Ingin Copy Paste Tulisan dari Word Langsung ke Blog, Lakukan Cara Ini Agar Postingan Blogmu Tidak Bermasalah

by - Tuesday, March 17, 2020


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Akhirnya saya menemukan cara agar tulisan dari Microsoft word yang dicopy paste (copas) langsung ke blog tidak bermasalah. Jadi sebenarnya saya sudah lama cari cara ini, karena setiap kali copas tulisan dari word ke blog pasti jenis huruf dan ukurannya berbeda, tidak sesuai dengan tampilan font dan size bawaan template yang saya gunakan.

Kalau kamu juga sering copas tulisan dari word ke blog, tentu tahu dong perubahan yang saya maksud. Perubahan tersebut jelas bikin tampilan postingan di blog kita jadi tidak rapi. Makanya kebanyakan blogger setelah menulis di word memilih untuk copas di notepad dulu sebelum dipindahkan ke blog agar font tulisan yang bakal dipublikasikan itu tidak mengalami perubahan.

Saya pun melakukan hal serupa, bedanya karena ngeblog lewat hp dan nggak punya aplikasi notepad jadi saya gunakan aplikasi bloggeroid. Notepad mungkin juga ada versi mobilenya kali ya cuma di sini saya lebih nyaman pake bloggeroid.

Fyi bloggeroid merupakan aplikasi blogger yang fungsinya selain untuk ngeblog sama dengan notepad, tidak akan mengubah jenis font maupun ukurannya ketika di-publish atau di-copas ke blog.  Sebelumnya saya malah menulis dan publikasi postingan blog langsung lewat aplikasi ini ketimbang menggunakan word.

Sayangnya bloggeroid sudah nggak bisa dijalankan di Samsung Galaxy J5 saya, entah karena aplikasinya yang bermasalah atau karena hp saya yang perfomanya tidak lagi mendukung sehingga setiap kali hendak publish pasti error jadi sekarang aplikasinya cuma saya gunakan untuk menulis.


Sering juga sih saya nulisnya di google dokumen baru copas ke bloggeroid sebelum dipindahkan ke blog. Itu pun karena di google dokumen saya bisa tahu jumlah kata, di bloggeroid nggak. 

Well kelihatannya rada rempong ya tapi demi melihat tampilan Kamar Kenangan ini rapi dengan font seragam, saya rela main copas sana sini, hehe. Oya, sebenarnya kalau mau yang praktis saya bisa saja langsung nulis di dashboard cuma risikonya itu lho, memungkinkan postingan yang ditulis raib seketika. Masih mending kalau tulisan yang hilang cuma beberapa kata tapi kalau sudah nulis panjang lebar hingga ribuan kata trus nggak tersimpan sama sekali, duh nyeseknya minta ampun.

Intinya mah kalau mau nulis langsung di dashboard blogger harus dalam keadaan online, kalau kamu memaksakan diri ingin tetap menulis di sana padahal lagi offline ya siap-siap saja terima risikonya. Saya pernah mengalami soalnya, hehe.

Mengapa font postingan yang di-copy paste dari word ke blog mengalami perubahan?

Kalau pertanyaan tersebut dilontarkan ke saya lima tahun lalu saat saya baru sekira dua tahun aktif ngeblog pasti jawaban saya NGGAK TAHU. Ya kali dulu kan saya masih newbie, sekarang juga sih eh tapi lumayanlah ada peningkatan.

Setidaknya sekarang saya sudah tahu beberapa teknik SEO dasar meski masih tertatih-tatih menerapkannya,wkwk. Otak-atik kode html juga lumayan, meski lebih banyak tidak tahunya, haha.

Jadi kira-kira apa yang menyebabkan postingan blog yang ditulis dari word mengalami perubahan font alias tampilan fontnya tidak sesuai dengan tampilan font bawaan template blog yang digunakan?

Actually kurang tepat jika dibilang mengalami perubahan karena yang benar adalah tampilan font dari word itu yang tidak sesuai dengan tampilan font bawaan dari template blog. Bingung ya? Sederhananya gini deh misal kita nulis di word menggunakan jenis font times new roman dengan ukuran 12 , sementara jenis font bawaan template yang kita gunakan adalah calibri dengan ukuran 11.

Otomatis ketika copas tulisan dari word ke blog, jenis font dan ukurannya tetap seperti itu, tidak berubah. Padahal yang kita inginkan jenis dan ukuran huruf tulisan yang kita copas dari word itu bisa menyesuaikan dengan jenis dan ukuran huruf bawaan template blog yang kita gunakan, iya kan? 

