Manfaatkan Internet, Berikut Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan

Daftar Isi
5 Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan
Gambar : freepik

Sebagai umat muslim yang paham akan keutamaan ramadan, tentu kita tidak akan melewatkan bulan suci ini begitu saja. Ramadan adalan momentum yang tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi pahala sebanyak mungkin.

Karena hanya di bulan inilah setiap amal kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan hingga 700 kali lipat. Bahkan khusus untuk amalan puasa ramadan pahalanya tidak terhingga.

Namun untuk bisa maksimal menjalankan ibadah selama bulan ramadan, tubuh kita harus fit dong. Ya, bagaimana kita bisa berpuasa dengan lancar kalau kesehatan terganggu?

Nah, untuk membantu menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama bulan ramadan, ada beberapa tips nih yang bisa kamu terapkan. Termasuk salah satunya dengan memanfaatkan internet untuk dapat membantu kamu memantau kesehatan dengan mudah dan praktis.

Yuk, yuk kita bahas!

Cara menjaga kesehatan di bulan ramadan

Cara menjaga kesehatan di bulan ramadan
Gambar : freepik

Selama bulan ramadan kamu memang harus kudu ekstra menjaga kesehatan tubuh agar bisa beribadah dengan lancar. 

Apalagi di pekan pertama ramadan, tubuh baru mulai kembali beradaptasi dengan kebiasaan makan baru. Yang tadinya waktu makan saat pagi, siang dan malam berubah  ke waktu sahur berbuka, dan malam.

Adanya perubahan tersebut biasanya menimbulkan masalah pencernaan seperti dehidrasi, sakit perut, sembelit bahkan GERD atau asam lambung.

Ada yang mengalami hal tersebut? Ingin terhindar dari masalah pencernaan dan bisa tetap sehat dan kuat menjalani ibadah puasa? Tenang, berikut ini tips sehat berpuasa yang bisa kamu lakukan :

Jangan lewatkan sahur

Salah satu aktivitas yang ada pada bulan ramadan adalah sahur, yakni makan sebelum dimulainya waktu berpuasa. 

Hukum sahur adalah sunnah dalam artian tidak mengapa ditinggalkan. Namun sebaiknya dikerjakan, karena selain mendapatkan pahala, dengan sahur kamu akan mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari.

Konsumsi makanan yang sehat dan saat sahur maupun berbuka

Rasa lapar dan haus yang ditahan sepanjang hari kerap membuat orang kalap saat berbuka. Apalagi biasanya di bulan ramadan banyak sajian takjil yang menggoda mulai dari yang manis-manis, goreng-gorengan hingga beraneka minuman segar.

Bukan berarti takjil tersebut tidak sehat. Hanya saja jangan sampai kamu berlebihan menyantapnya sehingga membuat tubuh kekenyangan dan luput mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Begitupula saat makan sahur, karena masih ngantuk dan ingin yang praktis sehingga kamu mungkin lebih memilih makanan yang instan-instan saja. Ini juga berbahaya buat kesehatan ya! Pastikan makanan yang kamu konsumsi saat sahur maupun berbuka harus sehat.

Penuhi asupan cairan tubuh

Selain makanan, asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuhmu juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi saat puasa karena itu dapat mengganggu kesehatan.

Kamu harus minum air putih yang cukup saat sahur dan berbukan agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Istirahat yang cukup

Termasuk menjaga kesehatan saat berpuasa adalah dengan istirahat yang cukup. Terlebih di bulan ramadan, kamu harus bangun lebih awal untuk sahur sehingga tentu terjadi juga perubahan pada pola tidur.

Karena itu jangan sampai begadang di malam hari dan jika memang tidak memiliki pekerjaan pada tengah hari usahakan untuk bisa tidur siang agar waktu istirahat yang cukup ini dapat terpenuhi.

Manfaatkan internet untuk memantau kesehatan tubuh

Kehadiran internet tentu memudahkan kamu mengakses informasi seputar kesehatan dengan mudah. Bahkan kamu bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Cukup dengan mengandalkan jaringan Internet yang cepat dan stabil dari Telkom Indonesia.

Yap, teknologi internet provider yang semakin canggih memungkinkan kita untuk memantau kesehatan dan berkonsultasi dengan dokter secara online lewat platform atau aplikasi kesehatan.

Karena itu jangan lupa manfaatkan internet ya untuk membantu menjaga dan memantau kesehatan tubuh dengan lebih mudah, cepat dan praktis.

Rekomendasi Aplikasi Kesehatan

Rekomendasi Aplikasi Kesehatan
Gambar : freepik

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi kesehatan versi situs teknologi yang dapat membantu kita untuk memantau serta menjaga kondisi tubuh selama berpuasa :

MyFitnessPal

Pertama ada aplikasi MyFitnessPall yang dapat membantu memantau asupan kalori, nutrisi, dan cairan yang dikonsumsi selama berpuasa.

WaterMinder

Berikutnya ada WaterMinder yang dapat membantu memantau asupan air yang dikonsumsi selama berpuasa.  Dengan aplikasi ini, nggak perlu khawatir tubuh akan dehidrasi. Cukup dengan mengatur pengingat, kita dapat memastikan bahwa air yang diminum saat sahur dan berbuka sudah cukup.

Muslimah Fit

Sesuai namanya, aplikasi ini dikhususkan untuk para muslimah yang ingin menjaga kesehatannya selama berpuasa. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan panduan latihan fisik serta olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh saat berpuasa.

Halodoc

Siapa nih yang suka baca artikel kesehatan di website halodoc? Ternyata platform kesehatan ini juga yang punya aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli obat, vitamin, dan suplemen dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi Halodoc juga menyediakan fitur untuk konsultasi online dengan dokter atau konsultan kesehatan termasuk mengenai kesehatan selama berpuasa. 

Bagaimana? Menjaga dan memantau kesehatan saat berpuasa ramadan tidak sulit, kan? Terlebih dengan adanya sejumlah aplikasi kesehatan yang seperti saya sebutkan di atas.

Pastikan saja kamu sudah berlangganan internet provider Internet IndiHome dari Telkom Indonesia di rumah ya biar aktivitas mengakses aplikasi tersebut bisa lancar tanpa hambatan.

Semoga artikel ini bermanfaat.


1 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.
Lengkap memang aplikasi yang mendukung ibadah di bulan puasa ini. Sudah nggak ada lagi ceritanya bulan puasa kok lemes, rebahan, dan tidur doang. Ayo, semangat, Gaes!