Aplikasi Budgeting PINA untuk Gapai Kebebasan Finansial

Aplikasi Budgeting PINA untuk Gapai Kebebasan Finansial

Aplikasi budgeting PINA mulai saya gunakan setelah menyadari betapa pentingnya membuat rencana pengeluaran setiap bulan. Sebenarnya agak terlambat sih, sudah bekeluarga dan punya dua anak baru melek finansial. Duh, selama ini kemana saja.

Tapi yoweslah, lebih baik terlambat daripada tidak memulai sama sekali. Jadi ceritanya sebelum rajin melakukan perencanaan keuangan seperti sekarang saya sering banget merasakan uang yang diberikan suami untuk kebutuhan rumah tangga cepat menipis padahal belum lama gajiannya.

Ada yang punya pengalaman sama nggak? Gajian masih lama eh uang bulanan buat kebutuhan rumah tangga sudah mau ludes. Bahkan tidak jarang yang terjadi pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Nah, kalau ingin finansial sehat, budgeting termasuk proses yang tidak boleh dilewatkan. Setidaknya dengan adanya perencanaan anggaran yang baik ini kita bisa fokus pada tujuan finansial kita dan bisa lebih hemat.

Saya sendiri sudah merasakan manfaat budgeting yang berhasil bikin keuangan rumah tangga saya sekarang menjadi lebih baik dan teratur. 

Ya, sejak rutin budgeting alhamdulillaah sudah nggak ada lagi tuh namanya pusing mikirin uang belanja di akhir bulan, hehe.

So far, kalau kamu masih pemula dalam hal ini, don't worry, berikut ada beberapa tips budgeting yang bisa kamu terapkan.

Tips budgeting untuk capai kebebasan finansial

Dengan budgeting, mencapai financial freedom atau kebebasan finansial bukan lagi hal yang mustahil. Mengatur keuangan rumah tangga juga sebenarnya bukan hal yang sulit, yang penting dari awal kita sudah memiliki niat dan komitmen menjalankan apa yang menjadi rencana finansial kita. 

Rutin menyusun rencana anggaran tiap bulan

Kunci dari keberhasilan budgeting ada pada konsisten. Of course, manfaat budgeting tidak akan kita dapat kalau kita tidak konsisten melakukannya.

Misal, hanya satu dua bulan kita semangat buat rencana anggaran, bulan-bulan selanjutnya mendadak hiatus. Enam bulan selanjutnya baru mulai menyusun budgeting lagi.

Kalau urusan budgeting-nya tidak teratur seperti ini bagaimana goal finansial kita bisa segera terwujud. Untuk itu tips budgeting pertama dan yang utama adalah konsisten.

Pastikan setiap bulan kita menyisihkan waktu untuk menyusun anggaran. Waktu idealnya adalah sepekan sebelum masuk bulan baru. Catatlah semua rencana pengeluaran di bulan selanjutnya. Setelah itu baru tetapkan anggaran yang realistis.

Bedakan kebutuhan dan keinginan

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting dalam budgeting adalah memahami dengan baik apa yang benar-benar menjadi kebutuhan kita.

Kita harus bisa membedakan dengan jelas mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang sebatas keinginan. Dengan begitu kita bisa mengatur anggaran keuangan yang sehat.

Kebutuhan merupakan hal yang penting dan mendesak sehingga anggaran untuk kebutuhan inilah yang harus diprioritaskan. Contoh seperti kebutuhan rumah tangga yang meliputi biaya makan, biaya tagihan air dan listrik, biaya sewa atau cicilan rumah, dana pendidikan anak dan lain sebagainya.

Selain itu dana untuk tabungan dan investasi juga penting dianggarkan di awal. Menabung dan investasi ini dapat kita lakukan setelah membayar utang dan menyisihkan anggaran sesuai kebutuhan.

Setelah semua kebutuhan di atas dianggarkan barulah kita bisa membuat budgeting untuk keinginan dari sisa yang ada. 

Contohnya, saat ini saya ingin sekali membeli laptop baru karena laptop yang saya miliki performa atau kinerjanya sudah tidak bagus, meski masih bisa digunakan jika diperbaiki. 