Hal ini juga berlaku untuk semua tulisan yang asal kita comot dari website lain, Kalau nggak percaya kamu bisa buktikan sendiri tapi di sini kita fokus bahas tulisan yang di-copas dari word saja ya. 

Yang jelas, kalau kamu salin tulisan dari word atau internet dan tempelkan di blog maka akan ada kode-kode html yang mengikuti. Kode-kode itulah yang menimbulkan masalah karena formatnya berbeda dengan format template blog.

Baca juga Cara Mudah Membuat Blog Lewat Hp untuk Pemula

Permasalahan yang muncul akibat copas langsung tulisan dari word ke blog

Copy paste tulisan langsung dari word ke blog memang tidak disarankan karena dapat menimbulkan sejumlah masalah. Apalagi bagi newbie, mending ambil langkah copas tulisan dari word ke notepad baru blog atau kalau kamu ngeblognya lewat hp bisa tulis postingan blog di aplikasi bloggeroid dulu.

Tentunya dengan menerapkan cara tersebut kamu tidak perlu berhadapan dengan masalah-masalah berikut ini ;

Tampilan blogpost menjadi berantakan

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau kamu langsung memindahkan tulisan dari word ke blog hasilnya akan berantakan alias tidak serapi saat menulisnya di word. Terlebih jika yang kamu salin itu hanya sebagian teks lalu sebagian teks lainnya kamu tulis langsung di dashboard.

Kalau kamu melakukan hal tersebut yang akan terjadi ya dalam satu postingan itu hurufnya tidak seragam begitupula dengan ukurannya, mungkin ada huruf yang kekecilan ada pula yang kebesaran. Hasilnya jelas bakal bikin postingan kamu jadi tidak enak dibaca karena keliatan semerawut. 

Apalagi tampilan font yang biasa digunakan di word kurang bagus diaplikasikan ke blog, meskipun dalam satu postingan itu fontnya sudah seragam. Saya sendiri lebih suka font bawaan template yang saya gunakan saat ini ketimbang tampilan font bawaan microsoft word. 

Jumlah postingan yang muncul di beranda  tidak sesuai dengan pengaturan

Masalah yang muncul akibat copas langsung postingan dari word ke blog tidak hanya berkaitan dengan tampilan hurufnya yang tidak  seragam tapi juga menghilangkan postingan yang seharusnya muncul di beranda.

Saya kurang tahu di wordpress tapi kalau di blogger sendiri ada pengaturan dimana kita bisa menentukan jumlah postingan yang muncul pada layar home atau beranda blog. Nah, beberapa waktu lalu saya sempat setting agar postingan yang muncul di beranda Kamar Kenangan ini sebanyak 5 post tapi pas dicek kok yang muncul hanya 2 post ya?

Kalau kamu juga pernah mengalami masalah serupa berarti penyebabnya tidak lain karena kamu langsung copas postingan dari word ke blog. Jadi seperti yang sudah saya singgung, ketika kita memindahkan postingan dari word langsung ke blog ada kode-kode html tertentu yang juga ikut dan itu biasanya tidak sesuai dengan kode bawaan template blog yang digunakan. Kode-kode tersebutlah yang menimbulkan masalah sehingga harus dihilangkan dulu agar jumlah postingan di beranda blog bisa sesuai dengan pengaturan.

Postingan di laman blog menghilang

Kemarin-kemarin saya sempat cek postingan jadul di Kamar Kenangan ini dan menemukan beberapa postingan yang pas saya buka di laman blog isinya nggak ada tapi saya cek di dashboard ada. Jelas saya heran dong, kok sampai bisa hilang gitu?

Ternyata setelah saya selidiki insiden postingan blog yang isinya tiba-tiba raib alias tidak muncul di laman blog ini karena penyebab yang sama. Langsung comot postingan yang ditulis di word ke blog tanpa men-copasnya terlebih dahulu ke aplikasi semacam notepad.

Itulah beberapa masalah yang bisa muncul jika postingan yang ditulis di microsoft word langsung disalin dan ditempelkan ke blog. Agar permasalahan tersebut tidak muncul, biasanya setelah menulis postingan di word para blogger termasuk saya mengakalinya dengan memindahkan terlebih dahulu tulisan tersebut ke aplikasi sejenis notepad baru kemudian disalin dan ditempelkan di blog. But now, saya sudah menemukan cara yang lebih praktis, tidak perlu menggunakan aplikasi bantuan.

