SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Arti Nama Fathan Alhanan Muhammad

by - Monday, June 01, 2020

Daftar Isi [Tampil]

Arti nama Fathan adalah pemenang, kemenangan

Setiap orang tua tentu ingin memberikan nama yang baik untuk anaknya. Karena nama adalah doa. Yuk cari tahu arti nama Fathan Alhanan Muhammad.

Ternyata memilih nama anak bukan hal yang mudah ya. Saya sampai pusing tujuh keliling gara-gara berhari-hari mencari namun tak kunjung menemukan nama yang tepat. Alih-alih fokus mempersiapkan kelahiran, mendekati HPL saya masih sibuk mencari nama untuk anak kedua.

Iya sih, saya sudah punya pengalaman sebelumnya dalam memberi nama anak. But for me memberi nama anak pertama itu jauh lebih mudah daripada anak kedua. Kenapa?

Waktu hamil anak pertama saya nggak repot mencari nama karena sudah ada, nama itu muncul dalam bunga tidur saya dan begitu membekas dalam ingatan.

Yup, sebelum hamil saya pernah mimpi bertemu dengan anak saya. Laki-laki. Saya memanggilnya Zhafran dan dia memanggil saya bunda. Qadarullaah anak pertama saya beneran laki-laki. 

Well tanpa pikir panjang saya langsung menyematkan nama depan 'Zhafran' untuknya. Lalu saya tambahkan pula nama Assyauqi Muhammad yang jika diartikan kurang lebih maknanya adalah "kemenangan yang dirindukan Muhammad". 


Jadi pertimbangan utama saya saat memilih nama waktu itu adalah karena mimpi. Tapi untuk anak kedua ini karena nggak dapat ilham sama sekali saya jadi bingung dong.

Mau kasih nama apa? Bagusnya berawalan huruf apa? Apakah saya mesti cari nama juga yang akronimnya ZAM atau bagaimana? 

Duh, saya benar-benar bingung. Mana untuk urusan nama anak kedua ini lagi-lagi suami menyerahkan semuanya ke saya dengan alasan yang sama. 

Kalau saya yang cari nanti kamu bakal protes lagi, trus ujung-ujungnya ditolak juga jadi mending kamu saja yang tentuin nama, begitu alasan suami.

Baiklah, saya mah senang-senang saja dikasih kebebasan menentukan nama anak. Tapi ya itu tadi, ternyata sulit juga mencari nama yang tepat untuk anak. Of course, akan lebih mudah jika saya dapat "nama" dari mimpi.

Pertimbangan memilih nama anak

Karena tidak dapat ilham nama dari mimpi seperti anak pertama maka untuk anak kedua ini saya cari inspirasi nama dengan mengandalkan internet.

Sebenarnya bisa juga cari di buku, kan ada banyak ya buku panduan memilih nama anak cuma karena nggak punya bukunya saya pilih alternatif lain. Eh tapi nggak mesti juga cari di buku atau internet karena ide nama anak bisa datang dari mana saja. 

Dari nama tokoh film favorit, dari nama para nabi atau sahabat Rasulullaah atau bisa saja ada nama yang sudah lama kita diidolakan.

Kalau saya memang dari dulu nggak kepikiran mau ngasih nama anak apa. Kepikirannya baru setelah hamil. Nama anak kedua ini saja baru sibuk saya cariin mendekati due date-nya, hehe.

Nah, yang bikin saya pusing tujuh keliling karena ada buanyaaak sekali pilihan nama anak dan semua bagus-bagus. Dan karena saking banyaknya saya jadi bingung dong menentukan pilihan. 

That's why proses pemilihan nama untuk anak kedua ini agak lama dan pertimbangannya juga banyak. Nggak seperti kakaknya yang namanya sudah kami siapin sebelum lahir. Kalau si adik, setelah lahiran pun saya masih sibuk mencari nama, hehe.

But least berikut ini beberapa pertimbangan saya dalam memilih nama anak ;

Islami

Yang dimaksud islami di sini adalah nama yang biasa digunakan oleh orang-orang Muslim. Atau bisa juga dibilang nama islami identik dengan Arab dalam artian nama tersebut diambil dalam bahasa Arab.

Kalau ditelusuri nama-nama anak zaman sekarang memang lebih bervariatif dan itu diambil dari bahasa-bahasa dari negara tertentu. Khusus untuk anak beragama muslim sendiri dominan menggunakan nama islami, meski tidak sedikit juga yang memilih nama Indonesia dan atau mengambil nama dari bahasa negara lain selain Arab.