Nah, keinginan ini sifatnya tidak begitu penting atau mendesak sehingga tidak mesti didahulukan. Justru dengan memprioritaskan budget untuk keinginanlah yang biasanya membuat keuangan jadi boncos di akhir bulan. Apalagi harga laptop kan juga tidak murah.

Sah-sah saja sih mengikuti keinginan tapi ingat,  kebutuhan tetap merupakan hal yang prioritas. Kalau ada anggaran lebih bolehlah kita sisihkan untuk tabungan beli laptop atau lainnya. Intinya disesuaikan saja dengan kondisi keuangan kita saat itu.

Manfaatkan aplikasi budgeting

Di era teknologi yang canggih seperti sekarang hampir semua hal bisa kita lakukan dengan mudah, cepat dan praktis. 

Termasuk urusan budgeting, nggak perlu rempong tulis di buku dan hitung pakai kalkulator. Kalau ada cara simple, ngapain masih tempuh jalan yang ribet. Iya nggak?

Saat ini sudah banyak lho aplikasi perencanaan keuangan yang bisa kita manfaatkan untuk membantu mengelola keuangan pribadi, rumah tangga maupun usaha.

Saya sendiri menggunakan PINA yang merupakan aplikasi budgeting yang punya banyak fitur menarik dan sangat membantu saya dalam mengelola finansial rumah tangga dengan mudah.

Pengalaman menggunakan Aplikasi PINA

Pengalaman menggunakan aplikasi catatan keuangan pribadi

Sebelumnya saya hanya menggunakan aplikasi catatan keuangan pribadi yang memiliki fitur terbatas. Hanya untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, membuat anggaran  serta mengingatkan bila pengeluaran melebihi bujet.

Beda halnya dengan PINA yang memberikan layanan lebih dengan berbagai fitur teknologi menarik, bukan semata-mata untuk mengatur budgeting saja tapi bisa juga kita manfaatkan untuk investasi maupun memantau pertumbuhan aset. Lewat aplikasi ini kita juga dapat edukasi finansial lho.

Jujur, ini pertama kalinya saya menggunakan aplikasi perencanaan keuangan yang fiturnya lengkap dan dapat menjawab semua kebutuan finansial.

Tidak heran ya setelah menggunakan aplikasi PINA, saya tidak pusing lagi dengan urusan keuangan rumah tangga, terutama di akhir bulan dimana biasanya saya harus ikat pinggang kencang-kencang, hehe. 

Sekarang nggak lagi dong, berkat PINA semua pengeluaran jadi terkontrol, tidak ada yang berlebih. Wawasan finansial ikut bertambah, mau investasi juga makin mudah. Pokoknya PINA is the best deh.

Eits. Bukan bermaksud melebih-lebihkan ya tapi memang sesuai dengan pengalaman saya sendiri setelah menggunakan PINA.

Kalau tidak percaya, yuk langsung saja unduh Aplikasi PINA untuk iOS bagi pengguna apple atau Aplikasi PINA untuk Android yang ada di Play Store.

Setelah unduh aplikasi PINA kamu bisa eksplor sendiri fitur-fiturnya yang keren dan bikin jatuh hati. Namun sebagai gambaran kamu bisa baca dulu nih ulasan saya terkait layanan aplikasi catatan keuangan pribadi yang satu ini.

Beragam Fitur Aplikasi Perencanaan Keuangan PINA

Aplikasi perencanaan keuangan

PINA memiliki berbagai layanan teknologi finansial yang tidak hanya membantu penggunanya mengelola keuangan dengan mudah namun bisa juga untuk investasi dan menambah wawasan seputar finansial

Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas satu persatu layanan PINA.

Atur budget dengan mudah lewat fitur Save 

Fitur PINA yang pertama kali saya eksplor adalah Save. Melalui fitur inilah kita dapat mengatur budget dengan praktis tanpa perlu pusing pengeluaran bakal tekor.

Kesan saya saat baru menggunakan fitur ini cukup terkejut. Tadinya saya pikir fitur Save sama seperti fitur yang ada pada aplikasi budgeting lainnya. Ternyata melebihi ekspektasi.

Iya, melebihi ekspektasi. Pasalnya kita bisa merencanakan anggaran lansung dengan menghubungkan semua akun dan rekening  ke fitur ini.

