SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Cara Mudah Membuat Blog lewat Hp untuk Pemula

by - 29 Januari

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Cara Mudah Membuat Blog lewat Hp untuk Pemula - Yang sering berkunjung ke Kamar Kenangan ini pasti tahu dong kalau saya ngeblognya hanya mengandalkan gawai berlayar kecil. Mulai dari menulis postingan, blogwalking, berurusan dengan kode-kode html hingga ganti template blog.

Baca juga Cara Mengganti Template Blog lewat Hp

Membuat blog lewat hp juga bisa kok. Jadi ceritanya beberapa waktu lalu suami saya minta dibuatkan blog. Entah ada gerangan apa suami tiba-tiba mengajukan permintaan yang bukan dia banget. Jelas saya kaget dong, pasalnya saya tahu persis, suami bukan tipe maniak medsos. Update status di facebook saja nyaris tidak pernah trus mendadak mau ngeblog?

Intinya, saya tidak yakin suami bakal rajin update postingan setelah blognya jadi, haha. Tapi karena dia tampak begitu antusias ingin punya blog yowes, saya buatin lewat hp saja biar praktis. Dan memang praktis kalau lewat hp karena bisa buat blog dimana saja dan kapan saja *eaa

Fyi, blog punya suami ini saya buat waktu kami sementara menunggu antrian di dokter obgyn untuk chek up kehamilan. See! Di RSIA lho saya buatnya, hihi. Cara membuatnya pun mudah dan cepat banget, tidak sampe semenit blognya sudah jadi.

Bagaimana caranya? Ok saya bakal bahas khususnya untuk kamu yang baru mau memulai ngeblog tapi sebelum itu kita bahas sedikit  dulu tentang blog, yuk! Ya kali, mungkin masih ada pembaca Kamar Kenangan ini yang belum tahu apa itu blog?

membuat blog lewat hp
Gambar : Freepik
Blog merupakan singkatan dari web log, platform yang biasanya digunakan sebagai media untuk menulis. Dulunya blog malah dikenal sebagai diari (buku catatan harian) online karena umumnya blogger pada saat itu lebih suka memosting konten-konten bersifat personal.

Belakangan blog bagi para blogger bukan hanya tempat untuk menuangkan isi hati dan pikiran, melainkan juga sebagai tempat untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Yup, aktivitas ngeblog yang dulunya dilakoni para blogger sebatas hobi kini telah dianggap sebagai suatu pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Mungkin kamu kenal dengan platform multiply, tumblr, medium, ada juga kompasiana. Semua platform tersebut termasuk blog namun yang paling populer adalah blogger dan wordpress. Oya pembahasan saya tentang blog di sini hanya terfokus pada dua platform tersebut, khususnya blogger.

Meski kehadiran blog sudah ada sejak lama namun jika disandingkan dengan platform media sosial lainnya, seperti facebook, instagram dan twitter, sepertinya blog masih kalah saing ya. Buktinya, kalau bicara tentang facebook, siapa sih yang nggak kenal dengan platform  buatan Om Mark itu. Bahkan sepertinya hampir semua penduduk di negeri ini mulai anak kecil sampai kakek-nenek punya akun facebook. Justru akan dianggap ketinggalan zaman sekali orang yang tidak  kenal facebook.

Tapi kalau bicara tentang blog, saya masih sering menemukan orang yang mengernyitkan dahi lalu bertanya apa itu blog. Padahal hari-hari dia akses internet dan mengunjungi laman demi laman di sana namun masih belum tahu tentang blog, duuuh.

Saya maklum sih kalau masih ada yang belum punya atau bahkan tidak tahu menahu soal blog. Karena nggak semua orang suka nulis panjang-panjang. Jangankan mau nulis sepanjang rel kereta api, baca tulisan  yang panjang saja malas. Yang ada kebanyakan cuma suka nulis status pendek-pendek, singkat-singkat pula. Atau asal membagikan link postingan di media sosial hanya karena judul yang memancing tanpa membaca isinya terlebih dahulu. That's why, nggak heran kalau berita-berita hoaks di negeri ini mudah tersebar dengan cepat. Eh ini kok malah nyinggung hoaks, ok skip.

