10 Tips Membuat Landing Page yang Menarik

10 Tips Membuat Landing Page yang Menarik

Apa sih pentingnya landing page? Pertanyaan itu sempat muncul di benak saya. Awalnya saya mengira keberadaan landing page hanya untuk mempercantik tampilan blog atau website saja. Namun setelah saya cari tahu lebih lanjut, ternyata fungsi landing page lebih dari itu. 

Bagi blogger personal seperti saya, penggunaan landing page mungkin tidak begitu penting. Namun tidak demikian bagi pemilik usaha yang membangun website dengan tujuan untuk pemasaran. Pada website marketing, keberadaan landing page sangat dibutuhkan.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai apa itu landing page, apa pentingnya landing page dan bagaimana tips membuat landing page yang menarik akan diulas berikut ini. Simak sampai selesai ya!

Apa itu landing page?

Kamu mungkin sudah sering klik iklan yang mengarahkan kamu ke sebuah halaman berisikan promosi yang menarik dari pengiklan tersebut. Nah, halaman tersebutlah yang dinamakan landing page. Apa itu?

Secara singkatnya, landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk tujuan pemasaran atau promosi tertentu.

Halaman ini memang dirancang untuk mengarahkan pengunjung agar mengambil tindakan yang diinginkan, seperti mengisi formulir, mendaftar newsletter, mengunduh konten, memesan produk, melakukan pembelian  dan lain sebagainya.

Salah satu tujuan utama dari landing page adalah untuk meningkatkan konversi, yaitu menghasilkan lebih banyak tindakan yang diinginkan dari pengunjung. 

Agar tujuan tersebut tercapai, landing page juga biasanya dirancang dengan elemen visual yang menarik, teks yang persuasif, serta pemilihan kata dan tata letak yang menekankan keunggulan pada produk atau layanan.

Oh ya, landing page juga sering dihubungkan dengan kampanye pemasaran digital seperti iklan pay-per-click (PPC) atau email marketing.

Misalnya, jika kamu menjalankan iklan Google Ads atau Facebook Ads, kamu dapat mengarahkan pengunjung langsung ke landing page yang relevan dengan iklan tersebut. 

Selain itu, seperti yang disebutkan di atas, kamu bisa memanfaatkan landing page untuk promosi produk jualanmu. 

Contohnya, jika kamu menjual produk fashion, kamu dapat membuat landing page khusus untuk mengiklankan produk tersebut. 

Nantinya pada landing page, kamu bisa menampilkan gambar-gambar produk yang menarik, deskripsi dan informasi harga yang jelas serta menambahkan tombol beli.

Apa pentingnya landing page untuk bisnis?

Beberapa manfaat landing page sudah disinggung di atas namun untuk lebih jelasnya yuk kita cari tahu apa saja pentingnya landing page untuk bisnis? 

Memaksimalkan konversi

Landing page yang dirancang dengan baik dapat membantu kamu mendorong pengunjung agar melakukan tindakan yang diinginkan, sehingga dapat meningkatkan konversi.

Dengan fokus pada satu tindakan, landing page meminimalisir gangguan dan mengarahkan pengunjung untuk mengambil langkah selanjutnya.

Memberi peluang atau prospek yang bagus

Dengan menggunakan landing page, kamu juga dapat menargetkan audiens spesifik yang tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Dengan begitu kamu bisa memperoleh prospek atau peluang yang lebih berkualitas dan relevan.

Meningkatkan kepercayaan 

Landing page yang profesional dan menarik tentu dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap bisnismu. Informasi yang lengkap dan jelas serta testimoni pelanggan terlebih dengan adanya sertifikat atau penghargaan yang relevan dapat meyakinkan pengunjung bahwa produk atau layanan yang kamu tawarkan layak dipercaya.

Pengukuran dan analisis yang lebih baik

Dengan menggunakan landing page, kamu dapat melacak metrik dan data yang berkaitan dengan konversi, seperti jumlah pengunjung, tingkat konversi, atau sumber lalu lintas. Hal ini memungkinkan kamu untuk melakukan analisis dan perbaikan berkelanjutan terhadap strategi pemasaran online.

