Manfaat Home Diffuser untuk Kesehatan Mental

Manfaat Home Diffuser untuk Kesehatan Mental
Gambar pexels.com by Alesia  Kozik

Penggunaan home diffuser dapat membantu menjaga kesehatan mental kita lho. Jadi, kalau kamu sering merasa capek, pusing dan stres karena urusan pekerjaan yang seperti nggak ada habis-habisnya atau lagi diserang bad mood, kamu wajib banget deh punya benda yang satu ini di rumah.

Home diffuser adalah alat yang digunakan bersamaan dengan essential oil untuk menyebarkan aroma harum dan segar ke dalam ruangan.

Alat ini berfungsi mengubah minyak esensial menjadi uap wangi kemudian menyebarkannya di udara sehingga mudah terhirup.

Aroma harum dan menyegarkan dari home diffuser dapat menciptakan atmosfer yang nyaman dan rileks karena itu alat pengharum ruangan ini dapat membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

Manfaat home diffuser bantu jaga mental illness

home diffuser bantu jaga mental illness
Gambar : (freepik.com)

Ketika sedang merasa jenuh dan terhimpit berbagai masalah sedang kamu pastinya membutuhkan suasana yang nyaman dan tenang untuk meredakan atau menghilangkan stres.

Nah, penggunaan home diffuser dalam suatu ruangan dapat menghadirkan suasana tersebut. Alat ini benar-benar bisa bantu jaga mental illness kamu.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat home diffuser yang dapat menjaga kesehatan mental kamu sehari-hari : 

Menghilangkan stres 

Masa sih, menghirup aroma minyak esensial bisa menghilangkan stres? Ya, kamu nggak akan tahu efeknya kalau belum mencoba sendiri.

Nyatanya dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial yang umumnya digunakan dalam home diffuser, seperti lavender, chamomile, dan bergamot, diketahui memiliki sifat relaksasi atau menenangkan sehingga terbukti dapat meredakan stres sekaligus meredakan kecemasan.

Bahkan sebuah studi juga menunjukkan bahwa aroma diffuser dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Menciptakan suasana yang tenang dan nyaman

Kamu pasti akan betah berlama-lama berada dalam ruangan yang terdapat home diffuser. Pasalnya, aroma dari minyak esensial yang dilepaskan oleh alat ini dapat membantu menciptakan suasana yang tenang dan nyaman.

Pastikan saja kamu memilih aroma diffuser yang tepat seperti sandalwood atau cedarwood karena dapat menghadirkan atmosfir yang menyenangkan dan menenangkan.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Sering mengalami kondisi di mana kamu susah fokus dan hilang konsentrasi? Itu merupakan salah satu tanda gangguan mental yang nggak bisa dianggap sepele lho.

Jika mengalaminya berarti kamu butuh aromaterapi untuk menyegarkan pikiran dan tentu home diffuser bisa jadi solusinya.

Kamu bisa memilih minyak esensial seperti peppermint atau rosemary yang khasiatnya dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga dapat berguna juga untuk kamu saat sedang melakukan aktivitas atau pekerjaan.

Mengatasi masalah gangguan tidur 

Selanjutnya buat kamu yang sering mengalami gangguan tidur coba deh gunakan diffuser yang khasiatnya sudah terbukti.

Beberapa minyak esensial, seperti lavender atau cedarwood, selain dapat membantu meredakan stres dan menciptakan lingkungan yang lebih tenang juga dapat mendukung kamu mendapat tidur berkualitas.

Jadi, kalau pakai home diffuser di rumah, nggak perlu khawatir lagi bakal susah tidur karena tidur kamu pasti nyenyak.

Meningkatkan mood

Manfaat yang satu ini sepertinya bisa jadi alasan kalau home diffuser wajib dimiliki oleh semua cewek. Pasalnya kamu hawa paling sering dilanda bad mood kan? Apalagi kalau sedang datang bulan, suasana hatinya bisa buruk seharian.

Nah, untuk mengatasinya coba pakai home diffuser deh. Aroma menyenangkan dari minyak esensial yang disebarkan alat ini dapat mempengaruhi mood penggunanya secara positif.

Gimana? Setelah tahu manfaat home diffuser dapat membantu menjaga kewarasan, kamu pasti tertarik mau memilikinya juga, kan? 

Eits, tapi tunggu dulu, terutama buat kamu yang belum pernah menggunakan diffuser, pasti akan kebingungan saat hendak memilih karena ada banyak jenis diffuser yang dijual di pasaran.

Untuk itu sebelum merekomendasikan produk home diffuser yang tepat buat kamu kita kenalan dulu yuk dengan jenis-jenisnya. Ada apa saja?

Jenis-jenis home diffuser

Jenis-jenis home diffuser
Gambar : madeforhmns.com

Reed diffuser 

Jenis pertama ini paling banyak diminati karena bentuknya yang praktis dan penggunaanya pun tidak memerlukan  suhu panas, air maupun listrik.

Jenis ini juga sudah dikemas bersamaan dengan botol berisi minyak esensial dan rotan sehingga kita nggak perlu repot lagi mencari minyak esensial secara terpisah, benar-benar praktis, kan? 

Selain itu reed diffuser juga memiliki bentuk yang estetik sehingga dapat mempercantik ruangan rumah kita.