Jadi biasanya blog hanya dibuat oleh orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap dunia literasi. Meski belakangan ini, tepatnya semenjak blog bisa dimonetisasi peminatnya semakin banyak. Padahal untuk mendapatkan uang dari blog juga nggak semudah itu, Ferguso.

Baca juga Ngeblog dengan Hp, Yay or Nay?

Sebelum Membuat Blog, Apa yang Harus Dilakukan?

You must know, membuat blog itu mudah sekali, merawatnya yang susssaah! Banyak orang yang punya blog tapi kemudian ditelantarkan. Macam suami saya, awal-awal saja semangat mau dibuatkan blog, sekalinya blognya jadi jarang ditengok, haha. 

Ok, no problem, setidaknya dia sudah punya blog sendiri. Tinggal tugas saya saja mengingatkan dan menyemangati agar blognya diisi biar nggak jadi sarang laba-labaπŸ˜…

Tapi harus saya akui sih, merawat blog memang nggak gampang. Saya juga waktu awal-awal punya blog nggak langsung rajin bikin konten kok. Alih-alih posting tulisan, yang ada saya malah kecanduan mendandani blog. Saban hari kalau buka blog kerjaan saya cuma berkutat dengan edit html, sibuk gonta-ganti template dan widgets, wkwkw. Kamu jangan gitu juga ya.

So untuk 'memudahkan' kamu agar bisa lebih fokus dalam ngeblog nantinya, sebaiknya kamu lakukan tiga hal ini dulu deh sebelum membuat blog.

πŸ‘‰ Tetapkan tujuan

Pertama, kamu harus punya tujuan yang jelas. Kenapa kamu tertarik membuat blog? Apa karena ingin menyalurkan hobi menulismu atau karena tergiur dengan penghasilan yang didapatkan para blogger dari aktivitas ngeblognya.

Poin ini penting agar setelah punya blog kamu bisa lebih fokus meraih tujuanmu. Well, ada beberapa blogger yang sedari awal tujuannya memang ingin mendapatkan penghasilan dari blog, bukan semata-mata karena hobi. Alhasil setelah punya blog, dia benar-benar fokus dengan tujuannya itu dan lumayan penghasilan yang dia dapatkan terutama setelah berlangganan jadi juara lomba blog.

Tapi tidak sedikit juga blogger yang mulanya ngeblog karena hobi, lantas berubah haluan setelah tahu blog bisa menghasilkan uang. Tidak ada yang salah dengan tujuan tersebut. Entah tujuannya karena hobi, uang atau keduanya.

Namun saran saya terutama untuk pemula, sebaiknya jangan ngeblog dengan tujuan mengejar uang. Susah! Bukannya meraup pundi-pundi rupiah,  yang ada malah aktivitas ngeblog bisa bikin kamu stres. Lagipula mengharapkan penghasilan dari blog sementara kamu buat blognya saja baru kemarin sore, itu mustahil. Jangan dikira memonetisasi blog itu mudah lho. Semua ada prosesnya, Esmeralda. 

Nikmati saja prosesnya setelah blogmu jadi. Rajinlah menulis. Buatlah konten-konten positif yang menarik dan menginspirasi. Bagikan hal-hal apa saja yang baik-baik di blogmu. Menulislah untuk bersenang-senang, itu akan lebih baik. Tenang, setiap blogger sudah punya rejekinya masing-masing, kamu hanya perlu berproses dulu sebelum menikmati hasilnya.

πŸ‘‰ Pilih platform blog

Kedua, silakan pilih platform blog yang ingin kamu gunakan. Seperti yang sudah saya singgung di atas, platform blog yang saya maksud di sini adalah blogger dan wordpress.

Biasanya sering muncul pertanyaan seperti ini, kira-kira menurut kamu blogger dan wordpress, mana yang lebih baik?

