5 Cara Mengatasi Masalah Ketombe Secara Alami

Cara mengatasi masalah ketombe

Ada berbagai cara mengatasi masalah ketombe yang dapat kita lakukan di rumah. Selain menggunakan shampo anti ketombe, kita bisa juga mengatasi masalah rambut yang umum terjadi ini secara alami.

Punya masalah ketombe memang sangat menyebalkan sebab dapat membuat kulit kepala gatal. Selain itu, masalah rambut berketombe juga bisa bikin kita nggak pede dan malu karena butiran-butiran putihnya tak sedap dipandang dan mengotori baju. 

Karena itu penting untuk mengetahui cara mengatasi ketombe. Tidak harus menggunakan produk atau shampo tertentu karena kamu bisa mencoba mengatasinya secara alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Cara mengatasi masalah ketombe secara alami

Ketombe merupakan masalah rambut yang umum terjadi. Namun bukan termasuk masalah yang serius meski demikian dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Munculnya ketombe sendiri disebabkan oleh berbagai hal mulai dari produksi minyak berlebih pada kulit, perubahan hormon hingga stres pun dapat memicu timbulnya masalah rambut ini.

Tidak hanya itu, ketombe juga bisa muncul akibat penyakit tertentu seperti infeksi jamur, psoriasis dan dermatitis seboroik.

Nah, jika kamu memiliki masalah ketombe dan sudah menggunakan berbagai produk perawatan khusus ketombe namun tidak kunjung berhasil kamu bisa mencoba cara alami berikut ini:

Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah terkenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi berbagai masalah rambut, termasuk ketombe.

Lidah buaya dianggap mampu mengatasi ketombe karena memiliki kandungan antiradang dan antijamur yang bisa melawan peradangan di kulit kepala.

Untuk menghilangkan ketombe dengan tanaman hijau ini caranya cukup simple. Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih satu jam kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara di atas rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal.

Minyak Kelapa

Bahan alami berikutnya yang dapat membantu menghilangkan ketombe secara alami adalah minyak kelapa.

Minyak ini mengandung antimikroba yang berfungsi untuk mengusir jamur penyebab infeksi sehingga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah saja. Ambil 2 sendok makan minyak kelapa, kemudian oles ke kulit kepala dan pijat secara perlahan. 

Diamkan selama satu jam. Selanjutnya bilas dengan shampo hingga benar-benar bersih. Jangan sampai ada sisa minyak karena bisa berisiko menyumbat pori-pori di kulit kepala.

Tea Tree Oil

Seperti halnya minyak kelapa tea tree oil juga memiliki manfaat sebagai antimikroba dan juga anti peradangan. Minyak ini bahkan terbukti mampu melawan jamur penyebab ketombe dan dermatitis seboroik secara efektif.

Namun sebelum menggunakannya pastikan kamu tidak alergi tea tree oil ya, karena ada beberapa orang yang memang tidak cocok dengan minyak ini.

Tea tree oil dapat kamu gunakan sebagai obat alami penghilang ketombe dengan cara menuangkan 2-3 tetes. Lalu campurkan dengan 2-3 tetes minyak kelapa. Aduk rara. 

Setelah itu teteskan minyak pada kapas kemudian aplikasikan ke kulit kepala untuk menghilangkan jamur penyebab infeksi.

Diamkan sebentar lalu bilas rambut sampai bersih agar minyak tidak tersisa dan menyumbat pori-pori kulit. Lakukan rutin  3 sampai 4 kali dalam seminggu untuk dapat hasil yang memuaskan.

Garam

Garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe lho.

Di sini garam berfungsi sebagai eksfoliasi untuk membersihkan timbunan sel kulit mati di kepala. 

Bumbu penambah rasa asin pada makanan ini juga dipercaya dapat meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala dan menyerap minyak berlebih di kulit kepala yang bisa menjadi penyebab ketombe muncul.

Untuk menghilangkan ketombe dengan garam kamu bisa ikuti langkah berikut. Pertama, basahi rambut terlebih dahulu laku taburkan garam pada kulit kepala.

Selanjutnya lakukan gerakan pijatan pada kulit kepala hingga ketombe rontok. Setelah itu bilas rambut menggunakan shampo hingga bersih.

Oh ya untuk meningkatkan efektivitas dari bahan inj kamu bisa mencampurkan garam dengan bahan-bahan alami lainnya. Seperti garam dengan minyak kelapa atau garam dengan gel lidah buaya.

Campurkan garam dengan bahan alami lain hingga teksturnya berubah menjadi scrub kental lalu aplikasikan pada kulit kepala seperti langkah di atas.

Baking Soda

Tidak hanya garam, baking soda atau soda kue yang dikenal sebagai bahan pengembang kue juga memiliki khasiat menghilangkan ketombe secara alami.

Soda kue memiliki zat eksfolian yang bisa membantu mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati di kulit kepala.

Dalam bahan ini terdapat kandungan zat antijamur yang mampu melawan jamur penyebab munculnya ketombe.

Namun perlu diperhatikan, jika kamu ingin menggunakan baking soda untuk menghilangkan ketombe maka cukup pakai sedikit saja.

Jangan sampai berlebihan karena bahan ini dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Bila itu terjadi akibatnya kulit kepala akan kering dan mengalami iritasi.

Baking soda juga mengandung kadar pH yang tinggi sehingga rentan merusak kulit kepala jika digunakan terlalu sering.

Meski demikian tidak perlu khawatir karena baking soda tetap aman dan ampuh digunakan untuk mengusir ketombe yang membandel selama dalam batas penggunaan yang wajar.

Berikut cara pengaplikasiannya. Siram rambut sebelum menggunakan bahan ini. Kemudian balurkan 2 sampai 3 sendok makan soda kue di kulit kepala. Diamkan selama 2 menit lalu bilas bersih kulit kepala.

Langkah di atas cukup kamu lakukan 2 kali dalam sepekan saja ya untuk menghindari kulit kepala kering dan iritasi..

Penutup

Demikian beberapa cara mengatasi masalah ketombe yang bisa kamu terapkan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang disebutkan di atas.

Caranya mudah, bukan? Apalagi tidak sulit menemukan bahan-bahan tersebut. Kamu bisa melakukan perawatan ketombe dengan cara alami selama beberapa minggu ke depan lalu lihat hasilnya.

Biasanya bahan alami untuk perawatan rambut tidak kalah khasiatnya jika dibandingkan dengan produk shampo dan conditioner anti ketombe. 

Selamat mencoba dan temukan kilau hitam rambut tanpa ketombe. Semoga tips ini bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Masalah Ketombe Secara Alami"