SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Cara Menaikkan Domain Authority 2020

by - 5/28/2020

Cara menaikkan domain authority

Ulasan terkait cara menaikkan domain authority 2020 ini cukup panjang. Silakan baca sampai habis dan jangan lupa praktikkan ilmunya ya๐Ÿ˜Š

Istilah Domain Authority atau sering disingkat DA tentu tidak asing lagi di kalangan para blogger yang telah memonetisasi blognya. DA menjadi ukuran yang menunjukkan tingkat kepercayaan pada sebuah website.

Semakin tinggi skor DA yang diperoleh maka semakin baik kualitas website tersebut. Itulah sebabnya banyak para brand atau agency yang ketika ingin mengajak kerjasama dengan blogger, menjadikan DA sebagai acuan. 

Tidak heran pula bila para blogger yang menjadikan aktivitas ngeblognya sebagai profesi baik full time or part time berlomba-lomba membangun kredibilitas blognya. 

Berhubung blog siskadwyta.com sudah saya monetisasi sehingga urusan DA juga menjadi hal yang penting buat saya. Setidaknya sejauh ini saya sudah berusaha melakukan berbagai cara agar DA saya bisa naik. Hasilnya? Alhamdulillaah masih naik turun, hehe. 

Nah, apa saja cara meningkatkan domain authority yang sudah saya lakukan? Yuk simak ulasan saya berikut ini, namun sebelum itu ada baiknya kita mengenal lebih jauh terkait DA.


Mengenal Domain Authority

Cara mudah meningkatkan domain authority
Gambar : freepik.com
Domain Authority adalah sebuah metrik atau ukuran yang dikembangkan oleh Moz untuk menilai kualitas sebuah website. Semakin tinggi skor DA yang diperoleh maka semakin besar pula peluang blog kita menduduki peringkat pertama pada halaman mesin pencari seperti Google.

Skor DA sendiri berkisar dari 1-100 namun hanya situs seperti Google dan Facebook yang memiliki skor DA sempurna. Jadi kita nggak perlu menargetkan harus mencapai skor 100. Bagi blogger personal bisa dapet skor DA di atas 15 saja itu sudah alhamdulillaah banget lho. 

Oya metrik ini memang belum tentu 100% akurat namun setidaknya dapat memberi gambaran terkait seberapa baik tingkat kepercayaan blog kita di mata mesin pencari. 

Bahkan sebagian ahli SEO berpendapat bahwa mesin pencari seperti Google juga menggunakan skor DA untuk untuk menentukan page rank di halaman situsnya. Pendapat tersebut bukan tanpa alasan sebab tidak sedikit website atau blog dengan DA tinggi berhasil menempati halaman pertama search engine.

That's why, DA menjadi penting bagi para blogger yang tujuan ngeblognya ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah. Karena dengan skor DA tinggi berarti peluang blog kita berada di halaman pertama mesin pencari semakin besar. 

Of course, jika rata-rata postingan di blog kita berada di peringkat pertama pada halaman mesin pencari maka itu akan mengundang banyak traffic dan pageviews. Semakin banyak traffic dan pageviews yang datang maka akan semakin besar pula peluang kita meraup penghasilan dari blog.

Jadi  DA ini penting bagi kamu yang ingin serius menekuni dunia blog. Kalau kamu ngeblognya sebatas suka-suka atau sekadar menyalurkan hobi, kamu nggak perlu repot-repot memikirkan DA. 

Tapi kalau kamu memang ingin menghasilkan uang dari blog maka kamu wajib tahu cara meningkatkan Domain Authority blog kamu yang tentunya sudah harus menggunakan Top Level Domain  (TLD). 


Faktor-faktor yang mempengaruhi Domain Authority

Setelah membaca berbagai referensi saya mendapat penjelasan bahwa sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi naik turunnya nilai Domain Authority (DA). Namun tiga faktor ini yang umumnya mempengaruhi  ;

Popularitas Domain

Popularitas domain menyangkut seberapa banyak link  masuk ke blogmu. Semakin banyak backlink yang kamu terima maka semakin besar peluang blogmu mendapat skor DA tinggi. 

Namun perlu diingat, yang penting di sini bukan kuantitas tapi kualitas link yang masuk menuju blogmu. 

Artinya akan lebih bagus jika kamu mendapatkan 1 backlink berkualitas daripada 10 backlink tapi dari blog abal-abal. Bukannya memberi dampak baik, backlink yang berasal dari situs buruk akan menjatuhkan reputasi blogmu di mata mesin pencari.

Ukuran Domain

Ukuran domain berkaitan dengan seberapa banyak jumlah postingan yang ada di blogmu. Semakin banyak postingan atau konten yang kamu buat maka semakin besar pula ukuran domain blogmu. 

Itulah sebabnya para blogger yang mengejar  skor DA tinggi harus rajin mengupdate postingan blog. Jika tidak bisa setiap hari, paling tidak setiap pekan atau minimal setiap bulan harus ada konten baru yang dibuat.

Namun banyaknya konten saja tidak cukup menjadi acuan sebab mesin pencari seperti Google juga akan menilai seberapa berkualitasnya konten yang kamu buat.

Usia Domain 

Penilaian moz terhadap DA suatu blog juga tidak lepas dari usia domainnya. Semakin lama keberadaan suatu domain, maka semakin tinggi pula nilai DA dari domain tersebut. 

Mesin pencari akan menganggap domain yang sudah lama dan aktif layak diberi nilai tinggi dan itu juga bisa mempengaruhi peringkatnya di halaman hasil pencarian.

Cara Menaikkan Domain Authority

Teknik menaikkan domain authority
Gambar : freepik.com
Ada banyak cara yang sebenarnya bisa ditempuh untuk menaikkan skor DA blog. Namun saya akan membahas cara meningkatkan DA berdasarkan pengalaman atau apa yang sudah saya terapkan.

Berikut ini 5 cara meningkatkan Domain Authority ;

Rajin Blogwalking

Saya pertama kali mengenal istilah DA tahun 2017 lalu. Namun baru mengetahui manfaat dari memiliki DA dengan nilai tinggi satu tahun kemudian tepatnya setelah mengikuti tantangan blogging 30 hari yang diadakan Komunitas Blogger Perempuan Network (BPN).

Usaha untuk menaikkan DA blog sendiri baru saya lakukan awal tahun 2019 dengan cara rajin ikut list blogwalking. Well, inilah cara pertama dan paling saya andalkan saat itu untuk mendongkrak skor DA siskadwyta.com.

Bayangkan DA saya yang tadinya cuma naik 2 skor dalam sebulan berhasil naik 1 poin per tiga hari. Yang selama bulan Januari hanya naik dari 14 ke 16, masuk Februari berhasil melonjak dari angka 16 ke angka 22. 

Yap, DA blog saya pernah naik 6 poin dalam jangka waktu sebulan hanya dengan cara melakukan kegiatan blogwalking setiap harinya. 