Jika pertanyaan itu ditodong ke saya waktu awal-awal ngeblog, jawaban saya jelas blogger dong. Ya kan saya pengguna setia blogger. Namun belakangan setelah saya coba wordpress ternyata keren juga.

Jadi menurut saya mana yang lebih baik itu hanya soal selera masing-masing. Selera setiap orang kan beda-beda ya, nggak bisa dipaksa, hehe. Selama ini saya bertahan ngeblog di blogger juga karena sudah merasa nyaman. 

Eniwei, kalau kamu masih bingung, sebaiknya kamu cari tahu lebih dulu kekurangan dan kelebihan pada blogger maupun wordpress. Iya sih, banyak yang bilang, kalau baru mau ngeblog sebaiknya coba di blogger saja, toolsnya lebih mudah. 

Tapi kalau kamu mau coba di wodrdpress ya silakan. Mau coba keduanya langsung malah lebih bagus lagi. Toh, kamu bisa bikin akun blog di wordpress maupun blogger secara gratisss. Kamu bisa manfaatin itu sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan mau  konsisten ngeblog di platform mana.

πŸ‘‰ Tentukan Niche Blog

Ketiga, jangan lupa tentukan niche blog kamu. Niche ini berkaitan dengan tema besar yang akan kamu ulas di blog. Kamu pengennya isi blog kamu tentang apa saja? Seputar pengasuhan anak, review berbagai macam produk kecantikan atau buku-buku, membahas tentang finansial, kesehatan, pendidikan atau mengulas cerita perjalananmu? Atau kamu tertarik dengan niche gado-gado aka lebih dikenal dengan tema  lifestyle seperti blog punya saya ini?

Well, jangan sampai salah menentukan niche karena itu akan berpengaruh dengan perkembangan blogmu ke depannya. Ya, untuk amannya sebaiknya kamu pilih niche sesuai minat. Misal; minat kamu suka jalan-jalan, kamu bisa pilih niche traveling, atau kalau kamu hobi membaca kamu bisa bikin blog dengan niche book review. Atau kalau kamu nggak punya minat yang jelas kamu bisa bikin blog dengan tema gado-gado.

Saran kebanyakan para suhu untuk pemula sih, sebaiknya bikin blog dengan tema khusus sesuai minat masing-masing karena peluang untuk mendatangkan trafik lebih besar ketimbang blog dengan tema gado-gado. Saya pribadi memilih tema umum atau  lifestyle karena kalau khusus temanya terbatas ya sedangkan ada banyak hal yang ingin saya bagikan di Kamar Kenangan ini.

Tapi baik niche gado-gado maupun khusus sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing. Kamu bisa googling dulu untuk cari tahu lebih jauh soal plis minusnya sebelum menentukan niche blog yang akan kamu buat.

Bagaimana caranya membuat blog lewat Hp?

Seperti yang sudah saya singgung di atas, cara membuat blog khususnya untuk platform blogger di hp mudah sekali, praktis pula. Cukup dengan tiga langkah. Namun sebelum itu pastikan kamu sudah punya akun gmail ya.

Buat blog di blogger.com

Langkah pertama kamu silakan buka browser (saya pakai chrome) di hp kemudian masuk di alamat www.blogger.com maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Pilih menu "BUAT BLOG" maka kamu akan diarahkan untuk  login di akun gmail dengan mengisi alamat email serta paswordnya. 

Masukkan nama tampilan untuk profil blogger



Setelah berhasil login di gmail akan tampil layar seperti di atas. Silakan isi nama tampilan dengan nama kamu untuk profil blogger. Kemudian klik "Lanjutkan ke Blogger".

Buat Blogger Baru


Selanjutnya kamu diarahkan untuk mengisi data berupa judul, alamat dan memilih tema blog seperti keterangan pada gambar di atas.

