Tentang Anging Mammiri, Komunitas Blogger Makassar yang Berembus Sejak Tahun 2006

gambar latar : pxhere.com
Bismillaahirrahmaanirrahiim

"Kemana saja saya selama ini. Ngakunya Blogger Makassar kok baru gabung di Komunitas Blogger Anging Mammiri?"

Tentang Anging Mammiri, Komunitas Blogger Makassar yang Berembus Sejak Tahun 2006. Saat menulis postingan ini, saya baru 10 bulan bergabung dengan Komunitas Blogger Makassar yang dikenal dengan Anging Mammiri (AM). You know, baru 10 bulan padahal sebenarnya saya sudah kenal dengan komunitas yang satu ini dari tahun 2013. Maksud saya baru sekadar kenal nama doang.

Ye kan, tahun 2013 merupakan tahun pertama saya mulai bergabung di berbagai komunitas blogger, sayangnya hanya komunitas ini yang tidak saya masuki waktu itu. Mungkin karena saya sudah terlanjur asyik kali ya berada di berbagai komunitas blogger yang membernya kebanyakan dari berbagai daerah di Indonesia, sampai merasa nggak butuh bergabung di komunitas blogger daerah.

Eh lebih tepatnya sih bukan merasa nggak butuh, saya sudah lama punya niat kok mau gabung di Komunitas Blogger Anging Mammiri, hanya kurang usaha saja. Nggak mau nanya-nanya gimana caranya bergabung, padahal apa susahnya bertanya?

Itulah susahnya saya, haha. Selama ini saya kalau bergabung di komunitas blogger memang nggak pake nanya-nanya ke blogger lain. Cukup kepo komunitasnya dan ikuti rulesnya. Gampang, kan?

Yup, gampang. Hanya saja setiap komunitas kan punya rules yang berbeda. Saya jadi ingat waktu pertama kali gabung di salah satu komunitas blogger yang menerima anggota baru pada tanggal 9 setiap bulannya. Well, saya sempat jadi orang yang blo'on sendiri saat itu. Gimana nggak?


Sejak tanggal 9 di bulan dimana seharusnya saya diterima menjadi anggota baru karena semua persyaratan bergabung telah saya penuhi, saya selalu nongkrong di blog komunitas tersebut. Pokoknya setiap buka laptop, blog komunitas itulah yang pertama saya kunjungi. Tapi kenapa sepi ya, nggak ada penyambutan, nggak ada interaksi. Member yang lain pada kemana? Kok sepertinya cuma saya seorang?

Oalah belakangan baru saya sadar, saya lupa mengirimkan permintaan bergabung di grup FB komunitas tersebut. Pantes saja. Wong, para member pada nongkrong di grup FB eh saya malah nongkrongnya di blog komunitas. Akhirnya, permintaan bergabung saya baru diterima tanggal 9 bulan berikutnya. Begitulah orang yang ogah bertanya, jadi tersesat, kan? Untungnya saya segera sadar dan lekas berputar haluan, hehe.

Beidewei,  saya mengenal beberapa blogger asal Makassar di komunitas tersebut. Salah satunya adalah kak Tyar pemilik blog planetyar.com. Saat berkunjung ke blognya barulah saya tahu kalau lelaki berponi ini ternyata anggota dari Komunitas Blogger Anging Mammiri. Tapi kok kak Tyar nggak ngajak-ngajak kami gabung di AM ya? Padahal kami sempat kopdar, dua kali malah dan dia nggak nyinggung-nyinggung soal AM. Uhft, saya sempat proses dalam hati. Eh salah saya juga sih, siapa suruh nggak bertanya duluan😅

Andai saja saat itu saya bertanya ke kak Tyar gimana cara gabung di AM mungkin saya nggak bakal menyesal, kenapa baru bergabungnya sekarang, kenapa bukan dari dulu, saat saya masih kuliah, masih bebas beraktivitas kemana-mana, belum punya gandengan, belum punya momongan. Kenapa baru gabungnya saat saya sudah jadi emak-emak rempong kayak gini? Ah tapi sudahlah, saya tidak ingin berandai-andai lebih jauh. Yang penting kan sekarang saya telah menjadi bagian dari komunitas Anging Mammiri.

