Storytel Cara Asyik Menikmati Buku dengan Mendengarkan

Storytel Cara Asyik Menikmati Buku dengan Mendengarkan

Menikmati buku dengan mendengarkan adalah hal yang benar-benar baru bagi saya. Saya bahkan baru tahu ada yang namanya audiobook, sebuah buku digital berbentuk suara.

Melalui audiobook kita dapat melahap buku dengan cukup memasang telinga. Sebagai seorang yang menyukai buku sejak kecil tentu kehadiran audiobook menarik perhatian saya.

Apalagi mengingat kebiasaan membaca saya agak menurun semenjak memiliki duo toddler yang lagi aktif-aktifnya. 

Yang sebelumnya bisa menamatkan 1-3 buku dalam sebulan, sekarang ini bisa menyelesaikan 1 buku sebulan saja sudah alhamdulillaah banget. 

Eh tidak terhitung buku anak-anak ya. Kalau buku yang saya bacakan untuk anak-anak mah setiap hari bisa tuntas sampai berkali-kali.

Nah, dengan hadirnya audiobook, nggak ada alasan lagi dong nggak bisa menikmati buku karena bisa disambi dengan pekerjaan lain, seperti sambil memasak, menyapu, nyuapin anak, saat mau tidur dan lain sebagainya. Beneran asyik, kan?

So, buat kamu yang penasaran pengen juga merasakan nikmatnya menyesap buku dengan mendengarkan, kamu wajib coba aplikasi Storytel.


Berkenalan dengan Storytel

Aplikasi audiobook Storytel

Jujur, saya merasa senang sekali ketika seorang teman memberitahu saya tentang aplikasi Storytel dan mengajak untuk mengunduhnya.

Mumpung aplikasinya baru rilis di Indonesia, jangan sampai ketinggalan deh. Begitu katanya.

Bisa ditebak bagaimana tanggapan awal saya? Jelas saat itu saya mengernyitkan dahi karena belum tahu Storytel itu aplikasi sejenis apa. Teman saya itu cuma bilang, Storytel itu aplikasi audiobook untuk mendengarkan buku.

Namun karena belum puas dengan jawabannya, saya segera meluncur ke Google untuk mencari tahu lebih jauh tentang Storytel. Sekalinya tahu tanpa pikir panjang saya langsung unduh dong.

Jadi apa itu Storytel?

Dilansir dari website resminya, Storytel adalah salah satu layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan terbesar di dunia dan menawarkan mendengarkan dan membaca lebih dari 500.000 judul dalam skala global. 

Saat ini Storytel yang berkantor pusat di Stockholm, Swedia ini telah beroperasi di lebih dari 20 pasar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Perkembangan teknologi yang pesat memang telah mengubah kebiasaan manusia yang sebelumnya serba konvensional sekarang serba digital. Termasuk dalam membaca buku.

Kehadiran buku digital diharapkan dapat meningkatkan literasi baca masyarakat khususnya di Indonesia yang tergolong masih rendah. 

Sayangnya meski sekarang ini kita bisa dengan mudah mengakses buku lewat genggaman tetap saja minat baca masyarakat Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Alasan sibuk masih sering dijadikan kambing hitam padahal sebenarnya sesibuk apapun kita asal mau meluangkan waktu ya pasti bisa. 

Nah, sekarang sudah ada audiobook yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja, bahkan dalam keadaan sibuk sekali pun. 

Tentu aplikasi ini dapat menjadi solusi terbaik bagi kita yang tidak sempat membaca e-book apalagi buku fisik, saking sibuknya.

Dengan begitu kehadiran audiobook Storytel benar-benar diharapkan dapat meningkatkan literasi di Indonesia. 

Apalagi berdasarkan survei yang dilakukan  Storytel  di negara- negara lain tempatnya lebih dulu beroperasi didapati bahwa para pengguna audiobook memiliki kesempatan lebih banyak menghabiskan buku dibandingkan saat hanya membacanya.

Jika biasanya dalam satu bulan seseorang bisa menghabiskan membaca buku satu hingga tiga buku maka dengan audiobook orang-orang bisa membaca buku mencapai lima buku sebulan. 

Demikian yang disampaikan oleh Country Manager Storytel Indonesia Indriani Widyasari dalam konferensi pers virtualnya, Rabu (10/3/2022) yang saya lansir dari waspada.co.id

Bahkan dengan masuknya Storytel di Indonesia diprediksikan mendengarkan audiobook akan menjadi tren baru bagi para penikmat buku bacaan di Indonesia pada tahun ini dan di masa mendatang.

