7 Ide Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

7 Ide Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Tertarik ingin buka usaha? Tidak perlu bingung karena sekarang ada banyak ide bisnis online untuk ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan.

Ketika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga saya mengira saya tidak akan mendapatkan penghasilan lagi seperti saat masih bekerja.

Namun siapa sangka, setelah resign dari pekerjaan sebagai guru honorer rezeki saya masih mengalir lewat hobi yang kini menjadi passion-nya saya.

Yup, mendapatkan penghasilan tanpa perlu keluar rumah di masa sekarang bukan hal yang mustahil. Bahkan saya sudah sering dengar dan baca pengalaman ibu-ibu yang sukses dengan bisnis dari rumah.

Belakangan ini tren bisnis online memang semakin diminati banyak orang, termasuk dari kalangan ibu rumah tangga. 

Nah, kalau Moms juga tertarik dengan usaha yang mengandalkan gawai dan jaringan internet, Moms bisa intip beberapa ide bisnis online yang dibahas berikut ini.

Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Siapa sih yang tidak senang memiliki penghasilan sendiri? Apalagi bagi ibu rumah tangga yang kerap dipandang sebelah mata karena tidak mendapat gaji seperti ibu pekerja.

Bersyukurnya di era digital seperti sekarang membuka peluang yang besar bagi para ibu untuk melakukan pekerjaan sampingan tanpa harus meninggalkan rumah.

Bahkan pekerjaan tersebut memungkinkan seorang ibu untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu tugas utamanya di ranah domestik. 

Pekerjaan yang dimaksud adalah bisnis online. Usaha digital memang sangat cocok untuk ibu rumah tangga karena sifatnya yang fleksibel. 

Lantas apa saja ide bisnis online untuk ibu rumah tangga yang recomended? Yuk kita ulas!

Dropshipper

Ingin punya usaha online tapi tidak punya modal? Menjadi dropshipper adalah jawabannya. Bukan berarti menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan modal sama sekali.

Setidaknya Moms harus punya modal gawai dan kuota internet agar usaha sampingan sebagai dropshipper dapat berjalan lancar.

Dengan menjadi dropshipper Moms tidak perlu stok barang. Tugas Moms cukup memasarkan produk dari distributor langsung ke konsumen.

Tentu saja Moms dapat menjual berbagai macam produk. Namun sebaiknya sebelum memulai usaha ini Moms riset pasar terlebih dahulu agar mendapat produk jualan yang cocok dan sesuai target market.

Walau minim atau tanpa modal, menjadi dropshipper dapat memberikan keuntungan yang besar lho asal dikerjakan dengan baik dan tekun.

Reseller

Seperti halnya dropshipper, pekerjaan sebagai reseller juga memasarkan produk. Hanya saja bedanya dengan menjadi reseller Moms harus stok barang terlebih dahulu dari pemasok baru kemudian menjualnya ke konsumen.

Ya, jualan online ini memang membutuhkan modal namun jika sukses keuntungannya juga berlipat.

Sebelum memulai bisnis sebagai reseller pastikan Moms sudah melakukan riset pasar untuk menemukan produk yang tepat. Perhatikan juga kualitas produk yang akan dijual ke konsumen.

Untuk itu Moms perlu selektif dalam memilih supplier. Tentu akan lebih baik jika Moms memasok barang dari supplier tangan pertama untuk mendapat keuntungan lebih besar.

Freelancer writer

Ide bisnis berikut ini bisa jadi pilihan tepat buat Moms yang memiliki skill menulis. Freelancer writer atau penulis lepas adalah seseorang yang menawarkan jasa menulis kepada klien tanpa terikat jam kerja.

Dalam artian pekerjaan sebagai penulis lepas bebas dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian tentunya profesi ini tidak akan menghambat pekerjaan utama Moms di rumah.

Oh ya ada beberapa jenis freelance writer diantaranya ghost writer, content writer, copy writer dan lain sebagainya. Moms bisa pilih fokus dengan satu jenis atau lebih freelance writer yang dikuasai. Mengerjakan semua jenis tersebut pun tak masalah asal punya skill-nya. 

Nah, bisnis online inilah yang menjadi pekerjaan sampingan saya di rumah, namun saya lebih memilih untuk fokus menjadi content writer di blog pribadi atau lebih dikenal dengan istilah blogger.

Bisnis Hampers

Belakangan ini atau tepatnya semenjak pandemi banyak bisnis yang naik daun salah satunya adalah bisnis hampers

Hampers biasanya dijadikan hadiah untuk keluarga, teman atau kerabat pada momen-momen tertentu. Seperti pada momen hari raya, acara pernikahan, ulang tahun, kado untuk anak yang baru lahir, kelulusan dan berbagai acara spesial lainnya.