Sekilas Tentang Komunitas Blogger Anging Mammiri

Anging Mammiri adalah komunitas blogger yang anggotanya berasal dari Makassar, pernah tinggal di Makassar atau memiliki keterikatan khusus dengan Makassar dan daerah di sekitarnya. Jadi komunitas ini tidak diperuntukkan khusus untuk blogger yang tinggal di Makassar saja ya. Kalau kamu blogger dan tinggalnya di luar Makassar atau kamu dari daerah lain tapi tinggal di Makassar, kamu bisa kok gabung juga di komunitas ini asal memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota.

Salah satu persyaratannya adalah pernah mengikuti kopdar dan berinteraksi secara langsung dengan anggota Komunitas Blogger Makassar lainnya baik secara resmi atau tidak resmi. Info lebih lanjut terkait persyaratan bergabung di Komunitas Blogger Anging Mammiri bisa kamu cari tahu langsung di websitenya.

Komunitas yang mengusung slogan Tempa' Kumpulna Blogger Makassar ini sendiri sudah ada sejak tahun 2006. Berawal dari pertemuan (kopdar) beberapa anggota komunitas Blogfam yang berasal dari Makassar. Dari kopdar tersebutlah tercetus ide mendirikan Komunitas Blogger Makassar. 

Komunitas Blogger Makassar yang diberi nama Anging Mammiri ini akhirnya resmi berdiri pada tanggal 25 November 2006, bersamaan dengan launching website anginmammiri.org. 

Wah sudah lama banget ya berdirinya. Waktu saya masih duduk di bangku kelas 2 SMP, dan bahkan belum kenal dunia internet, Komunitas Anging Mammiri rupanya sudah lahir dan terus tumbuh dan berkembang hingga sekarang. Selengkapnya mengenai perjalanan Komunitas Anging Mammiri dari 2006-2019 bisa kamu simak pada infografis buatan Daeng Ipul ini.

Perjalanan Komunitas Blogger Anging Mammiri
mulai tahun 2006-2019
infografis : Daeng Ipul
Jadi selama kurun waktu hampir 12 tahun, Anging Mammiri telah empat kali mengalami pergantian nahkoda. Tahun 2006-2010 dinahkodai oleh Kak Rara. Lalu pada tahun 2010-2013 tampuk kepemimpinan beralih ke kak Ipul eh Daeng Ipul maksud saya. Selanjutnya estafet kepemimpinan diserahkan ke kak Made dari tahun 2013-2015. Kemudian beralih ke kak Nunu yang menjabat sebagai ketua Blogger Makassar periode 2015-2019 dan sekarang Anging Mammiri berada di bawah kepemimpinan kak Evhy dan jajarannya.

Pengurus Komunitas Blogger Anging Mammiri
periode sekarang (2019)
infografis : Daeng ipul
Selanjutnya mungkin ada di antara kamu yang bertanya-tanya, kenapa Komunitas Blogger Makassar namanya Anging Mammiri? Apa makna dari nama tersebut?

Oke, jawabannya saya kutip saja ya dari penjelasan Daeng Ipul saat diwawancarai situs Fajar Pendidikan

"Pertama, karena lagu Anging Mammiri kan sangat identik dengan Makassar. Kedua, karena diharapkan kehadirannya komunitas ini bisa seperti angin sepoi-sepoi yang menyejukkan"

Yup, seperti makna namanya, saya pun membayangkan Komunitas Blogger Anging Mammiri ini ibarat rumah yang sejuk. Dan benar itulah yang saya rasakan sejak bergabung dengan komunitas ini, meski baru sepuluh bulan dan  meski saya belum pernah ikut acara Tudang Sipulung serta ketemu dengan kakak-kakak paccarita yang lain, hehe.

Anging Mammiri sendiri termasuk komunitas blogger berbasis daerah yang cukup aktif melakukan berbagai macam kegiatan. Mulai dari kegiatan seperti seminar atau workhsop tentang blog, kelas blogging (Klinik Blog) baik secara online maupun offline hingga kelas MAM (Makkunrainna Anging Mammiri) yang merupakan kelas khusus untuk blogger perempuan Makassar.

berbagai kegiatan Komunitas Blogger Anging Mammiri
bisa kamu kepoin di akun IG @bloggermakassar
Ada pula kegiatan AM yang rutin dilaksanakan tiap bulan sekali, yakni TUDANG SIPULUNG, semacam kopdar namun kopdarnya nggal asal ngumpul dan ngobrol-ngobrol biasa melainkan obrolan-obrolan yang berbobot, seperti kegiatan Tudang Sipulung yang terakhir diadakan, Duduk, Baca, Bercerita.