Oh ya, reed diffuser bekerja dengan cara menyerap minyak esensial ke dalam batang rotan yang tersimpan di dalam botol, kemudian menguapkan aromanya ke udara

Candle diffuser

Berikutnya adalah jenis diffuser paling tradisional yaitu lilin aromaterapi atau dikenal juga dengan sebutan candle diffuser.

Lilin aromaterapi bekerja dengan memanfaatkan suhu panas untuk menghasilkan uap aromaterapi. Ketika lilin dibakar, panas lilin mencairkan minyak esensial, sehingga aroma menyebar ke udara di ruangan sekitarnya.

Diffuser jenis ini mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau, namun minusnya kamu harus berhati-hati saat menggunakannya.

Pasalnya lilin aromaterapi melibatkan api yang tidak bisa dikontrol secara otomatis sehingga kamu sendiri yang harus rutin mengeceknya. Kamu juga harus meletakkannya di tempat yang aman dan jauh dari bahan-bahan yang mudah terbakar.

Room spray

Sesuai namanya, room spray adalah semprotan aromaterapi yang digunakan untuk menyegarkan udara di dalam ruangan. Diffuser jenis ini biasanya terbuat dari campuran air, minyak esensial, dan pewangi lainnya yang dapat memberikan aroma yang menyenangkan saat disemprotkan ke udara.

Room spray sering digunakan untuk menghilangkan bau yang kurang sedap di dalam ruangan, serta untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dan rileks. 

Semprotan ini juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menyegarkan ruangan tanpa perlu membakar lilin, dupa atau menyalakan listrik.

Dupa 

Jenis pengharum ruangan selanjutnya ada dupa yang merupakan wadah untuk membakar campuran berbagai bahan alami seperti rempah-rempah dan kayu sehingga menghasilkan asap yang harum.

Dupa bekerja dengan cara diletakkan di atas arang yang dipanaskan kemudian asapnya dilepaskan ke udara untuk menciptakan aroma yang diinginkan.

Keunggulan diffuser jenis ini terdapat pada aromanya yang sangat murni, tanpa campuran bahan kimia sama sekali. Hanya saja minusnya, dupa tidak cocok buat kamu yang tidak menyukai asap. Selain itu hasil pembakaran dupa juga meninggalkan abu  yang dapat mengotori rumah.

Electric diffuser 

Berikut ini adalah jenis home diffuser yang tergolong modern karena dalam penggunaanya sudah memanfaatkan energi listrik untuk menghasilkan aromaterapi.

Electric diffuser bekerja dengan menggunakan kipas listrik yang terdapat pada bagian dalam diffuser untuk mengubah minyak esensial menjadi uap aromaterapi yang kemudian dilepaskan ke udara, sehingga menciptakan aroma yang harum dan menyegarkan di sekitar ruangan.

Seperti halnya reed diffuser, electric diffuser juga jadi pilihan favorit banyak orang karena penggunaannya yang praktis, tidak perlu menggunakan suhu panas dari api.

Selain itu, beberapa diffuser elektrik juga sudah dilengkapi dengan lampu LED sehingga dapat menciptakan suasana yang lebih menyenangkan secara visual.

Itu dia jenis-jenis home diffuser yang perlu kamu ketahui. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya, tinggal sesuaikan saja dengan preferensi kamu.

Jika mau yang praktis dan bebas dari suhu panas, kamu bisa pertimbangkan untuk memilih reed diffuser atau electric diffuser. Mau yang tinggal semprot? Ada room spray yang bisa jadi pilihan. Atau pengen yang harganya terjangkau, aromaterapi dari dupa dan lilin aroma juga bagus kok untuk menenangkan pikiran.

Nah, kalau mau cari home diffuser dengan kualitas terbaik, nggak usah pusing, karena kamu bisa mendapatkannya di Home of Humans.

Rekomendasi home diffuser dengan kualitas terbaik

Siapa sih yang nggak kenal dengan merek Home of Humans (HMNS)? Para pecinta parfum pasti tahu dong. Namun bukan cuma parfum, kamu juga bisa menemukan diffuser merek Home of Human.

Sebagai salah satu brand parfum lokal, Home of Humans menjual home diffuser dengan kualitas terbaik. Jenis pengharum ruangan yang dijualnya adalah reed diffuser, sudah ada refill-nya juga lho. Jadi kalau habis tinggal beli refill-nya saja. 

Ini dia produk refill Home of Humans This Room Make Me O yang mau saya rekomendasikan ke kamu. Produk ini hadir dengan kemasan yang kokoh berukuran 140 ml. Memiliki wangi yang berkualitas tinggi dan pemakaian hingga tiga bulan. 

Mengenai karakteristiknya, Home of Humans - This Room Make Me O mengandung  50% parfum dengan top note dari reed diffuser adalah red apple, dan middle notes florals dari Rose, Jasmine, Peony yang memberikan kesan luxury dan romantis.

Hayoo siapa yang tertarik?

Penutup

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan menggunakan home diffuser yang memiliki berbagai manfaat. 

Di antaranya dapat menghilangkan stres, menciptakan suasana yang tenang dan nyaman, meningkatkan fokus dan konsentrasi, membantu mengatasi masalah gangguan tidur dan dapat meningkatkan mood,

Home diffuser sendiri memiliki banyak jenis, salah satu yang populer adalah reed diffuser. Jika tertarik kamu bisa mendapatkan produknya di Home of Humans.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Home Diffuser untuk Kesehatan Mental"