Tips Melatih Rasa Percaya Diri Anak Agar Berani Tampil

Bagaimana tips melatih rasa percaya diri anak agar berani tampil di depan umum? Sebagai orang tua kita tentu perlu tahu cara agar bisa mendorong anak menjadi berani dan percaya diri dan kemampuan yang dia miliki.

Tips melatih rasa percaya diri anak agar berani tampil

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak. Seperti yang kita ketahui, setiap anak memiliki karakter yang berbeda. 

Ada anak yang terlahir dengan karakter berani. Sebaliknya ada juga anak yang cenderung pemalu dan kurang percaya diri.

Contohnya tidak perlu jauh-jauh deh. Kedua anak saya, Zhaf dan Fath dengan usia terpaut hanya 14 bulan punya karakter yang  sungguh bertolak belakang.

Zhaf sejak bayi memang sudah kelihatan lincah dan berani. Dia tidak takut ketika diajak ke tempat keramaian. Bahkan mudah digendong oleh siapa saja, sekalipun dengan orang yang baru ditemuinya.

Beda sekali dengan karakter adiknya yang lebih kalem dan pemalu. Si adek di usianya yang sudah dua tahun ini masih sering takut kalau ketemu orang banyak. 

Apalagi kalau diambil sama orang yang baru ditemui, sekalipun itu nenek atau tantenya sendiri  dia bisa langsung menangis keras.

Begitulah, setiap anak punya karakter berbeda. Tugas kita sebagai orang tualah yang harus memahami dan membantu mengarahkan karakter anak ke hal yang positif.

Apalagi terkait dengan kepercayaan diri. Dimana banyak orang tua yang percaya bahwa karakter tersebut sudah merupakan bawaan dari lahir. Meski demikian bukan berarti tidak bisa dilatih, bukan?

Justru merupakan suatu kekeliruan yang besar jika kita membiarkan anak tetap dengan karakternya yang kurang positif. Walaupun sebenarnya pemalu atau kurang percaya diri merupakan sifat yang wajar dimiliki anak tetapi tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Pasalnya, anak yang tumbuh dengan kurang percaya diri tidak akan termotivasi untuk mencoba hal-hal baru atau berbau tantangan. Mereka tidak akan berani tampil di depan umum karena selalu merasa takut gagal dan mengecewakan orang lain. 

Karakter seperti ini tentu dapat menghalangi anak memiliki karir yang cerah di masa depan. Itu sebabnya anak yang cenderung pemalu seperti Fath harus dilatih kepercayaan dirinya sejak dini. Sudah semestinya kita sebagai orang tua membantu dan mendorong kepercayaan diri anak.

Nah, di artikel kali saya akan mengulas beberapa tips yang dapat orang tua terapkan pada anak agar mereka bisa tumbuh menjadi anak yang berani dan percaya diri tampil di depan umum.

Tips Melatih Kepercayaan Diri Anak 

Dilansir dari popmama.com, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), ada beberapa faktor yang menyebabkan anak pemalu yaitu karena pembawaannya dari lahir, atau memiliki pengalaman hidup yang kurang menyenangkan, seperti sering di-bully oleh orang terdekat, pernah mengalami kegagalan, atau tidak adanya dukungan.

Jadi sifat pemalu atau tidak percaya diri ini bukan hanya faktor bawaan dari lahir melainkan juga dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya. Termasuk terkait cara pengasuhan kita, lingkungan di sekitarnya dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, ketika anak tidak percaya diri, dia akan sulit mendapatkan prestasi karena tidak memiliki motivasi untuk ikut berbagai tantangan. 

Bahkan sekalipun dia memiliki minat dan bakat yang bagus, dia tetap tidak bisa melejitkan prestasi atau karirnya selama masih dikuasai dengan sikap pemalu dan tidak percaya diri.