Sayangnya baru beberapa hari menikmati DA yang berhasil menyentuh kepala 2 saya harus menerima kenyataan pahit ketika Moz mengupdate algoritma terbarunya pada tanggal 5 Maret 2019 sehingga menyebabkan terjadinya tragedi DA anjlok secara massal.

Blog ini juga kena imbasnya. Anjlok parah. Turunnya nggak tanggung-tanggung dari 22 jadi 10. Sedih tapi yah mau gimana lagi. 

Setelahnya saya berusaha untuk menaikkan DA dengan tetap melakukan cara ini tapi tidak mempan. Berbulan-bulan rajin blogwalking tidak menunjukkan hasil, akhirnya saya mencoba cara lain. 

Menghapus Broken links

Broken links adalah tautan-tautan yang rusak, yang ketika diklik tidak akan membawa kita pada halaman yang dicari. Adanya broken link ini tentu membawa dampak buruk bagi blog kita. Orang-orang yang hendak mengunjungi link tersebut pastinya akan kecewa.

Bayangkan saja, misal kita ingin mencari sebuah alamat tapi setelah datang ke alamat tersebut kita tidak menemukan apa-apa. Selain kecewa, orang yang berkunjung tersebut akan merasa seperti ditipu dan tidak ingin berkunjung kembali. 

Lebih parahnya lagi, banyaknya broken links membuat blog kita bisa saja kena pinalti dari mesin pencari yang akibatnya jelas dapat merusak reputasi. 

Blog yang sudah kita bangun tidak hanya kehilangan kepercayaan dari pengguna tapi juga akan kehilangan peluang untuk meraih posisi teratas di halaman mesin pencari.

Well, setelah mengetahui pengaruh buruk dari  broken link saya coba cek sendiri di situs brokenlinkchecker dan kaget melihat hasilnya. 

Ternyata ada ribuan broken links yang bersarang di Kamar Kenangan ini (meski aselinya nggak sampai sebanyak itu). Nggak heran sih, kenapa sampah di Kamar Kenangan ini jumlahnya mencapai ribuan wong sebelumnya saya memang nggak pernah bersih-bersih. 

Saat tahu blog ini punya banyak broken links juga saya nggak langsung membersihkan. Gimana mau bersihkan coba, lihat angkanya saja kepala saya sudah mumet duluan.

Tapi karena berbulan-bulan DA blog saya tak kunjung bertambah paska tragedi 5 Maret itu, jadi terbersit keinginan untuk bersih-bersih blog. Kali saja setelah menghapus ribuan broken links skor blog saya bisa bertambah.

Asumsi saya sepertinya benar. Meski tidak ada kejelasan terkait pengaruh broken links terhadap skor DA suatu blog. Namun dari pengalaman saya pribadi setelah berhasil menghapus semua broken links di blog ini, DA saya beneran bertambah lho. Yang tadinya 10 naik jadi 13.

Eh tapi karena sudah lama nggak bersih-bersih, ada banyak sampah yang muncul lagi di blog ini dan DA blog saya yang bulan Januari kemarin sempat menyentuh angka 14 turun ke angka 10. Apa mungkin karena broken links? Bisa jadi.


Mempromosikan postingan blog di media sosial

Salah satu faktor yang mempengaruhi naik turunnya DA adalah popularitas domain. Meski popularitas domain yang dimaksud lebih mengarah pada backlink berkualitas yang bisa didapatkan namun tidak menutup kemungkinan popuparitas blog kita juga bisa naik karena rajin promosi di media sosial.

At least, kita bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram maupun twitter untuk mempromosikan blog beserta konten-konten di dalamnya dengan mudah dan cepat. Bahkan untuk branding diri juga bisa lho.

Banyak blogger yang sudah menerapkan cara ini, termasuk saya sendiri. Yup, sudah dua tahun terakhir ini saya mem-branding diri sebagai blogger dengan menggunakan nama yang sama dengan domain blog saya ini. Semua akun media sosial saya juga menggunakan username Siska Dwyta. 

Efeknya banyak yang mengenal saya sekarang sebagai blogger dan dengan mudah mengakses blog saya hanya dengan mengingat nama yang saya gunakan untuk mem-branding diri.

Membuat Konten yang Berkualitas

Sebenarnya kalau kita mampu membuat konten yang berkualitas, menggapai skor DA tinggi bukanlah hal yang sulit. Itu sebabnya content is king. Yup intinya ada pada konten.

Saya sendiri sudah merasakan benar manfaat dari membuat konten berkualitas. Jadi ada beberapa postingan di Kamar Kenangan ini yang saya anggap sebagai konten berkualitas, diantaranya  bisa kamu search di Google dengan kata kunci cerita mpasi, cara menghapus brokenlink dan majalah annida.

Ketiganya saya anggap sebagai konten berkualitas karena berhasil menduduki halaman pertama Google dan mendatangkan lumayan banyak trafik organik di blog ini. Padahal itu saya postingnya tanpa mempraktikkan teknik SEO.

Sayangnya tidak semua konten yang ada di blog ini seberuntung ketiga postingan tersebut yang bisa mendapat peringkat pada halaman pertama mesin pencari. Bukan berarti konten yang lain nggak berkualitas lho ya, hanya kurang optimasi. Makanya membuat konten yang baik dan berkualitas saja tidak cukup sehingga dibutuhkan juga yang namanya SEO.

Menerapkan teknik SEO yang tepat

Search Engine Optimatizon atau lebih dikenal dengan istilah SEO merupakan upaya untuk mengoptimasi sebuah website atau blog untuk mendapatkan peringkat pertama pada mesin pencari. 

Seperti yang sudah saya singgung di atas, ketika postingan blog kita berhasil muncul di page one mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dll maka peluang mendapatkan trafik organik semakin besar. Dengan demikian, kredibilitas blog kita juga akan semakin meningkat yang ditandai pula dengan naiknya skor DA.

Banyak blogger yang kemudian berlomba-lomba agar konten yang dibuatnya bisa mendapat peringkat atas di halaman mesin pencari dengan menerapkan teknik SEO.

So far DA dan SEO merupakan dua hal yang nggak bisa dipisahkan. Kalau mau DA naik ya harus tahu juga cara menerapkan teknik SEO yang tepat. Tapi jujur saja terkait SEO ini saya masih awam banget.

Tadinya saya sempat ingin belajar teknik SEO secara otodidak dengan mengandalkan berbagai referensi terkait yang ada di internet, tapi baru baca beberapa artikel saja kepala saya sudah pusing duluan saking banyaknya istilah-istilah SEO yang saya nggak paham.

Belum lagi dengan urusan praktiknya yang kelihatan ribet pake banget. Apalagi selama ini saya ngeblognya kan asal ngeblog. Yang penting menulis, posting - selesai. Tapi kalau ingin menerapkan teknik SEO, banyak hal yang harus  saya perhatikan dan itu nggak gampang!