Judul yang kamu isi nantinya akan jadi tagline blog. Kayak tagline blog ini adalah 'Kamar Kenangan' atau biasa judul blog bunyinya seperti ini ; Catatan Bunda Farah, Buku Harian Andini, Diari Emak dan blabla. Ada juga yang ngasih judul sesuai dengan alamat/nama blognya. Intinya kamu bebas memilih judul sesuka hati.

Alamat blog juga bisa kamu isi sesuka hati. Biasanya sih blogger menggunakan alamat sesuai judul blognya. Misal; judul blognya Diari Emak, nah alamatnya dia isi jadi diariemak.blogspot.com. Kalau kamu mau buat beda kayak blog ini juga nggak masalah. Judul blog saya 'Kamar Kenangan' sementara alamat yang saya gunakan www.siskadwyta.com.

Lho kok alamatnya nggak ada embel-embel blogspot? Ya karena alamat blog saya yang tadinya www.siskadwyta.blogspot.com sudah beralih ke Top Domain Level (TLD). Kamu juga bisa kok bikin alamat seperti itu tapi harus beli domain dulu. Saran saya sih sebaiknya kalau masih pemula coba yang gratisan saja dulu.

Pilihan tema yang disediakan pada saat membuat blog adalah bawaan dari blogger. Namun kamu nanti bisa mencari dan mengganti dengan memilih tema dari penyedia jasa tema/template blog lain. Tapi untuk pemula, sebaiknya fokus di konten saja, untuk urusan cari tema yang keren bisa belakangan.

Setelah mengisi data tersebut silakan klik "Buat blog!" dan yeayy selamat blog kamu sudah jadi itu artinya kamu bisa mulai ngeblog saat ini juga. Berhubung kamu buat blognya lewat hp, kamu bisa langsung mencoba tampilan baru blogger yang lebih responsive dan mobile friendly.

Baca juga Ngeblog dengan Hp Jadi Lebih Mudah dengan Tampilan Baru Blogger yang Mobile Friendly

Setelah Membuat Blog, Apa yang Harus Dilakukan?

Bagi para blogger, blog sudah dianggap seperti rumah sendiri. Yang namanya rumah dibuat untuk ditinggali dan dirawat dengan baik. So, tugas kamu setelah punya blog tentu lebih berat, apalagi kalau tujuan utamamu ingin menghasilkan uang dari blog.

Sekali lagi saya katakan, memonetisasi blog bukan hal yang mudah, ferguso. Semua butuh proses, nggak ada yang instan. Mie saja sekalipun instan tetap ada prosesnya, kan? Apalagi untuk menjadi seorang blogger profesional.

Maka sebagai langkah awal saya hanya bisa menyarankan kamu mulailah ngeblog dengan hal-hal berikut ini ;

πŸ‘‰ Konsisten menulis

Aktivitas ngeblog dan menulis adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Bahkan saya menganggap blogger pun termasuk penulis, hanya saja bedanya dengan para penulis buku adalah media atau akses yang digunakan. Penulis buku memublikasikan tulisan-tulisannya lewat penerbit, sementara blogger memublikasikan tulisan-tulisannya lewat blog.

Jadi ketika kamu memutuskan ingin membuat blog, kamu juga sudah harus berkomitmen akan mengisinya dengan konten-konten bermanfaat yang kamu tulis sendiri. So, hal pertama yang harus kamu lakukan setelah punya blog adalah menulis, menulis dan menulis. Tulislah konten-konten sesuai dengan niche blog yang kamu tentukan dan memublikasikannya secara konsisten.

Belajar dari pengalaman, biasanya blogger pemula ketika baru ngeblog akan lebih tertarik mempercantik tampilan blognya.  Ini juga termasuk pengalaman saya waktu baru punya blog sih, hehe. Saking sibuknya mendandani blog sampai lupa menulis dan mengisinya dengan postingan terbaru.

Ya, kamu jangan sampai seperti itu. Penampilan blog memang perlu diperhatikan tapi itu bisa diurus belakangan sebab menghasilkan konten yang berkualitas adalah yang utama dan harus diprioritaskan.