Keunggulan Storytel Aplikasi Audiobook Indonesia

Keunggulan Storytel Audiobook Indonesia

Mendengarkan buku melalui Storytel audiobook akan memberikan sensasi berbeda dan pengalaman baru yang unik. Apalagi bagi kita yang terbiasa menikmati buku dengan membaca.

Di awal mungkin rasanya agak aneh ya, tapi setelah mendengarkan dua-tiga kali pasti bakal ketagihan. Even saya akui kenikmatan membaca buku fisik tidak tergantikan dengan kehadiran buku digital termasuk dalam bentuk audio.

Namun setidaknya Storytel dapat menjadi solusi terbaik agar kita bisa tetap dekat dengan buku walau dalam keadaan sibuk sekali pun.

Eniwei, setelah mencoba sendiri menggunakan aplikasi audiobook asal Swedia ini, berikut beberapa keunggulan yang saya temukan :

Mudah dan praktis digunakan

Saat pertama kali menggunakan Storytel kamu tidak akan kebingungan karena aplikasinya sangat mudah dan praktis digunakan. 

Aplikasi ini memiliki navigasi yang jelas dan tampilan antarmuka pengguna atau user interface yang menarik.

Seperti aplikasi pada umumnya, sebelum dapat menikmati semua fitur Storytel kamu harus melakukan registrasi terlebih dulu.

Sedangkan untuk menikmati buku di aplikasi ini kamu tinggal pilih saja salah satu audiobook yang ingin kamu dengarkan. Kamu bisa temukan audiobook itu di  beranda, rak buku atau mencarinya melalui fitur search.

Dapat menikmati buku kapan saja dan dimana saja

Bagi ibu rumah tangga yang setiap hari kerjaannya seolah tiada berujung, tentu aktivitas membaca buku fisik hanya bisa saya lakukan di waktu-waktu tertentu.

Bahkan waktu 24 jam rasanya sebenarnya tidak cukup untuk mengerjakan semua pekerjaan domestik ditambah lagi dengan pekerjaan saya sebagai blogger. 

Ya, jangan salah. Meski tinggal di rumah saja kesibukan saya pun tidak kalah dengan ibu-ibu yang bekerja di ranah publik. Jadi kalau mau me time dengan membaca novel kesukaan saya ya harus curi-curi waktu dulu.

Nah, kabar baiknya setelah memiliki aplikasi Storytel di smartphone, saya tidak perlu pusing lagi dengan masalah waktu untuk menikmati buku. Kapan pun dan dimana pun bisa saya lakukan. 

Seperti yang sudah saya singgung di atas, dengan kecanggihan audiobook, aktivitas menyelami buku dapat kita lakukan sambil mengerjakan pekerjaan lain. 

Entah itu saat sedang sibuk masak atau cuci piring di dapur atau sementara lagi beberes rumah, dan lain sebagainya. Bahkan dalam keadaan offline, karena audiobook di aplikasi ini dapat diunduh.

Oh ya waktu favorit saya mendengarkan audiobook dari Storytel di malam hari, menjelang mau tidur. Dengar suara naratornya yang menarasikan buku itu saya merasa seperti sedang didongengin.

Senangnya lagi karena di aplikasi ini tidak hanya tersedia buku untuk orang dewasa tetapi juga banyak rekomendasi buku anak-anak. Jadi suka saya dengarkan audiobook ini ke Zhaf & Fath juga sebagai pengantar tidur mereka. 

Terdapat banyak pilihan audiobook menarik

Saat pertama kali membuka aplikasi Storytel saya langsung jatuh cinta, bukan pada tampilannya semata tapi isinya itu lhoAmazing banget.

Banyak banget buku best seller dari penulis ternama yang saya temukan di Storytel. Buat yang ingin nostalgia dengan novel fenomenal JK Rowling, kamu bisa temukan Harry Potter Audiobook di aplikasi ini. 

Atau ingin membaca novel fiksi dengan berbagai genre berbeda. Tenang saja, ada banyak sekali pilihannya, seperti Game of Thrones, Sapiens, Mariposa, Hunger Games dan lain-lain, semua ada di Storytel.

Cari novel best seller Indonesia seperti Divortiare Ika Natassa,  Negeri Lima Menara karya A.Fuadi dan Selamat Tinggal milik Tere Liye, ada dong.

Atau masih ada yang belum baca Dilan? Of course, buku best seller-nya Pidi Baiq ini juga tersedia di Storytel.

Ya, koleksi buku yang dimiliki aplikasi baca buku online ini terbilang lengkap. Bayangkan saja ada lebih dari 500.000 judul buku, mulai dari buku best seller lokal hingga internasional. Sangat menarik, bukan?

