Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kraft Crolette, Menu Sahur Praktis, Lezat dan Bernutrisi untuk Keluarga

Sedang mencari ide menu sahur? Cobain deh KRAFT Crolette, menu sahur praktis, lezat dan bernutrisi untuk keluarga.

KRAFT Crolette menu sahur praktis, lezat dan bernutrisi

Siapa nih yang sering terlambat bangun jadi hanya sempat menyiapkan menu sahur simple tapi kurang bergizi dan tidak mengenyangkan?

Pengalaman saya sendiri walau tidak sering tapi setiap bulan ramadan pasti ada saja kejadian bangun mendekati waktu fajar sehingga terlambat menyiapkan menu sahur.

Alhasil sahurnya terpaksa dengan yang instan-instan gitu. Duh, nggak menyehatkan banget ya. Tidak heran siangnya badan sudah lemas banget karena menu sahurnya asal-asalan.

That's why salah satu persiapan yang saya lakukan menjelang ramadan 1443 H adalah mencari tahu terkait tips atau cara menyiapkan menu sahur yang lezat dengan mudah namun tetap bergizi.

Dengan begitu ketika masuk ramadan saya nggak perlu pusing dan bingung lagi dalam menyiapkan menu sahur.


Tips Menyiapkan Menu Sahur Praktis, Lezat dan Bernutrisi

Sahur merupakan aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan.

Hukum makan sahur sendiri adalah sunnah dalam artian tidak berdosa jika ditinggalkan namun aktivitas yang satu ini jangan sampai kita lewatkan ya. Kenapa? 

Karena sahur termasuk bagian dari ibadah puasa yang sangat dianjurkan oleh Rasullullaah shallallaahu'alaihi wassalam. Bahkan Beliau tidak pernah meninggalkan sahur karena di dalamnya terdapat keberkahan. 

Hadis keutamaan sahur terdapat banyak keberkahan

Selain itu makan sahur juga memiliki banyak manfaat dimana salah satunya adalah dapat membantu kita bertahan tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam.

Namun tidak dimungkiri makan dini hari memang bukan aktivitas yang mudah. Bangun buat makan sahur saja berat apalagi menyiapkannya, iya nggak?

Ya, menyiapkan menu sahur untuk keluarga tercinta menjadi tantangan tersendiri bagi ibu-ibu. Masak menu sahur pun tidak boleh sembarang karena selain memastikan rasanya lezat, menu yang kita hidangkan juga harus mengandung nutrisi yang tepat agar puasa dan aktivitas kita bersama anggota keluarga dapat berjalan lancar.

Untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang sudah saya terapkan dalam menyajikan menu sahur :

Tips menyiapkan menu sahur praktis, lezat dan bernutrisi

Lakukan meal preparation sebelum tidur

Memulai proses masak saat dini hari seperti memotong, mencuci hingga membumbui tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Maka salah satu cara untuk mempersingkat waktu memasak saat sahur adalah dengan melakukan meal preparation atau menyiapkan makanan yang akan disantap di malam hari sebelum tidur.

Meal preparation dapat kita lakukan dengan memasak menu sahur setengah matang. Kemudian setelah dingin masukkan menu tersebut ke dalam lemari pendingin.

Jadi ketika bangun sahur nanti kita tinggal menyempurnakan masaknya saja agar matang. Cara menyajikan menu sahur seperti ini tentu lebih praktis dan cepat dibanding baru memulai proses memasak saat sahur.

Masak makanan sahur di malam hari

Tips menyiapkan menu sahur berikut ini bisa dibilang lebih cepat prosesnya dibanding meal preparation. 

Dimana semua bahan yang akan diolah untuk sajian sahur sudah kita masak di malam hari dan dimasukkan ke dalam kulkas. Lalu tinggal dihangatkan di microwafe atau di atas kompor saat akan makan sahur.

Siapkan stok frozen food homemade

Adanya stok frozen food di freezer juga bisa jadi alternatif buat menu sahur praktis. Frozen food merupakan makanan cepat saji yang disimpan dalam keadaan beku sehingga bisa tahan lama.

