Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Rekomendasi Margarin Terbaik, Bisa Juga untuk MPASI Bayi

Lagi cari rekomedasi margarin terbaik untuk menambahkannya ke dalam adonan kue dan roti, sebagai pengganti minyak goreng atau untuk lemak tambahan MPASI ? Temukan jawabannya di sini.


Margarin adalah bahan makanan yang sering digunakan untuk membuat kue, sebagai olesan roti dan dapat juga dipakai untuk menumis.

Dari penampakannya, margarin sering dianggap sama seperti mentega karena penampakannya yang mirip padahal keduanya berasal dari bahan yang berbeda lho.

Margarin berasal dari  lemak nabati yang diproses dengan proses hidrogenisasi, yakni proses yang menggunakan gas hidrogen untuk mengubah minyak nabati cair menjadi olesan.

Lemak nabati yang digunakan biasanya adalah minyak kelapa, minyak canola, atau minyak kedelai. Selain minyak nabati, terdapat air dan garam juga dalam pembuatan margarin karena itulah rasanya sedikit asin.

Mentega sendiri terbuat dari lemak hewani sehingga tidak heran jika dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding margarin. Namun umumnya keduanya memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda.
Bahkan kalau ditinjau dari segi kesehatan, margarin lebih unggul. Masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah, di artikel ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi margarin terbaik, tetapi sebelum itu kita cari tahu dulu yuk, apa saja manfaat margarin?

Manfaat Margarin

Margarin memiliki sejumlah manfaat seperti dapat membuat makanan terasa lebih lezat bahkan bisa juga digukakan sebagai lemak tambahan untuk menu si kecil.

Berikut ini beberapa manfaat margarin :

Memberi cita rasa enak dan gurih

Makanan yang ditambahkan margarin biasanya akan memiliki rasa yang lebih enak. Bahkan ketika difungsikan sebagai minyak goreng akan menghasilkan makanan yang lebih gurih.

Menghasilkan kue yang kokoh, beraroma khas dan lembut

Ibu-ibu yang doyan baking tentunya sudah tahu dong manfaat margarin yang satu ini.  
Dalam pembuatan kue maupun roti margarin dibutuhkan karena fungsinya sebagai lemak yang dapat membuat kue yang dihasilkan menjadi lebih dan bertekstur lembut

Selain itu margarin juga memiliki aroma yang khas, meski tidak sekuat aroma pada mentega.

Bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng

Manfaat margarin berikutnya adalah sebagai alternatif pengganti minyak goreng. Siapa nih ibu-ibu yang sering kehabisan minyak goreng?

Kalau belum sempat beli minyak goreng dan di rumah ada stok margarin, nah margarinnya ini bisa digunakan untuk menumis. 

Menariknya, rasa masakan yang dihasilkan dari pengolahan dengan margarin itu jauh lebih gurih lho dibandingkan minyak goreng biasa.

Bernutrisi tinggi

Manfaat margarin untuk tubuh juga tidak perlu diragukan lagi. Bahan makanan yang terbuat dari lemak nabati ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Seperti vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata lalu ada vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang. Di dalam margarin juga terdapat vitamin B kompleks yang berguna untuk pembentukan sel darah merah. 

Bahkan dalam margarin juga biasanya terkandung asam folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil terutama di trimester awal.

Dapat digunakan sebagai lemak tambahan MPASI

Nah, buat mom yang punya bayi usia 6 bulan ke atas, boleh banget menambahkan margarin secukupnya ke menu MPASI si kecil.

Ya, margarin termasuk salah satu jenis lemak tambahan yang juga bermanfaat untuk bayi. Tidak hanya bernutrisi, bahan makanan yang direkomemdasikan untuk bayi berisiko alergi ini bisa bikin MPASI jadi lebih lezat dam gurih serta berfungsi sebagai BB booster juga lho.

Aman dikonsumsi

Karena terbuat dari lemak nabati margarin mengandung lemak tak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan mentega. Perlu diketahui bahwa lemak tak jenuh adalah jenis asam lemak yang baik untuk tubuh.

Tentunya bahan makanan ini cocok buat kamu yang sedang diet, punya kolestrol tinggi atau alergi susu sapi.

Dengan mengonsumsi margarin juga secara tidak langsung dapat menghindarkan kamu dari berbagai risiko penyakit seperti stroke, jantung, alergi dan lain sebagainya. Itu karena margarin memang lebih sehat dan pastinya aman untuk dikonsumsi.

Meski demikian tidak semua margarin memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Oleh sebab itu kamu perlu hati-hati. Pastikan kamu sudah cek dulu kandungannya sebelum membeli.

Atau biar tidak bingung kamu bisa mempertimbangkan merek margarin terbaik yang saya rekomendasikan di artikel ini. Simak sampai selesai ya.

Rekomendasi Margarin Terbaik

Ada banyak merek margarin yang bisa kamu temukan di pasaran. Kamu akan mencari margarin yang paling bagus, kan? Setidaknya kaya gizi dan tinggi kandungan lemak tak jenuhnya. 

