Kampanye #KejuAsliCheck : Tips Memilih Keju Cheddar Asli dan Bernutrisi Tinggi

Tips Memilih Keju Cheddar Asli dan Bernutrisi Tinggi

Tips memilih keju cheddar asli yang bernutrisi tinggi perlu diketahui oleh ibu-ibu. Pasalnya ibu yang memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Pastinya kita selalu ingin menyajikan makanan bernutrisi tinggi untuk buah hati kita, kan? 

Untuk itu kita perlu memastikan bahan makanan yang kita pilih memiliki kandungan gizi yang optimal. Termasuk dalam pemilihan keju.

Di sini saya sengaja singgung keju karena produk turunan susu ini memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera makan sehingga tidak heran menjadi makanan favorit anak-anak. 

Bukan anak-anak saja lho, orang tua juga pada doyan mencicipi cemilan dengan taburan keju di atasnya.

Bicara mengenai keju sendiri sebenarnya ada banyak jenisnya. Salah satu yang terkenal di Indonesia adalah keju cheddar. 

Yap, kreasi dari bahan keju cheddar inilah yang sering saya pilih untuk membuat cemilan lezat kaya nutrisi buat anak-anak.

Namun selama ini saya kalau beli keju cheddar ya asal beli saja. Tidak cek terlebih dahulu komposisi pada label kemasannya.

Lagipula setahu saya semua keju yang dijual di pasaran itu asli, hanya beda merk saja. Namun anggapan saya ternyata keliru.

Faktanya, di pasaran memang beredar banyak merk keju cheddar -yang namanya saja keju cheddar- tapi tidak semua menggunakan keju cheddar sebagai bahan baku utama.

Lantas bagaimana cara memilih keju cheddar yang asli? Pas banget nih, saya baru-baru dapat informasi mengenai kampanye #KejuAsliCheck yang diadakan oleh Keju KRAFT, salah satu brand unggulan dari Mondelez Indonesia.

Melalui kampanye #KejuAsliCheck, Keju KRAFT mengajak para ibu untuk lebih pintar memilih keju cheddar dengan komposisi bahan yang tepat dan berkualitas.


Mengenal Keju Cheddar 

Keju cheddar merupakan salah satu keju yang cukup populer di Indonesia. Keju ini termasuk kategori keju keras dan biasanya disajikan sebagai bahan dasar utama untuk membuat penganan kue atau makanan.

Ya, ada banyak kreasi makanan yang bisa kita olah dengan menggunakan keju  cheddar. Saya sendiri biasa menggunakan keju jenis ini sebagai topping martabak, isian roti, kue brownis, dan aneka cemilan lainnya.

Oh ya mengenai nama keju cheddar ternyata diambil dari nama tempat asalnya di Inggris, yaitu Desa Cheddar tepatnya di Somerset.

Kita dapat mengetahui usia keju cheddar dengan melihat warnanya. Keju cheddar yang muda tampak putih gading dengan tekstur yang sedikit lunak, sedangkan yang sudah lama memiliki warna kuning dan tekstur lebih keras.

Tips Memilih Keju Cheddar Asli

Tips memilih keju cheddar Asli ini saya dapatkan dari kampanye #KejuAsliCheck. Ternyata cara membedakan mana keju yang benar-benar asli cheddar dan mana yang bukan, gampang banget.

Kuncinya yang penting, ibu-ibu jangan malas baca label pangan pada kemasan. Poin ini penting sekali. Ya, gimana kita bisa tahu keju cheddar yang hendak kita beli terjamin keasliannya kalau baca komposisinya saja tidak.

Sedangkan untuk mengetahui keaslian suatu produk khususnya keju cheddar hanya bisa diketahui dari memahami label pada kemasan.

Nah, berikut ini tips memilih keju cheddar asli dengan bahan baku tepat dan berkualitas sesuai panduan kampanye #KejuAsliCheck :

Pastikan bahan utamanya adalah keju cheddar


Seperti yang saya singgung di atas, tidak semua keju cheddar yang dijual di pasaran mengandung bahan utama keju cheddar.