Kelas Menaikkan Domain Authority
Menjadi salah satu dari 30 peserta yang terpilih mengikuti kelas 30 Hari DA Naik
Orang yang awam SEO kayak saya memang butuh pelatih. Beruntung saya bisa mengikuti kelas 30 Hari DA Naik. Di kelas inilah saya mulai memahami bagaimana cara menerapkan teknik SEO yang tepat. 

Yup, namanya saja kelas naikkin DA tapi di dalamnya saya seperti sedang mengikuti kelas SEO. Nah, gara-gara ikut kelas tersebut saya jadi bisa menerapkan cara yang satu ini. 

Itulah 5 cara yang sudah saya terapkan untuk menaikkan DA. Khusus poin ke-lima saya masih dalam proses belajar mempratikkan sehingga hasilnya masih belum terlihat sekarang dan masih banyak PR di blog ini yang belum saya tuntaskan, tapi kita lihat saja nanti. 

Meningkatkan Domain Authority dengan Ikut Kelas 30 Hari DA Naik (Gelombang 1 )

Kelas menaikkan domain authority

Saat tahu saya sedang mengikuti kelas naikin DA banyak teman-teman blogger yang tertarik ingin bergabung dan bertanya bagaimana cara mengikuti kelas tersebut, berapa biaya yang harus dikeluarkan sampai ada pula yang bertanya Mas Irwin itu siapa? Hehe.

Daripada saya jawab satu-satu mending sekaligus saja ya pertanyaan-pertanyaan tersebut saya rangkum dan jawab di sini.

Apa itu Kelas 30 Hari DA Naik?

Kelas 30 Hari DA Naik adalah kelas yang dibuat oleh Irwin Andriyanto atau akrab disapa Mas Irwin. Kelas ini berlangsung selama 30 hari di WhatsApp Grup yang hanya beranggotakan 32 orang dimana 30 orang merupakan peserta dan 2 lainnya adalah coach.

Target dari kelas ini adalah DA blog seluruh peserta dapat naik hingga mencapai skor 15 bahkan lebih. Namun dari awal saat diinfokan terpilih mengikuti kelas ini, Mas Irwin sudah menekankan bahwa naik atau tidaknya DA bergantung dari blogger itu sendiri. Coach hanya memberi arahan jalan, mau dilalui atau tidak dikembalikan pada peserta itu sendiri.

Bagaimana cara mengikuti Kelas 30 Hari DA Naik?

Caranya gampang, tinggal isi form pendaftaran yang terbuka. Saya waktu itu dapat link form pendaftarannya di WAG Blogger Ruang Tunggu. 

Setelah isi formnya tinggal tunggu konfirmasi.  Kalau terpilih kamu bakal diinformasikan lewat WA dan dikasih link untuk bergabung ke WAG Kelas. 

Eniwei saya sempat pesimis waktu isi form karena kuota peserta hanya 30 orang, sementara yang daftar pasti banyak. Nggak nyangka saja dari sekian banyak blogger yang daftar saya bisa keangkut ikut kelas ini. 

Apa saja syarat yang harus dipenuhi agar bisa diterima sebagai peserta Kelas 30 Hari DA Naik?

Kalau kamu tertarik ingin ikut kelas ini pastikan saja kamu memenuhi kriteria berikut ;

  1. Skor DA blog berkisar 1-10
  2. Sudah mengisi meta deskripsi blog 
  3. Blog sudah konek ke Google Search Console (GSC) dan Google Analytic (GA)
  4. Minimal sudah punya pengetahuan tentang SEO On Page dan SEO Off Page
  5. Siap mengupdate konten lama
Khusus untuk poin 1 sepertinya sudah nggak bisa diganggu gugat lagi. Jadi yang diterima sebagai peserta Kelas 30 Hari DA Naik gelombang 1 ini hanya blog yang memiliki skor DA 1-10.  Entahlah untuk gelombang 2, 3 dan seterusnya.

Sedangkan poin 2-5 masih agak longgar ya. Jadi kalau misalnya kamu sudah daftar dan terpilih tapi blogmu ternyata belum ada meta deskripsi atau belum konek ke GSC atau GA kamu bakal diarahkan di kelas.

Berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti Kelas 30 Hari DA Naik?

90 ribu. Itu biaya yang saya keluarkan untuk beli paket data selama sebulan. KiYa kan kelas ini berlangsung di WA otomatis paket data saya harus aktif dong. 

Tapi untuk kelasnya sendiri GRATIS ya alias tidak dipungut biaya sepersen pun malah yang ada kita dikasih kesempatan menikmati akun Moz pro selama sebulan.

Siapa saja pelatih (Coach) di Kelas 30 Hari DA Naik?

Ada dua coach yang mendampingi kami selama belajar di kelas Naikklin DA ini, yaitu Mas Irwin sendiri dan rekannya Mas Punto Wicaksono.

Nah, kemarin-kemarin ada yang nanya ke saya, Mas Irwin itu siapa? Saya bingung juga jawabnya karena belum begitu kenal tapi kalau Mas Punto saya tahu. Itu lho yang biasa bagi-bagi job ke para blogger, suaminya Mbak Monica Anggen. 

Lha kalau Mas Irwin? Nah, itu dia saya juga baru kenal Mas yang umurnya ternyata setahun lebih muda dari saya ini di Kelas Naikkin DA. Jangan salah lho, meski umur doi masih muda tapi ilmu SEO-nya patut diancungi jempol. 

Boleh dibilang Mas Irwin ini salah satu pakar SEO di Indonesia yang paham benar dengan teknik SEO on Page. Sementara Mas Punto yang sering disapa Pewe ini ahlinya di bidang SEO off Page. Dengan keahliannya itu, wajar kalau blog utama yang dikelolanya kini sudah berhasil meraih DA 32. Wah, keren ya!

Baik Mas Irwin maupun Mas Pewe sama-sama expert masalah SEO jadi saya merasa beruntung sekali bisa  menimba ilmu secara gratiss dari keduanya di kelas Naikin DA ini.

Bagaimana model pembelajaran di Kelas 30 Hari DA Naik?

Model pembelajarannya santuy banget. Nggak ada tuntutan semua peserta harus aktif. Hanya sekadar menyimak pun tak masalah. Namun seperti yang sudah ditekankan dari awal, naik tidaknya DA bergantung dari blogger itu sendiri.

Tugas coach di sini sebatas mengarahkan. Ini lho jalan yang mesti kamu tempuh kalau mau DA naik cepet. Ibaratnya mah kita sudah dikasih petunjuk jalan selanjutnya ya terserah, mau ikuti petunjuk itu atau nggak.

Jadi setelah coach menyampaikan materi  kami langsung praktik. Kalau nggak paham bertanya, kalau pusing bagus, hehe. Itu kata Mas Irwin di awal kelas yang belakangan baru saya sadari, benar juga. 

Belajar SEO memang bikin pusing, jadi jangan ngaku sudah belajar SEO kalau belum berpusing ria๐Ÿ˜…

Syukurnya kelas ini berlangsung dengan santuy, jadi meski pusing dengan tugas yang diberikan tapi nggak sampai bikin stres. Ya pokoknya kelasnya asiklah.