Untuk itu kamu tidak perlu bingung karena 10 rekomendasi margarin terbaik yang saya list dan jabarkan di bawah ini dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan.

Margarin Blue Band Serbaguna

Nama Blue Band sudah sangat terkenal sehingga kamu tentu tidak asing lagi dengan margarin yang satu. Sama seperti namanya, Blue Band dapat digunakan untuk bebagai jenis makananan.

Bisa ditambahkan ke dalam adonan kue, bisa juga digunakan sebagai pengganti minyak goreng yakni dengan menumis masakan, menggoreng atau sekadar membuat oseng-oseng.

Bagaimana dengan kandungannya? Yang pastinya Blue Band sangat bagus dikonsumsi karena dapat membantu pertumbuhan anak.

Pasalnya di dalam Blue Band tidak hanya terkandung  vitamin A, B1, B2, B3, D, E tetapi terdapat jua omega 3 dan omega 6.

Kandungan omega 3 dan 6 yang ada di dalam Blue Band Serbaguna ini setara dengan 250g ikan salmon lho dimana  kandungan tersebut sama pada tiga gelas susu. 

Itu sebabnya produk besutan Unilever ini sangat cocok untuk dijadikan bahan masakan agar tumbuh kembang anak bisa maksimal. 

MeadowLea Original

Selanjutnya ada MeadowLea Original, salah satu margarin terbaik yang memiliki kadar lemak jenuh sedikit sehingga sangat bagus digunakan untuk mengolah makanan.

Margarin merek ini terbuat dari perpaduan minyak nabati, minyak canola, dan biji bunga matahari, itu sebabnya kadar lemak jenuhnya rendah.

MeadowLea Original memiliki rasa yang gurih, warna yang alami dan aroma yang khas berasal dari bahan-bahan alami yang bagus untuk tubuh. 

Apalagi ditambah dengan vitamin A, D serta omega di dalamnya, membuat MeadowLea masuk dalam jajaran merek Margarin yang menyehatkan.

MeadowLea Salt Reduced

Selain MeadowLea Original terdapat juga MeadowLea Salt Reduced yang merupakan produk keluaran MeadowLea. 

Dari namanya saja kita bisa tebak perbedaan keduanya. Ya, pada MeadowLeaSalt Reduced terdapat lebih sedikit garam sehingga lebih menyehatkan tentunya.

Selain punya kandungan garam yang rendah, MeadowLeaSalt Reduced juga mengandung lemak jenuh yang sedikit ditambah puka dengan vitamin A dan D yang terkandung di dalamnya sehingga sama seperti "saudaranya" margarin merek ini termasuk margati terbaik yang menyehatkan.

Mother’s Choice Margarine 

Rekomendasi margarin berikutnya yang tidak kalah menyehatkan datang dari merek Mother’s Choice Margarine.

Terbuat dari bahan nabati pilihan dan melewati serangkaian pengujian mutu dalam proses produksinya menghasilkan margarin yang berkualitas tinggi dengan kandungan yang bagus untuk tubuh serta memiliki tekstur lembut. 

Smart Filma Danish Pastry Margarine

Penggemar danish pastry atau croissant wajib coba nih Smart Filma Danish Pastry Margarine. Margarin merek ini memang diproduksi khusus untuk  membuat danish pastry. 

Margarin ini terbuat dari bahan alami berupa minyak nabati dan memiliki aroma serta rasa yang khas dengan kandungan yang menyehatkan. 

Tentunya bagi yang berpengalaman bila menggunakan margarin khusus danish pastry ini dapat menghasilkan rasa yang enak dan tampilan yang menggugah selera. Cobain deh.

Brand margarin terbaik yang sudah bertahan lama adalah Smart Palmboom Cake Margarine dimana sudah ada sejak tahun 1940-an. Selama itu, produk ini masih mampu bersaing dengan para kompetitor baru dan masih tetap memiliki pelanggan setia. Wajar saja, karena produk margarin putih tesebut dibuat dengan bahan berkualitas, yakni minyak nabati yang sudah steril dan telah hilang bau tidak sedapnya. Berkat bahan yang bagus, terciptalah margarin yang menyehatkan yang terbebas dari kandungan lemak trans.

Smart Palmboom Cake Margarine 

Berikutnya mari kita kenalan dengan Margarin dari merek Palmboom yaitu Palmboom Margarine dan Palmboom Cake Margarine. 

Aroma yang lebih khas terdapat pada varian Cake Margarin, yakni beraroma butter fruity sehingga kue yang dihasilkan akan terasa beraroma lebih khas dan lebih lezat.

Beda halnya dengan Palmboom Margarine yang meski aromanya tidak sekuat Cake Margarine namun memiliki kelebihan dapat mempertahankan kelembutan kue, sehingga walau sudah disimpan beberapa hari kue tetap terasa enak.

Smart Menara Margarine Cream 

Seperti halnya margarin serbaguna lainnya, Smart Menara Margarine Cream juga dapat digunakan sebagai bahan untuk berbagai jenis makanan.  