Selain itu, kalau ada event atau acara dari komunitas atau brand lain, Komunitas Anging Mammiri juga sering diundang atau dilibatkan. Dan masih banyaklah kegiatan AM lainnya yang sangat menarik, mengedukasi dan  positif. Tak ketinggalan kegiatan yang mengajak anggotanya untuk aktif blogging juga ada seperti mengadakan blog challenge, pemilihan7 tulisan blog terbaik setiap bulan dan lain sebagainya.

Tantangan 13 hari menulis blog dalam rangka hari anniversary AM ke-12
Nah, dalam rangka menyambut hari anniversary AM ke 13 yang jatuh tanggal 25 November nanti, Komunitas ini juga sedang mengadakan tantangan menulis 13 untuk paraikatte. Jelas tantangannya saya terima dong. Menulis 30 hari saja bisa saya taklukkan masa' tantangan menulis 13 hari nggak? Ok, akan saya buktikan. Doakan saya semoga saya bisa menaklukkan tantangan menulis 13 hari dari AM.

Awal Bergabung dengan Komunitas Blogger Anging Mammiri

Setelah mengetahui sekilas tentang Komunitas Blogger Anging Mammiri, sekarang saatnya saya cerita bagaimana kisah awal saya bergabung dengan komunitas yang usianya sudah lebih dari satu dasawarsa ini.

Jadi dari sekian banyak komunitas blogger yang saya masuki, ini komunitas pertama yang saya masuki dengan bertanya terlebih dahulu.  Saya akhirnya mengajukan pertanyaan gimana cara gabung di Komunitas Blogger Anging Mammiri ke Ainhy, blogger Makassar yang pertama kali saya kenal waktu sama-sama ikut tantangan menulis 30 hari di Komunitas Blogger Perempuan Network.



Kalau nggak salah waktu itu Ainhy posting insta story, ngajakin followersnya khusus yang berdomisili Makassar buat gabung di WAG blogwalking Makassar. Cuss saya tertarik dong. Bukan karena blogwalkingnya ya tapi karena dari dulu saya memang sudah niat pengen gabung di komunitas ini. Sayangnya dari dulu cuma niat doang, tidak segera direalisasikan.

Baru kali itu saya tergiur merealisasikan niat yang sudah lama saya pendam itu. Tanpa banyak tanya, saya langsung meluncur ke website Anging Mammiri dan memenuhi semua persyaratan yang ada. Tidak ingin mengulang kejadian yang sama, saya pastikan sudah mengirimkan permintaan bergabung di grup FB Komunitas Anging Mammiri. 

Saya lupa apakah permintaan saya bergabung di FB saat itu langsung diterima atau tidak. Yang saya ingat, kejadian pertama kali saya bergabung di komunitas blogger seperti terulang kembali. Saya sudah daftar di pertengahan bulan Desember lho tapi selama kurang lebih sebulan menunggu kok nggak ada konfirmasi saya diterima sebagai anggota ya? Hiks.

Akhirnya setelah menunggu lama tanpa konfirmasi, saya beranikan diri, memastikan ulang pendaftaran saya via dm ke akun @bloggermakassar. Hampir sepekan kemudian baru dapat balasan.

Oleh adminnya saya dipersilahkan datang ke acara AM yang akan berlangsung dalam waktu dekat itu. Acara yang dimaksud adalah Tudang Sipulung dengan tema "New Performance Anging Mammiri" yang berlangsung tanggal 03 Februari 2019 di Warung Up Normal Makassar.

Acara Tudang Sipulung sekaligus pergantian pengurus
di awal bulan Februari lalu.
Rupanya acara tersebut merupakan acara special sekaligus menjadi hari bersejarah bagi AM, karena hari itu AM kembali mengalami pergantian kepemimpinan.  Tongkat estafet kepemimpinan yang selama kurang lebih  4 tahun dipegang kak Nunu diserahkan ke kak Evhy.

