Brand dengan Kolaborasi Konten Terbaik 2022

Brand dengan Kolaborasi Konten Terbaik

Seperti content creator lainnya, blogger juga punya tantangan tersendiri dalam membuat konten blog. Sebagai mom blogger tantangan paling sering saya hadapi adalah masalah waktu. 

Pekerjaan sebagai ibu yang bekerja di ranah domestik memang seperti tidak ada habis-habisnya. Namun hal itu tidak lantas menjadi alasan bagi saya untuk tidak produktif di rumah.

Apalagi blogger sudah menjadi pekerjaan sampingan. Jadi sesibuk apapun saya, misal ada tawaran collab atau kerjasama dari brand atau agensi dan saya menerimanya, ya saya harus profesional. Mengerjakan sesuai brief yang diberikan atau MOU yang telah disepakati.

Nah, untuk menyiasatinya biasanya saya curi-curi waktu saat anak-anak sedang bermain atau malam ketika mereka sudah terlelap baru saya melakukan job saya sebagai blogger.

Bersyukur dengan adanya Internet Terbaik Internetnya Indonesia membuat aktivitas blogging saya sejauh ini berjalan lancar tanpa kendala.

Well, saat ini blogger memang sudah dianggap sebagai sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Tidak seperti dulu dimana rata-rata  penggunanya hanya menjadikan blog sebagai diary online, sekarang blog justru bisa menjadi media untuk berbagi informasi dan promosi produk secara online.

Apalagi kerjasama dengan blogger terbukti dapat memberikan hasil yang baik sehingga tidak heran bila banyak brand papan atas yang menggandeng para blogger untuk meningkatkan brand awareness produk mereka.

Yup, kolaborasi brand dengan blogger memang memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Kita intip yuk!

Manfaat Kolaborasi Brand dengan Blogger

Manfaat Kolaborasi Konten Terbaik
Foto oleh fauxels / pexels.com

Tidak dimungkiri era digital telah mengubah gaya hidup banyak orang. Kalau dulu orang mengakses informasi lewat radio, televisi atau surat kabar sekarang informasi apapun bisa dengan mudah dan cepat ditemukan lewat mesin pencari seperti Google dan platform media sosial lainnya.

Namun sepengamatan saya untuk informasi terutama yang berkaitan dengan suatu produk, banyak orang yang lebih memilih mencarinya melalui Google.

Kenapa? Karena postingan para blogger yang mengulas produk yang biasanya muncul di halaman pertama search engine sehingga sering dijadikan referensi oleh mereka. 

Apalagi umumnya blogger jika mengulas suatu produk lengkap, detail dan berdasarkan user experience-nya sehingga tentu itu menjadi nilai plus tersendiri.

Postingan review produk brand yang menduduki peringkat atas mesin pencari akan berpeluang menjangkau audiens yang lebih luas. 

Lalu dampak positifnya tidak hanya meningkatkan brand awareness melainkan juga dapat meningkatkan penjualan mereka berdasarkan referensi dari blogger.

Tidak hanya itu dengan semakin banyak postingan blogger yang mengulas produk tersebut secara tidak langsung juga akan meningkatkan kepercayaan audiens terhadap produk mereka.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat manfaat apa saja yang didapatkan brand jika berkolaborasi dengan blogger :

  • Dapat terhubung dengan audiens yang tepat
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan performa SEO website brand
  • Meningkatkan traffic website brand
  • Ulasan produk brand bersifat lifetime atau tayang sepanjang waktu di blog blogger

Itu dia beberapa manfaat kolaborasi brand dengan blogger. Kolaborasi keduanya tentu saling menguntungkan. Blogger mendapat penghasilan sedang brand mendapat jangkauan audiens yang luas dan berujung pada peningkatan omset.

