Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Berat Badan Efektif bersama Sirka

Cara Menaikkan Berat Badan Efektif bersama Sirka

Senang sekali bisa mengetahui cara menaikkan berat badan efektif yaitu dengan memanfaatkan layanan kesehatan berbasis digital bernama Sirka.

Siapa sih yang nggak pengen punya berat badan ideal? Seperti halnya orang gemuk yang sering kesulitan dalam menurunkan berat badan, orang kurus pun butuh perjuangan untuk meningkatkan berat badan.

Nah, orang yang mengalami obesitas atau kegemukan biasanya menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Lalu bagaimana dengan orang yang ingin menaikkan berat badan? Apakah cukup dengan makan banyak? Ataukah solusinya dengan mengikuti program diet juga?

Well, di artikel ini saya akan ulas mengenai cara menaikkan berat badan dan bgaimana Sirka dapat membantu saya mewujudkan berat badan ideal. Baca artikel ini sampai selesai ya!

Diet Bukan Hanya untuk Orang Gemuk

"Oh, jadi orang yang ingin menaikkan berat badan juga perlu melakukan diet ya?" tanya saya pada Mbak Himawati Harisatul, Nutrisionis Sirka saat melakukan konsultasi online via Google Meet.

"Iya, benar. Diet adalah mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, fungsinya tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga menaikkan berat badan. Bahkan diet juga berfungsi mengatur  asupan makanan bagi penderita penyakit tertentu" Begitu kurang lebih penjelasan Mbak Himawati yang bikin saya mangut-mangut. 

Jujurly, saya sempat kaget mendengar penjelasan tersebut karena selama ini yang saya ketahui dan pahami, program diet hanya untuk mereka yang memiliki masalah berat badan berlebih.

Jadi selama ini pemahaman saya keliru dong? Eh tapi wajar juga sih kalau saya berpahaman seperti itu, karena kebanyakan orang yang menjalani diet tujuannya memang untuk menurunkan berat badan, kan?

Makanya selama ini saya nggak pernah menjalankan diet bahkan menganggap tubuh saya nggak butuh diet, karena sejauh ini saya nggak pernah mengalami masalah obesitas. 

Dari masih masih lajang hingga sudah punya tiga anak, badan saya masih tetap langsing eh kelewat langsing malah aka kurus. Saya hanya pernah merasakan badan gemuk saat hamil saja. 

Setelah melahirkan, saya tidak perlu berusaha keras untuk diet karena dalam kurun waktu singkat badan saya akan segera kempes kembali, huhu.

Kalau turunnya ke berat badan ideal ya nggak masalah, tapi ini turun sampai ke angka yang bikin badan saya terlihat semakin kurus.

Padahal selama ini saya makannya banyak lho, tapi kok tetap kurus ya? Apa yang harus saya lakukan untuk bisa menaikkan berat badan?

Ternyata anggapan saya selama ini keliru. Mau menaikkan badan juga butuh diet. Bersyukurnya saya bisa kenal dengan Sirka dan dari sesi konsultasi yang saya lakukan bersama ahli gizinya beberapa waktu lalu benar-benar membuka insight sekaligus memotivasi saya untuk menjalani diet sehat dengan pendampingan langsung dari ahli gizi.

Konsultasi Online dengan Ahli Gizi Sirka

Konsultasi online Sirka

Rabu, 13 September 2023 lalu saya berkesempatan melakukan sesi konsultasi online gratis bersama dengan ahli gizi Sirka.

Konsultasi tersebut saya lakukan setelah melakukan pendaftaran di Sirka dan mengisi Health Assesment

Lumayan banyak juga data yang perlu diisi mulai dari umur, berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, tekanan darah, aktivitas fisik yang dilakukan, waktu tidur hingga asupan makanan yang meliputi energi atau kalori, karbo, protein dan lemak.

Assesment ini harus diisi dengan benar ya, jangan asal-asalan karena datanya yang akan jadi bahan review oleh nutrisionis Sirka pada saat sesi konsultasi.