Ah, seharusnya itu acara yang tidak boleh saya lewatkan. Seharusnya itu menjadi momen dimana saya bisa mengenal AM dan anggotanya yang lain lebih dekat. Tapi apa boleh buat posisi saya saat itu lagi di daerah, bukan di Makassar sehingga saya tidak bisa hadir. Sayang sekali.

Syukurnya, meski tidak sempat hadir di acara Tudang Sipulung sekaligus pelantikan pengurus di awal Februari itu, saya masih bisa bergabung di WAG Blogger Anging Mammiri.  Lewat WAG komunitas inilah akhirnya saya bisa berkenalan dan kenal lebih dekat dengan anggota Blogger Makassar lainnya.

Kesan Setelah Bergabung dengan Komunitas Blogger Anging Mammiri

Bagi saya blog ini sudah saya anggap seperti kamar sendiri, makanya saya namai  Kenangan sedangkan komunitas blogger ibarat rumah saya di maya.

Dulu, ada rumah yang  paling sering menjadi tempat saya pulang ketika berselancar di maya. Rumah yang penuh dengan kehangatan. Para penghuninya bahkan sudah saya anggap seperti keluarga sendiri meski belum pernah bersua sapa di nyata.

Namun rumah itu kini sepi nyaris tak berpenghuni. Hampir semua penghuninya pergi entah kemana. Pengurusnya pun ikut hilang satu per satu, tak ada lagi yang mengurus.


Karena rumah itu kini tak seramai dan sehangat dulu, saya ikut pergi, mencari rumah lain. Rumah dimana saya bisa betah berlama-lama dan nyaman untuk pulang.  Rumah yang saya cari itu akhirnya saya temukan di komunitas ini.

Masih terekam jelas dalam ingatan saat kak Evhy memasukkan saya ke dalam WAG Blogger Anging Mammiri. Para penghuninya menyambut saya dengan ramah dan hangat. Sambutan yang sungguh berkesan di hati.

Rupanya semua penghuni Anging Mammiri berkumpul di WAG tersebut. Baik penghuni lama maupun pendatang baru. Tua muda, kecil besar, cantik jelek, kaya miskin, dll tak ada yang dibeda-bedakan. Bahkan tidak ada istilah mana senior mana junior. Semua penghuni posisinya dianggap sama.

Tak heran, meski anggota baru saya bisa langsung melebur dan akrab dengan anggota Anging Mammiri lainnya. Eh tapi itu lewat WAG doang ya, kalau ketemu langsung mah jangan ditanya karena aselinya saya orangnya pemalu dan pendiam, hehe.

Nah, waktu saya baru bergabung, WAG Anging Mammiri rutin mengadakan kegiatan blogwalking tiap 2 hari sekali dan saya termasuk anggota yang cukup aktif mengikuti kegiatan tersebut. Dari keaktifan ikut blogwalking itu juga saya jadi lebih mudah mengenal anggota yang lain (khususnya yang sering ikut BW) even belum pernah ketemu sama sekali.

Aturan blogwalking dalam Komunitas
Blogger Anging Mammiri
Termasuk bisa berinteraksi dengan blogger keren yang sebelumnya hanya pernah saya kunjungi blognya diam-diam. Yup, di Anging Mammiri ada banyak blogger keren lho dan saya juga baru tahu ternyata jumlah blogger di Makassar ada buanyaak mencapai puluhan eh ratusan malah, bukan cuma satu dua orang doang. Cuma yang aktif update blognya dan rajin ikut blogwalking memang tidak seberapa.

Menempati peringkat kedua tertinggi sebagai peserta
yang aktif ikut kegiatan blogwalking
di WAG Blogger Anging Mammiri
Berhubung sejak gabung di WAG Anging Mammiri saya lumayan rajin ikut kegiatan blogwalking hingga beberapa kali masuk kategori peserta dengan keaktifan tertinggi versi grafis yang dibuat daeng Ipul. Bisa masuk kategori peserta teraktif saja saya sudah senang banget, meski nggak dapat hadiah. Eh, pernah sih sekali, dapat hadiah sajadah Makkah dari kak Ery karena keaktifan saya ikut blogwalking dengan postingan terbaru.