Belakangan mulai banyak UMKM yang memulai bisnis frozen sehingga tidak sulit menemukan menu yang satu ini. Bahkan jika ada kesempatan kita juga bisa sendiri membuat frozen di rumah.

Sebaiknya memang kita memilih frozen food homemade karena bebas dari bahan pengawet dan sudah pasti higenis.

Pilih menu yang simple, lezat dan bergizi

Nah, tips berikut jadi favorit saya beberapa hari ini. Jadi selain menerapkan cara di atas saya juga suka cari ide menu sahur lezat, praktis dan bergizi di media sosial.

Pas banget saat berselancar di instagram beberapa hari lalu ketemulah saya dengan postingan mengenai KRAFT Crolette di akun IG @kraft_id. 

Saya langsung tertarik dong soalnya menu yang kaya nutrisi ini menggunakan dua bahan saja, proses membuatnya pun singkat banget. Hanya 5 menit dan KRAFT Crolette siap disajikan. 

Benar-benar menu sahur yang bisa jadi andalan emak-emak banget nih. Termasuk juga kalau misalnya kita lagi nggak mood masak saat sahur tapi tetap ingin menyajikan menu spesial yang bergizi untuk keluarga ya sudah bikin Kraft Crolette saja.

Dijamin suami dan anak-anak bakal doyan. Apalagi dengan rasa gurihnya yang nagih dan kandungan nutrisi yang tinggi sudah pasti bisa bikin kita jadi semangat menjalani ibadah puasa.

Pokoknya menu sahur yang satu ini wajib dicoba deh. Cara buatnya gampang banget soalnya. Penasaran? Yuk, saya ajak ibu-ibu kenalan dulu dengan KRAFT Crolette sebelum mengintip resepnya.

KRAFT Crolette, Omelette Spesial dengan Crown

KRAFT Crolette, omelet spesial dengan crown

KRAFT Crolette, demikian inspirasi menu sahur yang dihadirkan KRAFT untuk membantu para ibu dalam menyiapkan sajian untuk keluarga di bulan ramadan yang tidak hanya menggugah selera tetapi juga bernutrisi.

KRAFT Crolette sendiri merupakan singkatan dari Crown Omelette, yang dalam bahasa Indonesia Crown berarti mahkota sedangkan Omelette adalah telur dadar.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menu ini hanya membutuhkan dua bahan. Dari namanya sudah bisa ditebak dong bahan apa saja yang dimaksud.

Yup, telur dan keju KRAFT.

Untuk lebih jelasnya, KRAFT Crolette merupakan telur dadar yang disajikan bersama dengan keju KRAFT Cheddar. Namun sesuai namanya, ini buka menu omelet biasa.

KRAFT Crolette menjadi menu spesial dan unik karena kejunya di sini dimasak lalu dibentuk hingga menyerupai mahkota.

Kalau omelet mah nggak usah ditanya lagi. Pasti ibu-ibu sudah pada jago membuatnya, tapi bagaimana dengan crown? Bagaimana membuat keju sehingga bisa bisa berbentuk seperti mahkota?

Hayoo pasti pada penasaran, kan? Yuk langsung saja intip resepnya.

Resep KRAFT Crolette Cocok untuk Sajian Sahur Keluarga

Resep KRAFT Crolette cocok untuk sajian sahur keluarga

Bahan

  • Telur
  • Kraft Cheddar mini (30 gr)
  • Susu UHT (optional)
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu

  • Garam
  • Lada
  • Penyedap rasa (optional)

Cara Membuat Omelette

  • Kocok telur bersama dengan  susu UHT dan bumbu (lada, garam, penyedap) secukupnya hingga rata
  • Tuangkan bahan omelet ke dalam pan teflon berisi minyak goreng secukupnya yang sudah dipanaskan
  • Setelah setengah matang gulung omelette, diamkan sebentar lalu angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Crown

  • Parut keju cheddar mini di atas pan teflon yang kering 
  • Letakkan omelet di atasnya dan masak dengan api sedang selama kurang lebih 2 menit atau hingga keju berwarna coklat keemasan
  • Selanjutnya angkat keju dengan telur di atasnya dengan spatula sambil bentuk crown hingga keju kaku
  • Sajikan
Secara umum itu dia resep KRAFT Crolette yang hanya membutuhkan dua bahan utama yaitu telur dan keju. Dengan menggunakan sedikit minyak goreng, dan tambahan bumbu untuk membuat omelet. 