Health assesment Sirka

Nah, gambar di atas menunjukkan hasil assesment yang saya isi. Bisa dilihat, untuk Indeks Masa Tubuh (IMT) saya berada di angka 19,2, alhamdulillaah masih masuk kategori normal. 

Kalau lebih dari 25 itu yang patut diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko diabetes maupun penyakit kronis lainnya.

Kendati IMT normal, namun saya masih punya masalah dengan berat badan yang kurang. Dari assesment di atas bisa dilihat ya, saya disarankan untuk menjalankan program peningkatan berat badan dengan estimasi waktu selama 40 pekan untuk mencapai kenaikan berat badan yang saya inginkan yaitu 10 kg.

Mbak Himawati, ahli gizi Sirka yang mendampingi saya saat konsultasi mengulas hasil health assesment saya dengan sangat jelas.

Beliau menjelaskan bahwa program diet untuk menaikkan berat badan ini tidak hanya menyangkut asupan makanan, melainkan juga ditunjang dengan pola hidup sehat. Baik itu aktivitas fisik maupun kebiasaan tidur, semua perlu diatur.

Saya jadi tahu pola hidup saya selama ini masih banyak yang perlu diperbaiki. Terutama untuk aktivitas fisik ternyata saya masih kurang gerak, tidur belum berkualitas, makanan yang dikonsumsi juga belum sepenuhnya bergizi seimbang.

Selama sesi konsultasi saya mengajukan beberapa pertanyaan. Salah satunya pertanyaan tentang bagaimana dengan diet yang dilakukan oleh ibu menyusui karena kondisi saya sementara ini sedang menyusui. Ternyata ada program khusus untuk ibu menyusui juga di Sirka.

Jawaban dan penjelasan dari Mbak Himawati sangat memuaskan sampai tidak terasa waktu konsultasi selama 30 menit berakhir. 

Cara Menaikkan Berat Badan dengan Program Pendampingan Sirka

Sebelum menutup sesi konsultasi, Mbak Himawati juga menjelaskan mengenai Sirka dan program-programnya yang menurut saya sangat menarik.

Dari pengalaman melakukan konsutasi online dengan ahli gizi Sirka itulah yang yang membuat saya berani mengatakan bahwa mengikuti program peningkatan berat badan di Sirka termasuk salah satu cara menaikkan berat badan yang efektif.

Kenapa bisa demikian?

Program pendampingan Sirka

Coba lihat bagaiman alur perjalanan program Sirka. Diawali dengan assesment, kemudian berlanjut ke tahap konsultasi. Di tahap konsultasi ini kita mulai menyusun goal dan diet plan berdasaskan hasil assesment.

Setelah itu barulah program diet dijalankan sesuai dengan target dan durasi program diet yang kita pilih. 

Tentu banyak benefit yang kita dapatkan saat menjalankan program peningkatan berat badan bersama Sirka. 

Beberapa diantaranya seperti meal guideline yang akan membantu menakar asupan makanan kita selama mengikuti progam melalui porsi yang khusus dirancang oleh ahli gizi pribadi, ada juga daily task yang berfungsi memberikan tugas kepada kita sebagai klien untuk membangun healthy habbit, dan masih banyak lainnya.

Program diet bersama Sirka semakin efektif karena ada juga nih tahap monitoring evaluasi. Jadi benar-benar dipantau progressnya. Selama program berjalan kita bebas melakukan chat dengan ahli gizi. Kita bebas chat untuk mendiskusikan hambatan dan pencapaian kita setiap minggu. Nantinya juga akan ada pertemuan bulanan lewat video call untuk mengejar  ketertinggalan.

Mengenal Lebih Dekat Sirka 

Goal aku dan kamu bisa berbeda, kondisi badanku dan kamu juga, sehingga cara mencapai sehat idaman itu akan berbeda juga.