Oh ya setelah saya pikir-pikir, nama anak mau diambil dari bahasa negara mana pun sah-sah saja. Nggak mesti harus islami. Yang penting nama yang kita berikan mengandung makna atau arti yang baik.

Islam sendiri melarang pemberian nama yang memilik makna buruk sekali pun nama tersebut kedengarannya islami karena diambil dari bahasa arab atau bahkan dari Al-Quran. 

Saya pun baru menyadari makna dari nama adalah doa. Di luar shalat, kita bisa berdoa dengan menggunakan bahasa mana pun. Jadi tidak ada aturan dalam Islam yang mengharuskan kita memanjatkan doa hanya dengan bahasa Arab.



Unik

Yang dimaksud unik di sini adalah nama yang tidak pasaran atau tidak banyak digunakan orang. Kalau bisa sih dapat nama yang belum pernah digunakan orang sama sekali, hehe.

Namun tentu mencari nama yang unik itu tidak mudah. Saya sampai beberapa kali mengurungkan niat menggunakan nama yang sudah saya tandai untuk anak kedua karena banyak kembarannya.

Alternatif nama yang sempat saya pilih itu ada yang sama dengan nama anak tetangga, ada juga yang mirip dengan nama anak teman. Ya pokoknya setiap nama yang saya pilih pasti ada samanya, sama dengan nama anak si anulah, si itulah.

Oke, kalau saya tetap pengen cari nama unik yang langka digunakan orang mungkin sampai bertahun-tahun nggak bakal ketemu kali ya. So finally, saya pilih saja nama yang minimal di lingkungan sekitar saya belum ada atau masih jarang yang menggunakan.


Mudah dilafalkan

Pertimbangan saya selanjutnya dalam memilih nama anak adalah mudah diingat dan tidak susah dilafalkan. Oya yang termasuk mudah dilafalkan di sini adalah nama yang tidak mengandung huruf R.

Soal ini sebenarnya saya sempat merasa bersalah. Hanya karena dapat ilham nama dari mimpi saya sampai luput mempertimbangkan dari sisi suami yang punya kesulitan dalam mengucapkan huruf  R.

Masalahnya, saat dimintai pendapat suami sama sekali nggak merasa keberatan dan langsung meng-ACC nama Zhafran Assyauqi Muhammad. Padahal dia bisa saja protes atau kasih saran nama lain. 

Tapi nggak, dia lebih memilih mengikuti kemauan istrinya yang terlalu percaya dengan mimpi. Ups! Makanya karena nggak ingin merasa bersalah lagi semua nama yang mengandung huruf R saya eliminasi saat mencari nama untuk anak kedua.

Huruf awal nama depan

Selain suami, saya juga merasa IinDirinyagabersalah dengan si Kakak. Lagi-lagi hanya karena mimpi saya lupa mempertimbangkan dari sisi si anak. Jangan-jangan nanti besar, saat sudah masuk sekolah dia protes lagi, kenapa huruf awal nama depannya Z, kenapa bukan A?. Duh, maafkan bunda, Nak. Lupa, risiko punya nama dengan awalan huruf Z harus sabar karena saat diabsen selalu dipanggil belakangan.

Gara-gara di anak pertama saya tidak mempertimbangkan hal ini, jadilah saya kebingungan saat mencari nama untuk anak kedua. Biar adil apakah saya harus memberikan nama dengan awalan Z juga atau mencari nama dengan awalan huruf lain?

Saat saya minta pendapat suami, dia malah prefer kalau saya cari nama dengan huruf awalan lain. Nggak mesti yang akronimnya ZAM juga.

Tidak mudah diplesetin

Satu lagi pertimbangan yang menurut saya sangat penting. Karena jujur saja saya nggak suka nama anak saya diplesetin sekali pun itu cuma bercanda.

Nama adalah doa. Saya sudah cari nama yang baik untuk anak saya, yang punya makna tersendiri trus seenaknya lho plesetin.

Aih, jangankan nama anak saya, nama saya sendiri pun kalau diplesetin bisa bikin saya emosi. Makanya, baik anak pertama maupun anak kedua ini berusaha saya cariin nama yang nggak mudah diplesetin atau jadi bahan olokan orang-orang

Kalau pun masih ada yang mengolok-olok atau sengaja plesetin ya silakan, dosa tanggung sendiri  karena sekali lagi. Nama adalah doa jadi jangan main-main dengan doa.

Itulah beberapa pertimbangan saya saat mencari nama untuk si adik hingga akhirnya terpililah nama Fathan Alhanan Muhammad.