Untuk susu UHT optional ya. Kalau tidak suka atau tidak ada bahannya di rumah boleh di-skip.  Untuk pembuatan crown-nya sendiri cukup menggunakan keju KRAFT Cheddar mini saja.

Nah, bahannya simple banget, kan? Proses pmbuatannya pun terbilang mudah. Langkah pertama kita buat dulu omelet atau telur dadar baru kemudian membuat crown dari keju KRAFT.

Terkait alasan mengapa menu ini sangat cocok disajikan untuk keluarga saat sahur karena praktis, hanya menggunakan dua bahan (telur dan keju KRAFT Cheddar mini) dengan proses memasak yang simple dan cepat. 

Selain itu perpaduan antara gurih lezat dari keju asli yang digunakan dengan omelet yang empuk dan lembut menghadirkan rasa yang sudah pasti menggugah selera. 

Ditambah lagi dengan kandungan nutrisinya yang tinggi kalsium dan protein. Dimana 1 menu Crolette ini mengandung 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan harian sehingga tepat sekali dihidangkan sebagai sajian keluarga terutama di bulan ramadan karena dapat membantu menjaga tubuh tetap kenyang selama berpuasa.

Recook Resep KRAFT Crolette

Setelah mengetahui bahan dan cara membuat KRAFT Crolette, selanjutnya mari kita recook resepnya. Ibu-ibu bisa intip video hasil Recook Resep KRAFT Crolette saya di bawah ini ya.

Untuk bahan omeletnya selain telur dan keju saya cuma menggunakan tambahan garam dan lada secukupnya. Susu UHT sengaja saya skip karena selain stoknya tidak ada, saya juga tidak pernah membuat omelet dengan bahan tersebut. Belum pernah coba juga rasa telur dadar yang pake tambahan susu UHT.

Jadi untuk pembuatan omelet di sini kita bebas berkreasi ya ibu-ibu. Mau bikin omelet yang simple dengan tambahan garam dan lada saja boleh, omelet komplit misal dengan tambahan sayuran juga boleh banget.

Nah, untuk pembuatan crown-nya ini yang tidak butuh tambahan apa-apa. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahan yang dibutuhkan untuk membuat crown hanya keju asli KRAFT.

Bagaimana? Terlihat mudah, bukan? Kalau baca resep plus lihat video Recook KRAFT Crolette  kelihatan semudah itu. Tapi pas saya praktikkin eh hasilnya nggak sesuai ekspektasi, hehe.

Nggak gagal sih, cuma crown yang pertama kali saya buat kurang mekar saja, hahah. Untung rasanya tetap menggoda sehingga habis dilahap suami dan anak-anak dalam sekejap. 

Recook Resep KRAFT Crolette
Hasil recook resep KRAFT Crolette

Namanya baru pertama kali buat. Tapi saya yakin buat yang skill masaknya sudah jago banget sekali buat crown pasti bisa langsung berhasil asalkan tahu rahasianya.

Ya, tahu sendiri kan, keju cheddar termasuk bahan yang mudah meleleh apalagi saat dipanaskan di atas kompor. Oleh sebab itu untuk dapat menghasilkan crown yang sempurna membutuhkan trik khusus. 

Tips Membuat KRAFT Crolette Anti Gagal

Belajar dari pengalaman sendiri dan juga dari pengalaman beberapa teman yang berhasil Recook Resep KRAFT Crolette dengan sempurna, berikut ini tips anti gagal yang dapat ibu-ibu terapkan agar dapat membuat menu spesial ramadan persembahan dari KRAFT:

Tips membuat KRAFT Crolette anti gagal

Pastikan hanya menggunakan keju asli KRAFT Cheddar

Keberhasilan membuat Crown Omelette sangat bergantung pada jenis keju yang digunakan. Jangan harap kita bisa membuat crown dengan sempurna dari keju yang bahan baku utamanya bukan keju cheddar melainkan tepung dan air.

