5 Cara Menghindari Berita Hoaks yang Meresahkan

Cara menghindari berita hoaks

Saat ini sudah memasuki tahun 2022 tapi berita hoaks yang tersebar dengan mudah dan cepat di dunia maya masih saja memakan korban. Masih ada saja warganet yang tertipu dengan berbagai informasi palsu yang beredar di internet maupun media sosial.

Untuk itu penting sekali mengetahui cara menghindari berita hoaks agar kita pun dapat terhindar dari hal-hal buruk dan merugikan.

Berita palsu yang disebarkan oleh oknum tidak bertanggung jawab memang membawa dampak negatif, diantaranya dapat menimbulkan keresahan dan kepanikan, memicu terjadinya perpecahan hingga mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. 

Itu sebabnya hoaks merupakan sesuatu yang harus kita lawan. Jangan sampai kita mudah terhasut dengan berita-berita yang tidak jelas sumbernya.

Lantas apa yang harus kita lakukan agar dapat terhindar dari berita palsu? Simak tipsnya berikut ini yuk!

Cara Menghindari Berita Hoaks

Tips lawan hoaks

Banyaknya berita hoaks yang tersebar saat ini membuat kita bingung bahkan kesulitan untuk menentukan apakah berita tersebut benar-benar fakta atau hanya rekayasa dari oknum yang usil.

Tidak dimungkiri, di zaman serba digital ini kita dapat dengan mudah mengakses informasi dari berbagai sumber kapan pun dan dimana pun.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua informasi yang kita peroleh merupakan fakta. Justru dengan semakin merajalelanya hoaks kita harus lebih waspada saat berselancar di dunia maya.

Nah, berikut ini beberapa tips menghindari hoaks yang dapat kita terapkan  :

Waspada dengan judul yang provokatif

Berita hoaks yang tersebar biasanya mengandung judul yang sensasi dan bersifat provokatif. Isinya pun tidak jauh berbeda, meski diambil dari media resmi namun sudah diubah sedemikian rupa sesuai dengan persepsi si pembuat.

Jika menemukan artikel dengan judul yang terlalu berlebihan dan terkesan sensasional seperti itu sebaiknya kita patut berhati-hati. 

Walau judulnya menarik perhatian tetapi jika bukan merupakan informasi yang kita butuhkan maka tidak perlu dibaca.

Sebaliknya, jika memang informasi tersebut penting, pastikan sebelum dibagikan kita tidak hanya membaca judulnya saja melainkan juga membaca keseluruhan dari isi artikel tersebut.

Kemudian cari referensi terkait berita serupa di koran atau situs berita resmi lainnya lalu bandingkan isinya untuk mengecek kebenaran dari informasi tersebut.

Periksa keaslian berita dengan mengecek sumbernya

Hal selanjutnya yang juga penting untuk dicermati adalah sumber atau alamat situs. Berita palsu yang kita dapatkan di internet atau media sosial biasanya berasal dari sebuah website atau blog.

Agar terhindar dari berita palsu, akan lebih baik jika kita hanya mengakses informasi dari situs berita resmi yang bisa kita tandai dengan memperhatikan link atau alamat situsnya.

Nah, faktanya seperti dilansir dari situs kominfo.go.id, berdasarkan catatan Dewan Pers, terdapat sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita.

Namun dari jumlah tersebut, yang baru terverifikasi sebagai situs berita resmi tak sampai 300. Artinya terdapat setidaknya puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita palsu di internet. Ini yang patut kita waspadai.

Apalagi kalau alamat situs tersebut masih menggunakan embel-embel blogspot atau wordpress. Contoh : seputarberita.blogspot.com atau beritaterkini.wordpress.com. 

Bukan berarti semua blog yang non TLD menyebarkan fake news, namun buktinya saya sendiri sering menemukan artikel hoax yang dibagikan ke grup-grup facebook berasal dari situs-situs tersebut.