Materi apa saja yang didapatkan selama mengikuti Kelas 30 Hari DA naik?

Ada 5 materi inti yang kami dapatkan selama mengikuti kelas ini. 4 materi terkait SEO On Page disampaikan oleh Mas Irwin sementara satunya materi daging yang berhubungan dengan SEO Off Page dibawakan oleh Mas Pewe. Soal pembahasan materinya saya skip dulu ya.

Apakah setelah 30 hari mengikuti kelas tersebut DA peserta berhasil naik?

Alhamdulillaah ada yang berhasil naik, ada juga yang tidak bahkan ada yang turun. Kalau ditanya apa alasannya, sekali lagi saya ulangi ya apa yang sudah ditekankan dari awal kelas ini dimulai, naik turunnya DA dikembalikan ke blogger itu sendiri. Lalu bagaimana dengan DA blog ini? Naik atau turun? Hehe sabar. Kalau mau tahu jawabannya baca sampai habis.


Materi Kelas 30 Hari DA Naik (Gel. 1)

Seperti yang sudah saya singgung di atas, di postingan kali ini saya bakal kasih bocorkan materi-materi apa saja yang sudah saya dapatkan di Kelas 30 Hari DA Naik eh tapi cuma garis besarnya saja ya. 

Untuk lebih jelasnya tentu akan lebih baik jika kamu berguru langsung ke Mas Irwin dan Mas Pewe. Selanjutnya yuk simak materi dari kelas Naikin DA yang sudah saya rangkum ๐Ÿ˜Š

Google Analytic (GA) dan Google Search Console (GSC)

Materi pertama yang disampaikan oleh Mas Irwin adalah tentang GA dan GSC. Keduanya merupakan tools dari Google yang wajib diperhatikan jika kita ingin melakukan optimasi. Paling tidak kita harus tahu fungsi dari GA dan GSC.

Sebelumnya saya sama sekali nggak tahu apa perbedaan keduanya, di kelas inilah baru saya ngeh ternyata baik GA maupun GSC sama-sama menampilkan trafik di blog kita. 

Bedanya, GA menampilkan seluruh trafik baik dari search engine, direct, iklan hingga media sosial sementara GSC hanya menampilkan trafik dari mesin pencari. Sampai di sini paham ya?

Selanjutnya Mas Irwin membahas fungsi dari fitur-fitur yang ada pada GA dan GSC. Saya yang tadinya tidak begitu paham dengan fitur-fitur tersebut jadi mengangguk-angguk. 

Di GA kita bisa tahu laporan blog kita seperti apa. Untuk mengetahui jumlah trafik secara langsung kita bisa lihat di fitur real time atau lewat fitur audiens kita bisa mengecek hal-hal yang berkaitan dengan pembaca blog mulai dari minat, umur, demografi, perilaku hingga perangkat yang mereka gunakan pun kita bisa tahu.

Ada pula fitur akuisisi, lewat fitur ini kita bisa tahu jalur darimana trafik di blog kita datang apakah dari mesin pencari, iklan atau dari list blogwalking

Selain itu, GA juga menampilkan laporan terkait perilaku pengunjung blog. Jadi kita bisa tahu apa saja yang dilakukan mereka ketika mengunjungi blog kita, seperti halaman mana yang mereka baca, apakah mereka melakukan penelusuran pada situs kita atau tidak, berapa kecepatan akses blog kita dari device pengunjung dan lain sebagainya. Kita bisa mengecek semua itu di Google Analytic.

Nah, GSC juga punya banyak fitur yang berguna banget untuk blogger, salah satunya audit SEO selain memberi laporan mengenai banyaknya trafik blog yang masuk dari mesin pencari. 

Lewat GSC kita dapat mengetahui kata kunci apa saja yang sering dicari banyak orang dan masuk di halaman blog kita, termasuk halaman mana saja yang ada trafiknya dan berada di posisi berapa di mesin pencari.

Selain itu agar artikel yang kita publish cepat terindeks kita tinggal masukkan link artikel tersebut ke kolom inspect URL pada GSC. Kalau ada konten yang ingin dihapus di mesin pencari juga tinggal pilih menu penghapusan dan masukkan linknya.

Oya, GSC juga punya fitur penyempurnaan. Di sini kita bisa lihat blog kita sempurna nggak di mata google. Kalau belum sempurna ya perbaiki. Kata Mas Irwin,  setiap blog punya masalah penyempurnaannya masing-masing, jadi kalau ingin memperbaiki ya kudu fokus pada masalah blog sendiri.

Dan masih banyak fitur lainnya yang bisa kita manfaatkan dari kedua tools tersebut untuk optimasi blog, silakan kamu eksplore sendiri biar lebih jelas.

Dari materi ini kami diberikan PR untuk melihat GA dan GSC masing-masing lalu menganalisa ke depannya blog saya untuk siapa dan harus bagaimana?

Keyword Research

Materi selanjutnya yang tak kalah penting adalah melakukan keyword research. Jujur saja saya sudah lama tahu tentang pentingnya meriset kata kunci sebelum membuat konten, sudah pernah juga baca-baca soal ini tapi masih bingung mempraktikkannya karena nggak paham harus mulai darimana.

Jadi selama ini saya nulis ya nulis saja nggak pake acara riset kata kunci segala. Setelah dapat materi ini baru saya paham. Ternyata cara meriset kata kunci tidak sesulit yang saya kira.

Jadi dari penjelasan Mas Irwin, keyword research ini adalah teknik paling penting dan paling dasar dari membuat konten. Kenapa?  Karena dengan melakukan reasearch itulah kita bisa tahu ada nggak sih orang yang bakal cari postingan di blog kita.

Selanjutnya kami diberitahu cara melakukan riset kata kunci dengan memanfaatkan tool gratis Ubersuggest. Cara menggunakan tool ini juga gampang banget. Tinggal masukkan saja kata kunci yang ingin ditargetkan lalu liat volumenya. 

Metode menaikkan domain authority dengan riset keyword
Riset kata kunci menggunakan ubbersugest
Misal saya ingin cari kata kunci "mpasi bayi". Setelah saya cek di ubbersuggest hasilnya seperti yang ditunjukkan data di atas.

Volume tersebut menunjukkan banyaknya orang yang mencari kata kunci tersebut. Yang perlu diingat, semakin banyak jumlah pencariannya maka akan semakin banyak saingannya. 

Saran Mas Irwin pilihlah SD kata kunci di bawah 20 atau yang berwarna hijau (liat kolom paling kanan). Kenapa demikian? Karena hal tersebut berpengaruh pada kompetisi termasuk dengan web-web besar.

Dari materi ini kami diberikan PR untuk menentukan artikel mau dibuat atau merevisi artikel yang sudah ada dengan berpatokan pada keyword research.

SEO on Page

Setelah mempelajari tools untuk mengoptimasi dan keyword reseach, sekarang saatnya belajar materi SEO on Page. Ini materi yang sangat penting.

