Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah Agar Tetap Lancar dan Stabil

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Sudah pakai internet WiFi di rumah tapi kok koneksinya masih sering nggak stabil ya? Ada yang mengalami hal serupa? Kira-kira apa yang menyebabkan internet suka lemot dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk kita bahas!

Setelah berlangganan internet di rumah saya pikir saya nggak akan lagi mengalami yang namanya masalah sinyal lemah. Saya mengira setelah pasang WiFi, saya bisa bebas internetan di semua sudut rumah tanpa hambatan. 

Kenyataanya? Masalah jaringan WiFi yang tiba-tiba terputus, terlebih saat saya sedang berada di dapur atau kamar sering terjadi dan menurut saya ini cukup mengganggu.

Pasalnya, kalau mau berkutat di dapur saya biasanya sambil buka video tiktok atau youtube buat intip resep masakan. Atau sementara nemanin si bungsu bobok di kamar saya biasa curi-curi waktu buat me time dengan nonton drakor.

Jadinya ya nggak nyaman saja, sementara asyik melihat tutorial masak eh sinyal Wifinya lemah. Lagi seru-serunya streaming drakor eh terjadi buffering.

Ngeselin banget ya kalau alami hal tersebut. Paling ngeselin juga kalau lagi ada job blogger, deadline sudah di depan mata namun koneksi internet saat itu tidak mendukung, huhu. Rasanya pengen lempar bantal deh.

Penyebab Internet Sering Lemot

Tidak dimungkiri zaman sekarang internet lancar dan stabil sudah menjadi kebutuhan hampir semua orang. Terutama yang bekerja di ranah digital seperti saya.

Well, harus saya akui, sebagai blogger, saya memang nggak bisa lepas gawai dan jaringan WiFi. Untuk gawai sendiri, selama ini saya ngeblog dengan hape. Sehingga tanpa laptop pun saya bisa tetap lancar melakukan aktivitas blogging.

Kendati demikian, tanpa dukungan sinyal WiFi yang kuat tetap saja aktivitas saya di dunia digital termasuk ngeblog bisa terhambat. 

Nah, sebenarnya apa saja sih yang menjadi penyebab koneksi internet sering lemot? Yuk kita cari tahu!

Kualitas jaringan

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet di rumah. Salah satunya adalah kualitas jaringan yang digunakan. Beberapa penyedia layanan internet mungkin tidak memiliki infrastruktur yang memadai untuk memberikan koneksi yang cepat dan stabil kepada pelanggannya. 

Faktor lingkungan

Penyebab sinyal WiFi lemot berikutnya bisa terjadi akibat faktor lingkungan seperti cuaca buruk atau gangguan fisik pada kabel jaringan sehingga memengaruhi kecepatan internet di rumah.

Penggunaan badwidth berlebihan

Ketika terlalu banyak pengguna yang menggunakan koneksi internet dalam satu waktu, maka kecepatan internet akan terbagi secara proporsional, sehingga masing-masing pengguna akan merasakan koneksi yang lebih lambat.

Letak modem atau router terpaut jauh dari perangkat

Sinyal lemot juga bisa terjadi karena gawai kita berada jauh dari perangkat WiFi. Hal ini sering dialami oleh pengguna layanan internet yang memiliki rumah luas. Jaringan internet biasanya tidak menjangkau seluruh ruangan karena terhalang oleh sekat atau dinding.

Itu dia beberapa penyebab sinyal WiFi di rumah sering lemot? Namun tenang saja, di artikel ini saya akan berbagi tips memperkuat sinyal WiFi. Bagaimana caranya? Simak yuk!

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah

Wifi Router
Gambar : freepik

Tips di bawah ini semoga bisa membantu kamu mendapatkan koneksi internet yang lancar dan anti lemot :

Periksa kabel jaringan yang digunakan

Kabel yang rusak atau tidak terpasang dengan baik dapat mengganggu kualitas koneksi internet. Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada kerusakan pada konektor atau kabel itu sendiri.

Periksa peraturan jaringan

Beberapa pengaturan default pada perangkat dapat membatasi kecepatan internet yang kamu dapatkan. Pastikan kamu mengatur perangkat untuk menggunakan frekuensi yang tepat dan mengaktifkan fitur yang memaksimalkan kecepatan internet.

