Tips Memilih Bantal yang Baik untuk Tidur Berkualitas

Dulu saya sering banget mengalami gangguan saat tidur. Mulai dari sering terbangun tengah malam hingga sakit leher yang berujung dengan tidur menjadi tidak nyenyak.

Tahu nggak apa penyebabnya? Yup, bantal. Karena bantal yang saya gunakan terlalu keras sehingga kurang nyaman. Meski demikian tetap saya gunakan karena belum menyadari efek negatifnya.

Belakangan atau tepatnya setelah menemukan bantal yang baik untuk tidur baru saya ngeh, oh ternyata bantal dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Karena itu saya nggak mau lagi asal menggunakan bantal. 

Lantas seperti apa sih cara memilih bantal yang baik untuk tidur berkualitas? Simak tipsnya berikut ini yuk! 

Tips memilih bantal yang baik untuk tidur

Tidur nyenyak dengan bantal Domi

Siapa sih yang nggak pengen tidur nyenyak, tenang, nyaman tanpa gangguan? Pasti semua mau dong. Apalagi menjaga kualitas tidur memang penting karena berkaitan dengan kesehatan.

Oleh karenanya memilih bantal tidur juga penting. Sebab salah dalam memilih bantal dapat membuat tidur tidak nyenyak dan kurang berkualitas. Sedangkan bantal yang dikatakan bagus adalah bantal yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

Nah, terkait ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih bantal tidur. Yuk simak tips memilih bantal untuk tidur berkualitas berikut ini :

Cek Tekanan Bantal

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek tekanan bantal. Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk mengukur tingkat keempukan bantal.

Bantal yang bagus akan terasa empuk dan nyaman saat ditekan. Jadi pastikan kamu memilih bantal yang benar-benar empuk ya.

Jangan memilih bantal yang terlalu keras karena bisa membuat tidur kurang nyaman. Begitupula dengan bantal yang terlalu empuk, kurang bagus digunakan karena mempunyai tekanan yang kuat dan bisa membuat tidur menjadi tidak nyaman.

Perhatikan perubahan bentuk bantal ketika ditepuk

Tidak hanya dengan memeriksa tekanan, kamu juga dapat mengetahui bagus atau tidaknya bantal dengan memberi tepukan. 

Salah satu kriteria bantal yang bagus adalah ketika menerima tekanan akan berubah bentuk sesuai dengan bentuk penekannya. Begitupula ketika ditepuk, bantal juga akan langsung kembali ke bentuk semula.

Jadi cobalah menepuk bantal lalu lihat perubahan bentuknya. Jika bentuk bantal berubah sesuai dengan area tepukan maka bantal tersebut termasuk bantal yang bagus untuk tidur.

Periksa aliran udara bantal

Tidak cukup dengan mengecek tekanan bantal saja, kamu juga harus memeriksa sirkulasi udaranya. 

Pasalnya bantal yang baik untuk kesehatan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Bantal dengan aliran udara yang lancar ini akan memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga akan membuat bantal tidak mudah lembab. Tentu saja hal ini akan berdampak baik pada ketahanan bantal karena akan terhindar dari jamur dan tungau.

Pilih bantal yang sesuai dengan posisi tidur

Ada banyak jenis bantal yang dijual di pasaran. Agar tidak salah memilih kamu juga perlu menyesuaikan jenis bantal dengan posisi tidur favorit kamu. Menyamping, tengkurap atau terlentang?

Kalau saya sendiri sukanya tidur menyamping atau meringkuk. Buat yang posisi tidur favoritnya menyamping seperti saya, jenis bantal yang disarankan adalah yang agak tinggi untuk menopang punggung. Kemudian agar tidur menjadi lebih nyaman gunakan guling untuk menopang bagian perut.

Buat kamu yang hobi tidur dalam posisi terlentang disarankan untuk memilih bantal yang tipis karena bantal jenis ini dapat menopang leher. Hal ini bisa membuat leher menjadi lebih nyaman dan tentunya bisa menghindarkan kamu dari sakit leher.

Nah, kalau kamu suka tidur tengkurap sebaiknya pilih bantal yang lebih tipis lagi agar posisi bahu dan kepala sejajar. Dengan demikian kamu akan merasa lebih nyaman.

Pertinbangkan bahan pelapis dan isiannya

Satu lagi nih tips memilih bantal yang tidak boleh kamu lewatkan. Yup, bahan pelapis dan isian bantal juga harus kamu pertimbangkan dengan baik. Paling tidak kamu tahu jenis bahan pelapis dan isian bantal yang bagus.

Perlu kamu ketahui bahwa bahan bantal yang bagus adalah yang tidak mudah kempes dan mampu menopang kepala dengan baik.

Nah, setelah mencari tahu, ternyata banyak yang merekomendasikan bahan memory foam dan latex. Kedua bahan ini mempunyai keempukan yang pas dan bisa kembali ke bentuk semula. Bentuknya juga bisa menyesuaikan dengan bentuk kepala penggunanya lho.

Ada juga yang merekomendasikan bantal dengan isian dacron dan microfiber karena bagus untuk kesehatan. Bahan isian bantal ini tidak mudah kempes dan tahan terhadap jamur maupun tungau. 

Rekomendasi Bantal yang Bagus untuk Tidur

Bantal Domi

Setelah mengetahui tips memilih bantal yang baik untuk menunjang tidur berkualitas, sekarang sudah tahu dong bantal yang mana yang harus kamu pilih? 

Atau kalau masih bingung, kamu boleh banget pertimbangkan merk bantal Domi. Saya sendiri memilih Domi karena bantalnya memang sangat nyaman digunakan.

Tidak heran sih, bantal Domi terbuat dari bahan terbaik yang awet dan bagus. Domi hadir dengan 2 pilihan isian bantal, yaitu microfiber dan dacron . Keduanya cocok untuk segala posisi tidur

Bahan pelapis bantal dari Domi adalah bahan terbaik yang sangat lembut dan nyaman di kepala. Bantal ini juga bisa menyesuaikan bentuk dengan tekanan yang diberikan

Nah, karena terbuat dari bahan terbaik, bantal ini juga mudah kembali ke bentuk semula.

Menariknya lagi, bantal Domi mampu menopang kepala dan leher dengan maksimal sehingga tidak akan menyebabkan sakit leher. Tingkat keempukan bantal ini juga pas sehingga sangat nyaman digunakan.

Pokoknya dijamin deh kalau pakai bantal Domi, tidur kamu bisa nyaman dan nyenyak sepanjang malam. Yuk pilih bantal Domi untuk tidur berkualitas.

1 komentar untuk "Tips Memilih Bantal yang Baik untuk Tidur Berkualitas"

Comment Author Avatar
Baru tahu merk domi ini mba. Ntr deh mau cek cek barangnya.

Bantal itu memang tricky sih , salah beli dikit, langsung ngaruh ke kualitas tidur. Aku pernah leher sakit Bbrp hari, susah digerakin ke samping Krn salah bantal.

Akhirnya skr milih bantal yang lateks punya. Enak sih dipake.

Dulu pernah juga beli bantal dari Beijing, terbuat dari sutra. Itu enaaak bangetttt, tapi sesuai dengan harga yang mahalnya ga kira2 🤣. Cuma Krn dikasih garansi awet sampe 8 tahun, aku ttp beli. Dan bener sih awet banget memang. Nyesel beli 1, tapi kalo inget harga, ya mampunya beli 1 😅😄

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.