Eh tapi meski rajin ikut blogwalking, saya belum pernah terpilih sebagai peserta dengan postingan terbaik. Ya gimana mau terpilih kalau sayanya jarang setor tulisan di form yang telah disediakan pengurus AM. Padahal hadiahnya lumayan lho, selain mendapat voucher gramedia tulisan kita juga bisa nangkring di website Anging Mammiri. Lumayan banget kan buat nambah backlink. 

Saya nggak setor tulisan pun bukan karena tidak tertarik dengan hadiahnya, sangat tertarik malah  cuma kurang pede saja dengan postingan saya yang lebih personal sementara tulisan yang biasa terpilih dan tayang di website AM itu yang isinya lebih informatif.

Sayangnya baik kegiatan blogwalking maupun pemilihan blogpost terbaik setiap bulannya yang diadakan di WAG Blogger AM kini sudah tidak berjalan lagi. Syukur-syukur kalau cuma mati suri.

Pasalnya sejak Oppa Lebug mengundurkan diri jadi passopir, antusisas 'penumpang' yang biasa ikut blogwalking jadi menurun hingga tidak ada yang nge-list sama sekali. Padahal dari pengurus AM sudah memberikan tawaran kegiatan blogwalking dengan rules yang lebih ringan tapi kurang mendapat tanggapan jadi yah begitulah.

Akhirnya Grup WAG Blogger Anging Mammiri sekarang tidak lagi seramai saat kegiatan blogwalking masih berjalan. Walau demikian  silaturahmi dan kegiatan AM yang lain tetap jalan dong.

Honestly, saya sangat salut dengan komunitas blogger yang satu ini. Lewat dari satu dasawarsa itu bukan usia yang muda pun tidak mudah untuk mempertahankan eksistensi. Beberapa komunitas blogger yang pernah saya masuki dulu waktu awal-awal ngeblog bahkan telah menemui masanya. Satu per satu tumbang di usia yang masih seumur jagung.  Namun tidak dengan Anging Mammiri.

See! Komunitas blogger yang namanya bermakna angin sepoi-sepoi ini masih berembus hingga sekarang, tetap memberi kesejukan bagi para penghuninya.

Ah, saya seperti menemukan rumah baru, keluarga baru.  Terima kasih telah menerima saya menjadi bagian dari komunitas ini.

Oya, tinggal menghitung hari, usia AM menginjak 13 tahun. Semoga makin jaya, makin sukses,  makin solid anggotanya. Semoga aktivitas blogwalking di WAG Blogger AM bisa hidup kembali dan semakin ramai. Semoga ke depannya juga makin banyak anggota Blogger Makassar yang rajin update blog post. Kasian blognya kalau jarang diisi, bisa jadi sarang laba-laba. Dan pokoknya semua doa yang terbaik untuk Komunitas Blogger Anging Mammiri semoga diperkenankan Tuhan. Aamiin.

Selamat 13 Tahun Anging Mammiri, Tetaplah berembus sepanjang masa ❤

Salam,

58 komentar untuk "Tentang Anging Mammiri, Komunitas Blogger Makassar yang Berembus Sejak Tahun 2006"

Comment Author Avatar
Inspiratif banget nih perjalanan komunitas blogger AM. Semoga sebentar lagi di usia 13 makin sukses ya.

