Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas yang Mudah dan Cepat

Cara memasak nasi dengan kompor gas ternyata mudah sekali. Tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya. Bagaimana caranya? Intip yuk di sini.

Cara memasak nasi dengan kompor gas yang mudah dan cepat

Sebelum menikah saya memang tidak  pernah memasak nasi manual. Suami-lah yang pertama kali mengajari saya memasak nasi di kompor gas. Ceritanya waktu itu kami masih pengantin baru dan baru pindah ke kos-kosan dengan peralatan masak seadanya.

Kami belum punya rice cooker, yang ada hanya kompor gas dengan panci teflon. Dandang juga belum punya. Karena tahu istrinya belum tahu cara memasak nasi tanpa rice cooker suami yang ambil alih. Tapi cuma sekali sih, cuma buat nunjukin ke saya begini lho cara menanak nasi manual.

Benar saja, baru sekali diberi contoh saya langsung bisa menanak nasi dengan kompor gas. Sayangnya nasi yang saya masak pertama kali itu hasilnya kurang matang dan bagian bawahnya gosong, wkwk. 

Untung suami nggak protes, dia makan dengan lahap dan menghibur saya yang sedih karena nasi masakan saya nggak seenak dan sematang yang dia masak. "Nggak papa, namanya juga baru belajar". Begitu kata dia. Dihibur kayak gitu saya jadi bersemangat dong. 

Alhamdulillaah sekarang saya sudah lihai memasak nasi pakai kompor gas. Nah, sekarang saya ingin sharing ke kalian caranya memasak nasi tanpa perlu menggunakan alat seperti rice cooker, magic com atau magic jar.


    Cara memasak nasi dengan kompor gas

    Memasak nasi menggunakan rice cooker memang praktis.  Tinggal dicuci dan diatur takaran air berasnya. Kita tidak perlu menunggu untuk mengaduk atau memindahkannya ke dandang kukusan karena nasinya akan matang dengan sendiri. 

    Walau demikian tetap saja  sebagai perempuan yang telah bekeluarga kita wajib mengetahui cara memasak nasi manual. Ya nggak papa sih bila semasa lajang kamu cuma tahu menanak nasi dengan rice cooker seperti saya dulu. Saat itu mungkin masih ada orang tua atau saudaramu yang bisa mengerjakan.

    Akan tetapi setelah menikah urusan masak ada di tangan kamu. Masalahnya, bagaimana jika sementara memasak nasi tiba-tiba terjadi pemadaman listrik? Atau bagaimana jika rice cooker di rumahmu rusak dan kamu belum punya budget untuk beli yang baru? 

    Of course, kamu tidak bisa sepenuhnya mengandalkan alat tersebut untuk memasak nasi, kan? Ya kecuali kalau kamu punya asisten rumah tangga atau memiliki banyak uang sehingga bisa makan setiap hari di luar rumah, hehe.

    Itulah sebabnya kamu perlu menguasai hal sederhana ini. Memasak nasi tanpa bantuan rice cooker bukan pekerjaan yang sulit kok asal kamunya mau mencoba. Apalagi kalau kamu sudah terbiasa memanfaatkan kompor gas untuk menanak nasi. Ingat kata pepatah, alah bisa karena biasa.

    Ok, kita langsung praktik saja, yuk!

    Umumnya ada dua cara memasak nasi menggunakan kompor gas yaitu aron dan liwet. Mari kita bahas satu-satu.

    Cara memasak nasi dengan kompor gas pakai teknik aron

    Cara memasak nasi manual yang pertama adalah dengan teknik aron, yaitu merebus nasi hingga setengah matang kemudian dikukus. Teknik ini paling sering digunakan ibu-ibu saat memasak nasi. Saya juga kadang-kadang memasak nasi di kompor gas dengan teknik ini.

    Berikut ini penjelasan mengenai cara memasak nasi pakai kompor gas dengan teknik aron :

    Bahan yang dibutuhkan :
    • Beras 
    • Air
    Alat yang digunakan : 
    • Kompor gas
    • Wadah untuk mencuci beras
    • Wajan untuk mengaron
    • Dandang untuk mengukus
    • Centong masak atau spatula stainless
    Cara memasak nasi dengan teknik aron
    1. Cuci beras di dalam wadah dengan air hingga bersih. Cukup cucinya maksimal tiga kali saja agar seratnya tidak hilang
    2. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan lalu tambahkan air. Boleh juga menggunakan panci. Saya lebih suka mengaron pakai wajan karena bisa leluasa mengaduk nasi.
    3. Letakkan wajan berisi beras dan air yang sudah ditakar di atas kompor. (Langkah kedua dan ketiga bisa ditukar ya. Kalau beras yang kamu masak banyak kamu bisa letakkan dulu wajannya di atas kompor lalu masukkan beras dan air sesuai takaran).
    4. Rebus nasi hingga mendidih dengan api sedang. Jika menggunakan wajan, tidak usah ditutup. Nah, karena tidak ditutup kamu nggak perlu khawatir air rebusan nasinya meluap dan tumpah. Kalau mau cepat mendidih cukup besarkan saja nyala api kompor gas.
    5. Setelah mendidih, aduk-aduk nasi tersebut dengan centong masak hingga airnya surut dan menjadi setengah matang. 
    6. Angkat lalu pindahkan wajan tersebut ke tempat lain
    7. Letakkan dandang kukusan yang sudah diisi air ke atas kompor yang menyala.
    8. Pindahkan nasi setengah matang yang ada di wajan tadi ke dandang kukusan. Atau kamu bisa menunggu airnya mendidih dulu baru memasukkan nasi setengah matang tersebut.
    9. Tutup dandang lalu tunggu hingga nasinya matang atau sekitar 20-30 menit.
    10. Nasi putih siap disantap
    Memasak nasi dengan teknik aron memang kelihatannya agak ribet karena melalui dua proses, direbus lalu dikukus. Namun kelebihan dari cara ini, nasi tidak mudah gosong dan berkerak. 

