Ini Alasan Reksadana Pasar Uang Cocok untuk Investor Konservatif

Ini Alasan Reksadana Pasar Uang Cocok untuk Investor Konservatif
Foto : freepik.com

Tahukah kamu jika pemilihan instrumen investasi seperti Reksadana Pasar Uang tergantung dari jenis investor itu sendiri? Karena setiap jenis investor memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda saat melakukan investasi.

Beberapa jenis investor yang bisa kamu temukan di dunia investasi terbagi menjadi tiga jenis. Mulai dari jenis investor konservatif, moderat dan agresif. 

Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk investasi di Reksadana Pasar Uang, kamu perlu mengetahui profil risiko yang sesuai dengan dirimu.

Pemilihan instrumen investasi berdasarkan profil risiko membuat kamu menjalani investasi dengan lebih lancar. Karena kamu bisa menerapkan cara dan strategi sesuai keinginan yang sebanding dengan kemampuan yang dimiliki.

Jenis Profil Risiko di Dunia Investasi

Ada 3 jenis profil risiko yang bisa kamu temukan di dunia investasi. Ketiga jenis profil risiko tersebut menggambarkan jika setiap investor memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda. 

Sehingga pemilihan instrumen investasi yang baik dan benar disesuaikan dengan profil risiko diri.

Jenis investor pertama yang bisa kamu temukan di dunia investasi yaitu tipe investor konservatif. Investor jenis ini cukup banyak ditemukan di masyarakat luas dengan ciri khas memiliki pemahaman dan wawasan yang cukup terbatas. Sehingga tingkat toleransi investasi yang dimiliki tergolong lebih rendah.

Investor konservatif sangat cocok untuk menggunakan instrumen investasi seperti Reksadana Pasar Uang. Karena risiko yang dimiliki oleh instrumen investasi yang satu ini cukup rendah dan investor bisa menjaga nilai pokok investasi atau modal investasi yang dikeluarkan.

Selain itu, tipe investor moderat biasanya mengharapkan imbal hasil yang lebih besar daripada berfokus pada penjagaan nilai pokok investasi. Sehingga investor dengan profil risiko moderat akan berhati-hati dalam berinvestasi serta menggabungkan pilihan untuk investor konservatif dan agresif.

Sedangkan tipe investor agresif akan lebih berani dalam mengambil risiko saat berinvestasi. Biasanya profil risiko investor agresif memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap risiko kerugian dan kegagalan investasi.

Tips Investasi untuk Jenis Investor Konservatif

Tips Investasi untuk Jenis Investor Konservatif
Foto : freepik.com

Setelah mengetahui tiga jenis investor di dunia investasi berdasarkan profil risiko yang dimiliki, kamu juga perlu mengetahui tips investasi bagi investor konservatif. Berikut ini beberapa tips menarik bagi investor konservatif dalam menjalankan investasi agar sesuai keinginan, salah satunya dengan menggunakan Reksadana Pasar Uang.

1. Melakukan Investasi dalam Jangka Panjang

Tips pertama yang bisa kamu lakukan sebagai tipe investor konservatif yaitu dengan melakukan investasi dalam jangka panjang. 

Hal tersebut sangat cocok dilakukan saat berinvestasi karena kemungkinan mengalami kerugian pada nilai pokok investasi lebih kecil daripada investasi jangka pendek.

Pada umumnya, investasi jangka panjang akan memberikan kesempatan bagi para investor untuk menyimpan imbal hasil yang didapatkan sedikit demi sedikit. 

Sehingga investasi jangka panjang yang dilakukan bisa berjalan sesuai keinginan dengan menggunakan instrumen investasi jangka panjang seperti Reksadana Pasar Uang.

2. Memilihnya Instrumen Investasi dengan Risiko Rendah

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan sebagai investor konservatif yaitu memilih instrumen investasi dengan risiko rendah. Sehingga kamu bisa meminimalisir terjadinya kerugian yang membuat nilai pokok investasi menjadi berkurang.

Hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan menggunakan investasi Reksadana Pasar Uang. Karena pengertian Reksadana Pasar Uang seringkali dianggap sebagai jenis Reksadana dengan risiko yang relatif rendah.

Keuntungan Investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS 

Bagi kamu yang memiliki profil risiko sebagai investor konservatif tentunya membutuhkan aplikasi investasi yang bisa dipantau kapanpun. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan berinvestasi Reksadana Pasar Uang di Aplikasi digibank by DBS.

1. Investasi Reksadana dengan 3 Kategori yang Tersedia

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS yaitu dapat melakukan investasi Reksadana menggunakan kategori yang tersedia. 

Kategori tersebut tentunya sangat bermanfaat dan berperan penting saat investor memilih perusahaan investasi yang diinginkan.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu memahami semua produk Reksadana yang tersedia di Aplikasi digibank by DBS dengan adanya kategori tersebut. 3 kategori yang ada yaitu meliputi kategori Reksadana kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.

2. Banyaknya Pilihan Produk Reksadana

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan yaitu terkait banyaknya pilihan produk Reksadana di Aplikasi digibank by DBS. Terdapat lebih dari 50 produk Reksadana yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, sehingga investasi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

3. Dapat Melakukan Pembelian Berkala secara Fleksibel 

Kemudian, kamj juga bisa melakukan pembelian Reksadana secara fleksibel dan berkala di Aplikasi digibank by DBS. Sehingga kamu bisa melakukan pembelian setiap bulannya dengan menyesuaikan nominal dan tenor sesuai kebutuhan.

4. Melakukan Semua Transaksi Kapanpun dari Satu Aplikasi

Keuntungan lainnya yang juga cocok untuk para investor konservatif yaitu dapat melakukan semua transaksi kapanpun hanya dari Aplikasi digibank by DBS. 

Mulai dari transaksi jual beli Reksadana, switching produk investasi dan pendaftaran SID (Single Investor Identification).

5. Modal Mulai Rp100.000

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan aplikasi investasi dan memiliki instrumen investasi dengan modal awal yang relatif murah. Kamu bisa membeli produk Reksadana dengan modal awal investasi sebesar Rp100 ribu atau bisa lebih banyak.

Bagaimana menarik bukan beberapa informasi terkait investor konservatif dan pengertian Reksadana Pasar Uang? Demikian ulasan mengenai jenis investor dan tips investasi untuk investor konservatif dengan Reksadana Pasar Uang.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Ini Alasan Reksadana Pasar Uang Cocok untuk Investor Konservatif"