Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Interlac + Vit D3 Suplemen Imunitas untuk Si Kecil

Interlac +Vit D3, suplemen imunitas ini menjadi pilihan saya untuk si kecil setelah marak beredar berita tentang larangan penggunaan obat sirup karena mengandung cemaran berbahaya yang diduga merupakan penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Interlac + Vit D3 Suplemen Imunitas untuk Si Kecil

Awalnya saya nggak percaya saat pertama kali dengar ada anak usia satu tahun terserang penyakit gagal ginjal akut. Pikir saya, mana mungkin anak yang usianya baru setahunan gitu sudah mengalami gagal ginjal.

Ketika kasus ini ramai dibicarakan di media sosial baru saya merasa horor banget. Terutama setelah dikaitkan dengan obat-obatan sirup yang biasa dikonsumsi anak-anak ketika sakit. 

Ingatan saya langsung melayang pada obat parasetamol sirup yang baru beberapa waktu lalu diminum anak-anak karena demam dan batuk pilek yang tak kunjung mereda. 

Pikiran aneh pun seketika menghantui namun segera saya tepis. Saya tidak ingin membayangkan hal-hal yang membuat saya semakin takut. 

Saya tahu apa yang saya rasakan ini juga dialami ibu-ibu se-Indonesia, terutama yang punya balita. Yap, dengan munculnya penyakit misterius yang telah merenggut nyawa ratusan anak di Indonesia, ibu mana sih yang nggak takut?

Apalagi keluar edaran dari Kemenkes RI terkait larangan penggunaan obat-obatan dalam bentuk cair atau sirup karena diduga mengandung cemaran berbahaya yaitu senyawa Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DG).

Adanya larangan tersebut tuh nggak cuma bikin ibu-ibu worry saja tapi pada galau dan bingung karena selama ini obat sirup selalu menjadi andalan saat anak sakit.

Obat sirup dilarang, nanti kalau anak saya demam dikasih minum obat apa dong?

Kurang lebih komentar-komentar senada seperti itu yang sering saya temukan saat buka medsos belakangan ini. Saya tadinya juga mau berpikir demikian, tapi setelah saya pikir-pikir lagi ngapain saya harus ikutan galau.

Alhamdulillah kondisi kesehatan ketiga anak saya saat ini dalam keadaan baik. Memang beberapa waktu lalu sebelum heboh kasus gagal ginjal akut mereka sempat sakit, terserang batuk pilek, tapi kan sekarang sudah sembuh.

Ya, daripada pusing mikirin nanti mau kasih obat apa mending saya fokus jaga daya tahan tubuh mereka biar nggak mudah terserang virus. Terlebih di musim tak menentu seperti saat ini, anak-anak rentan sakit, jadi sebisa mungkin saya harus bisa meningkatkan Imunitas tubuh mereka.

Caranya gimana? Yuk kita bahas!

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Biar bagaimanapun mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Karena itu menurut saya penting sekali menjaga daya tahan tubuh anak. Tentunya dengan imunitas yang kuat anak nggak akan mudah jatuh sakit.

Mumpung anak lagi sehat, yuk segera terapkan cara meningkatkan imunitas tubuh si kecil berikut ini ;

Jaga pola tidur anak

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki jadwal tidur teratur lebih mudah terserang penyakit. Tentu ini juga berlaku untuk anak kecil. 

Ketika anak kurang tidur, pertumbuhannya akan terganggu sehingga berdampak pada sistem imun. Itu sebabnya orang tua sangat dianjurkan untuk memperhatikan pola tidur anak.

Pastikan anak tidur teratur dan sesuai dengan waktu tidur yang dibutuhkan. Anak-anak memiliki waktu tidur yang berbeda-beda, tergantung dengan usia mereka. 

Dilansir dari situs alodokter, berikut waktu tidur yang ideal berdasarkan usia anak:

  • Bayi (Newborn) usia 0-3 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 14-17 jam per hari.
  • Bayi (Infant) usia 4-11 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 12-15 jam per hari.
  • Batita usia 1-2 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 11-14 jam per hari.
  • Balita 3-5 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 10-13 jam per hari.

