Lembut di Kulit, Ini Dia Manfaat Vitamin B5 yang Wajib Diketahui

Daftar Isi
Manfaat vitamin B5 untuk kulit bayi

Simak yuk ulasan mengenai manfaat vitamin B5 untuk kulit bayi. Pengalaman pertama menjadi orang tua memberikan perasaan yang campur aduk antara bahagia dan juga was-was. 

Rasa was-was tersebut biasanya muncul karena kurangnya informasi mengenai perawatan bayi dan juga kondisi si Kecil yang memang masih rapuh dan rentan termasuk kulitnya.

Jika tidak dirawat dengan benar bukan tidak mungkin buah hati mengalami masalah seperti ruam kemerahan. 

Nah, salah satu perawatan kulit yang dapat diberikan adalah dengan menggunakan produk yang mengandung vitamin B5 mengingat manfaat vitamin B5 sendiri cukup banyak dan bagus untuk kulit. 

Vitamin B5 atau disebut juga asam pantothenic merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang secara khusus memberikan beragam manfaat buat kulit. 

Selain menjadi agen antioksidan yang membuat kulit awet muda dan lebih sehat, vitamin tersebut juga dikenal dapat melembabkan kulit. 

Tidak heran bila kandungan ini sering ditemukan di produk perawatan kulit bayi. 

Manfaat Vitamin B5 untuk Kesehatan Kulit 

Berikut ini adalah manfaat vitamin B5 yang perlu kamu ketahui: 

Menjaga kelembaban kulit

Manfaat vitamin B5 yang paling unggul dan dikenal luas adalah kemampuannya untuk menjaga kelembaban kulit dengan cara menyerap kadar air ke dalam sel kulit sekaligus menguncinya (humectant)

Ketika sel kulit terhidrasi dengan baik, kulit kering, pecah-pecah dan gatal akibat dehidrasi kulit dapat dicegah.

Vitamin ini juga dapat memperkuat skin barrier yaitu lapisan kulit terluar dan paling kuat yang berfungsi melindungi lapisan kulit dari iritasi.

Meredakan kemerahan dan inflamasi 

Kemerahan dan inflamasi atau peradangan merupakan tanda umum dari iritasi yang terjadi pada kulit, seperti saat buah hati terkena ruam popok

Selain menyebabkan rasa perih, kemerahan dan inflamasi yang dibiarkan dapat berlanjut menjadi infeksi. 

Vitamin B5 dapat meredakan rasa tidak nyaman tersebut karena memiliki efek menenangkan dengan kandungan anti inflamasi-nya. Ketika inflamasi berkurang, kemerahan pada kulit juga berangsur mereda.

Mempercepat penyembuhan luka 

Lecet karena ruam kulit bukan hanya menimbulkan rasa nyeri, tapi juga membuat kulit bayi tidak mulus lagi karena adanya jejak luka. 

Vitamin B5 dapat menjadi solusi karena bekerja dengan merangsang pembentukan kolagen alami pada kulit sehingga luka lecet dapat sembuh lebih cepat dan kondisi kulit kembali seperti semula. 

Produksi kolagen tersebut juga membuat kulit terasa lebih lembut serta kenyal yang cocok buat kulit bayi.

Mengandung antioksidan

Radikal bebas menjadi ancaman salah satunya untuk kesehatan kulit, baik bagi orang dewasa maupun bayi. 

Vitamin B5 memiliki agen antioksidan yang merangsang produksi glutathione pada kulit. Komponen ini dapat menahan efek buruk radikal bebas yang membuat kulit tidak sehat, nampak kusam dan gelap. 

Produksi glutathione yang meningkat juga membantu menahan produksi melanin yang menyebabkan bintik hitam pada kulit.

Membuat kulit awet muda

Bukan hanya untuk kesehatan kulit bayi, ternyata vitamin B5 juga bagus untuk perawatan kulit orang dewasa yang secara spesifik dapat membantu mencegah penuaan.

Vitamin B5 merangsang pembentukan fibroblas di lapisan tengah kulit yang merupakan titik mula penuaan terjadi. 

Ditambah dengan produksi kolagen, glycan dan elastin yang ikut meningkat, kulit jadi senantiasa tampak segar, kenyal dan muda.

Berbagai manfaat vitamin B5 diatas juga dapat dirasakan melalui setiap olesan Bepanthen yang mengandung emollient dan pro vitamin B5 untuk membantu menjaga kesehatan kulit bayi.

Bila perlu gunakan Bepanthen setiap habis mengganti popok si Kecil agar kulitnya lembab, lembut dan bebas kemerahan yang mengganggu kenyamanan. 

Demikian informasi mengenai manfaat vitamin B5 untuk menjaga kesehatan kulit bayi dan juga orang dewasa. Semoga bermanfaat.

Referensi

Dr. Vindhya L Veerula, Benefits of Vitamin B5 for Your Skin, 1 Maret 2022, stylecrazy. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-vitamin-b5-for-your-skin/Hana Ibraheem, 

Vitamin B5 Pantothenic Acid Skincare Benefits, stylist.co.uk. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.stylist.co.uk/beauty/skincare/vitamin-b5-pantothenic-acid-skincare-benefits/458180

Dendy Engleman, Panthenol for Skin, 17 Oktober 2021, byrdie. Diakses pada 11 Maret 2022 dari https://www.byrdie.com/panthenol-for-skin-the-complete-guide-4770218 


Posting Komentar