Cara praktis agar copy paste langsung tulisan dari word ke blog tidak bermasalah

Caranya ternyata gampang saja, Guys. Kamu bisa langsung copy paste tulisan dari word ke blog tanpa perlu singgah di notepad, tapi pastikan kamu ikuti langkah-langkah berikut :

Salin postingan blog yang kamu tulis di word

Buka dashboard blogger

Pilih entri baru pada Menu Postingan 

Tulisan yang sudah disalin dari word tempelkan ke blog dengan pilihan Tempel sebagai teks biasa
Selanjutnya kamu tinggal tempelkan dengan pilihan Tempel sebagai teks biasa

Kalau kamu menggunakan desktop pilihan Tempel sebagai teks pasti ada ya tapi kalau lewat hp biasa hanya menampilkan pilihan tempel saja. Tapi sekarang ini sudah ada beberapa jenis hp kok yang bisa memunculkan pilihan tersebut.

Kalaupun tidak ada nggak perlu khawatir, masih ada alternatif lain kok. Cara ini saya tahu dari Mbak Rini si empunya blog ceritadinihari.com. Waktu itu ada yang nanya-nanya di WAG Belajar Web & Blog - free dan untungnya saya sempat nyimak.

Hapus format teks bawaan dari word dengan klik icon dalam kotak merah 
Jadi kalau kamu mau tempel tulisan ke blog lewat hp tapi nggak ada pilihan Tempel sebagai teks biasa kamu tempel saja tulisan seperti biasanya. Setelah itu blok semua tulisan yang kamu paste tadi dan klik icon yang saya tandai dalam kotak merah seperti gambar di atas.

Icon tersebut fungsinya menghapus format bawaan dari word yang terikut saat disalin. Mungkin ada juga yang menghapus format tulisan langsung di word sebelum menyalin dan menempelkannya ke blog. Saya pernah coba cara tersebut tapi setelah paste ke blog hasilnya masih bermasalah. Jadi sebaiknya memang format teks dari word yang disalin itu dihapus setelah di-paste ke blog dengan cara di atas.

Itu dia cara praktisnya, mudah sekali, kan? Tapi masalahnya bagaimana jika sudah banyak postingan di blog kita merupakan hasil copy paste langsung dari word?

Ya kalau pengen tampilan blog kita rapi dengan font seragam sesuai bawaan template mau nggak mau semua postingan  blog yang terlanjur kita copas dari word harus kita edit satu persatu dan hilangkan format dari wordnya dengan cara tersebut.

Tampilan setelah klik icon jump break
Tapi misalkan kita cuma ingin memperbaiki jumlah postingan yang muncul di beranda agar sesuai dengan pengaturan yang sudah kita setel maka langkahnya kamu cukup buka postingan terakhir di dashboard. Lalu letakkan kursor pada paragraf pertama setelah itu klik icon jump break seperti yang saya tandai dengan kotak merah pada gambar di atas.

Oke, itulah beberapa cara praktis yang bisa diterapkan jika kamu ingin copy paste langsung tulisan dari word ke blog tanpa mengalami masalah dengan tampilan di beranda atau laman blog. Sekian sharing saya kali ini, semoga bermanfaat.

Salam,


You May Also Like

18 comments

  1. Saya baru saja mau komen kalau saya bisa tuh copas dari word tempel di blog dan langsung published dengan hasil tidak berantakan. Eh sampai ke bawah caranya ternyata sama. Jadi di hp saya memang sudah ada pilihan tempelkan teks biasa. Saya pilih itu makanya susunannya menyesuaikan dengan blog saya. Bukan sesuai word.

    ReplyDelete
  2. Waaaa, tipsnya mantuul banget kakaaa
    Iya nih, kudu pelajari seluk-beluk blogging yaa
    supaya makin semangat lagiii ngeblognya

    ReplyDelete
  3. Iya bener, kalo langsung copas aja pasti bermasalah blognya. Pernah dulu ngalaminnya, hilang post di beranda, ataupun tulisan yang kacau. Sekarang udah gak lagi auto copas dri word k blog. Hehe sekarang pakai notepad

    ReplyDelete
  4. oh begitu ya caranya..
    aku setiap kali ngeblog selalu copas dari word ke blog..
    tapi kalau aku, caranya setelah klik entri baru, di menu postingan kan ada 2 pilihan yaitu compose dan html. Nah, aku pilih yang html, lalu copas word nya kesitu.

    tapi memang sih, tulisannya jadi berantakan. Jadi aku rapihin paragrafnya secara manual.. hihi..