Jadi SEO on page berkaitan dengan cara kita melakukan optimasi di dalam blog sendiri. Saat menyampaikan materi ini Mas Irwin langsung membahas intinya. 

Ada 18 poin yang dijabarkan Mas Irwin untuk menerapkan teknik SEO on Page dan sudah saya buatkan daftarnya di bawah ini.

SEO on page untuk menaikkan domain authority
Checklist SEO on page
Jadi ketika hendak membuat konten berkualitas yang pertama harus kita lakukan adalah riset kata kunci kemudian cek tingkat persaingannya lalu hitung KEI atau indeks efektivitas keyword dengan rumus (sv*sv)/allintittle. Disarankan nilainya di atas 1 namun tentu semakin tinggi nilai yang didapatkan maka semakin besar pula tingkat persaingan.

Selain itu pastikan keyword yang kita tentukan harus ada di judul, permalink, deskripsi, paragraf, nama, tittle serta alt image. Pastikan juga judul atau permalink yang kita buat tidak melebihi jumlah maksimal kata atau karakter yang ditentukan oleh Moz. 

Untuk panjang tulisan per artikel usahakan harus di atas 600 kata. Selipkan juga internal link ke kategori dan atau artikel sejenis dan maksimal 2 saja untuk internal link. 

Oya selain keyword kita juga perlu menggunakan LSI atau padanan kata dari kata kunci. Artikel yang ditulis juga harus memuat H1, H2 dan H3.

Terakhir, jangan lupa artikel yang sudah dipublish wajib submit ke Google Search Console dan share ke semua akun media sosial.

Nah, Checklist  di atas dapat memudahkan saya maupun kamu dalam membuat konten dengan menerapkan teknik optimasi on page.

Well, PR untuk materi ini buaanyak sekali. Kami disuruh mengupdate postingan lama dengan menerapkan teknik on page mulai dari riset keyword hingga submit ke GSC.  Oke postingan di blog saya ada ratusan dan untuk mengoptimasinya itu nggak bisa saya kerjakan hanya dalam jangka waktu sebulan.

Syukurnya Mas Irwin nggak kasih batasan berapa artikel yang wajib diupdate  peserta setiap harinya. Seadanya saja, semampu kami jadi yah saya kerjainnya juga rada santai, hehe. Alhasil hingga deadline kumpul PR saya baru berhasil  update 4 postingan doang. Upst!

Check Blog on Moz Pro 

Seperti yang sudah saya singgung di atas, domain authority ini dikembangkan oleh perusahaan bernama moz. Meski demikian ada beberapa situs yang bisa kita gunakan untuk mengecek nilai DA/PA seperti di seoreviewtools.com atau smallseotools.com tapi lebih bagus lagi kalau ceknya langsung di moz.com.

Sebelumnya saya kalau buka moz memang hanya untuk ngecek skor DA/PA karena tahunya fungsi moz cuma sebatas itu. Di kelas inilah baru saya tahu ternyata kita juga bisa mengakses moz untuk memperbaiki masalah-masalah yang ada di blog kita. Namun moz yang digunakan haruslah moz pro.  Apa itu moz pro?

Meningkatkan domain authority dengan moz pro
Penjelasan tentang moz pro
Untuk penjelasan terkait moz pro kamu bisa baca keterangan pada gambar di atas ya. Intinya moz pro ini merupakan tool yang sangat membantu jika ingin menerapkan teknik SEO.

Nah di kelas ini kami dibekali akun agar bisa mengakses moz pro khususnya moz pro campaign yang berguna untuk melakukan track serta menganalisa maupun memberi masukan pada blog kita agar lebih SEO.

Menu yang ada pada Moz pro campaigns sendiri ada banyak. Diantaranya, dashboard merupakan halaman utama untuk melihat isi campaigns, insight di sini berupa laporan dari moz saat crawl blog kita, lalu ranking untuk mengecek posisi postingan blog kita di mesin pencari dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan

Ada pula page optimitazion untuk mengetahui apakah konten yang kita buat SEO On Pagenya sudah bagus atau belum. Selanjutnya ada site crawl yang merupakan laporan dari Moz tentang crawling di blog kita, links lebih mengacu pada backlinks yang sudah kita dapatkan dan site traffic mengenai perkembangan trafik yang blog kita dapatkan. 

Oya fitur Moz pro campaigns ini juga sudah mencakup seluruh fitur pada Moz. Senangnya, setelah mendapatkan materi ini saya jadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah pada Moz dan tahu fungsinya masing-masing.

Meningkatkan domain authority dengan page optimatization dari moz

Salah satu fitur favorit saya di moz pro adalah page optimization ini. Why? Karena lewat fitur ini saya bisa cek skor yang diperoleh konten yang sudah saya buat dan apa yang perlu saya perbaiki. 

Misal untuk postingan ini, skornya di mata Moz 97 dan masih ada 2 masalah yang perlu saya perbaiki. Sejauh ini masalah yang muncul di blog saya seputar judul dan permalink yang jumlah karakternya kepanjangan, deskripsi yang terlalu pendek, atau terlalu panjang dan masih banyak lainnya. Sangat membantu sekali untuk optimasi, kan?

Jadi lewat akun Moz pro ini kita bisa tahu postingan-postingan apa saja di blog kita yang masih belum menerapkan teknik SEO on Page. Kita juga bisa mengecek link-link apa saja baik do follow maupun no follow yang masuk ke blog kita. 

Fyi, jika baru pertama kali menggunakan moz pro kita bisa dapat akses masuk secara gratis selama 30 hari (Moz pro 30 day free trial) tapi selanjutnya kalau mau gunakan lagi kudu bayar. Yah kecuali kalau ada yang mau berbagi akun moz pro gratis dengan kamu, hehe.

Seo Off Page

Materi terakhir yang kami terima di kelas ini adalah SEO Off Page, disampaikan langsung sama ahlinya, Mas Pewe. Materi yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dari 4 materi lainnya yang sudah disampaikan oleh Mas Irwin. Bahkan boleh dibilang ini materi daging banget. 

SEO Off Page adalah langkah optimasi yang dilakukan di luar konten atau website. Kalau SEO On page hanya berkutat pada faktor-faktor internal website, nah Off Page ini kebalikannya, optimasi dari faktor-faktor eksternal.

Ada banyak cara  yang bisa kita lakukan untuk menerapkan SEO off Page, seperti, memanfaatkan layanan Google my bussiness, mendaftarkan website pada situs-situs seperti  trip advisor melakukan review/testimoni hingga promosi atau share di media sosial.

Namun yang menjadi fokus pembahasan Mas Pewe pada materi ini adalah menerapkan SEO Off page dengan link building yang juga ada kaitannya dengan menaikkan DA.

Mas Pewe sempat menjelaskan bahwa setiap link punya kualitas berbeda. Kualitas link dari website A berbeda dari link dari website B. Bahkan link dari halaman 1 di website A dan halaman 2 di website A juga punya kualitas yang berbeda. 