Untuk itu berikut ini beberapa tips yang dapat orang tua terapkan dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak ;

Stop berikan label pemalu pada anak

Salah satu usaha yang orang tua dapat lakukan untuk menanamkan percaya diri anak sejak dini adalah dengan berhenti memberikan label pemalu.

Orang tua yang memiliki anak dengan sifat pemalu seringkali membiarkan anaknya tidak tampil atau bersembunyi di belakangnya dan memberitahukan pada orang lain bahwa anaknya itu memang memang memiliki sifat pemalu.

Maksudnya mungkin baik, agar orang lain maklum dengan karakter sang anak yang pemalu. Namun di sisi lain justru pemberian label tersebut akan tertanam dalam otak anak sehingga dia akan merasa tidak apa-apa  menjadi anak yang pemalu. 

Nah, akibat dari pemberian label ini bisa fatal sekali karena dia bisa tumbuh menjadi anak yang kurang percaya diri setiap bertemu orang lain.

Beri kesempatan pada anak untuk menghilangkan rasa malunya sendiri

Daripada menyembunyikan dan meminta orang lain agar maklum dengan sifat anak kita yang pemalu akan lebih baik jika kita melatihnya dengan memberi kesempatan agar dia mau berusaha menghilangkan rasa malunya sendiri.

Contohnya dengan hal yang sederhana saja. Seperti mengajak anak untuk ikut menyambut tamu dengan memintanya tersenyum dan memberikan salam.

Lalu ketika tamu mengajukan pertanyaan kepada anak, contoh, "Siapa namanya, Nak?" "Sudah kelas berapa sekarang?" kita tidak perlu ikut menjawab. Beri kesempatan kepada anak untuk menjawab pertanyaan tersebut sendiri.

Dengan membiarkan anak menjawab pertanyaan orang lain kepadanya secara tidak langsung juga akan membantu  membuatnya merasa nyaman berkomunikasi dengan orang.

Berikan contoh dan tunjukkan rasa empati

Anak juga bisa belajar dari apa yang dicontohkan oleh orang tuanya. Mungkin kita tidak bisa memberikan contoh langsung tapi setidaknya pengalaman atau sifat kita yang pemalu di masa kecil bisa kita jadikan sebagai contoh.

Kita bisa menceritakan padanya pengalaman kita. Misal dengan mengatakan seperti ini. "Bunda juga dulu sangat pemalu. Namun bunda berusaha melawan rasa malu itu dan terus berlatih hingga akhirnya sekarang bunda bisa percaya diri tampil di depan orang banyak".

Setelah itu tunjukkan rasa empati kita. "Karena bunda juga pernah jadi anak yang pemalu bunda mengerti apa yang adek rasakan. Tapi bunda yakin adek juga pasti bisa melawan rasa malu itu selama adek mau berlatih."

Dengan memberikan contoh sekaligus menyemangati, anak pastinya akan termotivasi. Apalagi yang dijadikan contoh adalah orang tuanya sendiri.

Berikan apresiasi terhadap usaha anak

Jangan lupa untuk berikan apresiasi terhadap setiap usaha yang dilakukan anak. Sekecil apapun usahanya, apresiasi yang kita berikan akan sangat berharga dan berdampak positif baginya.

Setidaknya dengan adanya apresiasi entah berupa ucapan selamat, pujian maupun hadiah akan membuat anak semakin termotivasi untuk percaya diri.

Termasuk ketika anak mengalami kegagalan. Kita tetap harus memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih karena dia sudah mau berusaha. 

Tidak peduli menang atau kalah sebab yang terpenting adalah dia sudah berani menunjukkan rasa percaya dirinya untuk tampil di depan umum. 

Tidak perlu juga sampai membandingkan anak kita dengan anak yang lebih unggul darinya. Karena itu hanya akan membuatnya semakin tidak percaya diri.

Motivasi anak untuk ikut kompetisi sesuai bakat dan minatnya

Namanya anak-anak memang mudah merasa kecewa. Di sinilah tugas kita sebagai orang tua untuk memotivasi anak yang mengalami kegagalan agar jangan mudah menyerah.