Personalisasi pesan dan target pasar

Landing page juga memungkinkan kamu untuk melakukan personalisasi pesan dan membuat penawaran sesuai dengan target pasar.

Kamu dapat membuat variasi landing page yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat spesifik dari segmen pasar sehingga bukan tidak mungkin hal ini dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran yang kamu jalankan.

Meningkatkan peringkat halaman

Dengan menggunakan landing page yang SEO friendly kamu dapat meningkatkan peringkat halaman pada hasil pencarian organik atau memperoleh Quality Score yang lebih tinggi dalam iklan online. 

Hal Ini tentu saja dapat dapat membantu meningkatkan visibilitas online bisnis kamu  dan menarik lebih banyak pengunjung potensial.

Overall, landing page memiliki peran penting dalam strategi pemasaran online. Karena itu jika memiliki usaha online, penggunaan landing page patut kamu pertimbangkan.

Selanjutnya ada juga nih tips membuat landing page yang menarik dan efektif. Bagaimana caranya? Langsung saja yuk kita ulas, check this out!

Bagaimana tips membuat landing page yang menarik?

tips membuat landing page yang menarik

Buat tujuan yang jelas

Untuk memudahkah proses pembuatan landing page, kamu harus menetapkan tujuan terlebih dahulu. Apakah tujuan kamu membuat landing page untuk penjualan, mengumpulkan data pelanggan, membangun branding atau yang lain.

Pastikan kamu sudah membuat tujuan yang jelas karena hal ini berpengaruh pada desain landing page. Tentu akan berbeda desain dari landing page yang dibuat untuk tujuan promosi dengan yang tujuannya buat branding.

Desain yang menarik

Nah, ini keunggulan landing page dibanding halaman web biasa. Dapat dibuat desainnya semenarik mungkin. Buatlah desain yang atraktif dan profesional untuk menarik perhatian pengunjung. 

Gunakan kombinasi warna yang menarik, font yang mudah dibaca, serta tambahkan gambar, video atau infografis yang relevan dengan produk.

Headline yang memikat

Tips berikut ini juga tidak kalah penting. Judul atau headline biasanya merupakan elemen pertama yang dilirik pengunjung.

Karena itu pemilihan kata untuk judul nggak boleh sembarangan, harus memikat dan jelas untuk dapat mempertahankan minat pengunjung.

Agar headline ini bisa menarik perhatian, gunakanlah ukuran font yang agak besar dan tebal sehingga mudah terbaca. Gunakan pula power word pada judul yang dibuat singkat saja tapi bisa memunculkan rasa penasaran.

Tambahkan deskripsi singkat

Selain judul, pengunjung juga biasanya kepo dengan latar belakang bisnis kamu. Karena itu akan lebih baik jika landing page dilengkapi dengan deskripsi singkat mengenai history atau apa dan bagaimana bisnis kamu bisa berkembang serta apa saja jenis layanan yang kamu tawarkan.

Gunakan Call-to-Action (CTA) yang jelas

Tips yang satu ini jangan sampai ke-skip ya karena CTA merupakan elemen landing page yang berperan besar dalam menciptakan konversi.

Pastikan kamu meletakkan CTA dengan jelas dan mudah terlihat di landing page. Gunakan teks yang persuasif dan tindakan yang spesifik, seperti "Daftar Sekarang" atau "Beli Sekarang". Gunakan juga warna kontras untuk membuat CTA lebih menonjol.

Sertakan informasi kontak

Sertakan pula informasi kontak yang jelas dan benar pada landing page kamu, seperti nomor telepon, email, dan alamat. Ini akan memudahkan pengunjung untuk menghubungi kamu jika mereka ingin bertanya atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait produk yang kamu jual. Termasuk ketika dari mereka ada yang mau memberikan keluhan maupun masukan.