Nutrisi adalah fondasi dari segala aspek kesehatan, mulai dari berat ideal, mood, imunitas tubuh, dan tampil awet muda. Perubahan gaya hidup yang akan memberngikan hasil permanen, bukan obat.

Sirka hadir untuk mendampingi perjalanan hidup sehatmu secara menyenangkan dan efektif. 

(Rifanditto Adhikara, Founder Sirka)

Buat teman-teman yang mau menjalani diet secara efektif dan sukses, Sirka ini bisa banget lho jadi solusinya.

Sirka merupakan layanan kesehatan berbasis digital berupa program, bimbingan, serta pendampingan dan produk nutrisi.

Dengan misi membantu pelanggannya mengoptimalkan kesehatan melalui nutrisi, Sirka dapat membantu kamu menangani berbagai masalah kesehatan, mulai dari permasalahan berat badan, kesehatan wanita, masalah pencernaan hingga pencenggahan penyakit.

Jadi, layanan kesehatan online ini nggak cuma buat yang mau menjalani diet saja, tapi buat kamu -siapa saja- yang ingin hidup sehat dengan dididampingi langsung oleh tenaga ahli gizi.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa program yang ada di Sirka ;

Program Sirka

Program Weight Management

Pertama ada Weight Management yag merupakan program pendampingan dengan ahligizi/dietisien & sport coach secara personalized untuk management berat badan dan membangun pola hidup yang lebih sehat dengan mulai menerapkan pola makan, aktivitas fisik, pola tidur dan manajemen stres yang sesuai dengan kondisi individu masing-masing (baik kondisi kesehatan, goal, dan preferensi)

Program terkait berat badan ini meliputi program peningkatan berat badan, program penurunan berat badan dan program maintain berat badan.

Tentunya kamu dapat memilih program ini sesuai kebutuhan, seperti saya yang ingin menaikkan berat badan sehingga program yang saya ambil yaitu program peningkatan berat badan. 

Kamu juga bebas memilih durasi program, bisa 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

Program Women Health

Selanjutnya ada Program Women Health yang dikhususkan untuk wanita. Program ini dapat dipilih oleh kamu yang mengalami PCOS, menjalani promil atau sedang masa post partum dan menyusui.

Program Diet Penyakit Kronis

Sirka juga hadir dengan layanan kesehatan untuk kamu atau keluarga yang memiliki penyakit kronis. Program yang dimaksud antara lain Program Grastritus dan GERD, Program Diebetes dan Program Hipertensi.

Produk Sirka

Tidak hanya hadir dengan program kesehatan yang menarik, Sirka juga memiliki berbagai macam produk berupa Groceries dan produk digital yang bisa kamu temukan dengan mudah di web/aplikasinya atau di e-commerce Sirka Health Tokopedia

Keunggulan Sirka sebagai Patner Hidup Sehat Digital

Sehat itu murah tapi menjadi mahal ketika sakit, benar nggak? Yup, biaya untuk berobat itu sama sekali nggak murah. Karena itu sayangi dirimu selama masih diberi kesehatan.

Salah satu cara menyayangi diri ya dengan menjaga kesehatan, jalani pola hidup sehat, jaga asupan makanan, jaga tubuh agar tidak memiliki masalah berat badan yang bisa berujung dengan mendatangkan berbagai penyakit.

Namun tak dimungkiri, menjaga kesehatan juga bukan hal yang mudah. Sering kali kita khilaf sehingga makan tidak teratur, kurang olahraga pun dengan urusan pekerjaan yang kerap menimbulkan stres.

Beruntungnya kita hidup di era digital. Betapa banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan kecanggihan teknologi. Termasuk yang menyangkut dengan kesehatan.

Jika masih lalai dalam menjaga kesehatan sendiri, maka tidak ada salahnya memanfaatkan aplikasi kesehatan online seperti Sirka yang bisa hadir sebagai partner hidup sehat kita.