Memiliki narator berkualitas

Keunggulan lain yang dimiliki Storytel tentu saja terletak pada naratornya. Di aplikasi ini kamu bisa mendengarkan bacaan buku dari berbagai narator yang berpengalaman.

Mereka yang terpilih adalah para seniman suara profesional, yang dapat menghidupkan cerita melalui suara sehingga mudah untuk dinikmati di mana saja.

Bahkan Storytel Indonesia menggandeng beberapa aktor dan aktris Indonesia yang memiliki kualitas suara bagus untuk menarasikan audiobook seperti Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti dan Fedi Nuril.

Penasaran mau dengar suara para aktor/aktris ini dalam menarasikan audiobook? Buruan download aplikasinya di Aplikasi Storytel untuk iOS dan Aplikasi Storytel untuk Android

Biaya berlangganan terjangkau

Ketika baru pertama kali mengunduh Storytel kamu akan diberi akses gratis selama 7 hari untuk menikmati semua layanan premium dari aplikasi baca buku online ini.

Setelah itu, jika masih ingin menikmati Storytel versi premium maka tentu saja kamu harus berlangganan. But don't worry karena biaya yang dikeluarkan masih sangat terjangkau.

Kamu cukup membayar Rp39.000/bulan dan bebas mengakses ratusan ribu audiobook dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Terdapat juga pilihan berlangganan per 6 bulan dengan biaya yang pastinya lebih murah.

Menelusuri Berbagai Fitur Storytel

Setelah mengetahui keunggulan Storytel, selanjutnya yuk kita telusuri berbagai fitur yang terdapat dalam  audiobook Indonesia ini :

Fitur Home (Beranda)

Ketika membuka aplikasi Storytel kamu akan langsung berhadapan dengan fitur beranda. Fitur ini menampilkan berbagai jenis buku berdasarkan kategori tertentu sehingga memudahkan kamu untuk menemukan buku yang ingin didengar.

Kategori yang dimaksud antara lain :

  • Continue listening, di sini kamu bisa melanjutkan mendengarkan buku yang belum tuntas
  • Because you bookshelf, kategori ini memberikan rekomendasi buku lain berdasarkan buku yang sedang atau sudah kamu dengarkan
  • Top Titles in Indonesia, di sini kamu bisa menemukan berbagai buku dalam bahasa Indonesia yang sedang trending. 
  • Top Title in English, menampilkan buku-buku bahasa Inggris pilihan para storyteller di minggu ini.
  • Editor’s Pick, Buku pilihan Editor. Saat menulis ini buku yang tampil adalah Dunia Sophie yang bab awalnya dinarasikan oleh Dian Sastrowardoyo
  • Familiar Voices, nah, di sini tempatnya kamu bisa menemukan buku-buku yang dinarasikan oleh aktor, aktris, dan public figure.
  • Certified Best Sellers, berisi kumpulan buku best seller dan terlaris sepanjang masa seperti Harry Potter Audiobook
  • Fun for the children, kumpulan buku yang asyik didengarkan oleh semua usia termasuk anak anak
  • Children's book, semua buku khusus anak-anak ada di sini
  • Thrills & Chills, buat kamu yang suka buku bergenre hantu, monster, pembunuhan di sini tempatnya
  • Non fiction books, berisi kumpulan buku-buku non fiksi
  • Fiction books, pecinta novel fiksi wajib ke sini karena semua cerita fiksi termasuk Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara ada di sini. Ada bukunya Kim Ji Young, Born 92 juga lho
  • Upcoming books in Indonesia, tempat di mana kamu bisa mengintip buku-buku Indonesia yang akan segera tayang di Storytel. Sekarang ini yang lagi upcoming ada Dilan (1990), Antologi Rasa, Surga yang Tak Dirindukan, Critical Eleven, dll.

Dan masih ada lagi beberapa kategori seperti Fantastical Adventures, Shorts Stories Collection, Short Stories, Teens & Young Adult, Thriller, Religion, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas, silakan kamu eksplore sendiri ya.

Fitur Search (Cari)

Berikutnya ada fitur search yang sesuai namanya dapat membantu kamu mencari buku secara lebih spesifik sehingga lebih mudah ditemukan.

Misalnya kamu ingin mencari novelnya Ika Natassa yang berjudul Divortiare kamu tinggal ketik saja judulnya di kolom pencarian lalu search.

Fitur ini juga menampilkan Top Categories yang terdiri dari Romance, Personal Development, Fiction, dan Young Adult. Ada juga buku-buku New York Times Best Sellers yang berupa Fiction atau Non Fiction

Fitur Bookshelf (Rak Buku)

Fitur Storytel selanjutnya adalah Bookshelf. Sesuai namanya, fitur ini menyimpan buku-buku yang sudah atau sedang kamu baca. Termasuk buku yang sudah kamu download sehingga dapat mengaksesnya saat offline

Beidewei, saat ini buku yang tersimpan di rak buku saya ada Dunia Sophie, Legenda Putri Duyung, Selamat Tinggal, Dari Toko Buku ke Toko Buku dan Pangeran Cilik. Random banget ya, hehe.

Fitur Profil

Terakhir ada fitur profil yang menampilkan data diri sebagai pengguna. Di fitur ini kamu bisa pajang foto manis kamu. 

Kemudian agar tidak ketinggalan notifikasi terbaru dari penulis favorit, kamu bisa mengikuti profil mereka. Nantinya jumlah profil penulis yang kamu ikuti akan muncul di tepatnya di bawah foto profil.

Fitur profil Storytel juga sudah dilengkapi dengan Listening Goals dimana kamu bisa menentukan sendiri target untuk membaca buku dalam satu bulan kedepan. Nantinya akan muncul pengingat berapa persen target yang sudah kamu selesaikan. 

Selain itu terdapat juga Statistics yang akan menunjukkan data aktivitas mendengarkan audiobook selama sebulan. 

Lewat Statistics ini kamu bisa memantau progress mendengarkan buku setiap bulannya. Berhubung saya menggunakan Storytel baru hitungan hari sehingga datanya belum muncul.

Kesan Menikmati Buku dengan Storytel

Aplikasi audiobook Indonesia Storytel

Salah satu buku yang saya nikmati dari Storytel adalah Pangeran Cilik karya Antoine de Saint Exupery oleh Anes Wibowo.

Dari deskripsinya, Pangeran Cilik termasuk buku yang paling banyak diterjemahkan di dunia. Konon buku ini pernah disadur ke dalam 230 bahasa asing. 

Buat yang belum pernah menikmati buku yang melegenda ini, mungkin akan menyangka Pangeran Cilik termasuk kategori buku anak-anak. 

Memang iya, tapi setelah didengarkan rasa-rasanya Pangeran Cilik akan lebih cocok dibaca atau didengar oleh orang dewasa sebagai bahan perenungan.

Bagaimana tidak? Baru mendengar bab 1 saja saya sudah merasa tertohok karena tanggapan orang dewasa yang selalu merasa paling benar, egois, menganggap sepele kreativitas anak-anak hingga berujung pada membunuh bakat mereka.

Ya, di sepanjang mendengarkan buku yang berdurasi dua jam lewat dua menit limah puluh dua detik ini banyak moral penting yang bisa saya petik. 

Anes Wibowo sebagai narator juga mampu menarasikan Pangeran Cilik dengan baik, intonasinya jelas, iramanya tepat sehingga sebagai pendengar saya bisa larut dalam cerita ini.

Overall, selama menggunakan Storytel walau baru hitungan hari namun saya sudah menemukan kenyamanan. 

Saya tidak bilang audiobook bisa mengganti nikmatnya membaca buku dengan menyentuh lembaran-lembaran kertas dan menyesap aromanya.

Tentu tidak. Saya masih membaca buku fisik namun sekarang, sejak berkenalan dengan Storytel saya optimis bisa melahap lebih dari 1 buku setiap bulannya. Semoga. Entah itu dibaca atau didengarkan, yang penting jangan sampai jauh dari buku.

Penutup

Demikian ulasan mengenai Storytel yang menurut saya merupakan cara asyik untuk menikmati buku hanya dengan mendengarkan.

Kalau kamu termasuk tipe orang yang punya jam terbang tinggi atau sering beralasan tidak punya waktu buat baca buku karena sibuk kamu wajib cobain Storytel dan temukan sensasi yang berbeda dalam menyelami buku.

Di Storytel kamu bisa dengan mudah menemukan rekomendasi buku best seller dunia, seperti Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa dan masih banyak lainnya.

So, tunggu apa lagi. Yuk kita sama-sama tingkatkan minat membaca dengan menjadikan Storytel sebagai teman sehari-hari.

