7 Tips Menjalankan Bisnis UMKM untuk Pemula

tips menjalankan bisnis UMKM untuk pemula

Belakangan ini semakin tinggi minat masyarakat yang tertarik menjalankan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah atau lebih dikenal dengan sebutan UMKM.

Namun membangun bisnis sendiri bukanlah perkara yang mudah. Terlebih kalau kamu baru memulai usaha. Untuk itu kamu perlu tahu tips menjalankan bisnis UMKM untuk pemula berikut ini.

Cara membangun bisnis UMKM untuk pemula

Pada dasarnya setiap orang yang memulai bisnis sendiri memiliki tujuan yang sama yaitu ingin mendapatkan keuntungan dan tentu saja untuk meraih kehidupan yang lebih baik.

Banyak yang kemudian melirik bisnis UMKM karena mencari kerja di zaman sekarang semakin sulit. Sementara kehadiran para pelaku UMKM terbukti mampu membuka lapangan pekerjaan baru dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia

Apalagi teknologi juga sudah semakin canggih, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menciptakan peluang usaha yang menguntungkan.

Namun sebelum memulai usaha, ada beberapa hal yang memang perlu dipertimbangkan dan direncanakan dengan matang biar bisnis yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik dan lebih terarah.

Untuk itu ada berapa tips menjalankan bisnis UMKM untuk pemula yang dapat kamu terapkan. Kita ulas satu-satu yuk!

Siapkan mental

Hal pertama yang paling penting untuk  dipersiapkan adalah mental yang kuat. Sebagai pemula mungkin kamu masih awam dengan dunia bisnis.

Namun perlu kamu ketahui bahwa persaingan di bidang usaha saat ini semakin ketat sehingga tantangannya juga sudah pasti berat.

Para pebisnis UMKM yang kini telah sukses adalah mereka yang memiliki mental baja dan tahan banting dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan.

Nah, jika mental kamu lemah, usaha yang kamu bangun tidak akan berjalan maksimal. Bahkan bisa saja kamu menyerah di tengah jalan.

Maka dari itu kamu perlu mempersiapkan mental sedini mungkin. Tetaplah optimis usahamu akan berjalan lancar, tetapi di sisi lain kamu juga sudah harus siap dengan risiko apapun yang bisa saja terjadi.

Lakukan riset pasar

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan riset pasar. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengetahui bidang usaha yang tepat atau produk-produk apa saja yang banyak dicari atau dibutuhkan masyarakat di sekitar kamu.

Jika kamu sudah berencana membangun bisnis namun masih bingung ingin menekuni usaha apa, riset yang dilakukan ini pastinya akan sangat membantu dan memudahkan kamu dalam menemukan ide bisnis

Termasuk ketika kamu sudah memiliki ide, riset pasar tetap perlu dilakukan agar memudahkan kamu menemukan usaha apa yang bagus untuk dijalankan sesuai dengan target pasar sehingga dapat memberi banyak keuntungan

Tentukan bidang usaha yang akan dijalani

Setelah melakukan riset pasar kamu tidak akan kebingungan lagi dalam memilih bisnis yang hendak dijalankan.

Seperti yang sudah disinggung, riset pasar dapat membantu dan memudahkan kamu menemukan bidang usaha yang tepat untuk dijalankan berdasarkan target pasar.

Tentunya dengan memilih produk usaha yang tepat dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan bisnis yang kamu rintis.

Siapkan modal

Setiap usaha sekecil apa pun itu pasti membutuhkan modal. Sayangnya masih banyak yang menganggap untuk menjadi pebisnis UMKM sukses harus memiliki modal besar.

Anggapan tersebut tentu saja kurang tepat karena seberapa pun modal yang kamu miliki, bisnis kamu bisa tetap lancar asalkan pandai dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Namun jika ternyata usaha yang kamu jalankan masih kekurangan modal maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan platform pendanaan UMKM di Modalku. 

Sebagai tambahan  informasi, Modalku adalah platform pendanaan digital bagi UMKM berbasis teknologi finansial di Indonesia yang memberikan pinjamannya pada usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan.

Kehadiran platform ini adalah untuk  menghubungkan UMKM berpotensi dan pendana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan membentuk dunia keuangan yang lebih inklusif.

Tidak perlu khawatir melakukan pinjaman dana untuk tambahan modal bisnis UMKM di Modalku karena platform ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI) sehingga jelas aman dan legal.

Fokus pada satu bisnis

Sebagai pemula, mungkin kamu akan tergiur dengan berbagai jenis usaha. Apalagi setelah melakukan riset pasar dan menemukan lebih dari satu bisnis yang bagus untuk dijalankan.

Namun sebaiknya jangan langsung menjalankan banyak bisnis. Fokuslah pada satu jenis usaha dulu hingga berhasil. 

Daripada membuka banyak usaha namun kamu sendiri tidak mampu mengelolanya dengan baik. Akibatnya bukan untung lho yang didapat melainkan kerugian.

Promosikan produk

Cara menjalankan bisnis UMKM berikut ini juga jangan sampai terlewatkan. Keberhasilan suatu usaha atau produk yang dijual tentu tidak lepas dari bagaimana kamu mempromosikannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk. Bisa dengan mengikuti pameran bisnis UMKM lokal maupun nasional dan memperkenalkan produk usaha kamu di sana.

Atau kalau ingin lebih praktis kamu bisa promosikan lewat media sosial seperti facebook, instagram maupu  twitter.

Di sana kamu bisa membuat akun khusus untuk memamerkan semua produk bisnis kamu.  Selain itu kamu juga bisa beriklan di media sosial seperti Facebook dan Instagram, sehingga produk kamu mudah menjangkau banyak pengguna.

Manfaatkan e-commerce 

Satu lagi tips yang dapat membantu melancarkan usaha kamu yaitu dengan memanfaatkan e-commerce.

E-commerce merupakan situs untuk jual beli berbagai jenis barang secara online. Zaman sekarang terlebih semenjak pandemi banyak orang yang lebih memilih belanja online daripada offline.

Belanja online sendiri memiliki banyak keunggulan, diantaranya lebih fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, prosesnya simple dan cepat, hemat waktu dan tenaga juga karena konsumen tidak perlu keluar rumah.

Nah, kehadiran situs e-commerce ini dapat kamu manfaatkan untuk memperluas pasar. Apalagi e-commerce biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu memudahkan penjualan.

Demikian ulasan mengenai tips menjalankan bisnis UMKM untuk pemula. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk " 7 Tips Menjalankan Bisnis UMKM untuk Pemula"