Nah, kualitas link tersebut diukur dengan skala Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Soal ini jelas bukan rahasia lagi makanya tidak mengherankan jika DA/PA jadi suatu patokan di mata brand untuk menilai bagus atau tidaknya blog kita. 

Menurut Mas Pewe semakin berkualitas domain-domain yang ada pada list link do follow yang masuk ke blog atau yang kita kenal dengan istilah backlink maka itu akan mempengaruhi dan menambah poin pada blog kita. 

Pendapat Mas Pewe ini bukan tanpa bukti lho karena beliau sendiri secara otodidak sudah melakukan riset dan jatuh bangun untuk meraba-raba how to serta trial dan error dalam menerapkan teknik SEO off page dengan mengandalkan link building ini. Hasilnya?

Yap, Mas Pewe sekarang sudah menikmati apa yang ia tanam. DA blognya terbilang cukup tinggi, sudah menyentuh kepala 3. Saat menyampaikan materi ini DA-nya malah baru masuk 30 dan sekarang sudah mencapai angka 32. Naik dua poin dalam waktu singkat. Blog-blognya yang lain selain pe-we.com juga cepat lho naik DA-nya.

Nah, yang bikin saya salut meski punya DA tinggi, Mas Pewe ini nggak pelit bagi ilmu. Beliau sampai bagi petunjuk "harta karun" ke kami. Dimana petunjuk  "harta karun" itu berupa daftar domain berkualitas tempat ia menanam backlink.

Selanjutnya Mas Pewe mengingatkan bahwa, menanam backlink dalam hal ini anchor text beserta linknya tergantung kreatifitas masing-masing orang. Bisa berupa artikel, bisa juga tidak. Bisa juga dengan menaruh link blog kita dalam sebuah profile.

Itulah cara yang sudah Mas Pewe lakukan berulang-ulang di web-web lain dengan kualitas domain yg bermacam-macam juga. 
Sejauh ini sih kesimpulan Mas Pewe domain-domain yang baik itu yang terlihat di tools seperti moz, ahrefs, semrush, alexa, dst mempunyai nilai yang tinggi.

Oya Mas Pewe juga membuka jasa guest post gratis di blognya. Jadi yang mau dapet 1 backlink berkualitas langsung saja meluncur di blognya, hehe.

Oke, itulah kelima materi daging yang saya dapatkan di Kelas 30 Hari DA Naik gelombang 1. Selanjutnya pembelajaran di kelas lebih ke arah diskusi atau tanya jawab sambil kami juga langsung praktik tentunya. 


Manfaat Mengikuti Kelas 30 Hari Naik DA

Kelas 30 Hari Naik DA gelombang 1 sudah hampir berakhir saat saya menulis potingan ini. Sudah banyak pula manfaat yang saya dapatkan selama mengikuti kelas yang dibimbing  oleh Mas Irwin dan Mas Pewe.

Yah meski saya termasuk peserta yang DA blognya stagnan, tapi saya nggak merasa rugi apalagi sampai protes, kok sudah ikut kelas Naikin DA tapi DA blog saya nggak naik.

Kan dari awal sudah ditekankan, naik tidaknya DA bergantung dari blogger itu sendiri. Dan memang saya akui, saya sendiri belum maksimal mengikuti arahan yang sudah diberikan. 

PR saya untuk memperbaiki masalah di blog saya masih buaaanyak dan itu nggak cukup saya tuntaskan dalam jangka waktu sebulan. Masalahnya kerjaan saya bukan cuma ngurus blog saja kan, ada dua bayi juga yang sementara saya urus di rumah *ngelesnya emak-emak๐Ÿ˜…

Tapi yang penting saya sudah dapat kunci rahasia buat naikin DA. Tinggal praktinya memang nggak semuanya bisa saya lakukan sekaligus. Jadi biarlah hasil DA Naik dari mengikuti kelas ini saya nikmati nanti saja. Bukan berarti selama mengikuti kelas ini nggak ada efek sama sekali bagi blog saya. 

Makanya saya bersyukur sekali, meski target DA belum terpenuhi, setidaknya ini pencapaian terkait blog yang sudah saya dapatkan selama mengikuti kelas 30 Hari Naik DA ;

Ilmu blogging bertambah

Gara-gara ikut kelas ini saya jadi tahu perbedaan mendasar antara penulis dan blogger. Tadinya saya pikir kerjaan penulis dan blogger sama saja, sama-sama menulis, hanya beda media yang digunakan untuk dipublikasikan, kan?

Ternyata saya keliru dan baru menyadari bahwa pekerjaan sebagai blogger bukan hanya menulis. Kalau ingin menjadikan blogger sebagai profesi atau pekerjaan yang menghasilkan maka ada banyak hal yang harus kita lakukan dan itu bukan cuma menulis. 


Postingan yang muncul di page one google bertambah

Untuk persisnya sih saya nggak tahu ada berapa jumlah postingan di Kamar Kenangan ini yang berhasil menduduki peringkat di halaman mesin pencari. 

Sebelum-sebelumnya aaya buat konten di blog memang nggak pake riset kata kunci soalnya. Tapi setelah dapat ilmunya di kelas ini dan mengupdate beberapa postingan lama dengan mengaplikasikan teknik SEO on page yang sudah diajarkan alhamdulillaah ada beberapa yang berhasil naik di page one Google.


Traffic dan pageview blog meningkat

Hasil dari beberapa postingan yang berhasil menduduki page one google itu jelas mendatangkan traffic dan pageviews di blog saya.

Senangnya saat mengecek data  pengunjung blog di GA untuk bulan ini bertambah drastis. Padahal ini belum cukup sebulan tapi tambahannya sudah mencapai sekira 3K dari bulan lalu. Maa syaa Allaah

Dapat komentar organik 

Karena bulan ini pengen fokus belajar di kelas Naikin DA jadi saya sengaja mengurangi kegiatan ikut list blogwalking. Nah, biasanya kalau saya nggak ikutan list gitu blog ini bakal sepi dari komentar. But you know belakangan ini ada  saja komentar-komentar organik yang masuk. 

Fyi, buat yang belum tahu, komentar organik adalah komentar yang datang dari mesin pencari. Bagi saya pribadi dapat komentar organik ini jelas sangat berkesan.

Dapat menikmati akun moz pro

Manfaat lain yang saya dapatkan dari kelas ini adalah bisa menggunakan akun moz pro wich is akun ini nggak gratis ya. Tapi sama coachnya kita dikasih akses masuk gratis, dijelaskan pula fungsi-fungsi yang ada di Moz pro.

Saya yang sebelumnya hanya menggunakan moz untuk cek  DA sekarang jadi mengandalkan moz pro untuk memperbaiki masalah-masalah yang ada di blog ini. Eh tapi kesempatan untuk menikmati akun moz pro ini  hanya 30 hari ya. Selanjutnya kalau mau akses lagi ya mesti berlangganan.


Plus Minus Mengikuti Kelas 30 Hari Naik DA

Seperti kelas-kelas lainnya, kelas yang diadakan oleh Mas Irwin dan Mas Pewe ini juga tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan.  Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak yuk!