Biarkan anak aktif bergerak

Termasuk cara meningkatkan imun tubuh si kecil adalah dengan berolahraga. Orang tua bisa mengajak anak melakukan berbagai aktivitas fisik yang sederhana seperti mengajak anak jalan-jalan keliling kompleks, bersepeda atau bermain bersama.

Aktivitas fisik yang dilakukan tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh melainkan juga dapat mengurangi stres emosional anak yang merupakan salah satu penyebab turunnya daya tahan tubuh.

Apalagi anak-anak memang sangat suka bermain dan melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya. Jadi jangan batasi gerak anak, biarkan mereka aktif melakukan aktivitas fisik seperti berlari atau lompat-lompat sambil tetap perlu kita awasi.

Imunisasi lengkap

Hayoo ibu-ibu setiap bulan anaknya dibawa ke posyandu tidak? Jika ingin anak-anak kita memiliki daya tahan tubuh yang kuat pastikan juga mereka mendapat imunisasi yang lengkap.

Imunisasi yang dilakukan secara rutin dan lengkap sesuai rekomendasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) mampu merangsang tubuh si kecil untuk membentuk antibodi spesifik yang siap melawan berbagai jenis penyakit. Sebut saja seperti penyakit hepatitis B, polio, campak, influenza, dan lain sebagainya. 

Penuhi asupan nutrisi anak

Cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah dengan memberikan menu makanan yang sehat dan bergizi seimbang. 

Agar nutrisi makanan yang masuk dalam tubuh terserap dengan maksimal tentu saluran cerna anak harus dalam keadaan sehat.

Nah, ternyata kesehatan saluran pencernaan juga sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh lho.

Jika saluran cerna bermasalah dan jumlah bakteri baik dalam tubuh menurun, proses penyerapan nutrisi akan terganggu. 

Begitu pula dengan kerja berbagai komponen sistem kekebalan tubuh di usus. Hal ini tentu bisa melemahkan daya tahan tubuh sehingga membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Karena itu pemenuhan asupan nutrisi ini perlu didukung pula dengan suplemen imunitas yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna. 

Pentingnya menjaga kesehatan saluran cerna anak

Saluran cerna yang sehat adalah cerminan daya tahan tubuh yang baik. Pernah dengar ungkapan tersebut?

Faktanya, 80% sistem imun kita terdapat pada saluran cerna. Bahkan para ahli medis sepakat bahwa saluran cerna memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan manusia mulai dari bayi baru lahir, anak-anak hingga orang dewasa.

Ketika saluran cerna ini terganggu akan memicu berbagai gangguan kesehatan seperti diare, sembelit, sakit perut, kembung dan kolik serta gumoh pada bayi.

Perlu diketahui bahwa kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat yang diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk, stres, diare dan pemakaian obat yang berlebihan.

Sebaliknya, kesehatan saluran cerna yang baik ditandai dengan banyaknya jumlah bakteri baik atau dikenal juga dengan istilah probiotik di dalam saluran cerna 

Agar jumlah si probiotik dalam saluran cerna ini tetap terjaga perlu diberi asupan makanan yang disebut dengan prebiotik. 

Prebiotik sendiri bisa diperoleh dari buah-buahan yang tinggi serat seperti apel dan pisang atau dari minuman seperti susu fermentasi yang mengandung prebiotik.

Selain itu tentunya kita juga dapat menjaga kesehatan saluran cerna anak dengan memberikan mereka suplemen imunitas.

Memilih Suplemen Imunitas yang Aman untuk Anak

Memilih Suplemen Imunitas yang Aman untuk Anak

Sebelum heboh kasus gagal ginjal ini, anak-anak saya biasanya konsumsi suplemen sirup rasa jeruk. Tapi karena sekarang masih ramai isu produk sirup yang mengandung cemaran berbahaya saya sempat bingung memilih produk suplemen praktis yang aman untuk mereka.

Bersyukur saat buka media sosial saya ketemu dengan Interlac + Vit D3. Rupanya beberapa teman medsos saya yang juga punya anak balita sudah beralih ke suplemen dalam bentuk tablet ini.

Langsung saja dong saya cari tahu apa itu Interlac + Vit D3? Apa saja keunggulannya sampai akhirnya saya juga memercayakan daya tahan tubuh anak-anak saya pada Interlac + Vit D3?

Interlac + Vit D3 Bantu Tingkatkan Imun Tubuh Anak

Interlac + Vit D3 Bantu Tingkatkan Imun Tubuh Anak

Interlac + Vit D3 merupakan suplemen kombinasi probiotik dan Vit D3 pertama di Indonesia. Kandungan probiotiknya dapat meningkatkan penyerapan vitamin D3 lebih optimal.

Ibu-ibu tidak perlu khawatir memberikan Interlac +  Vit D3 ke anak-anak karena suplemen ini benar-benar aman Tanpa Cemaran EG dan DEG.

Dan meskipun tampilannya seperti obat, namun setelah mencobanya anak-anak pasti suka dengan suplemen praktis ini karena rasa jeruknya yang manis dan enak.

Tidak seperti obat yang yang memiliki rasa pahit dan biasanya sulit diberikan  ke anak-anak, tablet rasa jeruk ini praktis dikonsumsi karena tinggal dikunyah (kayak gula-gula, hehe). Yang pasti rasanya bikin nagih. 

Namun meski rasanya bikin anak-anak  ketagihan jangan biarkan mereka konsumsi suplemen dalam bentuk tablet ini sampai berlebihan ya. Cukup 1 tablet kunyah perhari.

Nah, keunggulan utama dari tablet kunyah rasa jeruk yang disukai anak ini dapat kita temukan pada khasiatnya. 

Dimana dengan formula double action-nya yaitu kombinasi antara probiotik Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan vitamin D3, mampu menjaga kesehatan saluran cerna sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh anak

Interlac tablet ini aman dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak dari usia 2 tahun hingga orang dewasa dan lansia juga bisa lho. Termasuk untuk ibu hamil dan menyusui.

Selain aman, khasiat Interlac + Vit D3 sudah pasti teruji. Makanya semenjak anak-anak saya konsumsi suplemen praktis ini saya bisa lebih tenang dan tidak perlu takut lagi bila ada Varian Covid baru atau penyakit misterius lainnya muncul karena mereka sudah memiliki daya tahan tubuh yang kuat, yang mampu melawan berbagai macam virus. 

Penutup

Kunci dari meningkatkan daya tahan tubuh anak ada pada saluran cernanya. Ingin anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat? Perhatikan baik-baik kondisi kesehatan pencernaannya. 

Maraknya isu obat sirup yang mengandung cemaran berbahaya memang begitu meresahkan, namun jangan sampai kita terlalu fokus ke situ.

Apalagi jika anak-anak kita saat ini dalam kondisi sehat. Langkah paling tepat yang seharusnya kita lakukan adalah berupaya meningkatkan imunitas tubuh mereka agar tidak mudah terserang penyakit. 

Setidaknya, kehadiran Interlac + Vit D3 dapat menjadi Alternatif Selain Sirup untuk mengatasi keresahan para ibu. Dengan khasiatnya yang double action, tidak hanya menjaga kesehatan saluran cerna tapi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

So, buat ibu-ibu yang ingin juga stok tablet kunyah ini di rumah langsung saja yuk pesan produk Interlac di Shopee atau di marketplace lainnya seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lain-lain.

Suplemen tablet ini juga bisa dengan mudah ditemukan di apotek atau baby store langganan terdekat.

Selain itu biar nggak ketinggalan update terbaru dari Interlac dan juga mendapat edukasi lebih terkait kesehatan pencernaan,  kalian bisa banget nih kepoin produk Interlac di akun instagram @interclacprobiotic.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam ^^


50 komentar untuk "Interlac + Vit D3 Suplemen Imunitas untuk Si Kecil"

  1. Sedih banget ya obat sirup ditarik dari peredaran. Tapi ga papa sih untuk kebaikan bersama. Alhamdulillah ada Interlac lengkap nih kandungannya untuk jaga imunitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak demi kebaikan bersama ya. Karena bahaya juga kalau konsumsi obat sirup yang diduga ada cemarannya itu apalagi belum diketahui penyebabnya.

      Hapus
  2. Asli butuh banget interlac ini buat anakku yang gedhe. Pencernaan kurang baik, nafsu makan kurang, dan sering sakit. WIs klop dah butuh Interlac

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, Interac ini selain buat jaga imun bagus banget untuk pencernaan juga. Double manfaatnya deh

      Hapus
  3. ini sih pasti disukai semua anak suplemennya, selain enak juga kaya permen bisa dikunyah jd ga terasa makan suplemen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, malah kerasanya kayak makan permen, hehe

      Hapus
  4. Wah buibu jadi enggak perlu khawatir nih buat ngasih suplemen ke anak2. Ada Interlac + Vit D3. Suplemen kombinasi probiotik dan Vit D3 pertama di Indonesia ya mba? Keren banget, udah gitu tanpa cemaran EG dan DEG. Tjakep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mbak. Pastinya anak2 aman kalau konsumsi Interlac + Vit D3 ini

      Hapus
  5. Interlac ini memang bermanfaat untuk saluran cerna anak ya, mba, jadi bagus banget buat dayan tahan tubuh. Anakku juga konsumsi Interlac karena rasanya juga enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, khasiatnya double ya, baik buat kesehatan saluran cerna anak sekaligus jaga daya imun si kecil

      Hapus
  6. Istilah Happy Tummy Happy Kid memang benar adanya, anak yang sehat berawal dari saluran cerna yang sehat ditambah rutin konsumsi Interlac Tablet kunyah agar saluran cerna tetap sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget Mbak, jadi emang penting banget jaga kesehatan saluran cerna anak dan ada Interlac yang memudahkan itu :)

      Hapus
  7. Saya setuju banget nih, masa sekarang ini wajib banget kita memilih vitamin yang aman buat anak-anak, karena banyak banget kasus-kasus yang malah bikin parno banget dengan kesehatan anak.

    Anak-anak saya juga suka banget loh konsumsi Interlac + vitamin D3, katanya enak, rasa jeruk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, lagi rawan vitamin atau obat yang mengandung cemaran bahaya jadi kudu hati2 banget dalam memilih suplemen untuk si kecil

      Hapus
  8. Saya juga kaget waktu denger kabar gagal ginjal akut diderita anak-anak usia setahun. Jadi makin was-was pilih obat atau suplemen. Tapi alhamdulillahnya ada rekomendasi suplemen dari Interlac yah, yang berupa tablet kunyah rasa jeruk yang disukai anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak syukur ada Interlac jadi nggak pusing lagi cari alternatif selain sirup buat anak

      Hapus
  9. Iya benar mba. Pas tahu ada kasus ginjal akut ini, bkin aku sebagai orangtua juga beneran was-was. Apakgi korbannya anak anak yang tak berdosa dan jumlahnya ratusan yang meninggal. Yuk kita sama sama jaga imunitas anak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang tua mana yang nggak worry ya Mbak? Tapi syukurlah ada suplemen imunitas yang aman seperti Interlac ini

      Hapus
  10. Agar tidak gampang sakit, anak-anak perlu minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh nya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Bener banget. Lebih baik mencegah ya daripada mengobati

      Hapus
  11. Kemarin sempat khawatir banget gara gara berita yg viral soal gagal ginjal anak, alhamdulillah ada alternatif selain sirup

    BalasHapus
  12. Istirahat cukup dan asupan yang bergizi memang kunci utama menjaga kondisi kesehatan anak tetap terjaga ya, mbak. tapi kalau musimnya lagi gini, tetap harus dibantu suplemen.

    BalasHapus
  13. Imunisasi aja juga nggak cukup ya, Mbak, tapi juga butuh asupan juga vitamin, biar anak selalu sehat dan aktif.

    BalasHapus
  14. Sepakat, emang lebih baik untuk bersiap2 dengan mengonsumsi multivitamin daripada bingung nanti pas sakitnya. Setidaknya ada ikhtiar meningkatkan imunitas ya kan

    BalasHapus
  15. Tablet kunyah interlac + vitamin D3 wajib sedia ya mbak, agar daya tahan tubuh anak terjaga. Dan tentunya imbangi dgn makan makanan sehat dan bergizi

    BalasHapus
  16. Anakku juga konsumsi Interlac mbak. Krn rasanya rasa jeruk makanya anak2 bisa dengan gampang mau memakannya ya. Soalnya aku pun sekarang menghindari obat atau suplemen dalam bentuk sirup.
    Interlac ini selain bagus buat meningkatkan imunitas jg ok buat pencernaan ya.

    BalasHapus
  17. Suplemen vitamin daya tahan tubuh jadi penting buat anak sekarang apalagi musim batuk pilek. Jadi aman dan sedikit lega kalau ada Interlac...

    BalasHapus
  18. Kebetulan banget ya di rumah keponakan sudah distop minum yang sirup jadi mamanya nyari yang kunyah. Saya mau rekomendasikan penambah imun tubuhnya dengan produk ini, siapa tahu jadi refensi dan cocok buat keponakan saya

    BalasHapus
  19. Haduuh saya juga khawatir masalah sirup penurun panas itu karena anak saya juga minum. Semoga baik-baik saja ya anak-anak dan tidak ada kaitan dengan gagal ginjal. Bismillah mohon perlindungan kepada Allah. Kapan hari pas anak-anak sakit panas juga gak berani kasih obat huhuu. Alhamdulillah sekarang ada interlac yang bisa bantu jaga daya tahan tubuhnya biar gak gampang sakit

    BalasHapus
  20. Aku kira interlac cumq buat anak2 ternyata bisa dikonsumi semua usia ya. Mantab nih cukup 1 suplemen urk seluruh keluarga

    BalasHapus
  21. Saya juga sempet gak yakin ada kasus gagal ginjal pada anak, tapi tetap waspada perlu, jadi sekarang cari obat dan suplemen yang bebas dari cemaran sirup

    BalasHapus
  22. Iyaaa, horor banget itu kasus gagal ginjal akut pada anak balita. Di keluargaku udah nggak ada balita, sih. Paling kecil ponakan kelas 4 SD. Tapi teteeeup, pas dia demam bapll kemarin jadi agak khawatir juga mau ngasih obat sirop.

    Sekarang bener-bener mesti ikhtiar menjaga imunitas tubuh. Seneng banget ada suplemen kunyah yang enak begini.

    BalasHapus
  23. Sekarang memang tidak bisa diprediksi dan diduga ya, Mbak. namanya penyakit, tidak mengenal usia. Makanya perlu sekali menjaga daya tahan tubuh. Tidak untuk anak saja, tapi kita juga. Dan ini bagusnya ada suplemen yang bisa meningkatkan imunitas ya, Mbak. tablet kunyah dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak.

    BalasHapus
  24. bagus yaa interlac ini mengandung vit D3 juga, bisa bantu jaga imun tubuh anak, apalagi masuk musim penghujan plus corona masih ada juga sampe sekarang

    BalasHapus
  25. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Agar anak gak gampang sakit memang baiknya konsumsi suplemen juga biar imunitasnya tetap terjaga. Seperti konsumsi Interlac ini.
    Btw, soal imunisasi rekomendasi IDI hanya bisa didapatkan di RS mba. Kalau Posyandu regulasinya kementrian kesehatan, vaksinnya beda.

    BalasHapus
  26. Oke baik. Penting sekali menjaga kesehatan saluran cerna kita untuk urusan daya tahan tubuh.

    Pemilihan suplemen sekarang memang agak perlu hati-hati. Dengan maraknya berita sirup yang mulai nggak boleh diberikan untuk anak karena cemaran bahan-bahan berbahaya.

    Kehadiran tablet kunyah kayak Interlac + Vitamin D3 benar-benar menjadi penolong ibu-ibu banget dah.

    BalasHapus
  27. Wah ponakan daku yang balita bisa nih konsumsi Interlac ,soalnya usianya udah di atas 3 tahun, biar doi dapat asupan lengkap apalagi ada plus vit D3

    BalasHapus
  28. senengnya sekarang sudah ada model vitamin dan suplemen begini ya, tablet kunyah kayanya lebih menarik ditawarkan ke anak, karena mirip permen hehe

    BalasHapus
  29. wah ternyata selain bagus untuk menjaga imun tubuh, interlac ini juga bagus untuk saluran pencernaan si kecil ya, double ya manfaatnya

    BalasHapus
  30. Ternyata manfaatnya banyak sekali ya interlac ini, selain dapat meningkatkan imun tubuh si kecil juga dapat menjaga sistem pencernaan si kecil agar lebih sehat dan terjaga, cocok banget ya buat keponakan saya yang masih kecil dan aktif di luar rumah

    BalasHapus
  31. interlac emang bagus banget untuk jaga imunitas tubuh, apalagi saat ini musim hujan dan bikin rentan sakit

    BalasHapus
  32. Interlac solutif banget ketika obat sirup sedang bermasalah dengan banyaknya kasus gagal ginjal pada anak-anak.
    Interlac dengan rasa jeruk pastinya banyak disukai anak-anak

    BalasHapus
  33. Interlac +Vitamin D3 ini jadi andalan para ibu untuk membantu menjaga daya tahan tubuh anak ya mbak

    BalasHapus
  34. Penting banget ini di musim kayak sekarang, anak jadi mudah batuk pilek untungnya sekarang udah ada interlac ya mbak

    BalasHapus
  35. Suplemen kayak gini nih yang dibutuhkan anak-anak aktif, apalagi dengan rasa yang disukai dan sudah pasti mengandung bahan-bahan alami.

    BalasHapus
  36. Meresahkan ya kejadian bahan berbahaya yang ada di obat sirup itu. Mau tidak mau sekarang memang harus tingkatkan daya tahan tubuh sih, biar gak gampang kena sakit. Apalagi di musim seperti sekarang, hujan dan dingin mulu udaranya. Untunglah ada Interlac yang juga aman dikonsumsi anak

    BalasHapus
  37. Memang betul, berdasarkan pengamatan dan pengalaman mengasuh 2 bocil, masalah pencernaan ini ngaruh banget sama kondisi tubuh secara keseluruhan. Makanya anak-anak konsumsi Interlac bahkan sejak masih bayi. Alhamdulillah, udah cocok dan terjamin kualitasnya.

    BalasHapus
  38. Pas ada berita obat sirup yang bikin gagal ginjal itu beneran bikin hati deg-degan. Makin concern jadinya memperhatikan asupan gizi dari makanan minuman yang dikonsumsi untuk jaga stamina anak agar jangan sampai sakit. Termasuk menambah dengan vitamin agar imunnya makin kuat. Interlac jadi pilihan yang pas

    BalasHapus
  39. Suplemen anak Interlac + Vit D3 rasa jeruk ini enak ya
    akupun konsumsi karena bisa buat dewasa juga bahkan bagus untuk ibu hamil

    BalasHapus
  40. iya nih, sejak marak pemberitaan kasus gagal ginjal misterius saya juga was was.. langsung sapu bersih sediaan obat dan suplemen dalam bentuk sirup.. untungnya ada interlac, suplemen bentuk kunyah,jadi tetap bisa jaga imun anak-anak tanpa was was

    BalasHapus