    Cara memasak nasi dengan kompor gas pakai teknik liwet

    Cara memasak selanjutnya adalah dengan teknik liwet, yaitu memasak nasi dengan cara direbus, namun bukan seperti cara merebus telur atau mie ya.

    Nah, memasak nasi dengan teknik inilah yang diajarkan suami ke saya karena saat itu kami belum punya dandang kukusan namun kita bisa juga memasak nasi langsung dengan dandang.  Cara ini lebih simple dan cepat matang dibanding memasak nasi dengan teknik aron.

    Berikut ini penjelasan mengenai cara memasak nasi pakai kompor gas dengan teknik liwet :

    Bahan yang dibutuhkan :
    • Beras 
    • Air
    Alat yang digunakan : 
    • Kompor gas
    • Panci teflon
    • Sendok nasi kayu
    Cara memasak nasi dengan teknik aron
    1. Cuci beras di dalam panci teflon. Cukup cucinya maksimal tiga kali saja agar seratnya tidak hilang
    2. Tambahkan air sesuai takaran
    3. Letakkan panci teflon tersebut di atas kompor lalu nyalakan api
    4. Rebus nasi hingga mendidih dengan api sedang. Kalau mau cepat mendidih besarkan nyala apinya
    5. Setelah mendidih, aduk-aduk nasi tersebut dengan sendok nasi agar panasnya merata. Namun jangan terlalu sering diaduk ya, seperlunya saja agar nasi tidak cepat berkerak. Setelah itu biarkan hingga airnya surut tapi jangan sampai kering.
    6. Setelah airnya surut, kecilkan api kompor lalu tutup pancinya. Tujuan mengecilkan api agar nasinya tidak cepat gosong dan meninggalkan banyak kerak karena pada tahap ini kita hanya menunggu sekitar 20-30 menit atau hingga nasinya matang.
    7. Nasi putih siap disantap
    Memasak nasi dengan teknik liwet sangat praktis, kan? Cukup menggunakan satu wadah saja mulai dari mencuci beras hingga menanak nasi. Kita juga nggak perlu repot menyiapkan kukusan.

    Kekurangan dari memasak nasi dengan teknik ini adalah hasil masaknya tidak merata, mudah gosong dan menghasilkan banyak kerak. Namun ini juga tergantung kualitas panci yang kita gunakan ya. 

    Kelebihan dan kekurangan memasak nasi dengan kompor gas

    Selain menggunakan kompor gas, sebenarnya kita  bisa juga memasak nasi secara manual memakai berbagai jenis kompor lainnya seperti kompor minyak atau kompor listrik.

    Namun seperti yang kita ketahui, sejak kemunculannya, kompor gas langsung diminati banyak orang terutama di kalangan ibu rumah tangga karena mudah digunakan. Harga kompor gas di pasaran juga cukup terjangkau.

    Nah, kelebihan memasak nasi manual pakai kompor gas, yang pastinya lebih praktis dibanding pakai kompor minyak, hemat listrik juga. Selain itu, cara kerja kompor gas mudah diatur. Kita bisa mengatur besar kecil volume api sesuai kebutuhan. Tentunya nasi yang dimasak pakai kompor jenis ini juga cepat matang.

    Sedangkan kekurangan memasak nasi pakai kompor gas adalah kurang praktis jika dibanding dengan rice cooker karena harus sering dipantau untuk menghindari nasi hangus. Selain itu kita juga akan kesulitan memasak nasi dengan kompor ini jika mengalami kelangkaan gas.

    Demikian cara memasak nasi dengan kompor gas yang mudah dan cepat. Meski agak ribet namun kamu wajib tahu cari ini karena suatu saat juga pasti kamu butuhkan. Oke Semoga postingan ini bermanfaat ya. Selamat mencoba.