Apakah benar demikian? Awalnya sih saya memang sempat ragu, sampai-sampai karena penasaran saya coba periksa sendiri di minimarket dengan membandingkan beberapa jenis merk keju cheddar.

Dan kagetlah saya ketika menemukan ada keju yang bahan utamanya bukan cheddar melainkan air dan tepung.

Tahu darimana? Ya dari komposisinya. Jadi ibu-ibu kalau mau tahu keju cheddar yang kita gunakan selama ini atau asli atau tidak, coba deh perhatikan komposisinya.

Jika terdapat tulisan cheddar atau keju pada urutan pertama komposisi berarti aman. Sebaliknya, jika urutan pertama komposisinya adalah air atau tepung maka  itu bukan sepenuhnya keju cheddar. Sampai di sini paham ya?

Pastikan terdapat klaim nutrisi pada kemasan


Selanjutnya, untuk mengetahui keaslian keju cheddar adalah dengan memastikan klaim nutrisi pada kemasannya.

Pada keju cheddar asli pastinya terdapat klaim nutrisi yakni nutrisi unggulan yang dimiliki. Namanya keju biasanya kaya akan kalsium, protein dan juga vitamin D.

Untuk mengetahui nutrisi lengkapnya kita dapat melihat pada tabel nutrisi atau tabel yang memuat informasi nilai gizi dari keju cheddar tersebut.

Bagaiman? Tipsnya mudah sekali bukan? Kelihatannya memang sepele tapi hal sekecil ini sangat penting untuk dilakukan demi memastikan buah hati kita mendapatkan nutrisi keju cheddar terbaik.

Seperti kata artis sekaligus mom influencer Bunga Citra Lestari yang saya kutip dalam Siaran Pers peluncuran #KejuAsliCheck.
“Ibu memiliki peran penting dalam menentukan pola konsumsi rumah tangga, mulai dari menetapkan menu, memilih bahan, sampai memasak dan menyajikannya. Oleh karena itu, ketelitian para Ibu dalam memilih keju cheddar yang tepat sangatlah dibutuhkan untuk memastikan kandungan gizi yang optimal dalam proses tumbuh kembang buah hati"

Tentang Kampanye #KejuAsliCheck

Hadirnya kampanye #KejuAsliCheck berangkat dari kenyataan bahwa tidak semua keju cheddar di pasaran menggunakan keju cheddar sebagai bahan baku utama.

Ditambah pula dengan hasil survei KRAFT terhadap konsumen dan menemukan fakta bahwa 50 persen responden yang merupakan para ibu mengatakan sering mengonsumsi keju (1 sampai 7 kali dalam seminggu). 

Namun, lebih dari 61 persen  tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. 

Selain itu, terungkap pula bahwa 77 persen ibu mengaku terbiasa melihat label pangan. Akan tetapi, lebih dari 48 persen  tidak tahu cara membaca susunan komposisi dengan benar.

Oleh sebab itu KRAFT berinisiatif meluncurkan campaign bertajuk #KejuAsliChek yang tujuannya itu tadi. 

Untuk membantu para Ibu dalam memilih keju cheddar dengan komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas. 

Hal tersebut sejalan dengan anjuran Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk melihat label pangan pada kemasan sebelum membeli.

Seperti yang disampaikan Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Keju KRAFT .
“Melalui kampanye ini KRAFT ingin memberikan edukasi kepada semua Ibu di seluruh Indonesia terkait kandungan nutrisi keju cheddar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas. Kampanye #KejuAsliCheck dapat diterapkan melalui dua cara mudah, yaitu dengan memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung) dan memiliki klaim nutrisi pada kemasan,” jelas Dian.

Lebih lanjut Dian memaparkan bahwa di Indonesia, pencantuman label pada produk pangan olahan diatur dalam Peraturan Badan POM No. 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, untuk memberikan informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat tentang setiap produk pangan yang dikemas, sebelum membeli dan atau mengonsumsi pangan. 

Nah, adanya kampanye #KejuAsliCheck ini menurut beliau sudah sesuai dengan peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), yaitu komposisi bahan baku pada label pangan diurutkan berdasarkan jumlah, dari kandungan yang tertinggi ke rendah. 

