau tumbuh kembang anak. Aplikasi ini juga memudahkan kami para dokter anak dalam menjalan praktek sehari-hari, terutama bagi pasien yang datang dengan menunjukkan data anaknya langsung dari aplikasi ini. Dengan semakin mudahnya layanan dan informasi yang diperoleh orang tua, potensi anak mereka mengalami masalah kesehatan akan sangat kecil."

Keunggulan PrimaKu, Aplikasi untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak

Keunggulan aplikasi PrimaKu

PrimaKu adalah aplikasi yang sangat penting dan dibutuhkan orang tua untuk memantau tumbuh kembang anak dengan mudah dan praktis. 

Sebenarnya kalau kita cek, ada banyak aplikasi sejenis yang bisa kita unduh.
Namun kenapa orang tua perlu dan wajib menggunakan aplikasi PrimaKu, berikut ini keunggulannya :

Didukung oleh IDAI dan Kemenkes

Keunggulan pertama tentu karena aplikasi ini sudah didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), PrimaKu juga bermitra dengan Kementerian Kesehatan RI. 

Jadi ibu-ibu nggak perlu khawatir, karena semua data beserta informasi yang ditampikan di PrimaKu terpercaya dan bersumber langsung dari ahlinya.

Mudah dan Praktis digunakan

Mudahnya menggunakan PrimaKu

Meski baru pertama kali mengunduh PrimaKu, mom tidak akan bingung karena aplikasi ini sangat mudah dan praktis digunakan. 

Pertama unduh dulu di play store atau app store selanjutnya lakukan pendaftaran melalui email atau akun google. Atau bisa juga langsung hubungkan ke facebook. 
Kemudian masukkan data ibu dan anak lalu tinggal eksplor fitur-fiturnya. 

Dapat menjadi pengganti buku KIA

Zaman sekarng smartphone sudah menjadi barang wajib yang selalu kita bawa kemana-mana. Termasuk kalau hendak memeriksakan kondisi anak ke dokter. Pastinya kita nggak akan lupa bawa si ponsel cerdas yang kita punya tapi buku KIA?

Saya beberapa kali nih punya pengalaman bawa si kecil periksa ke dokter anak tapi lupa buku KIA padahal itu penting banget. Karena semua data terutama terkait pertumbuhannya tercatat di sana.

Nah, kalau punya PrimaKu enak, lupa atau sengaja ditinggalkan buku KIAnya di rumah pun tidak masalah karena kita bisa menunjukkan data anak lewat aplikasi monitoring tumbuh kembang anak ini.

Akses gratis dan biaya konsultasi terjangkau

Tenang saja, untuk memantau tumbuh kembang anak lewat PrimaKu, mom tidak perlu mengeluarkan uang sepersen pun karena dapat diakses secara gratis, yang penting terhubung dengan jaringan internet.

Kecuali untuk menikmati fitur konsultasi dengan dokter spesialis anak, memang ada biaya yang perlu dikeluarkan tapi harganya juga masih terjangkau kok. 

Terdapat beragam artikel seputar tumbuh kembang anak yang dikaji langsung oleh ahlinya

Enaknya jadi orang tua di zaman sekarang karena kita bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi yang kita butuhkan terkat tumbuh kembang anak.

Namun tetap perlu hati-hati karena tidak semua informasi yang sampai ke kita itu benar. Faktanya sampai sekarang masih banyak mitos yang tersebar dengan cepat.

So, kalau butuh bacaaan atau informasi terkait tumbuh kembang anak yang akurat dan terpercaya, akses saja PrimaKu karena semua artikel yang ada di aplikasi ini telah dikaji dan ditulis oleh dokter spesialis anak.

Memiliki Fitur-fitur yang lengkap untuk memantau tumbuh kembang anak

Beidewei, saya pertama kali unduh PrimaKu tahun 2019. Waktu itu fiturnya masih sangat terbatas. But now, PrimaKu kini hadir dengan tampilan yang lebih prima dong. Fitur-fitunya juga lebih lengkap. Bahkan ke depannya PrimaKu akan terus mengembangkan layanannya.