Saya sendiri merekomendasikan Sirka bukan tanpa alasan karena memang sudah terbukti kualitasnya. Sirka memberikan pelayanan terbaik untuk para pelangganannya. Mulai dengan memberikan perzonalized program diet dan produk sehat hingga pendampingan penuh oleh ahli gizi pribadi yang sudah berpengalaman.

Keunggulan Sirka sebagai Patner Hidup Sehat Digital
Gambar : sirka.io

Bisa di lihat juga di websitenya, ada 99% pengguna program Sirka berhasil turun Berat Badan (BB). Separuhnya bahkan mampu menurunkan lebih dari 5% BB awal. Otomatis, kesehatan dan kualitas gaya hidupnya membaik.

Keberhasilan tersebut tentunya didukung oleh praktisi kesehatannya yang semua sudah terakreditasi oleh kementerian kesehatan.

Tidak hanya itu, Sirka juga memiliki prinsip layanan kesehatan yang bagus. Sirka akan mendampingi perjalanan sehat kita secara komprehensif dari pola makan, aktivitas fisik, hingga manajemen stress.

Berikut ini adalah prinsip layanan kesehatan Sirka :

  • Membangun kebiasaan sehat, secara bertahap, mudah, dan menyenangkan.
  • Bimbingan dan pendampingan tenaga medis terakreditasi, untuk memandu perjalanan sehat secara bertahap
  • Penggunaan teknologi untuk memantau progress harian secara praktis dengan edukasi kesehatan
  • Penggunaan bukti ilmiah dan keilmuan terbaru di ilmu gizi dan medis. Sirka menggunakan pendekatan Enam Langkah Kern dalam pengembangan layanan kesehatan.
  • Dukungan komunitas sebagai tempat berbagi cerita, berdiskusi, dan saling support dalam perjalanan sehat #TemanSirka.

Penutup

Tidak ada ruginya sama sekali menggunakan layanan kesehatan dari Sirka, justru berbagai benefit yang bisa kita dapatkan. Kita jadi semacam punya teman atau partner yang setia mendampingi kita untuk tetap semangat menjalani hidup sehat.

So far,  buat teman-teman yang punya masalah kesehatan entah itu obesitas, kekurangan berat badan,  punya penyakit kronis atau mengalami masalah PCOS, dan butuh pendampingan langsung dari ahli gizi atau nutrisionis, nggak usah ragu menjadikan Sirka sebagai patner hidup sehat digitalmu.

Demikian ulasan mengenai cara menaikkan berat badan yang efektif bersama Sirka. Semoga informasi ini bermanfaat

33 komentar untuk "Cara Menaikkan Berat Badan Efektif bersama Sirka"

  1. Serasa punya personal trainer ya mbak.. mau nambah BB turun BB sesuai kebutuhan. dengan panduan dan pendampingan ahli gizi dari Sirka insyaAllah tercapai hasil yang diinginkan..

    BalasHapus
  2. Ternyata Sirka ini bisa juga untuk membantu menaikkan berat badan agar ideal dan sehat, ya

    BalasHapus
  3. Memiliki berat badan ideal memang penting. Jangan terlalu gemuk tapi jangan terlalu kurus juga. Aplikasi ini cukup membantu untuk orang-orang yang memiliki masalah serupa.

    BalasHapus
  4. Bener sih, yg namanya berat badan terlalu sudah untuk naik atau turun, ada baiknya pakai bantuan dari expert. Jgn asal diet, Krn takut hasilnya malah ga sesuai ya mba.

    Aku sendiri dulu zaman sekolah sampe usia 39, bdn msh susaaaah utk gemuk. Tinggi badan 154, berat bdn ku cuma kisaran 40-45.

    Tapi pas usia udh 40+, mulai naik jadi 48-50. Sampe Skr msh segitu, seringnya 49.

    Tapiii itu sejak aku rutin Nge gym sih mba. Jadi massa otot mulai terbentuk kan. Itu yg buat berat badan jadi naik juga. Tapi malah seneng, Krn memang sesuai keinginan ๐Ÿ˜„. Apalagi kalo penyebabnya otot, tubuh malah jadi kliatan toned๐Ÿ‘. Ga lembek.

