Jangan Gunakan Minyak Goreng Berulang, Bahaya!

by - 15:19

Waspada minyak goreng berulang
Gambar : pixbay
Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan domestik yang wajib ada di dapur. Produk sembako yang satu ini tentu tidak bisa dihilangkan dari kegiatan memasak, mulai dari menggoreng, menumis, hingga melengkapi cita rasa makanan, semua membutuhkan minyak goreng. 

Namun sayangnya masih banyak orang yang salah dalam menggunakan minyak goreng. Kesalahan fatal yang sering terjadi adalah penggunaan minyak goreng secara berulang-ulang padahal hal itu dampak berdampak buruk pada tubuh lho.

Mungkin, sebagian besar orang sengaja menggunakan minyak goreng secara berulang untuk menghemat keuangan. Melihat kondisi dari harga minyak goreng yang dijual di pasaran itu sendiri tidak stabil, kadang naik dengan lonjakan yang terlalu tinggi dan sewaktu-waktu menurun. 

Tak dimungkiri naik-turunnya harga minyak goreng tidak lepas dari beberapa kebijakan pemerintah. Tetapi, tenang saja kamu masih bisa kok mendapatkan minyak goreng murah dengan mendapatkan promo dari JD.ID. 


Jangan Pernah Gunakan Minyak Goreng Berulang-ulang 

Seperti yang sudah disinggung di atas penggunaan minyak goreng yang berulang tidak baik bagi kesehatan. Jadi jangan sekali-kali menggunakan minyak goreng secara berulang kalau kamu ingin terhindar dari efek buruknya. Yah walupun kamu tahu bahwa kondisi harga minyak goreng saat ini apalagi di masa pandemi tidak stabil. Tentu menjaga kesehatan jauh lebih utama, kan?

Perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan menggunakan minyak goreng secara berulang di kehidupan sehari-hari dengan alasan menghemat bahkan sampai warnanya menghitam justru akan menimbulkan berbagai macam penyakit.
 
Dalam penelitian, University off Illinoi, Urbana - Champaign telah melakukan uji efek terhadap minyak goreng yang banyak disalahgunakan oleh masyarakat umum. 

Kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah penggunaan minyak goreng dengan suhu terlalu tinggi dan digunakan secara berulang-ulang. 

Secara spesifik, penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan minyak goreng berulang signifikan dengan kanker payudara metastatik.

Dalam studi kasus ini, penggunaan minyak berulang diuji coba ke dalam tubuh tikus sebagai percobaan. Melihat seberapa banyak sel kanker yang berkembang ketika tikus yang sudah diuji coba bersama dengan sel kanker dan minyak goreng bekas. 

Sel kanker yang telah disuntikkan di tubuh tikus menyebar cepat ke tubuh. Bahkan, ada beberapa penelitian yang melakukan uji coba ke dalam tubuh tikus. Menunjukkan bahwa penggunaan minyak goreng bekas mampu menyebabkan tumor paru-paru dan ini termasuk penyakit yang sungguh mengerikan.

Perlu juga untuk dipahami bersama dan dihafal di luar kepala, bahwa minyak goreng yang digunakan secara berulang memang tidak menyebabkan kanker payudara namun dapat memberikan efek penyebaran kanker yang meluas.


Bahkan dengan memanaskan minyak goreng secara berulang-ulang sendiri dapat mengubah beberapa komposisi yang ada di dalamnya lho.

Bayangkan, ketika kamu memanaskan ulang, saat pemanasan itu muncul racun acroleun yang terkenal akan potensi karsinogenik yang terlepaskan.

Banyaknya penelitian ini telah menunjukkan bahwa minyak goreng memiliki dampak buruk bagi tubuh dan menimbulkan beberapa penyakit yang akan menyerang tubuh. Oleh sebab itu, mulai sekarang sebaiknya hindari saja penggunaan minyak goreng yang berulang demi kesehatan.


Dapatkan Minyak Goreng Promo 

Sampai di sini mungkin kamu juga sudah paham tanpa perlu dijelaskan lagi bahwa penggunaan minyak goreng tidak boleh dilakukan secara berulang. Maka mau tidak mau, kita memang harus punya stok minyak goreng secukupnya di rumah. 

Tidak apalah mengeluarkan uang sedikit lebih banyak, yang penting sehat daripada mau hemat tapi ujung-ujungnya malah sakit karena konsumsi minyak goreng yang sudah berubah warna. Lebih rugi, kan? Sakit itu mahal lho.

Namun kamu tidak perlu khawatir akan 'bangkrut' karena minyak goreng. Memang harganya tidak stabil tapi kamu bisa menyiasatinya dengan cara mendapatkan promo. 

Dengan banyaknya promo yang didapatkan, kamu bisa beli minyak goreng dengan harga yang tergolong murah. Tentu hal ini sangat menguntungkan. Tentunya kamu bisa mendapatkan berbagai macam promo menarik itu di JD.ID. 

Situs JD.ID merupakan toko terpercaya di Indonesia yang bisa diakses secara online. Segala macam kebutuhan bisa kamu dapatkan di marketplace ini. Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan emas berbelanja di JD.ID ya.

Salam,

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah benar juga ya sista, minyak goreng yang digunakan berulang tidak baik bagi kesehatan

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.