3 Cara Bermain Game Online Tanpa Download

Cara bermain game online tanpa download

Apakah ada cara bermain game online tanpa donwload? Pertanyaan tersebut sempat muncul di benak saat saya memutuskan untuk menghapus semua koleksi game yang ada di ponsel.

Alasannya tentu saja karena memori ponsel saya tidak lagi mendukung untuk menyimpan banyak file, termasuk aplikasi game.

Sejak itu saya mulai malas main game karena ribet, harus buka laptop dulu. Sementara saya tipe orang yang sukanya praktis alias lebih suka main game lewat hape karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Ada yang sama seperti saya nggak? Suka main game tapi pengennya yang praktis. Lewat hape tapi nggak perlu download. Pas banget, saya sudah temukan solusinya nih.

Mau tahu gimana cara bermain game online tanpa download? simak ulasan ini sampai selesai ya.


Cara Bermain Game Online Tanpa Download

Sebelumnya saya sudah menuliskan manfaat bermain game bagi ibu rumah tangga. Yup, ada banyak sekali manfaatnya tapi yang paling penting bermain game bisa menjadi aktivitas me time yang menyenangkan dan menghindarkan kita dari berbagai kecemasan bahkan stres yang berujung depresi.

Jadi buat ibu-ibu seperti saya, nggak usah malu atau gengsi main game demi menjaga kewarasan diri. Toh, kita juga butuh refreshing, bukan bapak-bapak saja lho, hehe.

Even jenis permainan yang dimainkan berbeda. Kalau bapak-bapak kebanyakan suka game dengan tema pertarungan, nah para ibu biasanya doyan game yang ringan-ringan saja, iya kan?

Ringan dan praktis! Namun kira-kira game apa ya yang cocok untuk ibu-ibu dan bisa dimainkan tanpa diunduh terlebih dahulu?

Eits tenang, karena di postingan ini kamu akan menemukan cara bermain game online yang super praktis dengan jenis permainan tidak kalah seru dengan permainan yang biasa dimainkan lewat aplikasi. 

Langsung saja yuk kita bahas.

Bermain game online tanpa download lewat Play Store

Cara bermain game online tanpa download lewat play store

Cara bermain game online tanpa perlu download yang pertama adalah lewat Play Store. 

Hayoo kamu yang selama ini buka play store hanya bila ada keperluan unduh aplikasi mungkin heran ya, bagaimana caranya main game online via play store?

Mungkin masih banyak yang belum tahu Google Play Store menyediakan fitur khusus yang diberi nama Google Play Instant atau disebut juga Google Instant Apps untuk penggunanya agar dapat memainkan game tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Fitur ini ternyata sudah diluncurkan sejak tahun 2017 lho.

Jadi agar bisa main game online tanpa unduh lewat Play Store kamu harus mengaktifkan dulu fitur Google Play Instan. Berikut ini langkah-langkahnya :
  • Buka Play Store di ponsel android kamu
  • Kalau belum login silakan login dulu setelah itu klik icon gambar foto profil kamu maka akan muncul beberapa opsi kemudian pilih setelan.
  • Selanjutnya pilih umum lalu klik Google Play Instan
  • Aktifkan opsi Upgrade link web dengan cara mengeser tombol slider yang ada di sebelah kanannya. 
  • Kembali ke halaman utama Play Store lalu scroll ke bawah hingga menemukan opsi Main Cepat. 
  • Klik opsi tersebut lalu akan muncul semua jenis game yang bisa kamu mainkan tanpa harus mengunduhnya.
  • Silakan klik salah satu game yang ingin kamu mainkan dan yeaay selamat kamu sudah bisa main game di Play Store tanpa mendowloadnya terlebih dahulu.
Caranya mudah banget, kan? Asalkan kamu sudah aktifkan opsi Upgrade link web yang ada pada fitur Google Play Instan maka kamu bebas main game tanpa install di play store. 