Termasuk dapat ditambahkan ke dalam berbagai adonan seperti roti manis, bolu gulung maupun cookies untuk mendapatkan aroma khas yaitu fruity yang kental.

Margarin jenis ini juga dapat  dijadikan sebagai krim isian roti maupun butter cream. So, buat kamu yang suka buat roti atau punya usaha bakery cocok banget untuk selalu menyediakan stok Menara Margarine Cream ini di rumah.

Palmia Cooking Margarine (Garlic Flavor)

Merek Palmia juga menghadirkan margarine yang cukup unik karena memiliki rasa bawang putih yang gurih. Tentunya dengan rasa bawang putihya yang gurih, Palmia Cooking Margarine ini dapat membantu menonjolkan cita rasa masakan Indonesia yang khas. .

Margarin ini selain cocok untuk tumisan dapat juga diolah sebagai penganan asin seperti roti pizza dengan cara yang cukup praktis. Cukup dengan mengoleskannya pada roti tawar lalu agar rasanya lebih lezat dan tampilannya lebih menggugah tambahkan saos tomat serta keju parut lalu panggang sebentar di atas wajah.

Oh ya kalau mengolah makanan dengan Palmia Cooking Margarine kamu tidak perlu menambahkan bawang putih lagi, jadi lebih hemat dan praktis, kan? 

Menyehatkan juga sudah pasti karena bawang putih sendiri memiliki banyak manfaat diantaranya dapat berfungsi  sebagai zat anti kolesterol yang dapat menghambat sel kanker dan penuaan dini. 

Palmia Margarine Serbaguna 

Masih dengan merek yang sama, bedanya Margarin jenis ini tidak memiliki aroma bawang putih namun seperti namanya dapat digunakan untuk mengolah berbagai jenis makanan.

Margarin dari Palmia ini  juga menyehatkan karena dilengkapi dengan delapan vitamin yang sangat bagus untuk tubuh. Margarin ini mengandung vitamin A, B1, B2, B12, D, E, niasin dan asam folat.

Royal Palmia Butter Margarine

Berbeda dengan dua produk margarin aslinya, Palmia juga menghadirkan Royal Palmia Butter Margarine yakni produk yang merupakan merupakan gabungan antara butter (mentega) dan margarin. 

Produk ini memang terbuat dari minyak nabati tetapi mendapat juga tambahan minyak hewani yang berasal dari butter asli sehingga mengeluarkan aroma yang lebih harum layaknya butter dan memiliki titik leleh yang lebih tinggi seperti margarin.

Margarin butter ini sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat aneka cake, kue kering serta olahan roti dengan aroma yang harum, tahan lama dan bertekstur lembut.

Untuk kandungannya masih sama seperti produk margarin merek Palmia lainnya, mengandung delapan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh yaitu  A, B1, B2, B12, D, E, niasin dan asam folat.

Filma Margarine Gurih Serbaguna

Produk yang cocok dipakai untuk kebutuhan memasak berbagai jenis makanan entah masakan untuk menumis, membuat adonan kue, atau menjadi olesan roti berikutnya adalah Filma Margarin Gurih Serbaguna. 

Ya, seperti namanya, margarin serbaguna  yang satu ini bisa digunakan untuk membuah berbagai makanan dan akan menghasilkan rasa yang gurih serta lezat 

Margarin yang terbuat dari minyak nabati ini juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya adalah vitamin A, B1, B2, B3, D, dan E, serta  antioksidan. 

Dengan semua kandungan nutrisi tersebut maka pilihan yang tepat jika kamu menambahkan margarin ini ke dalam masakan yang tujuannya agar dapat menghasilkan makanan yang lezat dan bergizi.

ForVITA Margarine

Satu lagi nih merek margarin sehat yang bisa digunakan juga untuk menumis, membuat nasi goreng atau menambahkannya ke dalam adonan kue maupun roti.

Tidak hanya menghasilkan rasa yang lezat nan gurih ForVita margarin juga bagus dikonsumsi  memiliki kandungan lemak trans. 

Seperti diketahui, lemak trans adalah lemak jahat yang meningkatkan kadar kolestrol sehingga dapat memicu penyakit jantung.

Seperti kandungan dari berbagai merek margarin yang sudah disebutka di atas,  pada ForVita juga terdapat vitamin A yang bagus untuk mata serta vitamin D yang baik untuk pertumbuhan.

Itulah sederet rekomendasi margarin terbaik yang memiliki banyak manfaat karena mengandung berbagai vitamin yang bagus untuk tubuh.

Semua merek margarin yang disebutkan di atas juga dapat ditambahkan ke menu MPASI si kecil lho. Jadi buat moms yang ingin mencari margarin untuk MPASI tidak perlu ragu untuk menggunakan margarin terbaik yang diulas di postingan ini.

Sekian ulasan saya kali ini. Semoga bermanfaat.

Salam, 

Posting Komentar untuk "11 Rekomendasi Margarin Terbaik, Bisa Juga untuk MPASI Bayi"