Apalagi ketika tahu anak kita memiliki minat dan bakat tertentu, seperti di bidang musik. Tentunya kita perlu mendukung anak agar mau mengembangkan bakatnya itu dengan dengan mengikuti berbagai kompetisi yang berkaitan musik seperti menyanyi, menarik dan lain sebagainya.

Nah, berbicara mengenai kompetisi musik tepat sekali nih momennya. Saat ini lagi ada ajang Yupi's Got Talent 2022 yang cocok dijadikan sebagai ajang untuk melatih rasa percaya diri anak. 

Yupi's Got Talent 2022 Ajang Melatih Rasa Percaya Diri Anak

Yupi’s Got Talent  2022

Yupi’s Got Talent  2022 merupakan wadah yang ditujukan untuk setiap anak agar mereka dapat mengekspresikan semua bakat dan talentanya. Karena Yupi percaya semua anak bisa jadi bintang.

Sof far, buat yang punya anak atau adik masih usia sekolah dan hobi menyanyi, menari, modelling atau apapun itu boleh banget diajak buat ikutan ajang bergengsi ini. Hitung-hitung juga sebagai ajang untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Yupi's Got Talent 2022 sendiri terbagi menjadi 2 kategori yaitu  kids dan teens.

Kategori Kontes untuk Yupi’s Got Talent untuk Junior (Kids)

Berikut ketegori kontes untuk Yupi's Got Talet junior :

  • Singing (musik dan genre apapun)
  • Dancing (single atau group - Apabila Group disarankan maksimal 5 orang). Dance yang ditampilkan termasuk Modern: Breakdance, Hip Hop, Ballet, Shuffle Dance, LED Dance & Tradisional)
  • Music Performance (Alat musik yang disarankan : piano/organ, biola, gitar, saxophone dan alat music tradisional)
  • Sport performance (Wushu, Cheerleading, Gymnastic serta sport lain yang dapat ditampilkan di panggung)
  • Photo Contest
  • Modelling
  • Other Talents (baca puisi dan storytelling) Khusus storytelling bebas bisa menggunakan baik bahasa Indonesia atau bahasa Inggris

Kategori Kontes untuk Yupi’s Got Talent Teens 

Berikut ketegori kontens untuk Yupi's Got Talet Remaja :

  • Singing (musik dan genre apapun)
  • Dancing (single atau group. Apabila group disarankan maksimal 5 orang). Dance yang ditampilkan termasuk Modern: Breakdance, Hip Hop, Ballet, Shuffle Dance, LED Dance & Tradisional)
  • Music Performance (Untuk alat music yang disarankan : piano/organ, biola, gitar, saxophone dan alat music tradisional)
  • Sport performance (wushu, cheerleading, gymnastic serta sport lain yang dapat ditampilkan di panggung)
  • Other talents (stand-up comedy, vloging dan bakat-bakat unik lainnya yang dapat ditampilkan di panggung)

Wah, konten yang diadakan dalam kompetisi Yupi's Got Talent 2022 ini sangat menarik ya. Duh, pokoknya jangan sampai ketinggalan deh. Soalnya ada banyak skill yang akan dipertunjukkan di sini. 

Tentunya anak-anak bisa kita arahkan untuk mengikuti kompetisi sesuai minat dan bakatnya masing-masing.

Cara Ikut Yupi' S Got Talent 2022

Buat yang tertarik ikutan kompetisi adu bakat persembahan dari Yupi Gummy ini langsung saja yuk ikuti cara berikut ini :