Hanya saja kekurangannya game yang ada pada fitur Google Play Instan merupakan mode game percobaan which is tidak semua level dalam game tersebut bisa kamu mainkan.  

Ya, lewat fitur ini Play Store menawarkan ke penggunanya untuk coba dulu deh main game ini sebelum memutuskan untuk mengunduhnya. 

Meski demikian mode game percobaan ini tetap asyik kok dimainkan, apalagi buat ibu-ibu yang tujuan bermain gamenya sebatas untuk mengisi me time.

Bermain game online lewat Google Play Games

Tips bermain game online tanpa download lewat google play games

Bermain game online tanpa unduh berikutnya yang juga wajib dicoba adalah melalui Google Play Games.

Google Play Games merupakan aplikasi bloatware yaitu aplikasi bawaan vendor atau perusahaan yang secara default sudah terpasang di ponsel android.

Namun kalau di ponsel kamu tidak ada aplikasi Google Play Games kamu bisa memilih untuk skip cara ini. Atau kalau mau mengunduhnya juga boleh banget, karena lewat satu aplikasi ini kamu bisa puas memainkan berbagai jenis game tanpa unduh dan install.

Game tanpa download yang ada pada Google Play Games sebenarnya tidak jauh berbeda dengan game pada fitur Google Play Instan di Play Store. Sama-sama game versi percobaan alias tidak semua level game dapat dimainkan.

Hanya saja di Google Play Game kamu bisa menemukan lebih banyak game online gratis bebas install yang menarik untuk dimainkan.

Berikut ini cara main game tanpa unduh di Google Play Games :  
  • Buka Google Play Games di ponsel android kamu
  • Login dengan akun google pribadi kamu
  • Di halaman utama Google Play Games, kamu bisa langsung  menemukan rekomendasi game yang bisa dimainkan tanpa harus install terlebih dahulu
  • Pilih game tanpa install yang ingin kamu mainkan
  • Selamat bermain
Oh ya menariknya lagi, di Google Play Games tersedia pula beberapa game bawaan Google, diantaranya ada game solitaire, pac man, snake, kriket yang semuanya bisa diakses tanpa unduh dan bahkan tidak harus terhubung ke jaringan internet karena bisa dimainkan secara offline.

Bermain game online tanpa download lewat situs game online gratis

Selain dua cara di atas, satu lagi nih cara jitu bermain game online praktis tanpa perlu download, yakni melalui situs game online gratis.

Ternyata setelah saya telusuri, sekarang sudah banyak lho situs game online yang bisa kita manfaatkan untuk bermain game tanpa perlu khawatir memori ponsel penuh.

Salah satu situs game online yang saya rekomendasikan adalah solitaire.org. Cara bermain game lewat situs game online gratis tentunya tidak kalah praktis karena hanya memerlukan dua langkah yaitu masuk ke situsnya lewat browser dan kemudian pilih game yang ingin dimainkan.

Cara bermain game tanpa download lewat situs solitaire

Teman-teman pastinya sudah nggak asing lagi dong dengan game solitaire. Yup, permainan kartu legendaris yang selalu ada di dekstop komputer.

Ini salah satu permainan yang juga suka saya mainkan saat remaja. Rasanya sudah lama sekali tidak bermain solitaire jadi sekalinya ketemu situs ini saya seperti bernostalgia dengan kenangan saya pada masa itu.

Senangnya karena bermain game solitaire lewat situs game online gratis ini benar-benar praktis. Pas buka situsnya kita langsung disuguhkan dengan permainan solitaire.

Selain versi klasik, Solitaire juga punya varian game kartu populer lainnya yaitu, Klondike, Freecell, Spider, Pyramid, TriPeaks, Golf, dan Mahjong.

Namun diantara semuanya saya paling suka yang versi klasik. Dalam permainan kartu ini kita harus mengumpulkan kartu dari kartu terendah hingga kartu tertinggi.