Nah, salah satu brand ternama yang sering berkolaborasi dengan blogger adalah IndiHome. Sebagai pelanggan setia layanan Internet Terbaik ini kamu juga pastinya tahu dong IndiHome telah berkolaborasi dengan banyak layanan streaming service

Bahkan tercatat hingga hingga pertengahan 2022, tidak kurang dari 14 platform media over-the-top (OTT) telah digandeng Indihome. Diantaranya Disney Hotstar, Mola TV, WeTV, Video, CatchPlay+ hingga yang terbaru ada Netflix. Benar-benar IndiHome sangat memanjakan pelanggannya. 

Maka tidak heran bila produk layanan Telkom Indonesia ini berhasil meraih penghargaan The Best Brand Champion for Product/Service Collaboration atau Brand dengan Kolaborasi Konten Terbaik 2022 dari Indonesia Brand Forum (IBF) berkat kemitraannya dengan sejumlah OTT lokal maupun global.

Brand dengan Kolaborasi Konten Terbaik 2022

Brand dengan Kolaborasi Konten Terbaik 2022

Senin, 19 September 2022 kemarin saya berkesempatan hadir secara virtual dalam acara Indonesia Brand Forum 2022.

Dengan mengusung tema Brand Collab Champion – Winning Thru Coopetition Not Competition” saya dapat banyak insight baru terkait pentingnya kolaborasi di sini.

"Kini saatnya bersanding, bukan bertanding" demikian kata Yuswohady, Founding Chairman Indonesia Brand Forum pada sesi pembukaan hari pertama IBF 2022

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa saat ini strategi yang ampuh untuk memenangkan pasar bukan lagi berkompetisi, melainkan koopetisi, alias berkolaborasi. Sebab, dengan kolaborasi, masing-masing pihak dapat saling bahu-membahu mengintegrasikan ekosistem fisik maupun digital. Kolaborasi akan menghasilkan win-win solution bagi semua pihak. Justru kalau nggak kolab, bakal kolaps.

Nah, IndiHome sebagai penyedia layanan Internet Terbaik sejauh ini telah menghadirkan Kolaborasi Konten Terbaik tanpa henti demi kepuasan pelanggannya.

Brand dengan Kolaborasi Konten Terbaik 2022
Pak E. Kurniawan saat membawa materi pada salah satu sesi IBF /dokpri

Seperti yang disampaikan oleh Pak E. Kurniawan selaku Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia saat sesi Content Collab, Broadening the Pond.

"Tidak mungkin semuanya kami kerjakan sendiri, dari sisi people sampai teknologi. Kami harus mencari mitra yang bisa memberikan value terbaik. Tantangannya adalah bagaimana mendapatkan kolaborasi yang bersifat mutual benefit. Artinya, bukan hanya memberi manfaat terbaik untuk kami sebagai korporasi, melainkan juga untuk customer.

Yup, Kolaborasi Konten Terbaik yang terjalin antar IndiHome bersama layanan streaming tidak hanya menguntungkan kedua pihak tetapi juga pelanggannya.

Sebagai pelanggan layanan Internet Terbaik jelas saya merasa beruntung sekali berlangganan IndiHome karena kini saya bisa menonton Netflix dan layanan streaming lainnya dengan puas tanpa batas pakai Internet Cepat

Tentunya lebih praktis karena untuk berlangganan OTT global seperti Netflix tidak perlu pakai kartu kredit dan bayar terpisah lagi. Cukup beli paketnya di IndiHome saja.

Inovasi yang dilakukan IndiHome dengan menggandeng OTT memang layak diapresiasi, bukan?

So far, dari kolaborasi yang dilakukan oleh IndiHome dengan berbagai pihak bisa kita jadikan pelajaran sekaligus inspirasi nih dalam membuat konten.

Sekarang sudah bukan zamannya bersaing, tapi mari kita sesama blogger bergandeng tangan untuk membuat konten yang berkualitas. 

Dengan kolaborasi kita tidak saling menjatuhkan, tetapi justru saling menguatkan. Apalagi dengan dukungan Internet Terbaik Indonesia akan membuat konten kolaborasi kita semakin cetar.

Yuk, semangat berkolaborasi!