Salam Literasi,

83 komentar untuk "Storytel Cara Asyik Menikmati Buku dengan Mendengarkan"

Comment Author Avatar
Ah ini sepertinya mengasyikkan, jadi tahu isi buku dengan mendengarkan narator. Jadi beneran bisa disambi ngerjain hal lain. Wuuuih, antologi rasa bakal ada versi audibook di Storytel? Nungguin banget akutu
Comment Author Avatar
Kalau ada audiobook ini, kita bisa menikmati buku selagi berada di perjalanan dong ya. Secara aku suka banget kalau baca saat berada di kereta. Cuma kadang membaca di lingkungan yang bergerak gitu bikin pusing kan ya. Nah, kalau tinggal dengerin doang kan makin asyik.
Comment Author Avatar
Narator-narator di Storytel ini suaranya keren-keren banget
Aku langsung terbuai saat mendengarkan beberapa cerita
Lama-lama kuucapkan selamat tinggal deh ke buku fisik gara-gara storytel hehe
Comment Author Avatar
Asli sih, Storytel luar biasa. Hanya dengan 39.000 per bulan, seneng banget bisa menikmati judul buku yang melimpah dengan genre yang variatif. Keren
Naratornya juga luar biasa. Lagi dengerin Dian Sastro membawakan Dunia Sophie. Adem banget rasanya
Comment Author Avatar
Lagi candu denger podcast, mungkin storytel audio ini bisa jadi salah satu alternatif buat nambah wawasan buat sy
Comment Author Avatar
Waah...menarik ini. Lebih menarik daripada ebook. Terkadang kalo kelamaan baca ebook mata jadi lelah, dengan storytell gak lagi deh 😁 Ini sih bisa didengarkan sambil duduk di kereta, sambil nunggu jemputan, dll. Kereen deh
Comment Author Avatar
Membaca jadi lebih seru yah kak pakai aplikasi ini. Cocok banget digunakan buat anak anak yang males baca tapi tetep pengen nambah ilmu. Kece deh aplikasinya
Comment Author Avatar
Ya ampun menarik banget ya mbak, bisa buat dongeng sebelum tidur ini. Ahaha. Btw ada buku pelajaran juga ga sih, anakku modelnya audiotory jadi lebih cepet masuk pelajaran kalau didengar. Kayaknya klo ada buku2 pelajaran gini keren bgt juga ya. Donlow ah 😁
Comment Author Avatar
Wahh senang ya, dengan kemajuan teknologi digital saat ini
Aplikasi audiobook seperti Storytel ini memudahkan kita mengetahui isi buku dgn cara mendengarkan ya mbak
Comment Author Avatar
Pengen baca Divortiare nya Ika Natassa dong, eh ini malah dibacain ya, pas banget didengarin sambil rebahan.
Mata juga nggak lelah karena bisa dinikmati hanya dengan mendengarkan saja, keren banget ini mah :)
Comment Author Avatar
ingin segera mendonlot storytel. jadi bisa dengerin dimana dan kapan saja.
Comment Author Avatar
pertama kali coba Storytel langsung suka. jadi cara baru nambah literasi dengan lebih modern dan praktis
Comment Author Avatar
Ah iya bener, narator yang berkualitas memang ngefek banget ya. Dulu sempat dengerin audiobook yang naratornya AI (artificial intelegence), duh ga dapet suasananya mbaaa
Comment Author Avatar
asyik nih untuk gunakan platform ini sambil mendengarkan segala keseruan dari koleksi buku yang ada yaaa mba. Enjooy
Comment Author Avatar
Wow banyak juga ya koleksinya, 500.000 buku! Kalau aku pasti bingung duluan mau baca buku yang mana, hehe
Comment Author Avatar
Wah, buku pangeran cilik ini juga salah satu wishlist audiobook yang mau aku dengerin nih, Mbak Siska. Ternyata seseru itu ya ceritanya. Mana dinarasikan sama Mas Agus. Jujurly salah satu narator yg aku suka Mas Agus soalnya suaranya berkarakter enak buat didengarkan. Berasa kayak didongengkan.
Comment Author Avatar
Aku baru pertama banget inii kenal audiobook. Bisaan banget yaa idenya storytel ini. Mau instal jg ahh buat anakku hehehe. Dia suka banget dengerin dongeng soalnya sampe Cape yg bacain wkwkwkwk
Comment Author Avatar
Bener bisa disambi macam2. Tapi enak pake headset ya soalnya biar lebih jelas suaranya..
Comment Author Avatar
seruuuu, berasa ada yang nyeritain ya, apalagi suaranya tuh enak di dengar, renyah ala2 penyiar radio gitu hahaaa
Comment Author Avatar
Nggak ada alasan lagi untuk malas baca buku ya, Mbak. Banyak juga keunggulan Storytel ini ya, Mbak.