Oleh karena itu, komponen pertama pada komposisi produk keju cheddar idealnya adalah keju cheddar, bukan air atau pun bahan lainnya.

Keunggulan Keju Cheddar KRAFT

Setelah mengetahui kampanye #KejuAsliCheck ini saya sudah nggak mau lagi asal pilih keju cheddar. Mending pilih keju yang harganya sedikit lebih mahal tapi kualitasnya benar-benar terjamin. 

Untuk itu pilihan saya jatuh pada keju KRAFT. Alasannya bukan semata-mata karena brand milik Mondelez Indonesia ini yang mengusung kampanye #KejuAsliCheck tapi karena memang keju KRAFT punya kualitas yang tidak diragukan lagi.

Keju No. 1 di Indonesia

Pada kemasannya KRAFT mengklaim sebagai keju no. 1 di Indonesia. Klaim ini tentu tidak berlebihan mengingat keju cheddar KRAFT telah lama hadir dan cukup populer di  Indonesia.

Saking populernya, siapa sih yang tidak tahu Keju KRAFT? Saya pun dari kecil sudah familiar dengan keju yang satu ini karena sering jadi keju andalan mama saya dalam membuat cemilan lezat.

Memenuhi Kriteria #KejuAsliCheck

Pada keju cheddar KRAFT, bahan baku atau keju cheddarnya ada pada urutan pertama. Selain itu terdapat pula klaim nutrisi.

Jadi keju cheddar KRAFT telah memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan dimana keju ini terbuat dari bahan utama Keju Asli New Zealand pada urutan pertama dan dilengkapi dengan nutrisi padatan susu yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D.

Kaya Nutrisi

Kraft kaya akan kalsium dengan kandungan 141 mg per sajian. Mengandung protein yang merupakan salah satu komponen esensial  dalam pertumbuhan dan perkembangan anak serta sebagai sumber Vitamin D.

Kesimpulan

Demikian ulasan saya mengenai tips memilih keju cheddar yang asli dan bernutrisi tinggi. Hanya dengan dua cara mudah, ibu-ibu sudah bisa memberikan keju cheddar yang mengandung nutrisi terbaik untuk si kecil.

Sebagai rekomendasi, keju cheddar KRAFT bisa jadi pilihan yang tepat. So  far, informasi tentang kampanye #KejuAsliCheck ini jangan berhenti di kamu saja ya. 

Sampaikan juga ke ibu-ibu yang lain agar semakin banyak ibu yang cerdas dalam memilih keju cheddar dengan komposisi bahan yang tepat dan berkualitas. 

Salam,

22 komentar untuk "Kampanye #KejuAsliCheck : Tips Memilih Keju Cheddar Asli dan Bernutrisi Tinggi"