Alasan memilih nama Fathan

Arti Nama Fathan adalah kemenangan
Screnshoot dari WA ayahnya karena pesan di sayanya terhapus
Sebenarnya nggak ada alasan khusus sih cuma qadarullaah pilihan saya dan ayahnya jatuh pada nama Fathan Alhanan Muhammad.

Padahal nama tersebut tidak masuk dalam opsi pilihan nama yang sudah saya susun. Seperti yang bisa kamu lihat dari tangkapan layar di atas. 

Ada banyak ya pilihan nama untuk si adik dan semua bagus-bagus. Karena terlalu banyak pilihan itulah  yang bikin emak ini pusing tujuh keliling, haha.

Ditambah lagi saat saya minta pendapat ayahnya eh malah dia mengajukan opsi nama lain yang saya nggak sreg. Jadi memang percuma saja kalau si ayah ikut terlibat cari nama anaknya, saya yang bakal protes panjang kali lebar, wkwk.

Syukurnya si ayah mau mengalah dan kasih kebebasan saya yang menentukan nama anaknya. Coba kalau nggak bisa jadi drama panjang nih😅

Nah, mungkin ada yang bertanya kenapa saya dan suami memilih nama Fathan, bukan Mu'adz, Qa'id atau Zaim . Jawabannya sudah saya singgung di atas ya, Mu'adz dan Zaim bagus sih tapi masih kurang memenuhi pertimbangan kedua. 

Pasalnya anak tetangga saya namanya Mu'adz sementara teman saya sudah pakai nama Zaim untuk anaknya, nanti dikira saya copas lagi. Eh nggak ding, saya cuma berusaha pengen cari nama yang masih jarang digunakan di lingkungan sekitar saya.

Nama Qa'id unik sih tapi saya khawatir kalau ambil nama itu anak saya bakal dipanggil koit yang jelas artinya tidak bagus. Padahal arti nama Qa'id sendiri sangat bagus yakni komandan perang atau pemimpin.

Khusus untuk nama Fathan, saya terinspirasi dari nama anak laki Dewi Nur Aisyah, salah satu sosok muslimah inspiratif  (penulis buku Awe inspiring me & Awe inspiring us) yang ia beri nama Mu'adz Fathan Saifurrahman.

Tadinya saya pengen ambil nama Mu'adz, kedengarannya unik tapi pas tahu nama itu sama dengan nama anak tetangga saya jadi urung. Trus lihat nama Fathan kedengarannya keren juga. 

Apalagi artinya kurang lebih sama dengan arti nama Zhafran yang bermakna kemenangan. Makin mantaplah saya dengan nama itu. Namun menemukan nama Fathan tidak lantas membuat lega karena saya masih harus mencari kombinasi nama yang tepat.

Ada banyak nama yang jika disandingkan dengan Fathan kelihatan oke, seperti nama-nama berikut ini;

Fathan Alfatih Muhammad ❌
Fathan Alfarizi Muhammad ❌
Fathan Taqiyyan Muhammad ❌
Fathan Alkahfi Muhammad ❓
Fathan Alhanan Muhammad ✔️

Tapi karena cuma 1 kombinasi nama yang harus dipilih jadi yang lainnya saya eliminasi sasampai tersisalah dua nama yang masih bertahan.

Fathan Alkahfi Muhammad dan Fathan Alhanan Muhammad

Oya di sini ada sedikit cerita saya dan suami sudah sepakat memilih nama Fathan Alhanan Muhammad untuk anak kedua kami, tapi pas mendekati acara akikah suami tiba-tiba berubah pikiran dan ingin menggunakan nama Fathan Alkahfi Muhammad. Padahal undangan sudah saya buat dan saya sebar. Untungnya baru saya sebar ke keluarga inti. 

Yah meski suami sudah menyerahkan ke saya soal pemilihan nama anak, saya tetap melibatkan dia, minimal untuk sekadar tahu pendapatnya. Belakangan dia lebih condong ke nama Alkahfi ketimbang Alhanan. Saya mah yes-yes saja selagi nama depan dan belakangnya nggak diganggu gugat. 

Opsi nama tengah Alkahfi sendiri diambil karena si adik lahir malam jumat which is di waktu tersebut hingga hari Jumat kita disunnahkan untuk membaca surah Al-Kahfi. 