πŸ‘‰ Promosi blog 

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah promosi blog ke semua akun media sosial yang kamu punya. Namun pastikan sebelum promosi, blog kamu sudah ada isinya ya. minimal kamu sudah publikasikan 5 postingan lah.

Tujuan promosi ini jelas, agar blogmu dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak yang kenal maka semakin besar pula peluang blogmu meraih banyak pengunjung.


πŸ‘‰ Rajin blogwalking

Tidak hanya promosi, kamu juga perlu melakukan blogwalking atau jalan-jalan ke blog blogger lain tapi jangan lupa untuk tinggalkan jejak/komentar kamu di sana agar mendapat kunjungan balik.

Boleh dibilang blogwalking ini seperti ajang silaturahmi sesama blogger, jadi semakin rajin dan sering kamu blogwalking maka semakin mudah pula kamu mengenal dan dikenal blogger lain. Kamu juga bisa mendapat banyak manfaat lainnya dari blogwalking 

Jujurly, saya sendiri banyak "mencuri ilmu" dari blog lain karena aktivitas blogwalking ini. Ketika saya mengalami writer blocks, saya akan blogwalking. Ketika saya hendak mencari ide menulis, saya akan blogwalking. Pun ketika semangat ngeblog saya seolah meredup, saya akan blogwalking.

πŸ‘‰ Gabung di berbagai komunitas blogger

Last but not least, jangan ngeblog sendiri, bergabunglah dengan berbagai komunitas blogger. Di Indonesia sendiri ada banyak komunitas blogger seperti Warung Blogger, Komunitas Emak2 Blogger, Blogger Perempuan Network, Komunitas 1 Minggu 1 Cerita, Mom Blogger Community, Estrilook Community, dsb.

Well, kamu bebas memilih bergabung lebih dari satu komunitas blogger. Semakin banyak komunitas blogger yang kamu masuki malah lebih bagus lagi. Dengan begitu, pertemananmu dengan sesama blogger juga akan lebih banyak, kan? Dan tssst info-info terkait job blogger juga bisa dengan mudah kamu dapatkan setelah menjadi anggota dari komunitas blogger lho. 

Oke, sekian dulu sharing saya terkait cara membuat blog lewat hp kali ini. Semoga bermanfaat, terutama buat kamu yang masih pemula. Kalau ada pertanyaan silakan tinggalkan jejak kamu di kolom komentar ya :)

Baca Juga

18 komentar

  1. Pagi mbak.. Dulu tptnya setahun yg lwt sy pertama kali buat blog msh blogspot, stlh hampir 10 bln lalu beralih ke tld, awal" krn sy mmg kepingin nulis aja tnpa kepikiran apapun, smpai sy didaftarin ke google adsense sgl oleh temen, tpi sy emang ga berhrp apapun dr ads ,u know lah 😁, awal'sy rajin bannget posting dan bw, sampai akhirnya smpt mandeg krn jenuh dan akhirnya mulai menulis lagi, tpi akhir" ini kembali mandeg krn kesibukan didunia nyata, jadi praktis blog sy sepi dn sy juga ud jrang bw, hanya sesekali aja sy menulis itu jg disempet"in krna sy suka kangen... Thks sharing nya mbak 😊

    BalasHapus
  2. Saya pake jasa buat web, trus pake hp ngeblognya hehe
    Makasih tipsnyaaaa mantul

    BalasHapus
  3. Asyik yaaa di era digital ini SIAPAPUN BISA jadi blogger.
    Banyak komunitas yg support juga
    Makin asyiiik banget!

    BalasHapus
  4. Keren mbak dirimu..ngeblog full pakai HP..Wah, aku juga tapi cuma kalau pas di luar rumah, pas nunggu anak misalnya, lainnya ya pakai laptop. Enggak kuat mata sama layar kecilnya.
    Oh ya, bikin blog memang mudah ya, dan tips ini pasti sangat membantu para pemula

    BalasHapus
  5. Daku juga ngeblog lewat hape kak, simple, hehe. Jadikan blog sebagai tempat yang asyik untuk berbagi pengalaman menarik yang bisa bermanfaat

    BalasHapus
  6. Saya salut buat teman-teman yang ngeblognya ewat HP, saya jarang sih, soalnya nggak telaten dengan jari saya yang nutupin beberapa huruf hahaha.