Mulai dari rekening bank, akun BPJS, hingga e-wallet semua bisa kita koneksikan. Dengan begitu kita bisa maksimal memantau setiap pengeluaran dari tiap akun.

Tidak perlu khawatir, PINA berada di bawah pengawasan OJK sehingga aplikasi finansial teknologi ini sudah pasti aman digunakan.

Well, untuk saat ini saya baru coba menghubungkan akun GoPay. Jadi nanti semua transaksi atau pengeluaran via GoPay saya akan tercatat rapi di PINA.

Asyiknya lagi dengan fitur Save kita dapat mengendalikan setiap pengeluaran dengan mengatur batas pengeluaran bulanan. 

Nantinya tiap akhir bulan kita bisa mereview pengeluaran terbesar dari waktu ke waktu untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi sehingga ke depannya akan lebih mudah mengatur anggaran pengeluaran.

Kelola aset dengan satu pintu lewat fitur NetWorth

Pernah kepikiran tidak untuk menghitung semua aset yang kamu miliki? Kira-kira sudah berapa nilainya?

Jujurly, sebelumnya saya nggak pernah kepikiran soal ini. Kepikirannya baru setelah mengakses fitur NetWorth.

NetWorth merupakan layanan PINA yang memudahkan penggunanya untuk memantau pertumbuhan aset yang dimiliki. Aset yang dimaksud berupa uang, kendaraan, emas, saham, reksadana, dan masih banyak lainnya. Termasuk surat berharga, hak cipta, merek, dan lain-lain.

Setelah saya coba masukkan ternyata aset yang saya dan suami miliki belum seberapa jumlahnya. Duh, setelah mengeksplor fitur ini mendadak saya jadi termotivasi buat menambah aset lagi terutama buat investasi jangka panjang.

Oh ya tidak hanya berkaitan dengan pertumbuhan aset, fitur NetWorth juga dapat kita manfaatkan untuk tracking liabilitas atau utang.

Saat ini saya dan suami masih punya cicilan rumah dan tanah. Sisa cicilan tinggal berapa rupiah itu kami nggak pernah hitung, yang penting bayarnya tepat waktu. 

Nah, kalau manfaatkan opsi liabilitas pada fitur NetWorth ini jadi mudah dipantau. Tinggal masukkan data saja dan di situ akan kelihatan sisa utang. Termasuk juga total utang yang kita punya saat ini.

Kelola portofolio dengan satu aplikasi lewat fitur Invest

Sebagai orang yang masih pemula dalam dunia investasi saya juga merasa sangat terbantu dengan adanya fitur Invest di PINA.

Sebelum memulai investasi kita bisa menentukan dulu goal investasi kita. Apakah untuk menyiapkan dana darurat, mempersiapkan dana pendidikan anak,  beli rumah idaman atau revonasi rumah?

Kalau saya dan suami tujuan investasinya untuk saat ini fokus mempersiapkan dana pendidikan anak dan renovasi rumah.

Di sini PINA menyediakan tools-nya dan kita  bebas mengelola sendiri investasi yang kita inginkan untuk raih keuntungan maksimal. Mau saham atau reksadana, bebas pilihnya sesuai kebutuhan kita dan nanti akan dimonitor oleh para ahli.

Jadi cukup dengan memanfaatkan satu aplikasi yaitu PINA kita dapat melakukan berbagai investasi. Apalagi PINA juga memonitor kestabilan portofolio setiap penggunanya dengan merekomendasi investasi yang beragam sehingga mengurangi risiko.

Edukasi finansial lewat fitur Classroom

Tidak hanya sebagai aplikasi investasi terpercaya, kita juga dapat menambah wawasan seputar finansial melalui fitur Classroom yang ada di aplikasi ini.

Makanya cocok banget nih aplikasi PINA digunakan oleh pemula yang ingin sukses investasi dan mengatur keuangan.

Ada banyak artikel seputar finansial yang dapat menambah wawasan kita. Secara tidak langsung kita juga bisa belajar mengelola keuangan yang baik dan mencari tahu lebih jauh mengenai saham dengan memanfaatkan fitur ini.

Apalagi semua artikel berupa info maupun tips dan trik yang ada di fitur Classroom ini bisa kita akses secara gratis kapan pun dan dimana pun jadi sayang banget ya kalau nggak dimanfaatkan.