Harapannya sih dengan memberi nama tersebut si adik dapat tumbuh menjadi sepeeti pemuda-pemuda beriman yang digambarkan Allah dalam surah tersebut sekaligus juga menjadi pengingat bagi kami untuk mengamalkan salah satu sunnah Nabi yaitu membaca surah Al-Kafi setiap malam dan atau hari Jumat.

Arti dibalik nama Fathan Alhanan Muhammad

Namun pada akhirnya kami kembali ke nama Fathan Alhanan Muhammad. Syukurnya akikah si adik nggak pake acara sebar undangan offline. Kami cuma panggil keluarga dan tetangga dekat. Kalau pun ada undangan online, sengaja saya buat cuma untuk di share di WAG keluarga dan media sosial. 

Oya batal menggunakan nama Alkahfi karena setelah dicek di Al-Quran artinya adalah Goa. Padahal sebenarnya nggak masalah sih, meski artinya goa yang penting makna atau maksudnya itu lho. Seperti harapan yang sudah saya ungkapkan di atas. 

But no problem, makna dari Alhanan juga tak kalah indahnya.  I love it.

And this is arti kata dari nama Fathan Alhanan Muhammad


Arti Nama 
Fathan : kemenangan, cerdas, bijaksana
Alhanan : (1) kesayangan, kecintaan (2) rezeki dan berkah
Muhammad : Nama Rasulullaah shallalllahu 'alaihi wassalam, yang terpuji, yang dirahmati, nama ayahnya.

Dengan nama yang merupakan doa kami untuk Fathan, kami berharap ia bisa tumbuh jadi sosok yang cerdas dan bijaksana dan mampu meraih kemenangan dalam hidupnya baik di di dunia dan akhir.

Yang mampu menjadi sosok  pemimpin yang disayang dicintai oleh semua orang atau paling tidak dalam keluarga maupun di lingkungan orang-orang yang mengenalnya. Dimana kehadirannya merupakan rezeki dan membawa berkah.

Kami pun berharap dengan menyematkan nama Rasulullaah yang juga merupakan nama ayahnya, ia akan tumbuh menjadi anak yang shaleh, senantiasa berbakti kepada kedua orang tuanya dan mampu meneladani sifat Rasulullah. 

Demikianlah doa-doa baik saya langitkan untuk anak kedua saya yang semoga diijabah Tuhan. Aamiin yaa Rabb. Sekian cerita saya dari mulai pertimbangan memilih nama anak hingga mencari arti nama Fathan. 

Eniwei, kalau kamu penasaran dengan arti nama Faizan Musyary intip yuk cerita Kak Diah Alsa dalam memilih nama anak untuk baby number trhee-nya itu. Ok, see you next collab. 

Salam

You May Also Like

7 komentar

  1. Uwihhh milih nama memang nggak mudah ya..

    Kalau suami saya selain adanunsur islamnya, suka menyisipi bahasa sansekerta mba..

    Nama anak saya panjang banget...
    Entahlah ya gimana nanti ngurus ktp nya... wkwkkwkwkwk

    Si kakak bernama mody alzahsyi anargya arthasasta sejati

    Si adek bernama kynan abyan daniswara putra sejati

    😁😁😁

    ReplyDelete
  2. Klo sy inspirasi nama anak2 kebanyakan dr AlQur'an, pastinya lihat terjemahannya juga kaksay,

    ReplyDelete
  3. Klo sy inspirasi nama anak2 kebanyakan dr AlQur'an, pastinya lihat terjemahannya juga kaksay,

    ReplyDelete
  4. Namanya bagus, semoga dikabulkan segala doa.

    ReplyDelete
  5. Tosss kita Mbak Siska. Kami juga ngasih nama anak meski berbahasa Arab juga mempertimbangkan kemudahan penyebutannya. Karena kita kan tinggalnya di Indonesia. Bagus nama anaknya ya Mbak, Masyaallah semoga tercapai doa dan harapan ortunya. Nama anak saya Nafila Zahra (Si Bunga Penyempurna), Faqih Ahmad Royyan (Pakar Terpuji Insyaallah akan masuk surga dari pintu Ar Royyan, lahirnya di 13 Ramadhan) Nisrin Huwaida (Bunga mawar putih yang lembut), dan Faid Ahmad Rausyan (Yang berfaedah, terpuji dan mencerahkan banyak orang)

    ReplyDelete
  6. Barokallah, semoga anaknya menjadi insan yang sesuai dengan doa di dalam namanya.

    ReplyDelete
  7. Wah, bagus sekali arti namanya Mbak. Kalau anak2 saya semuanya yg ngasih nama bapaknya. Mamaknya males mikir. Hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Sponsor