    Tapi dulu memang pernah juga seminggu ngeblog lewat HP, biasanya saya tulis di note dulu, baru saya copas ke blog, biar nggak ribet nulis dari dashboard yang terbatas :)

    BalasHapus
  7. Setuju banget, bikin blog mudah banget, yang susah merawatnya
    Sama seperti membangun rumah /jembatan dan lainnya
    Membangun mudah, merusak gampang 😁😁😁

    BalasHapus
  8. Sepertinya mengenai niche ini saya masih labil. Maunya beauty n fashion saja, tapi ujung-ujungnya gado-gado juga. Bukan karena tak fokus, tapi minat saya terlalu banyak. Hehe....

    Yah, nikmati saja lah. Namanya juga baru.

    BalasHapus
  9. Keren Mbak tipsnya. Meskipun secara usia sudah 10 tahunan saya ngeblog, tetapi pada prakteknya saya masih butuh belajar step step beginian. Selama ini taunya cuma posting tilisan ala ala curhat aja. Gaje. Hehe...

    BalasHapus
  10. membuat mah mudah, merawatnya yg susah. blog andalan saya sekarang lg sakit, spam score tinggi tapi saya kurang waktu untuk menyembuhkannya. hehe. curi2 waktu untuk mengisi tapi beljm optimal benar

    BalasHapus
  11. Zaman sekarang ya, enggak ada kata nggak bisa, apalagi buat ngeblog.
    Dengan HP canggih udah bisa nulis di mana pun dan kapan pun.
    Tapi ku jarang ngeblog pakai HP, lebih sering saat BW dan kasih komen via HP.

    BalasHapus
  12. Seruuu nih, sekarang blogger makin mobile friendly. Tampilannya juga makin kerennnn, jaman dulu saya prefer ke wordpress karena memang lebih banyak fitur dan tampak keren, tapi sekarang blogger ajaa makin canggih dan lengkap

    BalasHapus
  13. Zaman sekarang memang semakin mudah ya. Termasuk membuat blog dan mengisinya melalui HP aja. Tapi kalo aku, huhu... masih kesusahan via hape. Entah karena jari tanganku yang gede jadinya sering slip mijit-mijit keypad hape. tapi kalo darurat, aku juga sering pake hape. Dengan catatan, beberapa jam kemudian diedit lagi di laptop :D

    BalasHapus
  14. Sebenarnya kalau mau ngeblog lewat HP bisa saja ya asalkan memang sungguh-sungguh daaan HPnya ndak lemot serta koneksi lancar :)

    BalasHapus
  15. Walau agak ribet kalau pakai hp karba ukurannya kecil, jangan sampai mengurangi niatan kita untuk menulis.. semangat teman2 blogger baru!!

    BalasHapus
  16. Ternyata membuat blog dengan platform blogger lewat hp mudah juga ya, Mbak. Bener tuh membuat blog memang mudah, yang sulit itu konsisten mengisi dan mengurus blognya. Saya salut banget sama Mbak Siska dan blogger lain yang konsisten menulis di blog lewat hp. Terima kasih tipsnya ya, Mbak.

    BalasHapus
  17. jujur, mata saya gak kuat klo musti ngeblog pakai hp mbak. dulu pernah nulis di word pake hv saja rasanya mata pedih hehehe... mosok aku wes tua sih duh! tapi aku belum coba sih upload pakai hp. thanks sharingnya :-)

    BalasHapus
  18. http://www.maujual.com?utm_source=blog&utm_medium=comment&utm_campaign=kc


    Cek harga handphone kamu !

    Siapa tau cocok . Caranya mudah kok .

    Dan juga coba cek dan like fanpage facebook kami yaa

    https://www.facebook.com/maujualcom/

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.