Comment Author Avatar
Semoga kehadiran Storytel bisa makin meningkatkan literasi kita ya.
Karena kegiatan membaca buku sudah ada yang asik ini, dan bisa dilakukan sambil beraktivitas
Comment Author Avatar
ini coock banget buat saya yang rajin traveling, karena kalau baca buku bawa hardcopynya berat banget kalau pakai aplikasi ini bisa sambil liatin pemandangan di perjalanan
Comment Author Avatar
Happy banget bisa download aplikasi Storytel ini ya mbak. Anak-anakku juga senang bisa "di dongengin" gitu. Tapi mereka baru baca 2 buku yang princess-princess.
Comment Author Avatar
Asyik banget ya pakai aplikasi ini kita lagi beres-beres rumah juga bisa menikmati buku hanya dengan mendengarkannya.
Comment Author Avatar
yes yes yes! suka banget dengerin Storytel deh, serasa didongengin gitu baca novelnya, serasa nonton opera gitu yaaa
Comment Author Avatar
cukup banyak ya kategorinya, semakin banyak inovasi meningkatkan literasi, keren!
Comment Author Avatar
Aiih~
Semangat banget aku diberi tahu ada aplikasi audiobook storytel.
Jadi mulai mendengarkan narasi buku dan semoga bisa menuliskan resensi buku di blog bukuku yang mlai berdebu. Hiiks~
Comment Author Avatar
Ada 500.000 ribu judul dalam skala global? Wow, kalau begini mah jadi gak bingung lagi cari bahan bacaan, hehe. Membaca dengan cara mendengar merupakan hal baru buat saya, namun tidak untuk anak2 yang hobinya memang dibacakan. Dengan Storytel, saya jadi punya asisten buat bacain novel remaja buat mereka.
Comment Author Avatar
Alhamdulillah ya mbak, berkat kemajuan teknologi akhirnya ga ada kata malas membaca lagi ya karena ada yang membacakan. Keren storytel
Comment Author Avatar
Wah.. menarik nih Mba. Aku dulu taunya cuma audible dan biaya berlangganannya cukup mahal. Terima kasih informasinya ya Mba
Comment Author Avatar
Menarik banget nih, mbak. Aku jadi pengen download juga. Cocok juga untuk anak2 buat menumbuhkan literasi mereka 😍
Comment Author Avatar
Asik deh ya denger Storytel ini kak, baca buku dengan pengalaman baru pakai audiobook. Kece banget yah ide aplikasinya
Comment Author Avatar
Walau membaca sendiri lebih nikmat tapi dalam kondisi tertentu dan daripada jarang buku mending pakai aplikasi ini ya.... mantaps nih...:D
Comment Author Avatar
Asyik juga storytel ini yaa, bagi emak-emak kayak saya yang doyan baca tapi sibuk ini itu bisa tinggal mendengarkan saja
Comment Author Avatar
wahh lumayan murah yaa untuk berlangganan cuman 39rb aja per bulan. Sepertinya saya tertarik nih pengen berlangganan biar kebiasaan membaca buku bisa aktif kembali soalnya saya udah lama gak baca buku
Comment Author Avatar
Selama ini baru langganan gramedia digital diriku mba, belum langganan storytel penasaran banget, enak nih tanpa baca jadi mendengarkan aja ya bisa disambi dengan aktivitas lain.
Comment Author Avatar
Cocok banget ini ya buat yang agak malas baca tapi butuh buku bacaan, atau yang gak mau rumahnya penuh buku tapi dia hobby baca buku. Jadi bisa santai kayak didongengin ya
Comment Author Avatar
Ketagihan mendengarkan buku di audiobook Indonesia Storytel.
Sungguh jadi bersemangat sekali ketika dimulai sebuah petualangan baru.
Seru..seru..
Comment Author Avatar
Sekarang berarti dunia kiterasi akan semakin berkembang dengan munculnya inovasi seperti ini ya mba
Comment Author Avatar
Jujur aku baca reviews storytel ini jadi pingin langsung instal dan cobain user experience sendiri. Soalnya kerasa asik banget
Comment Author Avatar
saya juga baru coba free trialnya ini semalam karena tidak bisa tidur, tapi baru pagi ini menikmati mendengarkan audiobook di aplikasi Storytel ini, pas juga tadi pagi anak-anak belum pada bangun jadilah saya bisa me time sambil mendengarkan buku sambil kerja tugas domestik IRT juga, duuh senangnya sekarang ada aplikasi audiobook begini saya sekarang jadi bisa baca buku dengan cara berbeda, mendengarkan buku :)
moga jadi bisa rajin isi blog yang memang ada kategori khusus review bukunya nih :D