Comment Author Avatar
Ada-ada aja ya, keju olahan yang bahannya nggak banget, masa pakai air dan tepung. Sebagai penggemar keju, keju cheddar selalu jadi pilihan, baik untuk makan mie instan, nasi goreng, roti sandwich dan lainnya. I LOVE CHEESE
Comment Author Avatar
Ini keju andalan keluarga saya loh Mbak, apalagi saya pribadi sangat menyukai keju ini dari dulu. Selain rasanya seperti rasa "pengen nambah", komposisi nutrisinya juga tidak kalah dengan rasanya.
Poko'ke rekomended bangetlah ini untuk setiap keluarga Indonesia.
Comment Author Avatar
Keju Cheddar KRAFT memang enak, tiap beli martabak dan roti bakar selalu melihat mereka menggunakan keju craft. Jadi aku nggak perlu pikir panjang, selalu menggunakan keju craft untuk beberapa olahan makanan keju. Anyway makasih kak insight untuk cara memilih keju yang baik.
Comment Author Avatar
Ternyata ada keju yang tidak asli ya mbak. Baru tahu saya, beruntung saya baca artikel ini. Dan keju cheddar sendiri nyatanya kaya manfaat ya. Kami satu keluarga memang kurang suka konsumsi keju, takut kolesterol, mengandung lemak jahat dan sebagainya. Ternyata keju ceddar yang asli malah menyehatkan ya.
Comment Author Avatar
Aku biasa pilih kraft jadi enggak sadar kalau ternyata ada juga yang enggak memuat info nutrisi di kemasan, ya
Comment Author Avatar
bicara soal keju ya pasti kraft lah, dan aku pasti pilih cheddar. udah dipakai sejak aku kecil sampai sekarang. anak-anakku paling suka pakai cheddar untuk roti dan pizza.
Comment Author Avatar
Daku aja suka banget sama keju cheddar ini apalagi kalau tinggal makan hehe.
Rasanya, tekstur dan manfaatnya itu bagus memang.
Comment Author Avatar
Tipsnya gampang banget ini sebenernya
Kita emang harus rajin cek daftar komposisi produk dan juga kandungan nutrisi di dalamnya
Apa lagi sebagai seorang ibu yang jadi penyedia makanan di rumah kan
Kudu teliti!
KRAFT emang udah terkenal banget sih kejunya, rasanya yang gurih beda dari produk lainnya
Comment Author Avatar
kalau aku sih selalu nyetok keju kraft di rumah mba, baik yang balok maupun yang slice. soalnya anak-anak suka banget.. aku juga suka sih wkwk rasanya passs
Comment Author Avatar
Aku paling doyan banget cemilan yang rasa keju. Terus kalau buat spagheti aku sukanya emang pake keju cheddar.. Nikmat banget
Comment Author Avatar
Sebagai orang yang suka makan keju slice dan keju parutan, aku kayak ketampar gitu soal keaslian keju cheddar. Bakal lebih teliti lagi nih kalau mau stok keju di rumah
Comment Author Avatar
Oh jadi seperti itu ya cara melihat pertama kali. Cek komposisinya dan harus pada urutan pertama tercantum kata cheddar atau keju. Selama ini sih saya juga nggak terlalu perhatiin tinggal beli beli saja. Alhamdulillah tercerahkan setelah baca ini.
Comment Author Avatar
Aku jadi ikutan ngecek komposisi di kemasan nih kalo beli keju cheddar, ternyata memang gak salah pilih deh aku selama ini pilih keju kraft cheddar
Comment Author Avatar
Keju andalanku untuk dijambal atau dibuat campuran dengan bahan baku lain.
Gurihnya nagih soalnya mba Sis
Comment Author Avatar
Keju Kraft sudah terbukti deh kualitasnya. Aku biasa pakai keju buat bikin makaroni panggang. Aku juga suka makan keju sejak kecil.
Comment Author Avatar
tips memilih keju chedar yang asli ini sangat penting ya mbak
klo kejunya asli, pasti rasanya enak dan sehat
Comment Author Avatar
Ternyata keju cheddar termasuk kkeju keras yang biasanya disajikan sebagai bahan dasar utama untuk membuat penganan kue atau makanan.
Comment Author Avatar
Kalau sudah mencoba Keju Cheddar, dijamin gak pengen pindah ke keju lain yaa..
Keju Cheddar memang sudah yang terbaik. Mau diolah menjadi kue, hasilnya akan selalu bikin bahagia.
Comment Author Avatar
saya suka dengan makanan yang berbahan keju. Selama ini tahunya juga hanya keju Kraft yang ternyata sangat kaya pprotein.
Comment Author Avatar
keju cheddar sejak dulu selalu jadi favorit keluarga aku untuk solusi perkejuan, paling seneng kalo pas bantuin ibu bikin kastangel dan marut keju. dari artikel ini jadi paham selain enak kenapa ibu selalu pakai keju cheddar untuk berbagai olahan kue.
Comment Author Avatar
saya juga di rumah full pakai produk ini, suka dengan rasanya dicampur dengan makanan apa aja kayak roti atau burger enak banget rasanya
Comment Author Avatar
Keju asli check artinya ada keju yang ga asli ya. Entah kandungan nya apa gitu. Aq juga baru tahu kalau chedar di ambil dari nama di Inggris, yaitu Desa Cheddar tepatnya di Somerset. Pengetahuan baru nih. Tips memilih chedar yg asli aku bakal praktekkin kak

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.