    Cuma buat yg memang susah, dan utk Nge gym pun agak ga memungkinkan, mending pakai Sirka ini sih

    BalasHapus
  5. Menarik nih layanan kesehatan dari Sirka. Jadi terbantu banget ya buat yang mau diet untuk menaikkan atau menurunkan berat badan.

    BalasHapus
  6. Menarik juga konsep Sirka ini ya. Bisa bnget membantu kita mencapai bobot ideal dan tetap sehat. Soalnya ga semua orang berat badannya itu ideal suka bikin ga sehat

    BalasHapus
  7. Bermanfaat sekali aplikasi kayak gini tuh, apalagi buat yg punya kondisi tertentu kayak gerd. Temenku banyak nih yg kena gerd. Semoga aplikasi ini membantu ya

    BalasHapus
  8. aih, ini mantep banget karena sudah berbasis digital, serasa punya ahli gizi dalam genggaman ya kak. Bisa mengontrol pola makan untuk tujuan tertentu seperti mencapai berat badan ideal. Pengen coba akutuh!

    BalasHapus
  9. Diet artinya pengaturan pola makan ya. Jd gak hanya untuk yg obes, tp jg untuk yg perlu penggemukan atau punya penyakit tertentu. Dan konsul diet makin mudah aja skrg dgn Sirka ya kak. Thanks infonya.

    BalasHapus
  10. Diet memang gak boleh sembarangan yaa..
    Bersama Sirka, diet tetap bisa sesuai dengan berat badan ideal yang diinginkan sekaligus kondisi tubuh yang tetap fit, sehat dan bugar tanpa ada resiko defisit nutrisi yang bisa menyebabkan sakit.

    BalasHapus
  11. Ini gratis, ya, Mbak? Keren banget pelayanannya. Jadi pengen nih dibimbing bagaimana diet yang tepat untuk menaikkan berat badan oleh nutrisionis dari Sirka. ๐Ÿค—

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, ada Sirka. Website ini bakalan sangat membantu problem BB para ibuk² nih, termasuk saya. Thanks atas info Mbak.

    BalasHapus
  13. Suami sy termasuk orang yang mesti dinaikin berat badannya... Haha. Senangnya ada SIRKA. Jadi bisa lebih mudah ya buat kita yang butuh menaikkan berat badan...

    BalasHapus
  14. Bagus sih Sirka ini. Jadi petunjuk bagi orang-orang yang mau diet sehat. Apalagi gak semua orang tahu sih kak cara diet yang tepat. Tahunya diet cuma untuk orang berisi aja, ternyata engga ya.

    BalasHapus
  15. Saya juga dulu beranggapan, diet itu bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. ternyata diet juga berlaku untuk orang yang ingin menaikkan berat badan ya, Mbak. dan kuncinya, memang harus rajin gerak, tidur teratur dan berkualitas, termasuk makanan yang masuk ke tubuh harus bergizi seimbang.
    Bagus sekali dengan kehadiran Sirka ini. Jadi tujuan diet menaikkan atau menurunkan berat tubuh jadi maksimal.

    BalasHapus
  16. Sirka pastinya membantu banyak orang dalam hal menaikan berat badan, bahkan tidak hanya itu ternyata membantu juga banyak orang membuat pola hidupnya jadi lebih sehat dan teratur

    BalasHapus
  17. tujuan diet ya untuk menjadikan tubuh lebih ideal sesuai harapan ya.
    jadi gak hanya bikin kurus aja, tapi bisa lebih berisi.
    maka kalau ada cara yang aman dan sehat pastinya jadi pilihan nih

    BalasHapus
  18. Menarik, nih, kalau diet itu sebenarnya mengatur asupan yang masuk, bukan sekadar mengurangi makanan agar kurus. Sirka bisa jadi teman diet ke kurus kalau saya sih haha

    BalasHapus
  19. Kurus atau gemuk yang penting sehat. Dan benar banget kalau diet itu bukan cuma soal berat badan, bisa untuk jaga kesehatan juga.