Comment Author Avatar
Ah bener banget mbak kadang malas suka jadi alasan ya, dengan adanya Storytel jadi ga ada alesan lagi buat males baca deh
Comment Author Avatar
Mbak aku sepakat banget ini bisa jadi solusi buat yang gak sempat baca buku fisik seperti aku. Sambil masak sambiil mendengarkan buku kayaknya asik juga ya.
Comment Author Avatar
Wah, murah banget...Hanya dengan mengeluarkan uang Rp39.000/bulan bebas mengakses ratusan ribu audiobook versi Inggris maupun Indonesia. Mending ini ya, daripada beli ebook dengan harga yang sama, namun per ebook.
Comment Author Avatar
jadi storytel bisa gantiin tugas para mamak bacain dongeng anaknya ya, ahaha, mayaannn
Comment Author Avatar
Pilihan buku yang beragam bisa dinikmati dengan asik lewat Storytel.
Apalagi naratornya keren², jadi makin seneng deh mendengarkan
Comment Author Avatar
Laily Fitriani 23:52
Keren aplikasi ini, saat kondisi macet biar adem perlu juga dengerin storytell ini yah. Storytell aplikasi yang nggak bikin mata lelah ya Mbak.
Comment Author Avatar
paling suka dengerin orang cerita, jadi kebayang gitu ceritanya kayak gimana. dengan adanya storytel ini aku jadi bisa membaca buku tanpa bikin mata lelah..
Comment Author Avatar
Saya juga suka sekali dengan kehadiran Storytel ini, Mbak. Salah satunya karena mudah dan praktis itu. Bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja. Harga langganan juga sangat terjangkau hanya 39 ribu dengan 7 hari gratis.
Comment Author Avatar
Seperti kata bijak, buku adalah jendela dunia ya Mbak. Namun terkadang, belum sempat menikmati buku karena waktu dan kesibukan. Dengan Storytel bisa sekalian melakukan aktivitas lain juga.
Comment Author Avatar
Nyaman banget menggunakan aplikasi audiobook Storytel.
BIsa didengarkan kapan saja dimana saja dan bahkan bisa juga didengarkan dengan cara offline asalkan sudah di download dulu bukunya.
Mari semangat mendengarkan buku.
Comment Author Avatar
Ibarat kata, baca buku di stroytel itu seperti didongengin ya kak. Pilihan buku untuk anak-anak juga banyak macamnya. Suka deh sama aplikasi ini
Comment Author Avatar
Saya sudah mendengarkan buku di Storytel ini
Sudah habis satu novelnya Tere Liye yang berjudul Selamat Tinggal
Comment Author Avatar
Alhamdulillah banget ya sekarang untuk urusan baca buku nggak perlu bingung tinggal pakai aplikasi ini saja nanti kita bisa deh menikmati buku kesayangan. Nanti mau instal juga sekalian cek novel kesayangan.
Comment Author Avatar
Bagus ini aplikasinya untuk yang malas baca buku ya.
Comment Author Avatar
Kehadiran Storytel ini, membuat kita bisa menikmati buku dengan cara berbeda dan lebih menyenangkan ya, Mbak. Kalau dulu membaca buku harus fokus, dengan Storytel, bisa mendengarkan cerita, sambil melakukan aktivitas lainnya.
Comment Author Avatar
Kalau misalnya tidak berlangganan premium, apakah masih bisa menikmati fiturnya mbak? Jadi makin penasaran dengan aplikasi keren ini
Comment Author Avatar
Wah aku gak sangka buku pangeran cilik isinya sedalam itu. Memang sih kadang buku-buku anak isinya gak cuma enak dinikmati sama anak-anak, tapi pesannya ini juga bisa lintas usia. Bahkan orang dewasa juga bisa menikmati. Apalagi sekarang ada audiobooknya di Storytel jadi makin penasaran juga aku mau mendengarkan Pangeran Cilik.
Comment Author Avatar
Asyik ya, aplikasi Storytel ini. Selain ragam pilihannya bukunya banyak ada naratornya lagi, jadi penasaran dengan aplikasi ini.
Comment Author Avatar
Sama ih, enaknya bisa sambil dengerin Storytel disela beberes rumah dan ngerjain tugas harian. Jadi ga repot yah, ga perlu nyuri-nyuri waktu lagi buat baca buku.
Comment Author Avatar
Nah iya Mbak, menikmati buku dengan mendengarkan juga hal yang benar-benar baru bagi saya. Biasanya harus membaca untuk menikmati buku, sekarang bisa dengan cara mendengarkan sambil ngerjain pekerjaan lain ya...
Comment Author Avatar