Saya pribadi sudah merasakan manfaatnya. Sejak berkenalan dengan PINA dan sering membuka fitur ini saya merasa semakin melek finansial.

Yuk, Gapai Kebebasan Finansial bersama PINA

Aplikasi investasi terpercaya

Kebebasan finansial merupakan impian setiap orang. Pastilah kita semua ingin hidup tenang tanpa dipusingi dengan urusan keuangan. Namun untuk menggapai financial freedom bukanlah hal yang mudah.

Tidak mudah bukan berarti tidak bisa, kan? Kita hanya perlu sedikit lebih berusaha dan kita juga bisa memulainya dengan satu langkah kecil. 

Seperti mulai rutin budgeting mengingat proses yang satu ini sangat penting dilakukan jika kita ingin memiliki kondisi finansial yang sehat. Setidaknya budgeting juga membantu kita dalam mengelola keuangan dengan lebih bijak untuk

Enaknya sekarang sudah ada aplikasi investasi terpercaya seperti PINA yang dengan beragam fitur teknologinya dapat membantu kita untuk meraih mimpi finansial.

Tidak hanya sebagai aplikasi budgeting lho, tapi kita juga dapat memanfaatkan PINA untuk kebutuhan finansial lainnya seperti memantau pertumbuhan aset, menanam saham dan juga nambah ilmu seputar finansial.

Asyiknya lagi nih, PINA mau bantu raih apa pun tujuan keuangan yang kamu inginkan dengan memberikan tambahan modal investasi berupa Cashback up to 10 Juta. 

Caranya cukup mudah. Buat tujuan keuangan di PINA Goal dan rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun, maka PINA akan berikan cashback untuk kamu. Untuk lebih jelasnya silakan pelajari lebih lanjut mengenai cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA

So, tunggu apalagi. Yuk, kita sama-sama gapai kebebasan finansial bersama PINA.

66 komentar untuk "Aplikasi Budgeting PINA untuk Gapai Kebebasan Finansial"

Comment Author Avatar
Memiliki kebebasan finansial memang jadi goal yang diidam-idamkan banget sama semua orang, ya. Enaknya, semakin dimudahkan dengan aplikasi budgeting ini. So cool!
Comment Author Avatar
wah oke juga nih banyak fiturnya sangat membantu apalagi buat yang awam kayak aku
Comment Author Avatar
Aplikasi yang all in one banget sih Pina ini. Tidak hanya sebatas membantu budgeting, namun juga terdapat edukasi dan financial plannignnya. Sepertinya perlu dipantau dan diinstall banget si Pina ini untuk bantu kebutuhan budgeting dan finansial lainnya.

Thanks for sharing Mbak
Comment Author Avatar
Baru dengar nih tentang salah satu aplikasi keuangan bernama PINA, menarik karena fitur-fitur dan berbagai program yang ditawarkan. Apalagi ada Cashback up to 10 Juta. Wah sih ini.
Comment Author Avatar
Wah bakal cocok nih aplikasinya, secara saya juga lagi belajar financial planning. Terimakasih artikelnya...
Comment Author Avatar
Wahyuindah 05:55
PINA rekomended banget buat ngatur keuangan keluarga. Fiturnya keren dan mudah digunakan. Saya udah nyoba dan menyenangkan sekali.
Comment Author Avatar
Jadi pengen auto download bisa memanajemen financial ekonomi keluarga kesayangan praktis banget
Comment Author Avatar
Memang aplikasi seperti PINA ini ngebantu banget sih buat budgeting. Apalagi yg suka lupaan kaya aku, biar keliatan pemasukan dan pengeluarannya
Comment Author Avatar
Terbantu sekali mengatur keuangan dengan aplikasi PINA
Pengeluaran jadi lebih terkontrol, semua jelas pos-pos peruntukannya sekaligus bisa punya simpanan juga
Comment Author Avatar
Ternyata lagi rame rame bahas si pina ya. Memang Pina bisa jadi solusi bagi sesiapa yang sering boros aih, klo menurut aku
Comment Author Avatar
Ini jadi bisa terhubung dengan ewallet juga loh keren. Jadi ga perlu cek satu satu ecommerce atau ewallet. Cukup 1 aplikasi tuk tertotal pengeluaran kita. Mantaap.
Comment Author Avatar
Aku banget nih, Mbak.. Gajian masih lama tapi uang bulanan udah mulai menipis.. kayaknya emang butuh aplikasi PINA ini biar perencanaan keuanganku jadi terkontrol.
Comment Author Avatar
Terbantu banget nih dengan adanya aplikasi PINA, buat yang masih awut-awutan pencatatan dan budgeting bagus banget nih cobai aplikasi ini.
Comment Author Avatar
asyik dong ya selain memfasilitasi dengan fitur2 canggih juga ada edukasinya. coba aku kulik ah
Comment Author Avatar
Membedakan kebutuhan dan keinginan emang penting banget ya Mbak. Apalagi kadang keinginan menyaru jadi kebutuhan he he. Dan kebiasaan budgeting juga perlu banget dilakukan...

