Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menabung untuk Beli Rumah

Keinginan untuk memiliki rumah impian bukan hal yang mustahil jika ada tabungan. So, simak tips menabung untuk beli rumah berikut ini ya.


Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Namun harga hunian semakin tahun semakin tinggi. Ini yang menyebabkan masih ada sebagian besar orang terutama dari kalangan milenial yang pesimis dapat mewujudkan impiannya itu.

Padahal keinginan untuk membeli rumah bisa terwujud jika sedari dini kita sudah mulai menabung. Ya meski harga rumah dari waktu ke waktu selalu meningkat hingga mencapai angka yang rasanya sulit kita gapai akan tetapi membeli rumah bukanlah hal yang mustahil jika kita punya tabungan.

Of course, menabung masih menjadi alternatif terbaik jika kita ingin memiliki sebuah rumah. So, buat teman-teman nggak perlu pesimis. Yuk wujudkan impianmu untuk memiliki rumah idaman dengan mulai menabung sekarang juga. Belum terlambat lho, apalagi kalau kamu masih berada di usia 20-an.

Well, berikut beberapa cara menabung untuk beli rumah yang bisa kamu terapkan. 

Tanamkan niat dan tekad yang kuat

Keinginan untuk memiliki sebuah rumah tentulah harus disertai dengan niat dan tekad yang kuat.

Banyak orang di luar sana yang ingin membeli rumah, sayangnya keinginan tersebut hanya sebatas angan karena mereka tidak memiliki niat untuk mewujudkannya. Hanya sekadar ingin tetapi tidak mau berusaha.

Nah, ini pentingnya niat. Sebelum memulai sesuatu termsuk ketika hendak membeli rumah kamu memang harus mengawali dengan niat. Jangan lupa niatnya harus ikhlas agar berbuah berkah.

Dari niat inilah yang akan memunculkan tekad. Di sini bedanya orang yang berniat dengan yang tidak.

Setidaknya dengan memiliki niat menabung untuk membeli rumah, kamu akan tergerak untuk membuat perencanaan keuangan yang baik. 

Dengan adanya perencanaan keuangan itu kamu jadi lebih bisa mengontrol pengeluaran. Niat yang kamu hadirkan itu juga pastinya mendorong kamu untuk komitmen dan konsisten sehingga tidak mudah tergoda berbelanja sehingga akhirnya kamu bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan.

Pisahkan tabungan untuk rumah 

Menabung memang bukan hal yang mudah, terlebih dilakukan dalam waktu yang lama dan membutuhkan nominal yang besar. Akan selalu ada godaan di depan sana.

Adanya niat dan tekad yang kuat tentu saja tidak cukup. Kamu juga harus membentengi diri dengan membuka rekening baru yaitu rekening khusus tabungan rumah.

Jangan menggabungkan tabungan untuk beli rumah dengan uang belanja bulanan karena itu akan mempersulit kamu dalam mengontrol pengeluaran secara spesifik.

Sebaliknya dengan memiliki rekening yang terpisah, rekening untuk tabungan rumah itu akan lebih aman dalam artian mudah terkontrol. Selanjutnya kamu tinggal mengawasi tabungan itu dengan ketat. 

Menabung di Awal Bulan

Tips jitu selanjutnya adalah sisihkan pendapatan kamu untuk tabungan rumah di awal bulan.

Untuk poin ini kamu benar-benar harus komitmen ya. Pastikan ketika menerima gaji kamu tidak langsung membelanjakannya tetapi ingat ada tabungan rumah yang harus kamu tambah nominal saldonya sesuai dengan anggaran yang kamu buat.

Jangan tunggu akhir bulan atau ada sisa uang dulu baru ditabung karena bisa saja tidak berjalan sesuai dengan apa yang kamu rencanakan.

Misal kamu sudah anggarkan 20% untuk tabungan rumah, namun tidak kamu sisihkan segera setelah diterima gaji malah ujung-ujungnya kamu lupa. Alhasil uang yang semestinya digunakan untuk tabungan rumah itu terpakai untuk kebutuhan lain.

Itu sebabnya penting sekali menabung di awal bulan agar tidak ada momen dimana kamu harus kehilangan satu atau dua bulan tanpa menabung lantaran terlambat menyisihkan pendapatan kamu.

Jangan lupa Investasi

Mengandalkan gaji saja untuk beli rumah memang nggak cukup. Makanya kamu juga perlu investasi untuk menambah pemasukan. 

Jika masih awam dengan investasi kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai investasi mulai dari investasi emas, reksadana, deposito, investasi properti hingga investasi peer to peer lending.

Kamu bisa belajar berinvestasi dimulai dari hal yang kecil dan mencoba memulainya dengan dana yang minim. Apalagi sekarang sudah banyak tempat investasi yang untuk memulainya nggak perlu modal besar. Dimulai dari 10ribu saja sudah bisa lho.

Namun pastikan sebelum berinvestasi kamu sudah tahu kekurangan dan resikonya. Atau kamu bisa pertimbangkan untuk konsultasi dengan jasa profesional yang bisa memberikan solusi terbaik atau cukup dengan bertanya pada teman-teman kamu yang sudah berpengalaman menanamkan modal.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Last but not least, empat tips di atas nggak bakal berjalan dengan baik kalau kamu masih menjalankan gaya hidup sesuka hati alias boros. Apalagi sampai memiliki banyak hutang.

Maka untuk mempermudah keinginan memiliki rumah, sebaiknya kamu hindari berhutang dalam bentuk apapun. Dengan begitu kamu bisa fokus menabung dan tidak memikirkan tunggakan atau bunga.

Selain itu kamu perlu menerapkan gaya hidup hemat agar impian membeli rumah bisa cepat terwujud.

Kamu bisa memulai gaya hidup hemat ini dari membuat rancangan biaya pengeluaran bulanan hingga memangkas berbagai pengeluaran yang dinilai kurang efektif.

Utamakan selalu kebutuhan daripada keinginan dengan menerapkan sikap disiplin yang tinggi ya. Selain itu ingat kamu harus komitmen dengan apa yang kamu rencanakan.

Nah, itulah beberapa tips dan cara jitu menabung untuk beli rumah. Tentu saja dalam prosesnya memang tidaklah mudah. Meski sulit bukan berarti tidak bisa, kan?

Mulailah menabung dari sekarang dan petik hasilnya nanti. Oke, semoga sharing saya kali ini bermanfaat dan bisa memotivasi kamu yang sudah memiliki niat untuk segera membuka tabungan untuk beli rumah.

Salam,

Posting Komentar untuk "5 Tips Menabung untuk Beli Rumah"

Berlangganan via Email