Ide bisnis hampers sendiri ada banyak. Beberapa contoh diantaranya hampers makanan dan minuman, hampers perlengkapan bayi, hampers skincare, hampers perlengkapan ibadah dan lain sebagainya.

Nah, kesibukan seringkali menjadi alasan seseorang sehingga tidak dapat menghadiri momen atau acara spesial yang diadakan oleh keluarga, teman atau kerabat. 

Banyak orang yang kemudian tertarik mengirimkan hampers sebagai pengganti kehadiran. Biasanya mereka akan memesan bingkisan ini secara online.

Oleh sebab itu bisnis ini menarik untuk digeluti karena peminatnya selalu ada bahkan meningkat di momen-momen tertentu.

Bisnis Frozen Food

Bisnis online yang juga menjadi tren saat ini adalah frozen food. Semakin ke sini semakin banyak orang yang menyukai kepraktisan, termasuk dalam mengonsumsi makanan, apalagi yang tinggal di perkotaan.

Frozen food adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan sehingga siap dimakan. Jadi konsumen hanya perlu menghangatkan makanan beku ini untuk dapat dikonsumsi. Karena kepraktisannyalah sehingga makanan beku ini banyak peminatnya.

Nah, kalau Moms punya keahlian dalam memasak, tidak ada salahnya untuk mencoba usaha frozen food ini lalu memasarkannya secara online.

Jasa Desain Grafis

Rekomendasi bisnis online selanjutnya adalah jasa desain grafis. Bisnis ini sangat cocok untuk Moms yang punya keahlian di bidang tersebut.

Di era digital seperti sekarang banyak orang yang membutuhkan jasa desain baik itu berupa desain poster/brosur/banner, logo, sampul buku maupun untuk konten Instagram.

Dulunya bisnis ini identik dengan laki-laki karena mayoritas kaum mereka yang menguasai software untuk desain grafis seperti Photoshop, Corel Draw, Adobe Ilustrator, dan lain-lain.

Namun dengan kecanggihan teknologi, sekarang sudah banyak aplikasi desain grafis yang dapat diakses dengan mudah. 

Salah satu aplikasi desain grafis yang terkenal dan menjadi andalah para ibu rumah tangga adalah Canva. Dengan menguasai Canva, Moms sudah bisa buka usaha desain grafis lho.

Rental perlengkapan bayi dan mainan anak

Bisnis berikut yang tidak kalah menarik dan dapat memberi keuntungan besar adalah rental perlengkapan bayi dan mainan anak.

Moms pastinya tahu, harga perlengkapan bayi dan mainan anak yang dijual di pasaran tidaklah murah. Sedangkan pertumbuhan bayi cukup pesat dan anak-anak mudah bosan dengan mainannya.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan bagi para orang tua untuk lebih memilih menyewa perlengkapan bayi atau mainan anak daripada membeli.

Untuk membuka usaha ini Moms cukup menyediakan modal membeli perlengkapan bayi lengkap seperti stroller, kursi makan bayi, tempat tidur bayi dan berbagai jenis mainan edukasi anak, kemudian menyewakannya.

Itu dia beberapa ide usaha yang bisa jadi pilihan buat Moms. Nah, namanya bisnis online tentu tidak terlepas dengan urusan pengiriman.

Untuk itu Moms bisa pertimbangkan bekerjasama dengan Everpro yang dapat membantu mengelola bisnis yang hendak Moms rintis sehingga terasa lebih mudah.

Apalagi platform bisnis ini sudah dilengkapi layanan pengiriman dengan biaya murah dan jaminan COD RTS rendah. Untuk memastikannya Moms bisa langsung Cek Ongkir Ninja Xpress.

Selain Ninja Express, Everpro juga menyediakan 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket pelanggan kapan saja dengan bonus cashback pengiriman hingga 25%. Ada GRATIS biaya return pula. 

Tidak hanya itu, bersama Everpro Moms akan dapat keuntungan lainnya seperti pencairan dana pengiriman COD hanya 1 hari, ada akses laporan aktivitas penjualan dan juga hanya dengan sekali transaksi, Moms bisa langsung kirim produk jualan ke banyak lokasi. Sangat menarik, bukan?

Demikian ulasan mengenai ide bisnis online untuk ibu rumah tangga. Dari tujuh ide yang disebutkan di atas kira-kira Moms tertarik menggeluti bisnis yang mana nih? Boleh dong bagikan jawabannya di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "7 Ide Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga"