Ingin Investasi? Perhatikan Hal Ini Sebelum Investasi Reksadana!

Ingin Investasi? Perhatikan Hal Ini Sebelum Investasi Reksadana!
Foto : freepik.com

Keadaan ekonomi yang semakin tidak menentu membuat banyak orang sadar termasuk generasi muda akan pentingnya investasi. 

Dari sekian banyak instrumen investasi, Reksadana menjadi yang paling banyak diminati generasi milenial. Apalagi investasi tersebut didukung dengan adanya teknologi aplikasi investasi.

Bisa dibilang Reksadana saat ini menjadi instrumen investasi yang populer. Reksadana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal. 

Selanjutnya modal yang terkumpul akan diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Bukan tanpa alasan mengapa banyak investor memilih Reksadana. Pasalnya instrumen investasi yang satu ini sangat cocok untuk investor pemula dan minim modal. 

Meski begitu, Reksadana tetap saja memiliki risiko yang membuat investor harus bersiap dan lebih banyak belajar ilmu investasi.

5 Hal Penting yang Harus Dipahami Sebelum Berinvestasi Reksadana

Hal Penting yang Harus Dipahami Sebelum Berinvestasi Reksadana
Foto : freepik.com

Memilih instrumen investasi di aplikasi investasi terlihat mudah. Namun dibalik kemudahan itu, investor harus memiliki pertimbangan yang matang serta perhitungan yang sangat detail.

Tidak hanya untuk investor yang lebih berpengalaman, hal tersebut juga perlu dilakukan oleh investor pemula.

Mempertimbangkan banyak hal sebelum berinvestasi Reksadana termasuk Reksadana campuran tentu memiliki tujuan yang penting. 

Dengan penuh pertimbangan dan perhitungan, investor bisa terhindar dari risiko kerugian. Inilah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum berinvestasi Reksadana:

Tujuan Investasi

Hadirnya aplikasi investasi sekarang ini memang sangat memudahkan milenial dalam berinvestasi. 

Namun kamu sebaiknya tidak terlalu berambisi mengejar keuntungan tanpa tahu apa sebenarnya tujuan pribadi dalam berinvestasi.

Jangan sampai melakukan investasi hanya karena mengikuti tren yang sedang ramai. Atau mungkin karena alasannya hanya ingin terlihat bijak dalam mengelola keuangan. 

Investasi harus memiliki tujuan yang jelas dan tujuan itu harus mengacu pada diri sendiri, bukan orang lain atau lingkungan.

Mengapa memahami tujuan diri sendiri dalam berinvestasi itu penting? Karena setiap orang memiliki tujuan investasi yang berbeda. Sehingga waktu dalam pencapaian tujuan itu juga tidak akan sama meskipun menggunakan aplikasi investasi yang sama.

Produk dan Jenis Reksadana

Dilihat dari profil investasi, Reksadana terdiri dari empat jenis. Pertama yaitu Reksadana Pasar Uang yang biasanya dipakai untuk jangka pendek atau waktu di bawah satu tahun. Kedua, Reksadana Pendapatan Tetap yang cocok untuk jangka menengah kisaran satu hingga tiga tahun.

Jenis ketiga yaitu Reksadana Campuran yang cocok untuk jangka waktu lebih panjang, tiga hingga lima tahun. Jenis terakhir yaitu Reksadana Saham yang cocok untuk jangka waktu lebih dari 5 tahun.

Memahami jenis produk Reksadana pada aplikasi investasi terbaik berkaitan dengan jangka waktu. Itu juga berarti akan membantu Anda dalam menyusun rencana keuangan selama jangka waktu tersebut.

Risiko Produk

Sebagaimana sebuah instrumen investasi, Reksadana juga memiliki risiko. Risiko tersebut berlaku untuk keempat jenis Reksadana yang sudah disebutkan. Mengenai besar risikonya, terdapat berbagai kemungkinan.

Kamu bisa memperoleh return atau keuntungan yang tinggi. Namun di waktu yang lain, Anda juga bisa mengalami penurunan keuntungan. Penting sekali untuk mengenali risiko ini sebelum kamu melakukan investasi Reksadana di aplikasi investasi.

Dari keempat jenis produknya, Reksadana Pasar Uang dan Reksadana Pendapatan Tetap merupakan yang paling rendah risikonya. Keduanya bisa jadi pilihan tepat bagi investor pemula. Seiring dengan profil risiko yang semakin ekstrim, nantinya kamu bisa mencoba dua jenis Reksadana yang lainnya.

Izin dan Pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Ketika berinvestasi di aplikasi investasi terbaik, kamu juga tetap perlu memperhatikan Manajer Investasi yang mengelolanya. Pastikan Manajer Investasi pengelola tersebut sudah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Selain itu, kamu juga perlu melihat produk Reksadana-nya. Produknya bisa kamu pilih jika sudah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Legalitas produk ini seringkali dilewatkan oleh para investor pemula.

Tidak hanya Manajer Investasi dan produknya, kamu juga perlu memastikan bahwa agen penjual efek Reksadana telah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan memperhatikan ketiga hal ini, Anda akan menjalankan investasi dengan nyaman.

Kondisi Keuangan

Kunci penting dalam investasi di aplikasi investasi adalah konsistensi. Kamu harus secara konsisten menyisihkan dana investasi untuk membeli Reksadana. Dengan konsistensi ini, nilai investasi akan terus terjaga.

Namun, perlu diperhatikan bahwa konsistensi ini tidak seharusnya mengganggu kestabilan finansial. Artinya, kamu memang punya dana lebih dari pendapatan untuk berinvestasi. Dengan kata lain, investasi ini tidak mengganggu kebutuhan dana harian.

Hal yang tidak kalah penting lainnya sebelum berinvestasi di Reksadana adalah tersedianya dana darurat. Keberadaan dana darurat akan berguna bagi kamu ketika risiko investasi benar-benar terjadi.

Pilih Investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS

Untuk kemudahan kamu berinvestasi Reksadana, manfaatkan kecanggihan teknologi yang telah menghadirkan aplikasi investasi digibank by DBS. Selain merupakan aplikasi digital banking, kamu juga bisa berinvestasi di aplikasi ini serta merasakan tiga keuntungan ini:

Buka Rekening Online Mudah

Aplikasi digibank by DBS memungkinkan kamu membuka rekening online dengan lebih mudah dan praktis. Kamu tidak perlu lagi repot datang ke bank untuk mengantri dan mengisi form berlembar-lembar.

Verifikasi Cepat

Teknologi face biometric pada Aplikasi digibank by DBS membantu kamu melakukan verifikasi pembukaan rekening dengan lebih cepat. Teknologi ini mengenali wajah melalui kamera depan ponsel setelah pengisian biodata secara 100% digital.

Gratis Transfer dan Tarik Tunai

Transfer ke mana saja bisa bebas biaya dengan Aplikasi digibank by DBS. Kamu juga bisa tarik tunai gratis di semua ATM dengan ketentuan saldo rata-rata minimal Rp1 juta setiap bulan.

Kini investasi Reksadana semakin mudah dan praktis di aplikasi investasi. Kamu bisa menjalankan investasi dengan nyaman dan merasakan berbagai keuntungan di Aplikasi digibank by DBS.

Posting Komentar untuk "Ingin Investasi? Perhatikan Hal Ini Sebelum Investasi Reksadana!"