3 Pertimbangan dalam Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa untuk Website Bisnis Online

3 Pertimbangan dalam Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa untuk Website Bisnis Online

Dalam era digital yang semakin maju seperti saat ini, keberadaan sebuah website menjadi sangat penting bagi bisnis online. Untuk membuatnya, salah satu pertimbangan yang krusial dilakukan adalah memilih antara cloud hosting atau hosting biasa untuk menyimpan dan mengelola data yang ada di dalamnya.

Keduanya menawarkan berbagai keunggulan, tetapi cloud hosting memiliki kapasitas lebih dari segi skalabilitas, keamanan, dan kinerja.

Ada beberapa pertimbangan penting yang perlu dipikirkan sebelum memilih layanan jual cloud hosting daripada hosting biasa untuk website bisnis onlinemu. 

Dengan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor ini, diharapkan nantinya para pemilik bisnis dapat membuat keputusan yang tepat untuk mengoptimalkan performa website yang dibuat.

Namun sebelumnya, mari kita pahami terlebih dulu tentang apa itu cloud hosting dan keunggulannya jika dibandingkan dengan hosting biasa.

Mengenal Apa Itu Cloud Hosting

Cloud hosting biasa disebut sebagai versi upgrade dari hosting biasa karena kapasitasnya yang lebih tinggi dari segi performa hingga keamanan. Data dan resource yang tersimpan pada hosting jenis ini dikelola dengan sistem cloud secara virtual menggunakan berbagai server yang dijadikan satu pada suatu server terpusat. 

Dalam sistem cloud hosting, website yang di-hosting pada sekelompok server yang saling terhubung dan bekerja sebagai satu kesatuan. Jika salah satu pengguna melebihi batas penggunaan sumber daya yang ditentukan, hanya situs web pengguna tersebut yang akan mengalami penurunan performa atau tidak dapat diakses. Pengguna dan situs web lainnya tidak akan terpengaruh.

Mengenal Apa Itu Cloud Hosting

Dari cara kerjanya, kita bisa mengamati bahwa cloud hosting tidak perlu bergantung pada satu server tunggal saja. Saat terjadi kerusakan pada salah satu server, server lain akan segera mengambil alih dengan sedikit jeda waktu, sehingga downtime server menjadi sangat minimal. Hal ini mencegah penyalahgunaan sumber daya oleh pengguna tertentu maupun oleh pengguna lainnya. 

Mengapa Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa?

Sebelum membeli, ada beberapa pertimbangan yang menguatkan keputusan kamu dalam untuk memilih paket cloud hosting yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dibanding hosting biasa.

Hosting biasa membuat kamu harus berbagi server dengan banyak pengguna lain. Pengelola server hosting biasa akan membatasi penggunaan sumber daya agar performa dapat tetap sama untuk semua pengguna. Namun, keterbatasan performa ini menjadi kelemahan utama hosting biasa, sehingga tidak disarankan untuk toko online atau bisnis. 

Di sisi lain, cloud hosting menyediakan kapasitas dan performa yang didedikasikan untuk setiap pengguna. Data pengguna diproses oleh beberapa server dengan sumber daya yang sama, yang menghasilkan kinerja yang lebih cepat dan stabil. Selain itu, downtime website juga lebih jarang terjadi.

Hosting biasa dan cloud hosting memiliki tingkat keamanan yang berbeda. Keamanan data adalah faktor penting dalam pemilihan web hosting, terutama untuk situs web bisnis dan toko online. 

Mengapa Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa?

Pada hosting biasa, jika salah satu website mengalami serangan seperti DDoS atau kebocoran data, website lainnya juga dapat terpengaruh. Pada cloud hosting, penyimpanan dan sumber daya website didedikasikan untuk satu pengguna saja, sehingga keamanan website tidak terpengaruh oleh pengguna lain. 

Selain itu, server cloud hosting melakukan replikasi data ke beberapa server serupa untuk mengurangi risiko kehilangan data.

Hosting biasa membatasi penggunaan ruang penyimpanan (disk space), sementara penggunaan CPU dan RAM tidak dibatasi. Namun, setiap website memiliki kebutuhan sumber daya yang berbeda. Hal ini dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas dalam server. 

Hal ini tidak berlaku baik pengguna cloud hosting karena terdapat alokasi yang jelas untuk prosesor (CPU) dan memori (RAM) setiap website, sehingga pengguna dapat memantau penggunaan sumber daya secara real-time melalui cPanel. Dengan demikian, alokasi sumber daya server lebih adil dan transparan.

Kesimpulan

Kemudahan penggunaan adalah faktor penting bagi pengguna hosting yang tidak memiliki latar belakang IT. Baik hosting biasa maupun cloud hosting dapat digunakan oleh pemula dan orang yang awam tentang web hosting. 

Namun, ada beberapa pertimbangan lebih lanjut terkait keamanan, kapasitas dan skalabilitas yang membuat cloud hosting lebih unggul daripada hosting biasa, terutama dalam penggunaannya untuk mengelola website bisnis.

Pemeliharaan dan konfigurasi server dilakukan oleh penyedia hosting, sehingga pengguna tidak perlu khawatir. Sehingga layanan hosting seperti DomaiNesia bisa kamu pilih untuk mendapatkan cloud hosting sesuai kebutuhan bisnismu.