Btw wag blogwalking Blogger AM boleh ikut dari luar Blogger AM gak nih? Hehehe blogger Cianjur daftar masuk WAG blogwalking nya dong kalau boleh hehehe
Comment Author Avatar
Seruuu banget ya gabung dgn komunitas blogger
tambah ilmu
tambah wawasan
tambah teman
seruuu pokoke!
Komunitas Anging Mamiri juga sangat solid ya Mbaaa
BANGGA!!
Comment Author Avatar
Alhamdulillah, Anging Mammiri masih berembus setelah 13 tahun. Dan saya bangga berada di dalamnya dan mengenal banyak orang keren, termasuk Siska. Sayangnya kita belum pernah bertemu ya Siska? Moga some day :)
Comment Author Avatar
Salut dengan komunias angin mamiri ini. KOnsisten dan juga anggotanya semua punya karya yang luar biasa keren :)
Comment Author Avatar
Ternyata udah lama banget, ya. Masih eksis pula sampai sekarang. Memandakan kalau aktivitas Blogger Anging Mamiri ini memang sudah tidak diragukan
Comment Author Avatar
masyaaallah kak, semoga komunitas anging mammiri tumbuh senada dengan semua membernya, saling menginspirasi dan memotivasi serta memberikan manfaat
Comment Author Avatar
Perjalanan komunitas blogger makassar masha allah banget mbak. Dan Terima kasih juga suah memberikan penjelasan tentang blog walking yang benar. Ternyata ketawa aja tidak termasuk ya. Ilmu bemanfaat. Jaya selalu y Blogger makassar.
Comment Author Avatar
Ya ampun ini sangat membantu Kita lebih mengembangkan bakat nulis. Mpo aja baru beberapa tahun ngeblog. Masih anak bawang, sedangkan komunitas angin mamiri sudah malang melintang di dunia blog.
Comment Author Avatar
Mechta 21:57
13 tahun! Wow..mantaaab beneeer.. 13 tahun lalu saya kenal blog pun blm! Haha.
Semoga mba Siska dan Angingmamiri sukses selalu yaa...
Comment Author Avatar
Kayak blogger bandung di sini mbak.. Banyak banget kegiatannya
Comment Author Avatar
Setujuuu!
Tiap daerah memang membawa warnanya masing-masing dalam berkomunitas yaa...
Comment Author Avatar
Selamat ulang tahun untuk anging mammiri. Saluuttt banget sm komunitas ini yg semakin berkembang seiring waktu. Makin jaya, panjang umur, dan sukses selalu untuk anging mammiri. Aamiin
Comment Author Avatar
wah wadah tempat sharing ilmu ya
Comment Author Avatar
Waaah keren ini mbak, salut dengan komunitas blogger Anging Mammiri yang selalu aktif dan terus menjalin silaturahmi sesama anggota. Tentu banyak kegiatan yang bisa diikuti ya mbak. Selain menambah teman, pengalaman juga ilmu makin banyak yang didapat dari gabung di komunitas ini.
Comment Author Avatar
Wah ini nih komunitas blogger keren. Aku sering denger blogger Angin Mamiri
Comment Author Avatar
Senangnya bisa menemukan komunitas yang satu frekuensi ya mba. Bisa makin semangat dan optimis deh pastinya, juga dapet banyak informasi dan jejaring baru. Keren ah mba Syska ini.. salah satu blogger yang kusukak 😊
Comment Author Avatar
Wah Anging Mamiri. Pas mulai ngeblog, tahun 2018,ini lho komunitas blogger yang aku kenal. Karena saat itu kepengen nyari komunitas blogger. Tapinya cuma tahu aja. Alhamdulillah, setelah itu bermunculan komunitas blogger. Bisa gabung deh dan dapet banyak hal. :)
Comment Author Avatar
SUdah lama juga ya komunitas Anging MAmmiri. AKu ingat dulu suka ada lomba menulis blog juga dari komunitas ini
Comment Author Avatar
Sukses selalu utk komunitasnya yaa... Makin solid yaasuka banget kalo junior dan senior itu sama kedudukanya
Comment Author Avatar
wah sejak 2006 ya berdirinya, lama juga ya :) semoga semakin solid dan menyebarkan kegiatan positif ya mbak
Comment Author Avatar
Waaw...ini yaa..pentingnya bergerak bersama dengan berkomunitas.
Soalnya kalau sendiri, gakkan bisa jadi besar.
Sukses terus Komunitas Blogger Anging Mammiri.
Comment Author Avatar
Usia komunitasnya seumuran ma anak saya. Semoga sukses terus untuk komunitas Anging Mamiri
Comment Author Avatar
Asik banget ya ada komunitas, saya disini gak ada komunitas. Semoga kompak selalu ya
Comment Author Avatar
Panjang sekali tulisannya, mulai dari salah cara daftar komunitas xixixi, sampai dilengkapi data grafik yang BW sekomunitas haha. Owalah ultah yaa. Keren ya para blogger Makassar nih termasuk salah satu komunitas blogger yang cukup aktif ya mbak :D
Alhamdulillah krn ngeblog dapat banyak teman dan saudara baru ya :D
Comment Author Avatar
Sudah panjang juga ya perjalanannya. Jujur aja saya terharu dan bangga ada komunitas blogger yang sudah bertahan lama. Hebat juga lho menempuh waktu lama tetap kompak!
Comment Author Avatar
Wow emang langka sih ada komunitas bisa bertahan lebih dari 1 dasawarsa dan bisa ada sistem pergantian pemimpin gitu. Semoga terus eksis dan makin berkembang ya Anging Mamiri 😍
Comment Author Avatar
