Buku Warung, Aplikasi UKM untuk Menunjang Kegiatan Bisnis

BukuWarung, Aplikasi UKM untuk menunjang kegiatan bisnis

BukuWarung? Apa yang terbesit di benak kamu ketika mendengar nama itu. 

Bagi yang belum mengenal mungkin akan mengira Buku Warung yang dimaksud adalah semacam buku untuk mencatat  penjualan harian yang ditulis manual oleh para pemilik warung.

Dugaan tersebut memang tidak keliru, namun zaman sekarang sudah canggih sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan buku pencatatan keuangan dalam bentuk digital dimana salah satunya adalah BukuWarung.

Yup, BukuWarung yang saya maksud adalah sejenis aplikasi pembukuan digital gratis. Aplikasi ini hadir untuk membantu dan memudahkan pemilik UMKM untuk mencatat segala transaksi keuangan sehingga menjadi praktis dan efisien.

Urusan mencatat finansial usaha dan segala hal yang berkaitan dengan transaksi keuangan bagi pemilik warung, toko kelontong dan sejenisnya memang sangat krusial.

Namun seperti yang kamu ketahui pembukuan secara manual rentan dengan yang namanya human error. Beda halnya ketika kamu melakukan pembukuan dengan aplikasi canggih.

Oleh sebab itu kehadiran BukuWarung tentunya akan sangat bermanfaat bagi UMKM karena aplikasi ini dapat menunjang kegiatan bisnis mereka. 


BukuWarung, Aplikasi Penunjang Bisnis UMKM

BukuWarung merupakan aplikasi pembukuan digital yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para pemilik usaha dalam mencatat keuangan bisnisnya. Mulai dari pemasukan, pengeluaran hingga hutang dan piutang.

Bahkan aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi pembayaran digital dan memiliki berbagai fitur menarik lainnya.

Menurut Mario Nicolas,  Head of Product BukuWarung, BukuWarung hadir sebagai solusi untuk membantu problem yang ada di UMKM pada level mikro, yaitu pembukuan. 

Banyak sekali usaha-usaha kecil atau rumahan yang baru memulai usaha dan masih bingung bagaimana cara menjalankan pembukuan dengan baik dan benar. Mereka juga belum tahu bagaimana cara melacak pengeluaran, merencanakan keuangan usaha, perhitungan laba dan rugi, kesalahan pada harga modal, serta memantau stok penjualan

Nah, dengan BukuWarung, semua hal tersebut menjadi mudah dan praktis dilakukan. 

Jika melakukan pembukan secara manual tentunya tidak akan terlepas dari human error tapi dengan beralih ke BukuWarung kamu tidak perlu khawatir lagi akan terjadi kesalahan pembukuan.

Terlebih lagi BukuWarung sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat membantu kamu mengatur cashlow dengan mudah. 

BukuWarung Aplikasi Pembukuan Digital
Source : bukuwarung.com

Selain itu kamu tidak perlu pusing lagi dengan urusan menagih utang karena nggak enakan. Serahkan saja pada BukuWarung yang bisa mengeluarkan jurus menagih otomatis dengan alarm yang sudah kamu setel sehingga utang pelanggan dapat dibayar 3x lebih cepat.

Tidak hanya itu, BukuWarung juga dapat digunakan sebagai pembayaran digital, bisa juga dipakai untuk jualan berbagai produk digital seperti jualan pulsa, token listrik dan lain sebagainya.

Keunggulan Menggunakan BukuWarung

Mudah Catat Transaksi dan Utang

Namanya juga pembukuan digital, semua jenis transaksi baik pemasukan, pengeluaran hingga utang-piutang semua dapat dicatat dengan rapi, cepat dan efisien.

Kamu juga tidak perlu pusing lagi melakukan perhitungan seperti saat mencatat keuangan secara manual karena semua catatan yang kamu masukkan langsung otomatis terhitung dan pastinya bebas human error.

BukuWarung juga sudah dilengkapi dengan  fitur alarm atau pengingat sehingga kamu tidak perlu pusing mengingat siapa-siapa saja pelanggan yang berhutang dan berapa jumlah utangnya. 

