6 Tips Naik Bus AKAP untuk Pemula

Bus AKAP atau Antar Kota Antar Provinsi merupakan salah satu moda transportasi yang banyak dipilih masyarakat karena memiliki banyak keunggulan. 

Diantaranya adalah harganya yang murah, daya tampung bus yang cukup banyak, dan mudah diakses di beberapa titik yang tidak terlewatkan oleh kereta. 

Selain itu, pilihan kelas dan fasilitas bus AKAP juga semakin beragam sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan isi dompet.

6 Tips Naik Bus AKAP untuk Pemula
Gambar : freepik.com

Akan tetapi naik bus AKAP juga harus memiliki pengetahuan tentang bus ini. Pasalnya, banyak bus AKAP yang ugal-ugalan, tidak resmi, tidak menurunkan penumpang sesuai tujuan, bahkan ada yang nakal serta tidak berizin. 

Bagi penumpang pemula atau yang jarang naik bus, tentunya pengetahuan ini harus dimiliki sebelum beli tiket bus.

Nah, bagi pemula, simak tips-tips berikut ini supaya kamu bisa dengan nyaman melakukan perjalanan ke kota tujuanmu, yuk!

Tips Nyaman Naik Bus Antar Kota Antar Provinsi

Tips Nyaman Naik Bus Antar Kota Antar Provinsi
Gambar : freepik.com

Jadwal keberangkatan yang jelas

PO atau Perusahaan Otobus resmi memiliki jadwal keberangkatan yang jelas dan tidak bisa ditunda meski penumpang hanya sedikit. jadwal ini biasanya sudah memperhitungkan jarak keberangkatan antar bus untuk menuju kota yang sama. 

Kamu bisa mengetahui informasi kepergian lewat internet, website bus, media sosial, atau telepon langsung ke PO bus yang hendak kamu naiki.

Biasanya juga sudah terdapat informasi titik keberangkatan dan kedatangannya sehingga penumpang tak perlu bingung kemana.

Sedangkan bus yang tidak resmi biasanya tidak memiliki jadwal yang jelas. Bus akan diam atau ngetem hingga penumpang penuh. Hal ini karena adanya keharusan mengejar target setoran dalam seharinya.

Perpindahan titik keberangkatan dan kedatangan

Bus yang resmi juga memiliki titik keberangkatan dan kedatangan yang selalu sama. Misalnya, bus tujuan AKAP jurusan Jakarta akan turun di terminal Kampung Rambutan. 

Maka, pastikan itu adalah tujuan akhirmu. Beberapa titik turun lain untuk tujuan Jakarta yaitu Pasar Rebo, PGC Cililitan, Cawang, Terminal Tanjung Priok, Terminal Pulogebang, Grogol, Pondok Pinang, dan sebagainya.

Informasi titik turun dan titik berangkat biasanya ada pada tiket yang diberikan. Atau kamu juga bisa langsung tanyakan ke petugas untuk lebih jelasnya.

Membawa barang jangan terlalu banyak

Tips naik bus AKAP selanjutnya ialah membawa barang secukupnya dan usahakan jangan terlalu banyak. Meskipun disediakan bagasi bagi penumpang, tetapi membawa satu tas ransel yang cukup untuk disimpan di kabin bus saja sudah cukup. 

Hal ini penting untuk memudahkan mobilitas agar kamu tidak perlu riweuh membawa banyak barang saat turun. Selain itu, apabila barang bawaan banyak lalu disimpan di tempat kaki, maka akan mengurangi kenyamanan selama naik bus.

Pilih tempat duduk sesuai pesanan

Memilih tempat duduk juga penting saat bepergian naik bus AKAP. Bus tersedia dengan konfigurasi kursi 2-1 atau 1-1. Pilih tempat duduk mulai dari baris ketiga hingga baris ke enam untuk mengurangi guncangan. Hindari kursi yang ada di area atas ban agar tidak mudah mabuk.

Pemilihan kursi bus sangatlah fleksibel tergantung kebijakan PO bus itu sendiri. Ada yang membiarkanmu memilih kursi saat beli tiket bus online, atau jika naik di terminal atau titik tertinggal pemilihan kursi bisa di mana saja atau acak.

Waspada tindak kriminal

Bagi pemula, naik bus memang agak membingungkan karena lokasi dan pemilihan bus yang cukup banyak. Kebingunganmu bisa cukup kentara bagi yang sedang ingin mengincar harta bendamu.

Apalagi kebingunganmu bisa jadi kesempatan bagi PO bus tidak resmi yang menawarkan tiket ke kota yang bukan tujuanmu. 

Jika bingung dan banyak orang yang mendekatimu untuk menawarkan tiket, sebaiknya tetap tenang dan jangan mudah tergoda. Tanyakan langsung ke satpam, petugas terminal, atau petugas PO bus yang akan kamu naiki.

Saling tanya dengan penumpang lain

Setelah mendapatkan tiket dan informasi resmi tentang bus yang hendak kamu naiki, tidak ada salahnya kamu saling tanya dengan penumpang lain. 

Menunggu di dalam bus atau di ruang tunggu khusus bus PO lebih aman daripada menunggu di tempat sepi. Tanyakan penumpang sebelahmu tujuan dan PO bus tujuan mereka, mungkin saja memiliki tujuan yang sama. 

Nah itu tadi adalah tips naik bus AKAP bagi penumpang pemula. Selain itu, jangan lupa rencanakan perjalanan jauh-jauh hari agar mengurangi kesalahan naik bus. Pesan tiket bus AKAP hanya melalui Traveloka untuk pemesanan mudah yang aman, nyaman, dan cepat!

Riset informasi bus lewat internet, tanya ke teman, media sosial atau dari mana pun agar perjalanan benar-benar nyaman. 

Makanan, kondisi badan, uang tunai, dan obat-obatan juga harus dipersiapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pikirkan juga bagaimana kamu akan menghabiskan waktu di bus untuk perjalanan panjang.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu yang akan bepergian, ya! Hati-hati di jalan!

Posting Komentar untuk "6 Tips Naik Bus AKAP untuk Pemula"