    Besok aku mau coba ah caranya mba siska..

    ReplyDelete
  5. Nah, berguna banget nih tipsnya, apalagi aku tipe yang kalo nulis artikel di word dulu nih, dan emang kadang suka error kalo di copas ke blog, dan kayanya sih tergantung sama template blog yang kita pake juga kali ya mba?

    ReplyDelete
  6. kalo dulu aku pakai notepad atau wordpad gitu baru di paste di blog, tapi pas pindah ke WP jadi lebih mudah hehe, makasi mba infonya ini terlihat basic padahal semua blogger mesti tau ya.

    ReplyDelete
  7. Wahhhh... dapat ilmu baru, aku nih termasuk yang selalu nulis di word lalu pindah ke blog lalu edit lagi diblog hahaha.. makan waktu banget dahh.. aku ijin save yah mba tulisannya, mau ku baca lebih detail lagi..

    ReplyDelete
  8. Aku nggak pernah ngeblog pakai hp sih. Tapi kalau mindahin dari words ke blog, semisal ada job harus lewat persetujuan draft, aku pakai yg mampir ke notepad itu. Kelihatannya lebih ribet sih, tapi karena udah terbiasa aja.

    ReplyDelete
  9. iyeess, saya juga pernah lihat cara ini sebelumnya, tapi lupa, sudah lumayan lama sih, sebelum di WAG itu kalau ndak salah. Tapi saya lebih suka mulai nulis dari awal sih, kalau yang copas word itu biasanya saya klik yang di tulisan HTML pojok kiri itu saat menulis. Rempong sih emang harus menyesuaikan lagi, tapi biar sekalian di edit gitu (apalagi kalau tuk placement article) hehehheh.

    ReplyDelete
  10. Aku jarang banget ngedraft di word biasanya langsung di blog tapi nanti kalau udah selesai baru copas ke owrd heheh emalah tebalik ya. Tapi kalau terpaksa ngedaraft di word biasanya pakai cara yg sama atau aku copas ke notepad dulu biar ga berantakan

    ReplyDelete
  11. thanks for the tips mba..memang settingan awalnya harus kita ubah lalu mulai dari awal agar tampilannya jadi rapi ya mba

    ReplyDelete
  12. Wah penting nih suka ribet emang kalau copy paste dari word ke blog..akibatnya saya seringnya nulis lgs di dashboard deh..

    ReplyDelete
  13. Informasi baru yang bermanfaat banget. Soalnya beberapa kali saya suka sebel nih mba kalau copy paste dari word ke blog langsung gitu rusak tatanannya. Otomatis harus ngulang ngatur lagi artinya kerja 2 kali. Gak efisien banget. Ternyata pastenya pake yg itu ya. Noted.

    ReplyDelete
  14. Tips oke banget nih dan bisa langsung dipraktikan. Selama ini aku masih mengandalkan notepad sih. Padahal kalau bikin draft awalnya ya tetap di word. Makasi sudah berbagi tips ini ya, Mbak. Pindahin teks sekarang tak perlu dari word, ke notepad dulu, baru ke blog. Bisa langsung sekarang dari word ke blog.

    ReplyDelete
  15. Pake icon clear format yang tanda silang itu aja kadang masih ada loh kode html dari word yang kebawa. Paling aman copasnya di mode HTML, bukan mode Compose. Memang harus rapi-rapiin lagi paragraf dan segala macemnya. Tapi dijamin bersih total dari kode-kode bawaan dari Word.

    ReplyDelete
  16. AsAsik nih, jadi tau aku..hehe
    Terima kasih sharingnya, Teh Siska..

    Sederhana sih tapi kalau gak tau mah tetep sama aja..
    Prateknin ah nanti..

    ReplyDelete
  17. Asik nih, jadi tau aku..hehe
    Terima kasih sharingnya, Teh Siska..

    Sederhana sih tapi kalau gak tau mah tetep sama aja..
    Prateknin ah nanti..

    ReplyDelete
  18. Iya dari world tidak bisa langsung ke dasbor blog bisa berantakan mmg ya hehe kd saya tuh copas ke note dulu baru dari note ke dasbor blog. Makasih ulasan tips bloggingnya nya ini kak siskaa :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.