    BalasHapus
  20. Diet bukan hanya untuk orang yang perlu menurunkan berat badan tapi juga untuk yang butuh menaikkan berat badan. Layanan kesehatan lengkap banget, ada konsultasi onlinenya dan diberi ruang komunitas juga untuk support perjalanan sehat. Makasih rekomendasinya, Mbak

    BalasHapus
  21. Wahyuindah20:19

    Bisa buat anak anak gak sih? Anakku kurusan nih soalnya

    BalasHapus
  22. Baru kali ini nemu aplikasi diet yang bagus dan selengkap Sirka. yang paling menarik ada Program Diet Penyakit Kronis. wah ini bantu banget penderita penyakit ternetu nih buat mengontrol makanan. auto donwload deh aplikasinya. Btw, untuk anak yang ingin menjalani diet weight gain bisa gak sih?

    BalasHapus
  23. Baru kali ini nemu aplikasi diet yang bagus dan selengkap Sirka. yang paling menarik ada Program Diet Penyakit Kronis. wah ini bantu banget penderita penyakit ternetu nih buat mengontrol makanan. auto donwload deh aplikasinya. Btw, untuk anak yang ingin menjalani diet weight gain bisa gak sih?

    BalasHapus
  24. Tahu SIRKA tuh gara2 ada piring sehat yang mengatur pola makan sehat itu sih. waaaw skrg ada program buat naekin dan nurunin berat badan pula yaaa

    BalasHapus
  25. Wah menarik ini
    Nggk hanya cara menurunkan berat badan saja, tapi juga bisa menggembukkN bdn

    BalasHapus
  26. Berarti pandangan mayoritas selama ini yang mengartikan kalau diet itu bermakna mengurangi porsi makan dan tujuannya untuk menurunkan berat badan itu, salah kaprah ya. Rupanya diet pun bisa dimanfaatkan untuk menaikkan berat badan ke berat yang ideal dengan tubuh. Senang nih bisa sedikit kenalan dengan Sirka.

    BalasHapus
  27. buat yang mau naikkin berat badan boleh dicoba nih pake cara ini, kayanya cukup menjanjikan cara dan hasilnya

    BalasHapus
  28. Bikin bodi agak gemukan dikit bkn dgn makan yg bnyk ya gais. Ntr salah2 malah bikin penyakitan krn yg dimakan kbnykn karbohidrat. Malah jd lemak dan menambah kadar gula tubuh tuh.

    Untung ada Sirka yg bs jd trmpat konsultasi diri terkait berat badan tubuh kita tuh.

    BalasHapus
  29. Wah,baru tahu ada layanan kesehatan berbasis digital gini, Mbak. Namanya Sirka ya, Mbak. Banyak juga program yang diberikan Sirka ini ya, Mbak. Jadi pengen nyobain juga nih mb

    BalasHapus
  30. Sebagai si pejuang menurunkan berat badan, aku tertarik nih berpartner sama Sirka, supaya lebih bisa konsisten buat nurunin BB sekaligus jag kesehatan.

    BalasHapus
  31. Ternyata diet gak hanya dibutuhkan bagi orang yang ingin turun berat badan aja yaa..
    Tapi juga diet untuk sehat karena memiliki riwayat penyakit. Jadi bersama Sirka, semoga hidup menjadi lebih sehat dan memiliki kebiasaan yang baik.

    BalasHapus
  32. wah ini naikin berat badan aja? hehe ternyata ada juga ya orang yang susah buat naik berat badan ;') kalau aku sih susah nurunin berat badan huhu

    BalasHapus
  33. bikin ngiri banget dirimu mbak karena nggak bisa gemuk. he. tapi kalau terlalu kurus juga pastinya nggak bagus ya makanya memang perlu banget konsultasi ke ahlinya soal berat badan kita ini

    BalasHapus