Seruuu banget emang kalo pas kita yg di daerah bs kopdar2 dan berkegiatan positif dgn temen2 se-passion, hehe.. Btw, sybmengenal salah satu blogger senior di Anging Mamiri mb, sekarang udh di Bekasi tapi, itu guru saya ngeblog pertama kali. Namanya Om bisot. Cek di bisotisme.com yak , kali kenal :) anyway, HBD AM!
Comment Author Avatar
Ketika aku baca anging mamiri langsung nyanyi lagunya karena aku hapal sama lagu itu haha.. seru banget kayanya komunitas ini ya
Comment Author Avatar
Ternyata udah lama banget ya komunitas Blogger Anging Mamiri ini. Semoga selalu menjadi inspirasi dan semakin banyak karya bersama semua anggotanya. Aamiin.
Comment Author Avatar
Berada di dlm wadah suatu komunitas yg sesuai dengan passion kita itu pasti menyenangkan ya mba. Bisa tular pikiran dll
Comment Author Avatar
Sepakat banget kalau angin mamiri itu emang komunitas blogger yang aktif bikin kegiatan. Dan ini tentunya memotivasi blogger buat selalu berkarya ya mba
Comment Author Avatar
udah lama juga ya komunitasnya, bukan kaleng2 berarti hihi bisa diandalkan jadi tempat belajar dan sharing yah
Comment Author Avatar
Gak nyangka komunitasnya udah 13 tahun gtu. Pasti seru banget tu yang berteman sejak zaman masih blm nikah, sampai nikah dan skrng punya anak haha, Kalau dulu aku ikutan komunitas blogger MP, sayang MPnya dah mati :D
Comment Author Avatar
Wow! Komunitas nya hebat sekali bisa bertahan terus.. Seru banget ya, saling support dalam grup WA.. 😊
Comment Author Avatar
Masya Allah serunya ya Mbak? Bergabung dengan komunitas itu bagaikan menemukan rumah tempat kita tinggal. Saya pun begitu...sejak gabung di komunitas blogger saya semakin tahu wah...ternyata ada ilmunya klo mau ngeblog dan saya banyak belajar dari komunitas hingga mendapatkan job.
Comment Author Avatar
2006? Sudah berumur 13 tahun ya mba,masya Allah keren bisa bertahan hingga 1 dekade lebih. Semoga selalu sukses komunitas Anging Mamiri
Comment Author Avatar
2006? Sudah berumur 13 tahun ya mba,masya Allah keren bisa bertahan hingga 1 dekade lebih. Semoga selalu sukses komunitas Anging Mamiri
Comment Author Avatar
Wahhh seneng ya kalau gabung di komunitas yang satu daerah. Saya juga baru gabung dikomunitas yg seindonesia aja. Belum yang sedaerah. Waktu itu udah sempet ngajuin juga sih, tapi entah kenapa belum ada kelanjutan juga. Padahal syarat udah terpenuhi huhu semoga aku juga cepet bisa gabung di komunitas daerahku.
Comment Author Avatar
Senangnya bisa gabung dengan komunitas blogger lokal, jadi kangen komunitas blogger bandung setelah pindah jadi nggak berkomunitas lagi,
Comment Author Avatar
selama ini aku mendengarkan angin mamiri ternyata anging ya mba, untung aku baca artikel ini loh.
Comment Author Avatar
waaah kereeenn still exist sampai 15 tahun, aku baca peraturannya juga keren. Semoga makin kompak dan makin exist ya Komunitas Blogger Anging Mamiri :)
Comment Author Avatar
Masya Allah sudah 13 tahun ya Mak Anging Mammiri. Semoga terus menebar manfaat kepada seluruh ummat bumi ini. Suskes selalu blogger Makassar
Comment Author Avatar
Asyik nih bergabung di komunitas yang selalu maju berkembang bersama ya mbaa. Semoga makin sukses
Comment Author Avatar
Bagus yah program2 bloggernya. Cuma boleh buat orang makasar ya?
Comment Author Avatar
Wih asik ye kyakya di komunitas Anging Mammiri tapi sayang blogger ke daerahan, apa setiap kumpul kopdar make bahasa daerah teman q juga banyak orang bugis makasar di Papua hehe
Comment Author Avatar
Masya Allah sudah 13 tahun ya kak dalam dunia literasi dan juga ng blog. Keren banget deh pokoknya
Comment Author Avatar
Sudah 13 tahun dan tetap bergema padahal Komunitas blogger Lokal ya sis, keren kali. Sekeren kamu yg makin bersinar sebagai blogger. Aktif pisan dan makin aktif ikutan Komunitas juga. Semnagatt
Comment Author Avatar
Menjadi anggota komunitas blogger di daerah kita itu memungkinkan kita untuk bergaul lebih luas dan bisa hadir di event blogger yg diadakan. Saya pun baru gabung dg komunitas lokal itu tahun lalu :) Terlambat tapi gapp, lah. Alhamdulillah, sudah sering ngikut agenda blogger lokal.
Btw, kalau komunitas AM ini pernah selintas lalu baca, deh. Cukup rapi ya struktur organisasinya dan akun medsos-nya juga punya infografik kece. Selamat milad, Anging Mammiri :)
Comment Author Avatar
Selamat ya untuk Komunitas Blogger Anging Mammiri.
Saya sendiri hingga saat ini belum gabung komunitas blog lokal. Ikutnya justru komunitas nasional di luar kota sendiri...
Comment Author Avatar
Ya ampun seru banget ceritanya Mba. Itu Komunitas keren euy. Bisa bertahan sampai 10 tahun lebih.
Comment Author Avatar
Mau sekali komen begini;