Periksa juga keaslian foto

Di era digital seperti sekarang ini, banyak hal yang bisa dimanipulasi dengan mudah. Bukan hanya konten berupa teks melainkan juga konten berupa foto atau video.

Untuk itu ketika menerima informasi dalam bentuk foto atau video kita juga jangan langsung menelan mentah-mentah. Terlebih jika foto atau video tersebut menyudutkan pihak tertentu.

Ingat, salah satu tujuan penyebar hoaks adalah untuk memprovokasi dan menimbulkan perpecahaan. Oleh karenanya kita juga perlu periksa baik-baik keaslian dari foto atau video yang kita terima.

Adapun cara untuk mengecek keaslian foto bisa dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google. Caranya yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. 

Hasil pencariannya nanti akan menampilkan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa kita bandingkan untuk mengecek kebenarannya.

Membaca berita pada sumber yang terpercaya

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu cara ampuh menghindari hoaks yaitu dengan mengonsumsi berita dari sumber terpercaya.

Setidaknya kita tidak perlu ragu atau khawatir termakan hoaks jika membaca berita atau artikel dari situs terpercaya.

Nah, salah satu situs atau portal berita online yang dapat dijadikan rujukan untuk mencari informasi maupun hiburan sesuai fakta adalah omtelolet.com

Dari namanya kedengaran unik ya. Belakangan ini saya kalau mau baca artikel atau cari artikel hiburan suka melipir ke situs ini, karena banyak informasi menarik yang disajikan.

Baca berita di Omtelolet tidak perlu takut hoaks karena situs ini benar-benar terpercaya, sesuailah dengan visinya yaitu sebagai “Media Informasi Terpercaya”.

Untuk mewujudkan visi tersebut Omtelolet memiliki misi menyediakan informasi terbaru seputar dunia populer seperti berita viral, wibu, korean drama, review, horoskop, dan cerita yang dihimpun dari berbagai sumber terpercaya serta dapat dipertanggungjawabkan.

Senangnya cari informasi di Omtelolet karena situs ini bukan hanya menyajikan berita biasa melainkan berita yang lagi populer dan viral. Bahkan buat Korean lovers bisa nih berteman dengan Omtelolet biar tidak ketinggalan update informasi seputar drama Korea

Adukan berita Hoaks ke Kominfo

Apakah cukup menghindari hoaks dengan melakukan cara-cara di atas? Oh, tentu tidak. Fake news atau berita palsu merupakan berita yang harus kita lawan atau perangi bersama.

Selama oknum-okum usil masih ada maka selama itu pula berita hoaks masih akan bertebaran dimana-mana. Sayangnya belum semua masyarakat teredukasi mengenai hal ini.

Jangankan yang awam, yang sering berselancar di internet dan sudah mendapatkan sosialiasi terkait bahaya hoaks pun masih banyak yang terkecoh. 

Apalagi semakin ke sini berita hoaks dipoles sedemikian rupa oleh si pembuatnya sehingga terkesan seperti fakta padahal palsu. Kalau tidak teliti, kita yang akan dirugikan. Belum lagi kalau kita sampai ikut menyebarkannya.

Untuk itu kita harus jadi pengguna internet yang cerdas, yang dapat membedakan dengan jelas mana informasi palsu dan mana yang fakta.

Kalau kita sudah bisa mengenali hoaks dengan baik dan menghindarinya maka tugas kita selanjutnya adalah menolong orang-orang di sekitar kita agar tidak menjadi korban hoaks.

Berita hoaks harus segera dihentikan. Jika tidak, akan semakin merajalela. Oleh sebab itu kalau kita menemukan berita palsu yang tidak jelas sumbernya segera adukan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Caranya cukup dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id. Jadi jangan biarkan informasi palsu berhenti di kita tapi serahkan langsung ke Kominfo agar segera ditindaki.

Demikian ulasan mengenai cara menghindari berita hoaks. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Yuk, sama-sama kita lawan hoaks!

Posting Komentar untuk "5 Cara Menghindari Berita Hoaks yang Meresahkan"