Cantumkan testimoni atau ulasan pelanggan

Menjadi nilai plus tersendiri ketika bisnis kamu mendapat kepercayaan dari banyak orang. Nah, kamu bisa membuktikan bisnis kamu kredibel dan terpercaya dengan menampilkan ulasan pelanggan pada landing page. 

Atau untuk lebih menarik, kamu juga bisa memajang logo brand yang sudah pernah menggunakan produk, jasa atau layanan bisnis kamu. Begitu pula dengan sertifikat atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan. Itu juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu.

Pastikan responsif dan mobile friendly

Mengingat lebih dari setengah lalu lintas internet saat ini berasal dari perangkat mobile dan pengunjung akan segera meninggalkan halaman jika tidak ramah terhadap perangkat mereka, maka pastikan juga landing page yang kamu buat sudah responsif dan mobile friendly ya.

Optimalkan kecepatan loading halaman

Pengunjung juga akan segera kabur jika landing page kamu sulit diakses. Maka solusinya untuk menghindari kehilangan pengunjung adalah melakukan optimasi kecepatan loading halaman. Gunakanlah gambar yang dioptimalkan, kurangi kode yang tidak perlu, dan gunakan caching untuk meningkatkan kecepatan loading.

Lakukan uji dan analisis

Nah, setelah landing page kamu berhasil terbit, jangan lupa lakukan uji dan analisis untuk memahami kinerja halaman tersebut. Melihat metrik seperti tingkat konversi, bounce rate, dan waktu yang dihabiskan di halaman dapat membantu kamu memperbaiki elemen yang kurang efektif.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kamu dapat membuat landing page yang menarik dan efektif dalam mendapatkan konversi atau tindakan yang kamu inginkan dari pengunjung. Penting juga untuk selalu melakukan perbaikan dan optimalisasi untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Eits, tapi kalau kamu nggak mau pusing dengan urusan pembuatan landing page, tenang, kamu bisa serahkan pada agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia.

Mengenal Redcomm, Digital Agency Indonesia terpercaya

Digital marketing agency Indonesia memiliki peranan penting dalam menjalankan strategi pemasaran digital termasuk dalam pembuatan landing page yang tujuannya untuk pemasaran.

Nah, jika kamu membutuhkan jasa agensi digital di Jakarta, Redcomm yang merupakan digital agency Jakarta ini bisa jadi pilihan tepat.

Mengenal Redcomm, Digital Agency Indonesia terpercaya
Ulasan klien tentang Redcomm (gambar : website Redcomm)

Sebagai salah satu agensi digital di Indonesia Redcomm telah meraih banyak kepercayaan dari berbagai brand. Setidaknya ada lebih dari 500 brand yang memercayakan urusan marketingnya pada jasa digital agency Jakarta ini.

Kehadiran Redcomm sebagai agensi digital di Indonesia telah membantu brand-brand tersebut untuk mencapai kesuksesan dalam kampanye pemasaran yang juga membawa Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut.

Penghargaan yang diperoleh Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold winner ini tentu merupakan prestasi yang membanggakan di tengah persaingan digital marketing agency Indonesia yang cukup ketat saat ini.

Penutup

Keberadaan landing page sangat penting bagi para pelaku usaha yang ingin menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

Pasalnya landing page sendiri memiliki banyak manfaat diantaranya memaksimalkan konversi, memberi prospek yang bagus, meningkatkan kepercayaan pelanggan dan lain sebagainya.

Tentu kamu bisa membuat landing page sendiri dengan mengikuti tips atau cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Namun jika ingin praktis, tidak ada salahnya untuk memercayakan bisnis kamu pada digital marketing agency Jakarta seperti Redcomm.

Sebagai digital agency Indonesia sekaligus agensi pemasaran digital di Jakarta, Redcomm sudah berpengalaman menangani ratusan brand, pun telah meraih berbagai prestasi sehingga tidak perlu diragukan lagi kredibilitas dari jasa digital agency Indonesia terpercaya ini.