Vita mamanesia.com
Comment Author Avatar
Kayaknya menarik, nih. Nanti kalau sudah ada penghasilan tetap kayaknya pengin nyoba.
Comment Author Avatar
wah menarik juga nih aplikasinya buat budgeting keuangan sehari-hari, jadi bisa pilah-pilah dana yang dikasi sama suami biar ga boros.. makasih loh ka infonya, aku mau ikutan download juga ah hihi
Comment Author Avatar
Udah mulai tertarik nih pakai aplikasi buat mengatur keuangan gitu, tapi masih ragu nanti narik duitnya gimana tuh mba? Haha..
Comment Author Avatar
Wah iya keren yaaa bener2 termanajemen dgn baik sehingga cashflow keuangan akan tertata dgn baik.
Comment Author Avatar
Memudahkan sekali ya aplikasi PINA ini, nanti saya juga mau install deh. Makasih infonya ya!
Comment Author Avatar
Aku juga udah nyobain PINA ini mba buat financial goalsku. Cocok banget buat yang masih berantakan ngatur keuangan sih ya. Semakin nyoba fiturnya juga makin ketagihan buat bikin perencanaan keuangan lebih baik lagi.
Comment Author Avatar
Saat ini semuanya serba mahal. Harus pandai dalam mengatur keuangan. Untung ada PINA yang membantu mengatur keuagan di gadget ya.
Comment Author Avatar
Kalimat penutupnya bagus sekali
Saya harus install PINA nih, karena sering bingung, kok uang tiba tiba habis. Perasaan gak belanja apa apa 😀😀😀
Comment Author Avatar
Jadi PR saya banget nih membedakan mana kebutuhan mana keinginan. Aduh ini mata gak bisa puasa deh kalau lihat barang bagus dikit, apalagi diskon, maunya beli beli terus. Padahal dipikir juga sebenarnya gak butuh-butuh amat sih ... Harus memulai belajar tentang perencanaan keuangan dari point ini dulu saja nih sepertinya kalau saya
Comment Author Avatar
Aplikasi PINA sangat membantu budgeting banget ya, apalagi yg tipikal saya yg kalau 'ada' suka gak kekontrol, jadinya ludes mulu tanpa simpanan, apalagi investasi. Kudu download juga ini.
Comment Author Avatar
Benar-benar aplikasi yang bermanfaat banget ini ya Mbak. Kita belajar sekaligus praktek langsung. Diajarkan juga bijak mengambil investasi, memilih mana yang tepat, lalu mengelolanya dengan baik. Literasi keuangan yang patut dapat pujian.
Comment Author Avatar
Kalau pakai apps PINA begini, harapannya semoga banyak tujuan keuangan yang bisa dicapai.
Karena penting banget mengelola keuangan dengan sehat dan pada akhirnya persiapan keuangan masa depan pun terpenuhi dengan baik.
Comment Author Avatar
Aplikasi Pina ini pastinya bermanfaat buat saya yang suka membuat budgeting secara manual, pastinya dengan aplikasi ini ga bakal kelewat niy saat pembuatan dan realisasi budget
Comment Author Avatar
Lebih melek soal finansial jadi bisa dilakukan lewat satu aplikasi ya mbak. Gak sekadar sebagai aplikasi budgeting, di PINA pun kita bisa mendapatkan edukasi terkait finansial.
Comment Author Avatar
Wah bangus banget aplikasi PINA ini, eduasi finansial gak semua orang terpapar informasi yg baik dan jelas, klo udah dpat fitur gratis dari aplikasi tentunya akan sangat memudahkan setiap orang yg butuh informasi keuangan
Comment Author Avatar
Pasti sangat terbantu untuk kontrol keuangan dalam mengatur keuangan belanja bulanan, Edukasi yg baik tentang finansial tentu juga membuat setiap orang jadi lebih pandai dalammengatur keuangan
Comment Author Avatar
aplikasi PINA ini emang ngebantu banget untuk atur keuangan sehari-hari. Aku juga pakai lho
Comment Author Avatar
Aplikasi PINA ini bener-bener bisa diandalkan yaah..
Akupun relate waktu kak Siska bilang, sebulan dua bulan pertama semangat melakukan pencatatan, tapi bulan berikutnya, meng-lelah.

