7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Dari Sayuran Hijau hingga Minyak Zaitun

Apa saja jenis makanan penurun kolesterol tinggi? Simak ulasan selengkapnya di sini yuk.

Makanan penurun kolesterol tinggi

Berbicara mengenai kolesterol, mungkin kamu menganggapnya sebagai penyakit. Padahal kolesterol adalah lemak yang justru berguna bagi tubuh manusia.

Hanya saja ketika kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi yang terjadi kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah. Kondisi kolesterol tinggi inilah yang memicu penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Oleh sebab itu kadar kolesterol dalam darah harus senantiasa dijaga agar tidak berlebih. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan sehat.

Tentunya kalau ingin kolesterol dalam darah tetap stabil kamu harus rajin dan disiplin mengonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi.

Namun tidak perlu bingung karena ada berbagai macam makanan yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi, mulai dari buah-buahan, sayuran, hingga makanan ringan untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas.


Makanan penurun kolesterol tinggi

Terdapat dua jenis kolestrol di dalam tubuh yaitu LDL (Low Density Lipoprotein)  HDL (High Density Lipoprotein). LDL disebut sebagai kolesterol jahat karena selalu membawa lemak ke seluruh tubuh. Sebaliknya, HDL dikenal sebagai kolesterol baik karena mengembalikan kolesterol berlebih ke hati yang kemudian akan dikeluarkan dari tubuh.

Nah, LDL inilah yang harus kamu jaga kadarnya jangan sampai terlalu tinggi. Untuk itu penting sekali memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan kamu hanya mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar LDL.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi :

Sayuran Hijau

Jenis makanan pertama yang terbukti ampuh menurunkan kolesterol tinggi adalah sayuran hijau karena kandungan antioksidan dan seratnya.

Apalagi sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi juga rendah kalori sehingga sayuran ini sering dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Namun meski tidak sedang diet kamu tetap harus mengonsumsi sayuran hijau agar terhindar dari obesitas yang merupakan salah satu pemicu kolesterol tinggi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond maupun kenari menjadi pilihan makanan berikutnya yang bagus untuk menjaga kadar kolesterol.

Pasalnya kacang-kacangan memiliki kandungan yang bernutrisi tinggi. Tidak hanya mengandung vitamin, serat, dan asam lemak omega-3 melainkan juga asam lemak sehat tak jenuh tunggal dan ganda yang semuanya berkhasiat menurunkan kolesterol.  

Oatmeal

Oatmeal atau gandum utuh memiliki nutrisi tinggi yang tidak kalah dengan sayuran hijau maupun kacang-kacangan.

Oatmeal mengandung serat larut jenis beta glucan yang berfungsi menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Diantaranya dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. 

Itu sebabnya jika ingin menurun kadar kolesterol tinggi kamu bisa mula membangun kebiasaan baik dan sehat dengan rutin konsumsi oatmeal sebagai menu sarapan pagi.

Apel, alpukat dan buah beri

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi juga dapat kamu temukan pada buah-buahan seperti apel, alpukat dan buah beri.

Apel mengandung zat pektin terutama pada bagian kulitnya yaitu serat larut yang berfungsi menurunkan kolesterol dalam tubuh. 

Serat larut ini bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan LDL di dalam usus halus, kemudian mengeluarkannya lewat urine dan feses sehingga manfaatnya terbukti efektif menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang.

Sedangkan alpukat sendiri kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat serta nutrisi fitosterol dan polifenol. Itu sebabnya kandungan dari apel juga tidak kalah efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

Berikutnya ada buah beri baik itu strawberry, blackberry maupun raspberry, semuanya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh lantaran buah beri memiliki kandungan polifenol tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. 

Ikan Salmon dan Tuna

Tidak hanya dari jenis sayur-sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan saja, makanan penurun kolestrol tinggi pun bisa kamu temukan dari jenis lauk khususnya ikan salmon dan tuna. 

Kedua jenis ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang berkhasiat menurunkan kolesterol. Selain itu ikan salmon dan tuna juga bagus dikonsumsi untuk melancarkan aliran darah dan menjaga kesehatan jantung.

Bawang Bombay dan Bawang Putih

Mungkin belum banyak yang tahu kalau jenis bawang-bawangan dalam hal ini bawang bombay dan bawang putih juga  bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Bawang bombay mengandung flavonoid yaitu zat yang bertindak sebagai antioksidan sehingga dapat membantu mencegah kolesterol menyumbat arteri. 

Pada bawang putih juga terdapat kandungan yang ampuh menurunkan kolesterol serta mencegah terjadinya sumbatan di pembuluh darah.

Minyak Zaitun

Jenis berikutnya ada minyak zaitun yang  merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal sehingga mampu menurunkan kolesterol tinggi sekaligus dapat mengurangi. peradangan pada arteri. 

Bahkan kandungan polifenol dalam minyak zaitun dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah.

Itulah berbagai jenis makanan penurun kolesterol yang dapat kamu konsumsi. Ingat, kesehatan adalah investasi di masa depan. Jadi jaga kondisi kesehatanmu saat ini ya termasuk dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam,

Posting Komentar untuk "7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Dari Sayuran Hijau hingga Minyak Zaitun"