Tips Membeli Mesin Kopi Terbaik untuk Coffe Lovers

by - Thursday, March 12, 2020

mesin kopi terbaik
Gambar : pixbay

Mesin kopi terbaik dapat menghasilkan kopi yang lezat dan berkualitas. Simak tips memilih mesin kopi yang tepat agar bisa meracik kopi yang nikmat.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil kopi terbaik. Sebut saja kopi Aceh Gayo yang memiliki rasa unik dibanding rasa kopi arabika lainnya, ada juga kopi khas Sulawesi Selatan yang berasal dari Toraja sehingga dikenal sebagai kopi Toraja dan popularitasnya sudah mendunia dengan aroma yang khas.

Papua pun tak ketinggalan dengan kopi Wamena-nya yang punya rasa floral karena penanamannya tanpa bahan kimia sehingga terkenal sebagai kopi organik dan baik untuk keseahatan. Selain itu masih banyak lagi jenis kopi lainnya dari berbagai daerah di Indonesia dengan ciri khas masing-masing, seperti kopi kitamani dari Bali dan kopi bajawa dari Flores.

Tidak hanya itu, menurut data dari Kementerian Pertanian, Indonesia merupakan penghasil terbesar kopi di dunia, selain Brasil dan Kolombia. Tak heran jika minuman ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan semakin ke sini semakin menjamur usaha-usaha kafe kekinian di bidang kopi. 

Mesin-mesin pembuat kopi pun semakin banyak jenisnya mulai dari mesin kopi yang memang didesain untuk usaha hingga mesin kopi rumahan yang dikhususkan untuk coffee lovers yang ingin tetap bisa menikmati sajian kopi lezat ala barista di rumah sendiri.


Tips memilih mesin kopi terbaik 

Berikut ini ada sedikit tips buat kamu yang tertarik ingin membeli mesin kopi ;

Pilih mesin kopi sesuai kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya kamu sudah harus tahu terlebih dahulu kebutuhanmu terhadap mesin kopi tersebut, apakah akan digunakan untuk membuka usaha atau hanya sebatas untuk bisa menikmati kopi dengan cara pembuatannya yang praktis. 

Atau jika kamu suka dengan kopi filter kamu bisa memilik mesin kopi filter, ada juga mesin kopi espresso yang bisa kamu pilih jika kamu sukanya kopi espresso


Perhatikan kapasitas penyeduhan

Ada beragam kapasitas penyeduhan kopi, mulai dari kapasitas satu gelas hingga 12 gelas kopi. Jika kamu membeli mesin kopi untuk kebutuhan di rumah saja, mesin dengan dengan kapasitas dua gelas kopi bisa jadi pilihan yang tepat. 

Sebaliknya jika tujuanmu beli mesin kopi untuk kepentingan bisnis maka tentu kamu harus pilih mesin dengan kapasitas penyeduhan kopi yang lebih besar.

Beli mesin kopi sesuai budget

Hal yang tak kalah penting yang juga harus kamu perhatikan sebelum membeli mesin kopi adalah masalah budget. Tidak usah memaksakan diri membeli mesin kopi di luar budget, yang penting kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Kalau hanya digunakan di rumah, kamu nggak usah beli mesin kopi yang harganya mahal, kecuali kalau kamu ingin membuka usaha kafe atau warung kopi tentu kamu harus pilih mesin yang cocok dan harganya jelas di atas mesin kopi rumahan.

Satu hal lagi yang perlu kamu ingat, mesin hanyalah bagian pendukung dalam mengolah kopi, yang menentukan kualitas racikan kopi buatan adalah kualitas dari biji kopi itu sendiri.

Pilih mesin kopi dengan kualitas terjamin

Tentunya akan sangat rugi jika kamu membeli mesin kopi yang mudah rusak, bukan? Nah, untuk mengetahui kualitas dari sebuah mesin kopi bisa dilihat dari harga karena biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas. Akan sangat beruntung sekali jika kamu bisa mendapatkan mesin kopi dengan harga terjangkau dan kualitas oke.

Untuk itu pastikan kamu membeli mesin kopi yang diproduksi dari perusahaan terpercaya. Seperti mesin kopi nescafe dulce gusto yang bisa jadi pilihan buat para pecinta kopi yang ingin menikmati kopi  ala barista setiap harinya.

Mesin kopi dulce gusto 
Gambar : shopee
Menggunakan mesin kopi rumahan yang satu ini  juga malah bikin pengeluaranmu lebih hemat lho karena kamu tidak perlu setiap hari nongkrong di kafe hanya untuk bisa mencicipi sajian kopi istimewa. 

Kamu bisa ber-me time ria denha meracik kopi sendiri bahkan hanya dalam jangka waktu tidak kurang dari semenit. Uniknya lagi, mesin ini bisa kamu gunakan juga untuk membuat berbagai minuman lainnya seperti chai tea, lemon tea, hot cocholate, green tea, milo dan lain sebagainya.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli mesin kopi terbaik. Sekian sharing saya kali ini. Semoga bisa membantu kamu menemukan mesin kopi yang tepat.

Salam,

You May Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.