Kelebihan (+)

  • Gratis
  • Dapat mengakses moz pro campaigns
  • Materinya daging (sangat berbobot)
  • Model pembelajarannya santuy dan menyenangkan
  • Materi disampaikan dengan bahasa yang ringan, singkat dan tidak bertele-tele.
  • Setelah materi langsung praktik, peserta jadi cepat paham
  • Coach-nya ramah, suka bercanda, dan yang paling penting selalu siap jawab pertanyaan peserta.
Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Kekurangan (-)

  • Coach-nya kurang tegas atau karena model pembelajarannya terlalu santuy, hehe
  • Tidak semua peserta aktif
  • Belum ada evaluasi terkait PR yang sudah dikerjakan
  • Jawaban Coach-nya terlalu irit๐Ÿ˜…
Untuk kekurangannya memang nggak terlalu banyak sih, apalagi ini juga kelasnya gratis ya jadi saya nggak bisa nuntut harus gimana-gimana gitu, hehe. Nah, baru kelas gratis saja Mas Irwin dan Mas Pewe sudah total banget membimbing kami belajar apalagi yang berbayar. 

Kritik dan Saran

Overall, sejauh ini kelas Naikin DA gelombang 1 sudah berjalan dengan cukup bagus cuma kalau harus memberi kritikan mungkin ada baiknya jika Coach harus bersikap lebih tegas, terutama saat memberikan PR.

Ya sebenarnya saya suka sih dengan suasana kelas yang berjalan santuy tapi kalau terlalu santuy kan juga kurang baik ya. Alhasil hanya ada sebagian peserta yang aktif, dan sebagian lainnya hanya menyimak. Bahkan sampai ada peserta yang left saat kelas masih berjalan.

Alasannya untuk left mungkin bisa dimaklumi tapi caranya yang langsung main keluar meski sudah ijin sebelumnya dari grup bagi saya masih mengganjal. Tentu akan lebih baik jika ada peserta yang berhalangan atau tidak bisa mengikuti kelas ini sampai selesai mohon undur diri dengan terlebih dahulu minta ijin langsung pada coach lalu coach yang menyampaikan ke grup.

So far, saran saya untuk ke depannya perlu dibuatkan tata tertib atau rules yang sebaiknya didiskusi dan disepakati bersama sebelum kelas dimulai.  Saran lainnya yang mungkin Mas Irwin maupun Mas Pewe bisa pertimbangkan, untuk mengangkut juga teman-teman blogger yang DA-nya di atas 10 tapi masih di bawah 15 untuk bisa ikutan kelas ini. Saran ini saya sampaikan mewakili teman-teman yang belum bergabung๐Ÿ˜…

Penutup

Akhirnya sampai juga di penghujung tulisan yang lumayan panjang ini. Sebagai penutup saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada Mas Irwin dan Mas Pewe atas ilmu "daging" yang sudah diberikan kepada saya dan teman-teman peserta Kelas 30 Hari DA Naik gelombang 1. Semoga jadi amal jariyah.

Cara menaikkan domain authority

Selamat juga buat teman-teman yang DA-nya sudah lebih dulu naik. Yang DA-nya masih stagnan atau bahkan turun juga harus tetap semangat ya. Kunci agar DA bisa naik cepat kan sudah di tangan, tinggal dipraktikkan

Oke, semoga sharing saya terkait cara menaikkan domain authority ini juga  bisa bermanfaat buat kalian. Jangan lewatkan kesempatan untuk bisa ikutan Kelas 30 Hari DA Naik Gelombang 2.

Update bulan Juni

Alhamdulillaah awal bulan Juni ini hasil dari belajar di Kelas 30 Hari DA Naik mulai nenunjukkan hasil. DA saya yang di awal kelas bertaha di angka 10 perlahan merangkak naik hingga akhirnya bisa menyentuh angka 15 saat ini.



Salam,


Baca Juga

39 komentar

  1. Terimakasih Mbak sedikit Pencerahan untuk tambahan yg belum di praktekkan hehe

    Saya juga sangat terobsesi naikin DA nie, berbekal otak-atik Alhamdulillah yg awalnya DA 6 jarak sebulan jadi 9 tapi belum maksimal sih.

    Sedikit tambahan, Kemaren 3 poin yg q rombak
    1. Mengedit link di postingan yg keluar setting nofollow
    2. Memperbaiki broken link
    3. Nanam Backlink di blogger laen

    BalasHapus
  2. Menarik banget ini. Kalau pengin ikitan, gimana caranya, Mbak?

    BalasHapus
  3. Terima kasih mbak siska, penjelasannya rinci banget. Bacanya jelas.

    BalasHapus
  4. waaa, gmna caranya ikut yg gelombang dua kak. pingin bgt ikutan juga. baca tulisan kak Siska Dwyta yg kecce ini bikin semangat menulis makin membara xD makasi bnyk sdh brkenan berbagi kka.

    BalasHapus
  5. Lengkaap dan detail banget ulasannya mbak siskaa. . Besok mau bersih" broken link deh jadinyaa heheeh udah sebulan baru naik satu DA nya huhu salam kenaal jugaa ya mbaak, uda saya follow blognya ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  6. Huhu. Skor DA ku juga masih balita, Mbak. Sedih lihatnya. Coba saya praktekkan cara-cara disini.
    Terimakasih, Mbak.
    Btw, wah.. Impian banget nih bisa dibimbing coach kayak gini.

    BalasHapus
  7. Masya Allah, ada yang ngeshare ilmu gratis. Makasih mba. Saya kemaren pengen ikutan, cuman umur blog masih tiga bulan kayaknya gak di acc๐Ÿ˜…

    Maulah saya praktikkan ilmunya ini.

    BalasHapus
  8. Ma sha Allah daging semua isi postnya. Enak lg jelasinnya Mba. Aku lagi cari sana sini ttg naikkin DA. Syukur Alhamdulillah Mba ngeshare di WA. Pas banget. Makasi ilmunya ya Mba ๐Ÿ˜Š Salam kenal Mba. Kalau ada waktu mampir2 ya ke blog saya ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  9. dulu domain authority saya udah nembus puluhan. Tapi adanya update algoritma membuat DA saya anjlok jadi 8. parahnya pernah turun jadi 5 lagi.
    Terus skrg malah bingung gimana caranya biar DA bisa naik lagi. kebetulan ketemu postingan ini. Makasih banget
    Salam kenal mbak.

