3 Makanan Khas Jogja yang Wajib Diburu

Makanan khas Jogja yang wajib diburu. Ada apa saja sih selain gudeg. Yuk kita bahas!

Makanan khas Jogja yang wajib diburu

Kegiatan berwisata tidak hanya mengunjungi tempat-tempat wisata alam dan budaya saja. Melainkan juga berkeliling untuk mencicipi aneka kuliner khas suatu wilayah. 

Apalagi, jika kamu sedang berada di Kota Jogjakarta yang terkenal memiliki banyak macam makanan khas dan unik yang tidak ditemukan di tempat lain. Kalau pun ada mungkin rasanya berbeda dengan kuliner asli Jogja 

Oleh karena itu, beberapa wisatawan terkadang memang sengaja pergi ke Yogjakarta hanya untuk menikmati kulinernya saja. 

Kamu bakal sering menemui kuliner ini di dekat hotel murah di Jogja. Jadi tak perlu berburu hingga ke sudut terdalam kota ini.

Makanan Khas Jogja yang Wajib Diburu

Lalu, apa saja ya makanan khas Jogja tersebut? Sebagai informasi, berikut ini disajikan ulasan singkat mengenai makanan khas Jogja yang bisa kamu cicipi:

Bakpia Pathok

Bakpia Pathok sejak dahulu memang sudah terkenal sebagai makanan khas Jogja, yang selalu diburu oleh para wisatawan. Biasanya, Bakpia Pathok dibeli untuk dijadikan oleh-oleh atau buah tangan. 

Hitung-hitung sebagai pengobat rindu ketika berpisah dari Jogjakarta. Karena sudah menjadi makanan khas Jogja yang melegenda,  kamu tidak perlu bingung lagi nih ketika ingin membeli Bakpia Pathok.

Pasalnya saat ini di seluruh sudut Jogjakarta pasti kamu bisa dengan mudah mendapatkan makanan khas yang satu ini. 

Ciri khas dari Bakpia Pathok yakni dapat dilihat dari ukurannya yang dibuat kecil dan diisi dengan kacang hijau, sehingga akan menghasilkan rasa yang manis dan gurih. 

Seiring berkembangnya jaman, saat ini pun Bakpia Pathok mengalami penambahan rasa yang kekinian. Seperti rada keju, matcha, cokelat, dan tiramisu.

Jika kamu menginap di hotel murah di Jogja dekat Malioboro pasti dengan mudah menemukan oleh-oleh satu ini karena banyak yang menjajakannya.

Kamu juga bisa menemukan penginapan favorit hanya dengan menggunakan kata pencarian penginapan terdekat dari lokasi saya di Google.

Mie Lethek

Jangan salah paham dulu ketika mendengar nama Mie Lethek. Tidak seperti namanya yang berarti mie kotor, Mie Lethek justru merupakan salah satu makanan khas Jogja yang rasanya sangat enak dan unik. 

Lalu mengapa dinamakan mie Lethek? Alasannya karena mie Lethek memiliki tampilan yang kusam, hasil dari pembuatan secara alami dan menggunakan alat tradisional. 

Mie Lethek sendiri terbuat dari gilingan tepung tapioka yang dicampur dengan singkong, dan kemudian dicetak menggunakan alat yang tradisional. 

Uniknya dari makanan khas Jogja Mie Lethek adalah, mampu bertahan hingga 3 bulan walaupun tidak memakai campuran bahan pengawet. 

Jika kamu ingin merasakan nikmatnya mie Lethek, kamu bisa banget nih berkunjung ke warung bernama Mie Lethek Mbah Mendes yang berada di daerah Srandakan Bantul. Untuk harganya juga sangat terjangkau kok, yakni hanya berkisar 30k saja.

Gudeg

Jika berbicara tentang makanan khas Jogja, pasti jawaban utamanya adalah Gudeg. Gudeg memang sudah identik sejak dahulu kala sebagai makanan khas yang berasal dari daerah Jogjakarta. 

Gudeg biasanya dibuat dengan bahan dasar nangka muda yang sebelumnya sudah direbus lama dan dicampur dengan bumbu gudeg yang khas. 

Walaupun begitu, beberapa warung makan di Jogja juga menyajikan Gudeg dengan bahan yang berbeda, yakni kelapa muda, dan biasanya gudeg berbahan dasar nangka muda ini sering dikenal dengan nama Manggar.  

Untuk sajian makanan Gudeg biasanya dilengkapi bersama beberapa menu tambahan seperti nasi hangat, krecek, ayam kampung dan telur. 

Nah, jika kamu ingin mencicipi Gudeg yang terkenal di Jogja. Kamu bisa banget nih berkunjung ke warung Gudeg Yu Djum, dan membeli gudeg hanya seharga 25k setiap satu porsinya.

Itulah sedikit ulasan dari 3 makanan khas Jogja yang bisa kamu icipi ketika sedang berada di Jogjakarta. Jangan lupa ajak keluarga, teman, dan orang tersayang untuk ikut merasakan uniknya kuliner dari kota Jogjakarta ini ya, sob! Selamat icip-icip.

Posting Komentar untuk "3 Makanan Khas Jogja yang Wajib Diburu"