30 komentar untuk "10 Tips Membuat Landing Page yang Menarik"

Comment Author Avatar
Bnyk bgt ya kak yg hrs dilakuin utk bikin landing page yg bgs serta bs bikin konversi ke penjualan. Emg bener sih urusan kyk gini serahkan ke digital marketing agency aja. Mereka pny alat yg bs menganalisis bisnis kita shg eksekusi promosi usaha kita akan tepat dan menghasilkan penjualan yg cepat pula.
Comment Author Avatar
Kalau dipikir² misal lagi berkunjung ke suatu web terus langsung ke landing page-nya, jadi cepet juga semisal ingin bekerjasama ya. Apalagi kalau webnya itu tentang bisnis, wuah kustomer yg berkunjung pun jadi tepat sasaran
Comment Author Avatar
Website ternyata punya peranan yang sangat penting dalam menjalani bisnis online ya. Landing page yang terlihat profesional punya pengaruh yang kuat terhadap customer. Namun kalo nggak mau ribet bikin landing page gitu, ya mending sewa jasa digital agency aja, kayak Redcomm yang udah terbukti profesional dan punya jam terbang yang tinggi.
Comment Author Avatar
Landing page tuh penting bangettt, ngga cuma mempercantik tampilan web aja. Ternyata landing page yang SEO friendly juga berpengaruh pada peringkat pencarian juga. Terus penting banget buat strategi pemasaran online pula.
Comment Author Avatar
Landing page adalah elemen penting dalam digital marketing, tapi pembuatannya perlu pengalaman dan kejelian agar memberi hasil yang maksimal. Nah, daripada mumet2 belum tentu berhasil, menurut saya lebih baik serahkan pada ahlinya aja, ya Redcomm ini
Comment Author Avatar
Wah pas banget nih, Kak. Beberapa waktu ini kepikiran bikin landing page. Karena terlihat menarik dan berharap bisa buat dukunh usaha ke depan juga
Comment Author Avatar
landing page itu ibaratnya harus bisa bikin kesan pertama yang meyakinkan dan menarik sih buat calon konsumen biar bisnis kita makin dikenal dan bs menggaet potensi cuan yg lebih luas
Comment Author Avatar
Wah, makasii nih mba insight nya jadi lebih tercerahkan betapa pentingnya landing page.
Ternyata banyak manfaatnya dan mampu meningkatkan performa usaha ya mba.
Buat yang berniat membesarkan usahanya dari sisi online bisa nih kerja sama dengan digital agency Indonesia.
Comment Author Avatar
Kalau untuk pengusaha baru better pakai jasa digital agency aja ya. Jadi biar mereka aja yang bikin landing page, owner bisnis tinggal mikir bisnisnya
Comment Author Avatar
akhirnya bisa tahu tips trik sederhana untuk buat landingpage, terima kasih informasinya kak,
Comment Author Avatar
Wah gini sih nyerah aku gak bisa bikinnya. Serahkan ahlinya aja ky Redcomm. Tinggal duduk manis aja kita terus dapet hasilnya hehe
Comment Author Avatar
Landing page ini sangat penting ya mbak
Tips membuat landing page ini sangat membantu lho mbak
Comment Author Avatar
Terima kasih masukannya...bermanfaat banget landing page akuu biasaak ajaa kadang suka gak PD sama blog aku.
Comment Author Avatar
wah memang tidak bisa sembarangan ya kita dalam membuat landing page untuk website jualan ini karena setidaknya harus bisa meningkatkan konversi penjualan. memang kalau yang beginian bagusnya serahkan pada ahlinya saja kayak redcomm Indonesia
Comment Author Avatar
Penting banget di jaman sekarang ini promosi bisnis menggunakan landing page. Karena bisa meningkatkan konversi dan prospek yg bagus. Pebisnis baru wajib banget nih mencobanya.
Comment Author Avatar
Sy suka sebel klo baca landing page isinya langsung testimoni panjaaang gitu. Harusnya ada pendahuluan kek, apa kek yg menarik perhatian pembaca. Ternyata memang gak bisa asal²an ya bikin landing page klo mau tujuannya tercapai dengan sukses. Thanks tipsnya kak
Comment Author Avatar
Landing page bagus banget ya buat bisnis dan bisa meningkatkan penjualan. Pernah liat landing page yg artsy dan canggih sehingga ada efek melayang gitu. Tapi daku blm bisa bikin landing page nih, ada saran?
Comment Author Avatar
Aku kalo pertama kali bikin web, biasanya hampir 70% waktu habis cuma buat bikin landing page-nya aja, hahaha. Emang sepenting itu sih.