  1. Daftarkan diri sebagai member (sign up) di website Yupiland: www.yupiland.com kemudian buka halaman registrasi. Beidewei, Pendaftaran kompetisi ini gratis ya alias tanpa dipungut biaya sama sekali. Khusus untuk pendaftaran talent dengan kategori junior atau kids dapat diwakilkan oleh orang tua dengan memasukkan data orang tua sebagai member.
  2. Setelah selesai melakukan registrasi, masuk ke bagian halaman registrasi Yupi’s Got Talent dan isi data-data tambahan sebagai berikut:    
  • Masukkan kode unik yang ada dalam produk Yupi’s Got Talent
  • Upload link video atau upload foto yang akan dilombakan sebagai syarat utama kepesertaan
  • Siapkan Identitas diri / anggota seperti (KTP/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga)

Cara daftar atau ikutan ajang ini mudah banget,kan? Eits tapi tunggu dulu, di point 3 peserta diminta memasukkan kode unik dalam produk Yupi's Got Talent. Nah, bagaimana cara dapetinnya tuh?

Jadi memang ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dilakukan untuk dapat menjadi peserta YUPI' S GOT TALENT 2022. Syaratnya tidak sulit kok

Syarat Ikut YupI' S Got Talet 2022

Seperti yang disebutkan di atas, agar dapat mengikuti kompetisi ini peserta harus dapat memenuhu beberapa syarat, yaitu :

Peserta harus membeli produk Yupi's Got Talent untuk dapat kode unik sebagai syarat registras

Peserta bisa menemukan variasi Paket Produk Yupi’s Got Talent (versi ‘Shine” atau “Bright”) ini dapat ditemukan di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, JD.ID. Lazada, Tiktok Shop, Yupi Gummy Store di Yupiland seharga Rp. 15,000 dengan Syarat Ketentuan Berlaku. 

Oh ya di versi Shine, ada Yupi ice cream cone dan cookies. Sedangkan di versi Bright ada Yupi milly moos dan little stars

Berikut contoh kode unik yang peserta dapatkan nanti di paket Yupi's Got Talent.

Contoh kode unik yupi's got talent

Pada kemasan produk Yupi terdapat barcode yang dapat di-scan untuk masuk ke website untuk melakukan registrasi.

Bardcode yupi gummy

Peserta harus subscribe Yupi Gummy di Youtube dan mengunggah video penampilan bakat yang dimiliki ke Youtube pribadi.

Setelah selesai melakukan unggah video ke Youtube pribadi, peserta tinggal siapkan link dari Youtube tersebut sebagai syarat pendaftaran

Video Yupiers nantinya akan dinilai scara online & offline oleh pihak terkait dan Juri yang kompeten dalam bidangnya masing-masing.

Untuk Photo Contest (Yupi’s Got Talent Junior), foto yang akan diupload sebagai syarat dapat dilakukan edit warna atau efek, selama foto masih terlihat jelas.  

Sebagai tambahan informasi, penggunaan produk Yupi varian apa saja pada foto, merupakan nilai plus.

Itu dia syarat dan tata cara untuk ikutan Yupi’s Got Talent 2022. Untuk informasi lebih detailnya bisa langsung kunjungi  www.yupiland.com/ygt.

Penutup 

Demikian ulasan mengenai tips melatih rasa percaya diri anak agar berani tampil di depan umum. 

Ada banyak cara yang  dapat kita lakukan untuk melatih kepercayaan diri anak sejak dini termasuk salah satunya adalah dengan mendukung dan memotivasi anak agar ikut kompetisi seperti ajang Yupi's Got Talent 2022.

Yuk, tunggu apalagi. Segera tunjukkan bakat anak kita dengan meramaikan ajang bergengsi yang pendaftarannya gratis ini. 

Terlebih syaratnya tidak sulit karena kita hanya perlu membeli produk Yupi's Got Talent yang harganya terjangkau.

Selain itu cara ikut kompetisinya juga sangat mudah dan praktis karena diadakan secara online. 

Dimana tugas peserta cukup mengambil video hasil penampilannya lalu mengunggah ke akun youtube pribadi. Link dari konten penampilan itulah yang nantinya disetor saat mengisi form registrasi.

Kuy, semoga informasi ini bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Tips Melatih Rasa Percaya Diri Anak Agar Berani Tampil"