Kartu terendah adalah As dan kartu tertinggi adalah Raja. Untuk bisa mengumpulkan kartu terlebih dahulu kita harus menyusun kartu yang terbuka dengan urutan dari tertinggi hingga rendah .

Kartu harus ditaruh bergantian, antara kartu merah dan kartu hitam secara bergantian. Misalkan kartu yang dalam keadaan terbuka adalah K hitam, maka kartu yang bisa disusun di bawahnya adalah Q merah, begitu seterusnya. 

Jika tidak ada kartu yang cocok maka kita bisa membuka kartu tertutup yang berada di bagian atas untuk menemukan kartu yang cocok. Jangan lupa perhatikan juga time yang berjalan selama memaikan game ini. Skor tinggi dapat kita peroleh bila kita dapat mengumpulkan semua kartu dengan tepat dalam waktu singkat.

Menurut saya ini permainan yang bisa dimainkan saat santai, karena tidak terlalu sulit meski tidak bisa dibilang mudah juga. Yang pasti memainkan game solitaire tidak hanya menghibur tetapi juga dapat mengasah otak kita.


Seperti namanya, situs solitaire memang fokus pada permainan kartu legendaris. Namun di situs ini kita juga bisa menemukan berbagai jenis permainan menarik lainnya.

Salah satu permainan yang saya coba mainkan adalah hidden kitchen. Cara bermain game ini cukup simple, kita cukup mencari 10 objek tersembunyi berupa peralatan dapur atau kuliner yang ada pada gambar.

Akan ada banyak objek yang sulit dilihat jadi untuk memudahkan menemukan benda yang dicari kita perlu memperbesar objek dengan cara ketuk dua kali pada gambar untuk memperbesar atau memperkecil.

Game ini terdiri atas 10 level dan diberi waktu. Level pertama memiliki batas 5 menit.  Level berikutnya memiliki waktu bermain yang lebih pendek masing-masing 20 detik hingga level kesepuluh dengan level paling sedikit yaitu 1 menit dan 40 detik.

Kalau kita salah klik nantinya akan mengurangi 5 detik dari waktu yang tersisa.
Menurut saya permainan mencari objek tersembunyi di dapur ini tidak begitu sulit dan cukup seru untuk dimainkan.

Selanjutnya ada candy house, game ringan  yang juga asyik untuk dimainkan. Cara mainnya adalah dengan menukarkan 2 item untuk mencocokkan 3 atau lebih item yang sama dalam kolom vertikal atau baris horizontal.

Game ini terdiri atas 60 level, dimana semakin tinggi level maka semakin banyak tantangan yang dihadapi. Khusus untuk level dasar dari game jenis ini bagus  dikenalkan pada anak-anak balita untuk mengenalkan mereka pada berbagai warna.

Sayangnya si candy house pada situs solitaire memilih gerakan yang agak lambat jadi butuh kesabaran banget kalau mau memainkan game ini.

Penutup

Demikian ulasan mengenai cara bermain game online tanpa download yang bisa kamu coba. Jadi kalau memori ponsel kamu penuh nggak perlu khawatir nggak bisa main game.

Cari saja game instan yang adi di play store, google play games atau di situs game online seperti Solitaire.org. 

Banyak game menarik di sana yang bisa kamu mainkan sebagai pengisi waktu luang. Meski demikian harus tetap ingat waktu ya.

Bermain game memiliki banyak manfaat termasuk untuk ibu-ibu asal dimainkan dalam batas yang wajar, jangan sampai berlebihan.

Kuy, selama menikamati me time dengan bermain game. Semoga postingan ini mencerahkan.

Salam hangat,

1 komentar untuk "3 Cara Bermain Game Online Tanpa Download"

Comment Author Avatar
Game ini sederhana, tetapi tetep bikin candu. Saya masih memainkan yang pyramid dan spider sih. paling greget sama pyramid soalnya ada batas waktu.

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.