Kalo pake WP lebih enak, tinggal cari template yang cocok, setup sedikit pake plugin Elementor atau Visual Composer, hasil akhirnya langsung professional banget. *yhaa meskipun banyaknya tema berbayar sih.
Comment Author Avatar
Bagi pemilik usaha, belajar mengenai landing page ini perlu ya. Jadi bisa untuk mencari digital agency yang bagus. Perlu dicoba karena bisa meningkatkan konversi penjualan.
Comment Author Avatar
Jadi paham landing page. Akhir2 I i aku sering beli barang yg awalnya tertarik Krn iklannya di IG, lalu klik Shop nya, dan dibawa ke landing page produk tersebut.

Biasanya aku ga tertarik belanja dari link begini Krn kuatir penipuan, secara ga pake rekber kan.

Tapi udh 4x belanja di produk berbeda, 1 kali bayar pakai kartu kredit, 3 kali bayar dengan sistem cod, dan untung semuanya beneran 😄.

Bagus pula pas datang.

Dan memang landing page yg mereka buat itu Rata2 mirip, dengan Kata2 persuasif yg menggoda bener sih 🤣
Comment Author Avatar
Buat yang bingung-bingung mau bikin landing page, dahlah serahkan sama Redcomm aja ya. Dijamin bikin promosi bisnis jadi lebih mudah. Hoho..
Comment Author Avatar
aku sebagai konsumen kalau masuk ke sebuah website jualan misalnya, memang suka memperhatikan tampilannya dulu, apalagi kalau user friendly dan ga lemot. Kalau udah gitu, bisa tahan lama berada di dalam website tersebut dan click click penawaran promo mereka
Comment Author Avatar
Baru tahu ada redcomm ini, bolehlah buat rekomendasi kalau ada teman² pegiat UMKM yang butuh bikin landing page
Comment Author Avatar
Jadi teringat temanku Mas Tony yang berjualan komik karyanya via landing page Facebook dan laris manis. Bisa juga ya buat kelas nulis online ku Ruang Aksara nih
Comment Author Avatar
Nah, kalau ada ads yang per-click gini kebantu banget untuk setidaknya mengenalkan landing page kepada calon konsumen. Karena ngefek banget landing page yang powerful dari mulai tampilan hingga kemudahan dalam mencari sebuah produk atau navigasi lainnya.

Agar optimal, kudu diserahkan sama yang ahli digital marketing Indonesia seperti Redcomm.
Comment Author Avatar
Landing page yang bagus itu memang sangat penting supaya orang bisa tertarik dan bertahan lama-lama di blog kita jadi kita mesti bikin landing page yang sebagus mungkin
Comment Author Avatar
Baca seputar landing page berasa nostlagia banget sama jaman masih di Event organizer, dari pengoptimalan landing page alhamdulillah mendatangkan konversi yang lebih besar serta banyak calon cust potensial, walaupun goals akhir nya ada di tangan marketing ya, overall sangat bermanfaat banget peranan landing page buat layanan perusahaan
Comment Author Avatar
buat para pemilik usaha atau bisnis seperti UMKM penting banget punya situ yang landing pagenya bagus dan menarik par apengunjungnya, dan pastinya juga butuh keahlian khusus untuk membuatnya, bisa buat sendiri atau dibantu dengan digital agensi terpercaya ya
Comment Author Avatar
Kalau saya sii nulis untuk mengingat hal yang telah dilalui aja mbak ga terlalu ngurusin silanding page ini hihihi udah bener serahkan ke ahlinya digital agency semacam redcomm inih
Comment Author Avatar
kalau mau belajar lebih lanjut, dimana ya kak?

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.