Sebab dengan adanya fitur tersebut kamu bisa melakukan penagihan otomatis melalui SMS maupun WhatsApp kepada para pelanggan.

Jadi kamu yang biasanya nggak enakan menagih utang pada pelanggan termasuk teman atau keluarga tidak perlu khawatir karena urusan menagih utang menjadi tugasnya BukuWarung. Semua dilakukan oleh sistem. Enak banget, kan?

Bayar atau Tagih, Gratis Admin

Seperti yang sudah disinggung di atas, BukuWarung bukan sebatas aplikasi pembukuan digital gratis melainkan dapat juga difungsikan sebagai aplikasi pembayaran digital yang memudahkan kamu dalam melakukan berbagai transaksi.

Nah, enaknya di sini karena semua transaksi yang berlangsung via BukuWarung tidak dikenai biaya sama sekali alias GRATIS admin. 

Dimana lagi coba kamu ketemu dengan aplikasi yang bebas gratis admin kayak gini. Dimana-mana kalau mau transaksi via aplikasi pasti ada potongannya. Hanya di BukuWarung lho kamu bisa melakukan pembayaran dan penagihan tanpa khawatir kena potongan. Asyik banget, kan?

Kelola stok dengan efisien

Kehadiran aplikasi pencatatan keuangan digital ini benar-benar sangat menguntungkan para pelaku usaha. Jadi sayang bangat lho kalau kamu yang punya usaha kecil-kecilan tidak memanfaatkan BukuWarung.

Pasalnya dengan menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu pusing dengan urusan mengelola stok karena semua dapat dilakukan secara efisien.

Tinggal kamu buka saja aplikasi BukuWarung, pilih fitur kelola stok, tambahkan stok barang, masukkan harga jual dan harga modal, beres deh. Sesimple itu.

Memiliki berbagai fitur menarik

Keunggulan lain yang terdapat pada BukuWarung ada pada fiturnya. Yap, semua fitur yang terdapat pada aplikasi pencatatam penjualan gratis ini sangat memanjakan penggunanya. Terutama bagi para pemilik usaha.

Fitur utama dalam aplikasi BukuWarung adalah catat transaksi baik pemasukan dan pengeluaran sehingga arus kas tetap rutin tercatat. Ada juga laporan pembukuan usaha yang dapat diakses per hari, minggu, atau bulanan. 

Selain itu terdapat fitur catat utang dan piutang. Dimana dengan fitur ini pengguna dapat mencatat transaksi pelanggan yang membeli dengan cara utang. 

Fitur ini juga sudah dilengkapi dengan notifikasi tagihan melalui SMS atau WhatsApp yang akan dikirim sebagai tagihan.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah fitur kelola stok yang dapat membantu pengguna dalam mencatat stok yang ada sekarang, menyesuaikan jumlah stok menumpuk dan terjual, hingga pasang harga untuk stok barang.

Tidak hanya itu BukuWarung juga punya  fitur penjualan produk digital seperti pulsa, listrik, top up e-wallet, dan lain-lain. 

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang menjadi keunggulan BukuWarung.

Oleh sebab itu, tak heran jika dikatakan BukuWarung merupakan aplikasi penunjang kegiatan bisnis UMKM, karena semua fiturnya sangat memudahkan dan membantu melancarkan usaha penggunanya.

Untuk lebih jelasnya tentu akan lebih baik jika kamu mengeksplore sendiri aplikasi ukm ini yang dapat kamu unduh di Play Store atau App Store.

Demikian ulasan singkat mengenai BukuWarung, aplikasi yang dapat membantu menunjang kegiatan bisnis UMKM. Semoga bermanfaat ya.

Referensi : bukuwarung.com

1 komentar untuk "Buku Warung, Aplikasi UKM untuk Menunjang Kegiatan Bisnis"

Comment Author Avatar
keren banget ya Buku Warung ini, detail bahkan sampai ada pengingat piutang segala ya, jadi kita gak perlu pusing lagi ya nagih utang orang lain ke kita, jadi penasaran saya gimana isi pesan penagihan utang dari Buku Warung itu *eehh :D

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.