22 komentar untuk " 3 Pertimbangan dalam Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa untuk Website Bisnis Online"

Comment Author Avatar
Sebuah website, semakin lama pastinya akan semakin banyak datanya ya, Mbak. makanya butuh penyimpanan data. pastinya tidak hanya besar kapasitasnya, tapi harus performanya bagus, juga aman. Makanya pilihan Cloud hosting sangat tepat dibandingkan hosting biasa.
Comment Author Avatar
Penting banget kita sebagai pemiik bisnis untuk mengamankan semua data kita salahs atunya dengan Cloud Hosting ini agar lebih aman dan in case terjadi kerusakan atau kehilangan data masih ada back up nya, dan wajib banget memilih penyedia jasanya yang aman dan berkualitas
Comment Author Avatar
kalau yang memang untuk bisnis kudu luas dan aman dong!. bahaya banget kalau misalnya bisa dijebol oleh orang tidak bertanggung jawab dan usahan untuk aksesnya ngga lemot dong ya. Kita juga harus gampang terhubung dengan klien biar gampang buat kerja
Comment Author Avatar
Sekarang enak banget ya..
Kalau berlanggan cloud hosting bisa sepaket gitu di DomaiNesia. Jadi gak ribet mikir setting ini dan itu, semua uda terkoneksi dengan baik sehingga minim eror juga ya..
Comment Author Avatar
Ternyata bahaya juga ya kalau hosting digunakan banyak pengguna.. memang lebih murah bayarnya tapi ternyata ada resiko lain..
Comment Author Avatar
Memilih hosting memang harus pinter-pinter kita nya, ya, diantara banyak pilihan hosting di pasaran.
Pastikan yang sesuai dengan kita, baik kapasitas maupun harganya
Comment Author Avatar
Cloud hosting jauh lebih unggul ya ketimbang hosting biasa. Saat ini juga semakin banyak yang lebih memilih menggunakan cloud hosting. Apalagi keunggulannya juga lebih banyak sih. Info yang sangat bermanfaat bagi saya yang masih awam soal hosting
Comment Author Avatar
Klo cloud buat website jualan mah harus secure Dan responsif yaa, penjualan bergantung banget Sama aksesibilitas customer ke web penjual sih
Comment Author Avatar
Keamanan website ini jadi utama agar data tidak bocor sehingga memang perlu punya layanan hosting yang dapat diandalkan ini
Comment Author Avatar
Aku masih belajar nih soal cloud hosting. Mana lebih menguntungkan dibanding pakai shared hosting. Apalagi yang punya beberapa blog...Makasih artikelnya Kak
Comment Author Avatar
Oh baru paham. Ternyata cloud hosting itu versi upgrade dari hosting yang memiliki kapasitas yang lebih tinggi dari segi performa hingga keamanan. Cocok banget bagi yang mau beli hosting.
Comment Author Avatar
Noted makasih sharingnya aku masih awam soal beli cloud hosting ini mak...nanti mau memperlajari lebih lanjit.
Comment Author Avatar
Meski harganya lbh mahal dibanding hosting biasa tp secara bisnis akan lebih menguntungkan sih pake cloud hosting ini. Biaya yg kita keluarkan akan sebanding dgn keuntungan yg kita terima. Bahkan lebih.
Comment Author Avatar
Makasih banyak penjelasannya. Sebagai pengguna blogspot nggak tahu bedanya hosting biasa sama cloud hosting. Ternyata dari segi keamanan, jauh lebih aman cloud hosting ya
Comment Author Avatar
Wah, jadi makin paham nih kenapa harus memilih cloud hosting. Perlu dipertangkan nih next pakai cloud hosting
Comment Author Avatar
Aaaa ... jadi pertimbangannya memang kalau mau tetap nyaman situsnya digunakan apalagi kan kalau menyimpan data data yang berhubungan dengan bisnis, sebaiknya pilih yang bisa dimanfaatkan sendirian tanpa berbagi hosting sama pengguna lainnya ya.
Comment Author Avatar
Penting untuk dipikirkan agar tidak menghilangkan data penting
Sungguh bikin sakit kepala jika itu terjadi
Comment Author Avatar
Untuk bisnis memang jangan main-main sih kalau milih hosting. Pakai yang terbaik supaya bisnis juga bisa melesat.
Comment Author Avatar
pilih hosting di Domainesia jadi jalan ninja ya buat para pebisnis yang memiliki bisnis namun tidak punya IT sendiri ya, secara Domainesia menawarkan cloud hosting yang memiliki kapasitas dan performa yang didedikasikan untuk setiap pengguna ya.
Comment Author Avatar
Pantas saja nih, saat ini banyak yang ramai-ramai menggunakan cloud hosting. Rupanya sebagus itu. Dari segi kapasitas pun termasuk keamanannya, cloud hosting jadi pilihan terbaik.
Comment Author Avatar
Memang harus selektif ya mbak sebelum milih penyedia hosting gini, jangan sampai masalah di satu situ malah merembet ke situs lainnya :'(
Comment Author Avatar
Sejak punya blog di wordpress,sedikit banyak saya jadi mulai belajar tentang hosting. Dan setelah baca tulisan ini jadi nambah lagi deh ilmu baru tentang cloud hosting.

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.