Biar gak penasaran mencoba dulu aja selama seminggu yang masih tidak berbayar ya. Selanjutnya baru yang berbayar. Alhamdulillah terjangkau juga sih ya harganya
Comment Author Avatar
Sama deh Kak. Sejak punya dua toddlers dan ternyata kesibukan urusan rumah dan mencari penghidupan makin padat dan menuntut, mau melahap buku bacaan itu seolah jadi kekurangan waktu. Kalau menikmati bacaan dengan aplikasi Storytel begini kan nyaman ya karena tinggal pasang earphone saja lalu buku pilihan bisa ditamatkan sambil rebahan.
Comment Author Avatar
Enak banget ya, membaca buku dibacain sama naratornya. Jadi bisa dengerin cerita tanpa harus baca buku.Seperti di dongengin aja ya hehe
Comment Author Avatar
Gara-gara Storytel, sekarang kalau anakku tanya soal cerita yang bikin dia penasaran, aku jawabnya, "makanya dengerin baik-baik!' bukan lagi, "makanya baca!" hahahaha
Setorytel bantu banget buat aku yang sering penasaran sama sebuah cerita, tapi sayang gak ada waktu buat baca
Comment Author Avatar
saya jga menginstal aplikasi ini seru banget ya buat nemenin perjalanan traveling. karena suka baca jadi useful banget ga perlu buka buku bisa sambil rebahan pula bacanya
Comment Author Avatar
Mantap banget emang Audiobook satu ini, emak2 kayak saya jadi ngga capek2 bacain anak buku cerita sampe tenggorokan kering hahaha
Comment Author Avatar
Storytel mengajari kita untuk bisa mendengar buku, ngga cuman bisa dilihat dan dibaca. Ini cocok buat diriku yang gampang lelah matanya kalau baca cerita tulisan kecil dan tebal dong ya
Comment Author Avatar
Idaman banget nih aplikasi. Apalagi buat saya yg udah ga kuat baca buku lama". Pake apk ini jadi bisa duduk manis, minum kopi sambil dengerin buku. Hihi
Comment Author Avatar
sebagai praktisi read aloud aku rasa storytel ini hadir untuk mefailitasi itu juga kali ya, membacakan nyaring. apalagi ada mode anak kan ini bisa mendorong minat baca anak - anak
Comment Author Avatar
Asik ya, bisa mendengarkan buku sambil beraktivitas lainnya. Daripada ngelamun hehehe
Comment Author Avatar
serasa dengerin podcast yaa mba.. saya sendiri belum cobain gimana pengalaman dnegerin buku pakai storytel. mungkin kapan2 bakal saya instal dan cek buku mana di sana yang bisa saya dengarkan
Comment Author Avatar
Eh iya, ini aplikasi bagus nih buat pecinta buku dan yang hobi baca, karena selain baca ebook, bisa juga mendengarkan buku. Selain itu, bisa ngasah juga kemampuan speaking dan reading in English lho
Comment Author Avatar
emang jadi asik banget ya dengerin novel yang dinarasikan di Storytel ini, aku suka banget pas dengerin novel bahasa Inggris, sekalian listening
Comment Author Avatar
Baru kemarin aku download aplikasinya. Entar malam mau coba storytel ini, berasa lagi dibacain cerita yaaa
Comment Author Avatar
menambah pengalaman baca banget ya kak storytel ini. gak kebayang nanti 10 tahun lagi kayak gimana
Comment Author Avatar
menambah pengalaman baca banget ya kak storytel ini. gak kebayang nanti 10 tahun lagi kayak gimana
Comment Author Avatar
keren nih aplikasi storytel ini jadinya kita bisa tetap menikmati buku ya walau nggak sempat membacanya.
Comment Author Avatar
Bisa nambah bacaan deh kalau pakai Storytel ini, sebulan bisa habis banyak bacaan tuh. Hehe recommended banget ya
Comment Author Avatar
Solusi banget ini ya buat yang gak sempat baca atau agak malas baca, tetap bisa menikmati buku yang diinginkan dengan storytel. Tinggal bubuan menjelang bobo
Comment Author Avatar
Aplikasi audiobook yang rekomended bgt nih. Di Storytel banyak pilihan buku yang bisa didengarkan. Apalagi Naratornya juga sudah berpengalaman dan suaranya asik buat didenger. Jadi gak bosenin deh..
Comment Author Avatar
Kaya audible ya kalo ga salah. Saya tau ttg audiobook ini dari The Minimalist. Mayan, buat ngisi kepala selama di perjalanan.
Comment Author Avatar
Mendengarkan buku memang jadi tren baca buku saat ini yah, apalagi bisa digunakan buat buibu yg super duper sibuk

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.