18 komentar untuk "Brand dengan Kolaborasi Konten Terbaik 2022"

Comment Author Avatar
Senang sekali, dan jadi suatu kebanggaan, bila bisa kolaborasi bikin konten dengan suatu brand ya, Mbak. Dan ini termasuk portofolio kita juga. Dan memang perlu sekali dukungan internet yang kencang. Agar pas diupload juga cepat dan hasilnya maksimal.
Comment Author Avatar
Setuju, kolaborasi diciptakan untuk saling mendukung dan menguatkan. Bukan untuk saling menjatuhkan. Keren deh IndiHome nih, giat berkolaborasi, sehingga dapat menebar manfaat lebih luas.
Comment Author Avatar
benar banget waktu brand kerjasama dengan blogger bisa meningkatkan awareness terhadap merek ya.. semoga saja blogger semakin banyak dilirik.
Comment Author Avatar
Dengan adanya internet dari IndiHome ini, segala hal memang menjadi tak terbatas dan ini menjadi kesempatan bagi brand untuk saling berkolaborasi
Comment Author Avatar
Wah selamat buat IndiHome
Memang terbukti bisa diandalkan menghadirkan banyak konten hiburan di rumah setiap keluarga Indonesia
Comment Author Avatar
Berkat punya IndiHome di rumah, saya juga bisa menjalani profesi blogger dari dasar hingga (katakanlah) profesional. Kini saya berani menyebut bahwa ngeblog adalah karir saya karena memang merupakan pekerjaan yang menghasilkan.
Comment Author Avatar
Keren banget dengan pernyataan saatnya kolaborasi, bukan berkompetisi.
IndiHome sudah membuktikan perannya dalam berkolaborasi dengan berbagai pihak, kita pun sebagai pelanggannya akan semakin merasakan kemanfaatannya yang luar biasa dari kerjasama dan kolaborasi ini
Comment Author Avatar
Selama masih ada Google dan mesin pencari sejenis lainnya, pasti blogger dan content creator lainnya masih ada dan tidak akan tenggelam ya mba.. Kolaborasi IndiHome dengan banyak OTT itu Kit juga yg menikmatinya :D
Comment Author Avatar
Banyak banget emang manfaat kolaborasi brand dengan blogger. Apalagi dalam meningkatkan brand awareness. Yah sebagai momblogger aku juga masih riweuh dalam mengelola manajemenw aktu hehe, tapi seneng bisa pake IndiHome yang ngedukung passionku.
Comment Author Avatar
emang makin keren nih idihome, inovasinya makin kece ya, jadi banyak menarik pelanggan baru nih karena kemudahannya :)
Comment Author Avatar
Saya juga merasakan betul dengan menggunakan wifi dan internet yg lancar akan sangat mempermudah aktivitaa saya ngeblog
Comment Author Avatar
Betul banget ya mbak. Kolaborasinya IndiHome dengan berbagai pihak juga memunculkan bahan untuk para kreator, saling untung juga ya kalau kayak gini
Comment Author Avatar
yesss, kolaborasi tuh bisa saling menguatkan yaa baik untuk brand maupun untuk blogger nya, jadi simbiosis mutualisme deh
Comment Author Avatar
setuju banget sih ini, mba. sudah bukan zamannya bersaing tidak sehat.. malah lebih enak berkolaborasi, sukses bersama-sama juga jadinya
Comment Author Avatar
Bener banget, aq pernah hadiri sebuah seminar dan memang mengatakan skrg eranya bukan lagi bersaing tapi berkolaborasi
Comment Author Avatar
saya juga menggunakan IndoHome di rumah mba Siska, pastinya memabntu sekali semua kegiatan kerja saya yang bersifat online, termasuk menonton film-film kesukaan saya lewat Netflix
Comment Author Avatar
IndiHome kolaborasinya keren ya, benar benar berusaha memberikan yang terbaik untuk pelanggan, saya juga jadi bisa nonton Viu nih dengan jaringan IndiHome, sukaaa
Comment Author Avatar
Sama mbak. Aku pun kalau lagi hectic banget, berubah jadi bloggernya pas malam hari. Setelah anak-anak tidur, Baru deh nulis artikel

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.