Butuh banget konsistensi seperti aplikasi PINA.
Comment Author Avatar
Aku juga pakai ini deh, masyaAllah emang manfaat banget, karena aku juga aware untuk itungin aset juga hhahaha. keren emang aplikasi 1 ini
Comment Author Avatar
dengan PINA kita bisa jadi lebih disiplin ya soal finansial, dengan budgeting yang tepat maka kebebasan finansial bukan sekadar mimpi lagi ya :)
Comment Author Avatar
Aplikasi PINA luar biasa membantu nih buat para freelancer. Jadi terpantau budgetingnya, bisa sekalian belajar invest pula.
Comment Author Avatar
Saya masih kurang bisa menahan godaan2 apalagi saat banyak kebutuhan mendesak. Pos2 keuangan jadi kepake hiks. Harusnya pakai aplikasi ini ya biar bisa terkontrol.
Comment Author Avatar
Zaman now, aktivitas untuk budgeting pun udah bisa dilakukan pakai aplikasi ya mbak. Bener2 praktis dan memudahkan. Cocok buat bantu mereka yang ga bisa kontrol pengeluaran.
Comment Author Avatar
Laily Fitriani 23:35
Finansial ini memang harus diatur ya Mbak, sedini mungkin malah agar keuangan aman yaa
Comment Author Avatar
Saya tinggal menunggu verifikasi
BNI juga sudah saya hubungi untuk pembaruan data
Aplikasi ini memang sangat membantu keuangan
Comment Author Avatar
Wah, secanggih itu ya aplikasi PINA? Bisa bikin budgeting, perencanaan, pengelolaan uang, bahkan sekaligus memantau pengeluaran. Ikutan eksplor ah dan cobain juga.
Comment Author Avatar
Mantap nih bisa bantu mencapai kebebasan finansial. Fitur2 di dalamnya bermanfaat banget, ya
Comment Author Avatar
Wah asik ya kalau ada aplikasi budgeting seperti PINA ini
Kita jadi mudah mengatur keuangan kita
Comment Author Avatar
Aplikasi yg lagi aku butuhin nih. Sering bingung ngatur keuangan, apalagi sejak pandemi tuh pengeluaran makin banyak.
Comment Author Avatar
Wah wajib punya aplikasi PINA. Biar ngatur keuangan makin mudah dan gak amburadul lagi. Tanggal tua tidak merana.
Comment Author Avatar
Ngomongin budgeting, auto kesentil nih. Wkwkkw. Aku suka lemah di budgeting. Btw dengan Pina bisa lah ini ya aku coba atur2 keuangan antara pengeluaran dan pemasukan.
Comment Author Avatar
Setuju banget akutuh. Harus pandai membedakan keinginan fan kebutuhan biar gak boncos. Tapi lebih baik lagi kalau paki aplikasi budgeting seperti PINA
Comment Author Avatar
Aplikasi yang sangat membantu bagi ibu rumah tangga seperti saya mbak, agar benar-benar teliti dalam mengatur keuangan keluarga. PINA juga mudah dalam pengoperasiannya, jadi tidak ribet.
Comment Author Avatar
Saya orangnya ceroboh. Tak terlalu peduli dengan menagemen keuangan. Mungkin kalau punya splikasi PINA pengeluaran dan pemasukan bisa lebih terncana. Terima kasih, telah berbagi informasi, Mbak
Comment Author Avatar
Iya sih, benar ... urusan budgeting-nya harus teratur agar goal finansial kita bisa segera terwujud dan PINA yang bisa membantu ya.
Comment Author Avatar
Untuk mengatur masalah keuangan aplikasi PINA okey. Tetapi berkaitan dengan investasi, ngeri-ngeri ragu. Ha ha ... Mengingat banyaknya masalah terkait investasi Online saat ini. Terima kasih telah berbagi, ananda Siska.
Comment Author Avatar
Mungkin kalau sudah pake PINA gak lagi deh besar pasak daripada tiang ya, Mbak.....
Cerdas mengelola keuangan rumah tangga dengan aplikasi PINA
Comment Author Avatar
Dari dulu suka pake app kelola keungan tapi belum pernh coba si Pina ini
Comment Author Avatar
Sangat membantu ya aplikasi PINA ini
Kita jadi bisa merdeka finansial nih
Comment Author Avatar
Ohh ini aplikasi PINA yang bisa membantu keuangan itu ya mbak? deket-deket ini sering denger sih, banyak manfaatnya juga. Tapi saya belum pernah coba sih
Comment Author Avatar
Punya kebebasan financial jadi mimpi setiap orang ya, semoga aku juga bisa mengarah kesana. Aamiin
Comment Author Avatar
Penting banget memiliki ketahanan dalam diri dan tekad yang kuat agar bisa membedakan dengan jelas batas antara kebutuhan dan keinginan. Seringkali godaan tuh kaya "Mumpung murah" jadi beli, toh nanti juga kepake.