    Salam,

    22 komentar untuk "Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas yang Mudah dan Cepat"

    Comment Author Avatar
    Butuh skill yang mumpuni nih, kalo saya sebagai cowok bingung kalo suruh masak nasi pake kompor gas. taunya cm pake magicom.
    Comment Author Avatar
    Sesungguhnya aku masih perlu berlatih untuk memasak nasi dengan kompor gas ini hahaha. Kalau di rumahku, yang bisa itu mama dan adikku
    Comment Author Avatar
    Wah, jadi ingat masa kecil dulu sebelum ada rice cooker. Saya biasa lihat ibu memasak nasi yg bermacam-macam jenisnya, ada aron, liwet, tim, dll. Kadang saya ikut bantu juga. Dulu suka banget ambil air tajinnya, trus dikasih gula utk diminum pas masih hangat2
    Comment Author Avatar
    Yuni lebih suka menanak nasi dengan cara meliwet sih. Meski kadang-kadang suka berkerak karena kelamaan dimasak. Hehehe
    Comment Author Avatar
    Memasak nasi di kompor gas selain melatih kesabaran juga bisa menghemat listrik mbak...hehehe itu sih pengalaman saya
    Comment Author Avatar
    Aku pernah tuh masak nasi pakai magic com, terus lampunya mati T_T auto pengen nangis jejeritan, huhuhu. Lah nasiku belum matang trus gas pas habis, whuaaaa... Jadinya ya beli gas dulu terus aku pindah ke presto dobk. Oiya, kalau masak pakai kompor aku gunain presto bukan kukusan dandang, hehe
    Comment Author Avatar
    Waktu awal menikah, saya malah cara diaron dan dikukus di dandang. Dandangnya dapet dari kado pernikahan. Kalau cara liwet, gosong. Haha...
    Comment Author Avatar
    Saya banget... Biasa masak nasi pakai rice cooker, tiba-tiba mati listrik langsung panik nelepon ibu minta dikasih tau cara masak nasi pakai kompor, hihihi... Dulu, sekarang sih udah bisa, hehehe...
    Comment Author Avatar
    Dipikir-pikir, memang penting juga ya paling nggak cukup tahu bagaimana cara masak nasi dengan kompor gas. Apalagi kalau listrik sedang padam dan dompet lagi kempes, masak nasi begini jadi pilihan teraman.
    Comment Author Avatar
    pernah beberapa kali memasak menggunakan kompor gas sih kak, hasilnya oke kok, tinggal pengaturan apinya aja sih.
    Comment Author Avatar
    Kalau di rumah mamaku kami masih sering masak nasi kompor gas, tp klu di rmh ku gak pernah adanya rice cooker krna praktis
    Comment Author Avatar
    Kalau hidup di desa ini paling enak makan masakan dimasak dari Pawon karena kompor gas sudah mulai langka, adanya kompos pakai tabung LPG. Kalau masak pakai rice cooker lebih praktis, tinggal colok aja.
    Comment Author Avatar
    Aku sebelum nikah justru suka masak nasi manual mbak. Ngaronin, ngaduk, dll. Wkwkwk. Tapi setelah itu lebih sering pakai magic jar. Karena kalau di zaman sekrang ini, cari yang praktis ya.
    Comment Author Avatar
    Huhuhu... aku belum bisa masak nasi pakai kompor gas, soalnya pas airnya keburu habis gara-gara aku kelupaan dan berakhir dengan gosong. Perlu latihan berkali-kali nih biar biasa masak nasi dengan cara ini.
    Comment Author Avatar
    Sama ya dulu waktu baru menikah masak nasi pakai kompor gas duh kalau ingat aku merasa repot banget
    Comment Author Avatar
    wah saya udah lama banget nih gak masak nasi diatas kompor, padahal nasi yang dimasak di dandang itu rasanya lebih enak, apalagi klo udah mateng baru keluar dandang di akeul dulu kalau kata istilah kami (diaduk aduk sambl dikipasin ) rasanya enak
    Comment Author Avatar
    Cara2nya persis waktu kecil dulu aku ngeliat ibu masak di pawon (tungku) bahkan hihi, perlu ekstra krn jaga api juga. Skrg dg kompor gas bs lebih mudah kl misal mati listrik, ibu jg kl untuk ukuran sedikit biasa menanak d kompor gas atau bikin nasi liwet sekalian
    Comment Author Avatar
    Saya seringnya menanak nasi dengan model dikukus. Lebih bagus hasilnya drpada diliwet. Kalau diliwet kemungkinan gosong bagian bawanya besar. Hihi...
    Comment Author Avatar
    Keluarga saya lebih sering memasak nasi menggunakan kompor gas dengan teknik liwet. Teknik liwet lebih praktis karena kami memasaknya saat kemping di gunung
    Comment Author Avatar
    mantap tipsnya mbak..jadi nambah pengetahuanku buat masak nasi,makasih sharingnya
    Comment Author Avatar
    Saya biasa dengan teknik liwet
    Maklum, saya orang tipe yang tak mau ribet
    Keburu lapar
    Comment Author Avatar
    wah sangat mudah ya, terimakasih atas informasinya ya kak :D

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.