Seperti yang dijelaskan oleh Muhammad Aditriya Indraputra selaluk CFA dan Chief Executive Officer (CEO) PrimaKu dalam webinar kemarin bahwa PrimaKu akan terus mengembangkan berbagai layanan untuk semakin memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak. Dengan demikian, PrimaKu memberikan kemudahan dan kesempatan yang sama kepada setiap orang tua di seluruh Indonesia agar dapat memonitor pertumbuhan serta kesehatan anak secara berkala. 
Sebagai aplikasi one stop solutions, PrimaKu akan terus meningkatkan fitur, memperluas informasi dan melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai kemudahan akses layanan terkait tumbuh kembang anak. Dengan dukungan penuh dari IDAI, PrimaKu dapat menjadi solusi utama bagi orang tua dan tentunya ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk mengatasi permasalahan stunting.” 

Lalu apa saja fitur-fitur unggulan PrimaKu, yuk kita ulas!

Mengenal 5 Fitur Unggulan PrimaKu

PrimaKu memiliki 5 fitur unggulan yang memudahkan para orang tua baru dalam memantau tumbuh kembang anak. 

Kelima fitur tersebut antara lain grafik pertumbuhan dan perkembangan anak, imunisasi, konsultasi, komunitas, dan rekam medis. Kita bahas satu-satu yuk!

Grafik pertumbuhan dan perkembangan

Grafik pertumbuhan PrimaKu

Fitur utama yang terdapat dalam PrimaKu adalah Grafik pertumbuhan dan perkembangan. 

Untuk mengecek pertumbuhan anak, mom cukup masukkan data anak meliputi berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Hasilnya nanti akan menunjukkan apakah ketiganya sesuai atau tidak dengan usia serta jenis kelaminanak.

Data pertumbuhan tersebut nantinya akan terangkum menjadi satu grafik yang sangat mudah dipahami orang tua. Dengan melihat kurvanya apakah berada di garis hijau, kuning, orange atau merah.

Fitur pertumbuhan dan perkembangan primaku

Terkait perkembangan, orangtua dapat memonitor perkembangan anak dari segi motorik dan sensorik yang dilengkapi dengan kuesioner dan informasi singkat terkait rekomendasi stimulasi berdasarkan kelompok usia anak.

Konsultasi

Fitur konsultasi PrimaKu

Menariknya, di PrimaKu sekarang sudah ada fitur konsultasi online dimana orang tua dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak yang tergabung dalam IDAI dengan mudah secara online melalui telepon, video call hingga chat. 

Seperti yang sudah saya singgung di atas, untuk dapat menikmati fitur ini dikenai biaya namun tarifnya bisa dibilang cukup terjangkau. 

Jadi kalau misalnya mom butuh konsultasi terkait kesehatan atau tumbuh kembang anak dan nggak punya kesempatan ke dokter, konsultasi online via PrimaKu bisa jadi alternatif yang tepat.

Imunisasi

Fitur Imunisasi PrimaKu

PrimaKu juga sudah dilengkapi dengan fitur reminder dan jadwal imunisasi lengkap. Sekadar informasi, jadwal vaksin yang ditampilkan di PrimaKu berdasarkan anjuran IDAI.

So far, kalau punya aplikasi PrimaKu tentu nggak ada lagi nih ceritanya mom tidak bawa anak imunisasi karena lupa jadwalnya, hehe.

Komunitas

Fitur Komunitas PrimaKu

Sebagai ibu baru saya sangat terbantu dengan adanya komunitas atau untuk saling saling sharing terkait tumbuh kembang anak. 

Nah, PrimaKu punya fitur Komunitas dimana kita bisa turut berbagi informasi dan pengalaman seputar tumbuh kembang anak.

Tentunya keahadiran fitur ini juga bisa jadi wadah buat orang tua pengguna PrimaKu untuk saling menyemangati dan memotivasi satu sama lain.

Rekam Medis

Fitur selanjutnya yang tidak kalah penting adalah rekam medis. Lewat fitur ini kita dapat mencatat segala keluhan atau riwayat medis anak secara lengkap dari waktu ke waktu. 

Sehingga jika diperlukan suatu hari nanti, orang tua tidak perlu bingung atau menguras otak  lagi untuk mengingat penyakit apa saja yang pernah dialami si kecil.