Ternyataaa...
Sampe bertahun-tahun, barang itu malah mangkrak dan akhirnya rusak.

Bener-bener mengatur dan mengelola keuangan itu kudu dibantu dengan apps secanggih PINA begini. Biar teliti dan tiap bulan bisa lihat laporan keuangan sehingga bisa merencanakan ke depannya langkah apa yang kudu diambil agar kondisi keuangan membaik dan pada akhirnya tercapai kebebasan finansial.
Comment Author Avatar
Aplikasi PINA ini lengkap juga ya, jadi serba ada dalam satu aplikasi. Otw kepoin dulu aplikasinya ah siapa tau cocok
Comment Author Avatar
aplikasi pina ini tergolong baru tetapi sudah booming karena ternyata banyak banget fiturnya, bukan cuma bisa nyatet pengeluaran tetapi juga bisa untuk investasi reksadana dan saham. apalagi datanya lengkap, jadi pengen ikut investasi gak sih...
Comment Author Avatar
cocok banget buats aya yang sering membuat budgeting secara manual, dengan adanya aplikasi ini pastinya bakal ngebantu banget dlaam urusan budgeting saya biar tidak ada yang terlewat
Comment Author Avatar
Keren banget aplikasi ini, selain fiturnya lengkap dan yang lebih keren lagi dilengkapi dengan kelas edukasi....terimakaaih infonya harus download ini mah
Comment Author Avatar
Must have application sih ini. Fitur dan manfaatnya jos bangeet. Penting buat freelancer yang suka kedodoran masalah budgeting.
Comment Author Avatar
Aplikasi yang cocok untuk para emak-emak nih mbak. Terutama saya yang suka kebablasan kalau menggunakan uang belanja dr suami. Hiks, sedih kadang tiap bulan boncos. Untung ada PINA nih, coba saya install dan pelajari ya
Comment Author Avatar
Aplikasi yang cocok untuk para emak-emak nih mbak. Terutama saya yang suka kebablasan kalau menggunakan uang belanja dr suami. Hiks, sedih kadang tiap bulan boncos. Untung ada PINA nih, coba saya install dan pelajari ya
Comment Author Avatar
Bener banget nih. Susah memisahkan keinginan vs kebutuhan. Hehe. Alhamdulillah sekarang ada PINA ya. Bahkan bisa kelola aset dalam satu pintu aja
Comment Author Avatar
Lengkap banget ya mom fiturnya, dan semua fiturnya emang yang kita butuhin banget jadi pengen download aplikasinya juga nih

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.