Resep KRAFT Crolette ini hanya akan berhasil dengan menggunakan KRAFT Cheddar yang merupakan keju asli dari New Zealand dengan kandungan protein dan kalsium tinggi.

Kandungan nutrisi yang dimiliki keju asli inilah yang membuat crown dari keju tidak mudah patah saat dipanaskan.

Pilih keju KRAFT Cheddar mini (30 gr)

Keju KRAFT Cheddar sendiri terdiri dari beberapa kemasan. Ada kemasan besar dengan berat 160 gr, kemasan sedang 70 gr dan kemasan mini isi 30 gr.

Untuk mendapatkan takaran yang pas dalam membuat KRAFT Crolette, KRAFT Cheddar mini (30 gr) adalah pilihan yang tepat. 

Gunakan pan teflon anti lengket 

Selain bahannya, kita juga perlu memperhatikan alat yang digunakan. Pastikan pan teflon yang digunakan anti lengket ya agar Crown Omelette-nya mudah diangkat.

Pastikan juga pan teflon yang digunakan saat membuat crown benar-benar kering tanpa bekas minyak. Pan yang kering juga akan membantu menghasilkan crown yang sempurna dan tidak mudah berantakan.

Sebar keju KRAFT secara merata

Salah satu penyebab kenapa KRAFT Crolette pertama yang saya buat tidak begitu sempurna mekarnya meski sudah menggunakan keju asli KRAFT Cheddar karena saya tidak menyebar kejunya secara merata. 

Alhasil ada sisi crown yang kejunya menumpuk sehingga ketika diangkat dan dibentuk crown tampilannya kurang menarik. Jadi tips yang satu ini juga penting diketahui untuk mendapatkan bentuk mahkota yang sempurna.

Masak dengan api sedang 

Api yang digunakan saat membuat crown ikut menentukan keberhasilan resep ini. Keju akan mudah meleleh saat dipanaskan dengan api kecil. Sebaliknya akan cepat kering dan masaknya tidak merata jika menggunakan api yang terlalu besar.

Itu sebabnya sesuai resep asli KRAFT Crolette, disarankan masak dengan api sedang selama kurang lebih dua menit atau sampai keju berwarna coklat keemasan.

Itu dia tips membuat KRAFT Crolette. Pada dasarnya proses pembuatannya simple, hanya saja membutuhkan beberapa trik khusus agar dapat menghasilkan crown yang sempurna dan cantik.

Keunggulan Keju KRAFT Cheddar #KejuAsliCheck

Berdasarkan tips di atas mungkin ada ibu-ibu yang bertanya dan penasaran mengapa resep KRAFT Crolette hanya berhasil dengan menggunakan keju KRAFT Cheddar? Apa tidak bisa menggunakan keju jenis lain?
Karena itu saya merasa perlu juga menjelaskan mengenai keunggulan keju KRAFT Cheddar. 

Sebagai seorang ibu yang menguasai dapur rumah tangga tentunya kita memiliki peran penting dalam menghadirkan makanan bernutrisi untuk sajian keluarga.

Untuk memastikan makanan yang kita hidangkan bergizi maka kita perlu memperhatikan bahan makanan yang akan diolah, termasuk dalam memilih keju.

Keju merupakan produk olahan susu yang bisa dikonsumsi baik sebagai cemilan maupun diolah menjadi berbagai jenis makanan dan kue kering yang lezat dan bergizi. 

Tak heran bila ibu-ibu selalu stok keju di rumahnya. Saya pun demikian. Karena anak-ank dan suami doyan dengan cemilan dan kue yang berisikan atau bertabur parutan keju sehingga bahan makanan yang satu ini selalu ada dalam list belanja bulanan.

Namun sebelum tahu Campaign #KejuAsliCheck  saya biasanya asal ambil keju cheddar di rak swalayan tanpa memperhatikan komposisi maupun kandungan nutrisi yang ada pada kemasannya. Tidak pernah juga mempertanyakan apakah keju yang saya dan keluarga konsumsi itu asli atau tidak.

