SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

7 Cara Merawat Rambut Hitam Berkilau

by - 02 November

Cara merawat rambut hitam berkilau agar tetap sehat dan terjaga kelembabannya cukup sederhana. Kamu bisa simak ulasan selengkapnya di sini ya.

cara merawat rambut hitam berkilau agar tetap sehat

Sebagai wanita Indonesia, kita tentu bangga terlahir dengan rambut hitam alami. Apalagi jika rambut yang kita miliki tidak sekadar hitam namun juga sehat  dan berkilau. Pasti tidak kalah menawan dengan wanita yang berambut pirang.

Kendati demikian beberapa faktor seperti sering terpapar sinar matahari polusi udara dan penggunaan alat hairstyling dapat mengubah warna rambut hitam menjadi kemerahan. Tidak hanya itu, kilaunya juga akan memudar sehingga tampak kusam dan tak sehat.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, umumnya perawatan rambut hitam nggak terlalu ribet kok. Bahkan kamu masih bisa mengatasinya dengan cara alami. 


Cara merawat rambut hitam berkilau dengan mudah

Berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk merawat rambut agar tetap sehat dan hitam berkilau ;

Keramas dengan air dingin

Salah satu cara membuat rambut berkilau secara alami adalah dengan menjaga sebumnya selalu ada. Kalau kamu belum tahu, sebum ini disebut juga minyak alami rambut yang berfungsi dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan rambut.

Nah, keramas dengan air dingin dapat menjaga kelembaban rambut secara alami karena nggak bakal menyapu bersih sebum. Beda halnya kalau kita mandi dengan air hangat. 

Memang air hangat dapat membilas minyak dan kotoran di kepala namun suhunya justru dapat membuat pori-pori rambut terbuka dan menghilangkan sebum.

Gunakan shampoo khusus rambut hitam

Merawat rambut hitam bukan hal yang sulit. Terlebih jika kamu sudah menemukan produk yang tepat yaitu dengan menggunakan shampoo yang diformulasikan khusus untuk rambut hitam.

Kamu bisa memercayakan rambut hitammu 
pada Sunsilk Black Shine Shampoo. Dengan kandungan ekstrak urang aring dan diamond shine technology-nya, shampoo ini dapat menjaga warna alami rambut hitammu semakin indah dan berkilau mempesona.

Jangan lupa gunakan kondisioner

Setelah keramas dengan menggunakan shampoo, kamu juga perlu pakai kondisioner untuk mempertahankan kelembaban rambut hitammu sehingga tidak kusam dan tetap sehat berkilau.

Sunsilk juga punya kondisioner dengan formula yang tidak hanya membuat rambut hitammu semakin indah dan bercahaya tetapi juga wangi sepanjang hari.

Lengkapi dengan vitamin rambut

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu perawatan rambut hitammu nggak cukup dengan keramas pakai shampoo dan kondisioner saja. Rutinlah menggunakan vitamin rambut minimal 2 kali dalam sepekan untuk menjaga kesehatannya.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan vitamin rambut yang juga diformulasikan untuk rambut hitam seperti Sunsilk Black Shine Vitamin. Produk perawatan untuk rambut hitam berkilau dari sunsilk memang lengkap banget, jadi nggak perlu pusing-pusing lagi carinya. 

Manfaatkan bahan alami sebagai masker rambut

Selain menggunakan berbagai produk perawatan di atas, kamu juga bisa lho merawat rambut hitammu dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Ada berbagai bahan di sekitar kita yang memiliki khasiat bagus untuk rambut hitam seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kemiri, teh hitam, kopi hitam dan lain sebagainya.

Kamu bisa manfaatkan bahan-bahan alami tersebut untuk membuat masker rambut. Pembuatan masker rambut nggak begitu sulit kok. Misal untuk masker rambut yang terbuat dari bahan minyak, entah itu minyak kelapa, zaitun atau kemiri, cukup kanu oleskan saja ke rambut secara merata, diamkan beberapa menit lalu terakhir bilas dengan air.

Hindari pemakaian alat hairstyling

Alat hairstyling memang sangat membantu untuk menata atau mengubah gaya rambut. Tapi coba pikirkan lagi deh kalau kamu punya kebiasaan mencatok atau mengeritingkan rambut pakai alat ini.

Penggunaan hairstyling yang terlalu sering apalagi dengan suhu tinggi dapat memudarkan warna rambut hitammu. Bahkan membuat rambut kering dan rusak.

Lindungi rambut dari paparan sinar matahari 

Seperti yang sudah singgung di atas, salah satu penyebab rambut hitam memudar dan tidak berkilau adalah sengatan cahaya matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari akan membuat rambut berubah warna menjadi kemerahan atau kecoklatan terutama bagian ujungnya.

Rambut hitammya juga akan kehilangan kilauannya. Oleh sebab itu penting buat kamu untuk melindungi rambut ketika bepergian ke luar rumah. Yup, bukan cuma kulit lho yang butuh pelindung.

Bedanya, untuk melindungi kulit kamu perlu pakai tabir surya, sedangkan untuk melindungi rambutmu dari intensitas cahaya matahari yang tinggi kamu cukup menggunakan jilbab atau topi.


Demikian 7 cara merawat rambut hitam berkilau yang bisa kamu praktikkan di rumah. Caranya cukup mudah, kan?

Salam,

Baca Juga

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.