Install Software yang mendukung

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinyal WiFi lemah adalah menggunakan software yang dapat membantu meningkatkan kecepatan internet. 

Beberapa software ini dapat mengoptimalkan penggunaan bandwidth dan mengurangi beban pada jaringan. Kamu bisa cari tahu software yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan instal pada perangkat.

Gunakan Router WiFi terbaru

Sudah menerapkan langkah-langkah di atas namun koneksi WiFi masih lemot? Penyebabnya bisa jadi karena router yang kamu gunakan telah ketinggalan zaman.

Coba deh periksa spesifikasi router kamu dan pastikan bahwa router tersebut mampu mengakomodasi kecepatan internet yang kamu bayar.

Pasalnya router yang sudah tua atau tidak sesuai dengan kebutuhan  dapat menjadi penyebab koneksi internet yang lemot. 

Ngomongin soal model router terbaru pas banget nih, beberapa waktu lalu Paramitra intimega (PIM) meluncurkan produk terbarunya yaitu Nokia Beacon 2 yang bisa banget jadi solusi internet lancar tanpa hambatan.

Nokia Beacon 2 Solusi Internet Lancar Anti Lemot

Nokia Beacon 2

Nokia Wifi Beacon 2 merupakan teknologi perangkat wifi terbaru yang dapat menjangkau seluruh rumah tanpa deadspot. Perangkat ini dapat kamu gunakan dengan penyedia layanan internet mana pun juga dapat  terhubung ke modem / gateway apa pun.

Router Wifi berwarna putih dengan dimensi tinggi 168 mm, lebar 96 mm dan tebal 96 mm ini memiliki desain yang stylish dan minimalis. Bisa diletakkan dimana saja dan tentu dapat menambah kesan estetik karena bentuknya yang elegan.

Terdapat tombol power on/off, Wi-Fi Protected Setup (WPS) dan tombol reset pada bagian belakang, serta LED indikator pada bagian depan.  

Sudah dilengkapi pula dengan kebutuhan daya input yang meliputi 12 V DC untuk external AC/DC adaptor, power consumption <13 W dan Target Sleep Time (TWP) yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan power. 

Selain itu produk ini juga sudah didukung dengan fitur canggih yaitu Dual band Wi-Fi: 2.4 GHz 2+2 MIMO and 5GHz 2+2 MIMO dengan WiFi capacity AC1200 yang Support Multi-User Multiple Input, Multiple Output (MU-MIMO).

Sedangkan untuk ethernetnya terdapat One 10/100/1000Base-T interface with RJ-45 connector for WAN dan One 10/100/1000Base-T interface with RJ-45 connector for LAN side.

Keunggulan Nokia Beacon 2 yang Dapat Menjangkau Setiap Sudut Rumah

Keunggulan Nokia Beacon 2 yang Dapat Menjangkau Setiap Sudut Rumah

Nokia Beacon 2 WiFi 6 ini hadir dengan beberapa keunggulan diantaranya :

  • Jangkauan Wi-Fi tanpa putus dan memberikan kecepatan tercepat untuk perangkatmu
  • Mengcover area lebih luas dan lebih mampu menembus penghalang / dinding.
  • Pengaturan yang cepat dan mudah; plug & play untuk Beacon ke-2 dan / atau ke-3.
  • Multiple SSID setting memudahkan pengguna membuat bebeapa profile sesuai kebutuhan.
  • Memungkinkan banyak pengguna untuk mengunggah dan mengunduh data secara bersamaan.
  • Pembaruan fitur-fitur baru secara rutin, sehingga memastikan sistem yang kamu gunakan selalu yang terupdate
Diilihat dari keunggulannya tidak salah lagi saya merekomendasikan Nokia Beacon 2 karena memang sebagus dan sekeren itu.

Produk ini benar-benar bisa kamu andalkan untuk mengatasi masalah internet lemot. Terlebih bagi kamu yang tinggal di hunian luas. Nggak perlu khawatir lagi bakal alami hambatan dalam mengakses internet karena kehadiran Nokia Becaon 2 ini dapat menjangkau semua sudut ruangan di rumah kamu.

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan untuk mengatasi masalah koneksi internet yang lemot. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mempertimbangkan menggunakan Nokia Beacon 2 dijamin kamu bisa kembali menikmati koneksi internet yang semakin lancar dan stabil.

Posting Komentar untuk "Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah Agar Tetap Lancar dan Stabil"