Belakangan baru tahu faktanya, bahwa ternyata tidak semua keju cheddar yang beredar di pasaran merupakan keju asli. Lantas bagaimana mengetahui mana keju yang benar-benar asli dan mana yang tidak?

Cara membedakannya sangat mudah kok, yang penting kita mau teliti dan rajin membaca kemasan sebelum memutuskan untuk membeli.

Kriteria keju asli check

Berikut ini kriteria #KejuAsliCheck yang perlu ibu-ibu ketahui :
  • Bahan baku utamanya adalah keju cheddar dimana keju cheddar berada pada urutan pertama (bukan air atau tepung), 
  • Memiliki klaim nutrisi pada kemasan (dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan Vitamin D).
Inilah yang menjadi keunggulan Keju KRAFT Cheddar. Pada keju KRAFT Cheddar, bahan baku atau keju cheddarnya berada pada urutan pertama, terdapat pula klaim nutrisi.

Keju KRAFT Cheddar telah memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan dimana keju ini terbuat dari bahan utama Keju Asli New Zealand pada urutan pertama dan dilengkapi dengan nutrisi padatan susu (calcimilk) yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D.

Nah, resep Crown Omelette sendiri baru akan berhasil hanya dengan keju asli karena kandungan nutrisi yang tinggi dari keju tersebutlah yang membuat crown tidak mudah ambyar ketika di panaskan di atas pan teflon. Itu sebabnya KRAFT Crolette harus menggunakan keju KRAFT Cheddar.

Keunggulan keju KRAFT Cheddar

Tidak hanya itu produk keju yang merupakan salah satu brand unggulan dari Mondelez Indonesia ini juga terkenal sebagai keju nomor 1 di Indonesia dengan kandungan nutrisi yang tidak perlu diragukan lagi.

Selain terbuat dari susu dan keju asli, rasa gurih dari keju ini tanpa penambah rasa (perisa) bahkan hanya KRAFT Cheddar yang mengandung calcimilk. 

Penutup

Demikian ulasan panjang lebar saya mengenai KRAFT Crolette, menu yang sangat cocok dijadikan sajian sahur keluarga karena selain  praktis hanya menggunakan dua bahan utama yang mudah ditemukan di dapur, rasa lezat gurih kejunya juga menggunggah selera.

Apalagi menu ini terbuat dari keju asli KRAFT Cheddar yang mengandung cicamilk (kaya protein dan kalsium serta vitamin D) sehingga tidak salah lagi bila menjadi menu spesial yang dikonsumsi di bulan ramadan bersama keluarga tepatnya saat sahur karena dapat membantu menjaga kita tetap kenyang.

So far kalau butuh ide atau insipirasi menu sahur yang mudah dibuat, lezat dan bernutrisi, resep Keju KRAFT Crolette ini wajib dicoba. 

Yuk, ibu-ibu cobain juga buat Crown Omelette ini untuk santapan sahur keluarga. Dijamin suami dan anak-anak pasti suka.

Apalagi saat ini KRAFT sedang mengadakan kompetisi Recook Resep KRAFT Crolette di blog dan instagram dengan hadiah jutaan rupiah. Jadi pas banget nih momennya. 

Selain cobain resep praktis ini di rumah, sekaligu langsung ikutan kompetisinya dengn mengunggah hasil Recook Resep KRAFT Crolette di blog dan Instargram. 

Siapa tahu rezeki menang, lumayan bisa dapat THR nomplok. Jadi jangan sampai ketinggalan ya. Untuk info lengkapnya bisa dicek di akun IG @kraft_id dan @ibuibudoyannulis.

Selamat mencoba Resep KRAFT Crolette untuk disajikan sebagai menu sahur keluarga tercinta dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Salam,

Referensi :
ibuibudoyannulis.com
muslim.or.id
Foto resep KRAFT Crolette : IG @kraft_id
Foto Recook resep KRAFT Crolette : dok pribadi
Desain : Canva

Posting Komentar untuk "Kraft Crolette, Menu Sahur Praktis, Lezat dan Bernutrisi untuk Keluarga"