Itu dia lima fitur unggulan yang dimiliki PrimaKu saat ini dan tidak menutup kemungkinan ke depannya masih akan ada tambahan fitur baru lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Kesimpulan

Demikian ulasan saya mengenai keunggulan PrimaKu sebagai aplikasi monitor tumbuh kembang anak. Sebagai pengguna aplikasi PrimaKu saya sudah merasakan manfaatnya menggunakan aplikasi ini.

PrimaKu sangat membantu dan memudahkan saya dalam memantau tumbuh kembang anak-anak saya.

Aplikasi kesehatan anak Indonesia yang dapat menjadi solusi bagi orang tua dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan si kecil dengan praktis, kapan saja dan dimana saja.

Aplikasinya sudah didukung penuh oleh IDAI, fitur-fiturnya lengkap dan berbagai keunggulan lainnya menjadikan PrimaKu sebagai aplikasi monitoring tumbuh kembang anak terbaik. Mom wajib donwload lho.

Yuk, jangan lupa pantau tumbuh kembang anak-anak kita bersama PrimaKu. :)


Salam,


12 komentar untuk "Keunggulan PrimaKu sebagai Aplikasi Monitor Tumbuh Kembang Anak"

  1. Keren ya mba aplikasi primaku ini bisa jadi pengganti buku KIA juga. Udah gitu konsultasi pun biayanya terjangkau, noted buat aku bisikkin ke kakak ipar

    BalasHapus
  2. zaman semakin modern, sampe ada aplikasi untuk memonitor tumbuh kembang anak. Primaku semakin mempermudah, serasa punya KIA versi digital

    BalasHapus
  3. Wah lengap banget ini fitur-fiturnya ya
    Kita jadi gak galau lagi dengan tumbuh kembang anak
    Bisa dipantau setiap saat

    BalasHapus
  4. Ini aplikasinya keren banget. Soalnya walaupun di rumah, saya juga cukup kewalahan dalam memantau tumbuh kembang anak. Otw install dong...

    BalasHapus
  5. Aplikasi Primaku ini banyak fitur yang menguntungkan semuanya ya kak. Baik si anak, orangtua, bahkan hingga dokternya. Emang sih, melihat perkembangan anak sangat membahagiakan. Kalo ada apa2, bs langsung dikonsultasikan jg ke dokter. Masalahnya, ga smua orangtua paham ttg gadget dan aplikasi ini. Smoga ada bantuan ke orangtua miskin, terutama gadget dan bantuan nutrisi. Sehingga penderita stunting bs ditekan jg.

    BalasHapus
  6. Iya bener ya mbaa, kadang pas ke dokter kan ditanya tuh, umur sekian anak udah menerima vaksin apa aja trus perkembangannya gimana. kalau ga dicatat biasanya lupa dan pendapat kita jadi ngga valid kan, cuma kira2 aja, bisa nih pakai primaku yah

    BalasHapus
  7. wah lengkap banget ya aplikasi PrimaKu ini, bisa memantau tumbuh kembang buah hati. Dengan download aplikasi ini pastinya ibu tidak akan khawatir lagi mendampingi buah hati serta memantau perkembangannya. Wajib unduh aplikasi ini nih.

    BalasHapus
  8. Aplikasi Primaku ini sangat membantu orangtua untuk memantau tumbuh kembang anak ya mbak
    lebih praktis, jadwal imunisasi juga ada ya

    BalasHapus
  9. Kalau dokter saja menggunakan aplikasi ini berarti memang direkomendasikan ya. Fiturnya yang lengkap bisa bantu saya yang suka lupa dan tidak teliti dalam memantau tumbuh kembang anak nih

    BalasHapus
  10. Orangtua saat ini wajib nih memiliki aplikasi Primaku yaa Kak karena salah satu bentuk kasih sayang orantua terhadap anaknya adalah dengan lebih memperhatikan tumbuh kembang anak mereka. Dengan tumbuh kembang yang baik, otomatis orang tua telah membukakan masa depan yang baik untuk anak-anak mereka.

    BalasHapus
  11. Sekarang menjadi orangtua tidak perlu risau lagi tentang pertumbuhan anak ya, semua bisa dipantau melalui aplikasi Primaku. Semua tumbuh kembang yang membuat ragu bisa langsung dicari jawabannya.

    BalasHapus
  12. Baca artikelnya kak Siska ini, jadi terpikirkan, besok daku jadi orangtua makin mudah dengan hadirnya aplikasi ini buat pantau tumbuh kembang anak

    BalasHapus