    BalasHapus
  10. Makasih sharingnya mba siska, aku juga jadi tau beda blogger sama penulis, kirain sama... Hehe. Terus soal komen organik... Aku jadi penasaran mba ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  11. Waw mantap mba. Bergizi sekali tulisannya. Aku tahu mas irwin setahun yang lalu. Waktu beliau ama amu masuk nominasi website awards gitu. Beliau senior dan banyak ilmunya. Aku jadi tahu juga sedikit ilmu beliau dari tulisan ini. Aku baru tahu klo maksimal kita msukin 2 internal link aku sangka 3 ya

    BalasHapus
  12. Memang ngeblog itu luar biasa rumitnya..hihi. Nggak sesederhana menulis buku bahkan bisa saya katakan. Nggak sepusing nulis sebuku dengan jumlah halaman ratusan...hiks. Saya bahkan sempet migrasi juga karena DA yang nggak jelas selama berbulan-bulan. nggak mau pasrah, ikhtiar lagi dan lagi. Soal backlink juga, sampai sempet hapus backlink jelek yang masuk ke blog saya, jumlahnya nggak tanggung-tanggung. Ini pun mesti belajar yang lain lagi termasuk SEO :(

    BalasHapus
  13. Wow, amazing banget ini lengkap ulasannya :D Memang ya DA itu seperti misteri Ilahi. Paling tinggi aku mencapai 23 tapi sekarang turun jadi 19 hahaha :D Bener sih memang waktu DA aku tinggi aku rajin nulis sebulan mayan lah ada 6-7 judul dan tulisannya mayan panjang dan berisi hehehe. Sekarang mulai digiatkan nulis lagi. TFS mbak Siska :D

    BalasHapus
  14. Ampun deh. Banyak banget PR-ku buat naikin DA lagi :D Maret 2019 kemarin aku juga ikut ambruk massal :D

    BalasHapus
  15. ketinggalan info kelas ini, menarik ini sebulan belajar utek utek ilmu perbloggingan

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah ,Siska share juga tentang apa saja yang dipelajari di kelas tersebut. Terima kasih ya.
    Memang sangat bermanfaat ya kelasnya dan bisa langsung praktik.

    BTW ada award buat Siska di blog saya, saya publish tulisannya tanggal 31 Mei ya. Sila dilihat.

    BalasHapus
  17. wah mantep nih, kayaknya harus ikut kelasnya juga yaa supaya bisa naik DA di atas 30

    BalasHapus
  18. sangat bermanfaat, karena membaca ini. saya penasaran juga seberapa banyak link broken di blog saya ilmubeton.com, seperti yg tertulis diatas, brokenlinkchecker saya ketik digoogle yg keluar adalah brokenlinkcheck dan deadlinkchecker mudah2an hasilnya optimel.

    BalasHapus
  19. Andalan saya buat naikin DA adalah link building. Saya guest post ke beberapa blog dan dapat dofollow link. Hampir setiap habis guest post DA naik. Dulu DA 0 sekarang 13, umur blog belum setahun. Mau saya naikin sampai 30an.

    BalasHapus
  20. Wah terima kasih infonya mba!

    BalasHapus
  21. Wah, Mbak, Siska makasih banget udah sharing ini. Saya memang pengen deh naikin DA, hanya saja bingung, kadang DA tetep aja segitu alias stagnan. Peer banget buat saya biar bisa terapin SEO on page. Makasih sharingnya, izin save link postingan ini.

    BalasHapus
  22. Postingan ini harus ditandain masukkan ke file simpan. Biar bisa dipelajari bolak balik. Maklum mamak yang satu ini kalau soal kode-kode programing harus dituntun beuts, secara agak gagap teknologi ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  23. Lengkap banget kakak, uraiannya. Ada beberapa poin yang emang aku sering lupa, sih. Terima kasih diingatkan.

    BalasHapus
  24. Wah ngga tau ada 2 suhu turun dari langit mau bagi ilmu
    Tau gitu saya ikut deh
    DA saya hancur dari 25 cuma tersisa 8 #nangiskejer
    Dan sekarang laptop rusak #duh
    Eniwei Terimakasih ilmunya, saya bookmark ya

    BalasHapus
  25. Masya Allah komplit banget sharing tentang menaikkan DA ini. Kalo aku broken link itu jadi PR, belum sempat hapus broken link. Ngaruh memang ya dengan DA

    BalasHapus
  26. Waahh, ada kelasnya ya?
    Daku hampir ga pernah ngecek DA, belakangan pas banyak yang nanya DA pas isi form, daku jadi tau nilai DA-ku.

    BalasHapus
  27. Sedih deh DA ku masih kecil banget nih kak, baca ini jadi semangat deh buat naikin DA . Thanks banyak yah kak.. mau aku jalanin deh pelan2

    BalasHapus
  28. Wah mantap kelas nya nih utk belajar naikin DA

    BalasHapus
  29. Dulu DA aku sempat 36 eh lama-kelamaan turun merosot karena perubahan algoritma blog. Sekarang malah anteng di angka 13.

    BalasHapus
  30. Uwwuuu lengkap banget ini mah penjelasannya Mbak, tapi aku masih pinisirin sama penggunaan MOZ Pro. Sepertinya aku perlu bimbingan soal ini.

    BalasHapus
  31. Jadi pengen ikutan kelas naikin DA, tapi pesertanya dibatasi. Dan saya itu pusing banget kalau harus belajar SEO sendiri, dicoba beberapa kali pun, sama kayak mbk siska, baru mulai aja, banyak istilah yang bikin puyeng. Alhasil nggak jadi belajar๐Ÿ˜

    Dan ternyata MoZ banyak manfaatnya ya, saya juga selama ini pakai MOZ buat lihat DA dan PA aja, istilah selain itu enggak paham.
    Memang kalau mau jadiin blogger sebagai profesi, kita harus belajar secara serius.

    BalasHapus
  32. Thanks for sharing. Lengkap sekali informasinya dan sangat applicable.

    BalasHapus
  33. Aku masuk gelombang dua nih, wish me luck yaaa biar bisa lulus hihi

    BalasHapus
  34. Pingin ikut kelasnya,, masih ada gak ya?? :)

    BalasHapus
  35. Mantul pisan bund! beberapa ada yang langsung saya praktekkan, salah satunya yang ngecek broken link, karena jarang banget ngecek (mungkin malah gak pernah ngecek) hehehe. btw saya dapet situs ini dari google lho dengan keyword "cara menaikkan domain authority". Terimakasih sudah mau berbagi

    BalasHapus
  36. Mba, lengkap sekali penjelasannya. Aku penasaran nih pengen ikut kelasnya karena DA-ku lagi jeblok dan stagnan. Butuh ilmu yang bermanfaat seperti ini. Salam kenal ya Mba.

    BalasHapus
  37. googling cara menaikkan DA, ketemu tulisan ini. beberapa sudah dipraktekkan tapi DA belum naik :). kalau DA turun lagi kayaknya nggak mungkin karena sudah yang paling rendah :mrgreen:

    BalasHapus
  38. Mantap ilmunya, tambah wawasan baru tentang SEO on page yg ternyata selama 2 tahun ini ada yang masih salah dan masih saya lakukan.
    Hebat betul riset kaw dan penerapannya, btw, saya bisa sampe kesini dengan keyword kegunaan akun moz pro..
    eh setelah di baca kurleb 1 jam, malah tambah banyak ilmu selain akun moz pro..
    oia, jika komen saya ini di baca, apakah mba siska menerima guest post ?

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.