Kalau ketemu Kak Tyar kandatto ki. Eh, tanya ki kenapa ki ndak ajak² Siska masuk AM 🙈😁
Comment Author Avatar
Blogger Anging Mammiri, blogger daerah dengan segudang kegiatan yang bermanfaat. Qadarallah, meski udah lama bergabung, saya baru sekali join di acara yang mereka adakan. Hikz.
Comment Author Avatar
Alhamdulillah kita satu komunitas sekalipun belum pernah berjumpa. Semoga suatu saat nanti kita bisa bertemu bukan hanya lewat dunia maya. Secara kita sedaerah hehehe.
Comment Author Avatar
Ternyata tanggal bersirinya AM itu bersamaan dengan Hari Guru Nasional. Sangat berharap kedepannya komunitas Blogger Anging Mammiri makin sukses dan berjaya kedepannya bersama para anggotanya. Semoga selalu kompak dan makin banyak melakukan kegiatan yang mengedukasi..

Jaya terus AM ku....
Comment Author Avatar
13 tahun bukan waktu yang sebentar, Luar biasa. Semoga komunitas AM makin kompak dan memantik anggotanya untuk terus semangat menebar manfaat.
Comment Author Avatar
Sayang memang Blogger Energy yang pernah jadi rumah kita telah menjelma ruang tak berpenghuni. para ranger telah punya kehidupan tersendiri yang sibuk dan tak punya waktu untuk bebas memantau acara lagi seperti dulu. Saya yang beberapa bulan aktif telah merasakan banyak manfaatnya.
Syukurlah Mbak Siska telah beroleh rumah baru untuk beraktivitas seperti biasa. Semoga angin mamiri selalu jadi rumah yang riuh dari kegiatan penghuninya.
Salut pada komunitas yang telah belasan tahun bersama para narablog Makassar.
Comment Author Avatar
saya kenal komunitas ini dari tahun 2016-an. saat itu ada lomba blog, kalau gak salah. kebetulan untuk nasional jadi gak hanya orang makassar saja yg boleh ikutan. hehe
Comment Author Avatar
Senengnyaaa... bertemu dan berkumpul dengan teman sejiwa, haha.. Saya juga baru-baru aja gabung dengan komunitas blogger tapi rasanya udah kaya kekuarga

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.