Tips Menulis Novel Remaja Romantis untuk Pemula

Dulu saya sempat punya keinginan menulis novel remaja romantis. Keinginan itu tentu tidak lepas dari hobi saya yang dari sononya memang suka baca novel bergenre romance.

Namun harus saya akui, menulis buku berupa novel memang bukan hal yang mudah. Prosesnya cukup ribet karena bukan sebatas menulis, kita juga harus mengirimkan naskah terlebih dahulu ke penerbit. 

Itu pun naskah kita belum tentu diterima. Apalagi kirim naskahnya ke penerbit mayor. Susah tembus! Eits, tapi meskipun susah bukan berarti nggak bisa ya. Cuma memang butuh effort besar jika ingin jadi penulis karyanya terpajang di Gramedia atau toko buku.

Syukurnya, zaman sekarang merealisasikan mimpi untuk menjadi penulis novel remaja romantis bukan lagi hal yang mustahil. 

Tips Menulis Novel Remaja Romantis untuk Pemula

Kini, untuk menjadi penulis novel, kamu tidak harus mengirimkan karya di penerbit. Cukup dengan memanfaatkan web novel online gratis seperti GoodDreamer, kamu sudah bisa menerbitkan karya-karyamu di sana sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan lho.

Nah, buat kamu yang tertarik mau dapat penghasilan lewat menulis novel online namun masih pemula atau belum ada pengalaman, nggak perlu khawatir. Kamu bisa ikuti langkah-langkah atau menulis novel remaja romantis yang ada di artikel ini.

Tips Menulis Novel Remaja Romantis

Novel remaja romantis adalah salah satu genre yang sangat populer di kalangan pembaca muda. Cerita-cerita dalam genre ini sering kali menggambarkan kisah cinta yang penuh dengan drama, konflik, dan emosi yang intens

Bagi kamu yang ingin mencoba menulis novel remaja romantis, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

Tentukan tema dan plot

Sebelum memulai menulis, hal penting yang pertama harus kamu lakukan adalah menentukan tema dan plot terlebih dahulu.

Umumnya tema yang ada dalam novel remaja romantis berupa kisah cinta antara dua karakter utama yang menghadapi berbagai rintangan dan konflik. 

Sedangkan untuk plot sendiri, usahakan kamu bisa membuat alur cerita yang bagus dan  memiliki puncak drama yang menarik perhatian pembaca.

Kembangkan karakter

Karakter-karakter dalam novel remaja sangat penting untuk membangun cerita yang kuat. Untuk itu kamu perlu membangun karakter utama yang kompleks dan menarik dengan kelebihan dan kelemahan yang realistis. 

Selain itu, tentunya kamu juga perlu menghadirkan karakter pendukung yang dapat mendukung perkembangan plot dan memberikan konflik tambahan.

Buat setting yang menarik

Setting atau latar tempat merupakan salah satu elemen penting dalam novel remaja romantis. Pilihlah setting yang menarik dan sesuai dengan cerita, seperti sekolah, kota kecil, atau tempat liburan. Sebisa mungkin deskripsikan latar tempat tersebut secara detail agar pembaca dapat membayangkan tempat-tempat dalam cerita novelmu.

Gunakan bahasa yang bagus

Bagus atau tidaknya novel yang kamu tulis juga sangat bergantung dengan bahasa yang kamu gunakan lho. Karena itu pastikan kamu menggunakan bahasa yang dapat memikat pembaca.

Gunakanlah kalimat-kalimat yang indah, deskripsi yang kuat, dan dialog-dialog yang menggambarkan emosi karakter dengan baik. Pastikan juga untuk memperhatikan tata bahasa dan tanda baca yang benar.

Buat Konflik yang memukau

Berikutnya ada konflik yang juga termasuk elemen penting dalam novel remaja romantis. Buatlah konflik yang menarik antara karakter utama, seperti perbedaan sosial, perbedaan nilai, atau rahasia yang terungkap. Konflik ini akan memberikan ketegangan dan drama yang diperlukan untuk menjaga minat pembaca.

Bangun ketegangan dan kejutan

Untuk menjaga minat pembaca, kamu juga perlu memberikan ketegangan dan kejutan dalam novelmu. 

Buatlah momen-momen yang tak terduga dan klimaks yang menarik untuk mempertahankan ketegangan dalam cerita. Bangun juga ketegangan romantis antara karakter utama agar novelmu semakin seru saat dibaca.

Jaga alur cerita agar tetap knsisten

Poin yang satu ini juga perlu kamu perhatikan. Pastikan alur cerita dalam novelmu konsisten dan teratur. Jangan membuat pembaca bingung dengan melompat-lompat antara waktu dan tempat secara tiba-tiba. Buatlah transisi yang halus antara adegan dan bab, dan pastikan semua bagian cerita terhubung dengan baik.

Berikan Pesan yang Bermakna

Meskipun novel remaja romantis sering kali dianggap sebagai cerita yang ringan, kamu tetap perlu memberikan pesan yang bermakna kepada pembaca. 

Misalnya saja kamu menyelipkan pesan tentang pentingnya komunikasi dalam hubungan, pengorbanan cinta, atau pentingnya menerima diri sendiri. Tentunya pesan-pesan tersebut akan memberikan kesan yang lebih dalam kepada pembaca.

Edit dan revisi

Langkah ini jangan sampai ke-skip ya. Setelah menyelesaikan tulisan, jangan lupa untuk melakukan proses edit dan revisi. Periksa tata bahasa, kesalahan pengejaan, dan pastikan cerita berjalan dengan lancar.

Kamu juga bisa meminta saran dari orang lain untuk mendapatkan masukan dan saran yang berharga guna menghasilkan karya yang lebih baik.

Itu dia beberapa cara menulis novel genre romance untuk remaja. Dengan mengikuti panduan di atas kamu dapat membuat novel remaja romantis yang menarik dan menghibur. 

Ingatlah untuk tetap konsisten dengan tema dan plot yang telah kamu tentukan, serta memberikan karakter-karakter yang kuat dan memukau.

Menulis Novel Remaja Romantis di GoodDreamer

Novel remaja romantis

Ini saatnya untuk menerbitkan karya novel yang sudah kamu tulis. Jika memutuskan untuk menerbitkan karya secara online kamu bisa memilih menerbitkannya di GoodDreamer.id.

Saya merekomendasikan GoodDreamer karena banyak keuntungan yang bisa kamu dapat. Selain fitur-fiturnya yang lengkap, mudah diakses kapan saja dan dimana saja, melalui platform ini kamu juga bisa mendapatkan uang dengan menyalurkan hobi menulismu.

Untuk bisa menerbitkan novel di sini, kamu hanya perlu melakukan aktivasi akun di website atau aplikasinya. Setelah itu kamu bisa langsung deh mengirimkan karya.

Namun sebelum memublikasi konten, pastikan novel remaja romantis yang kamu tulis sudah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh GoodDreamer ya. Berikut ini beberapa syaratnya :

  • Pemilihan tanda baca yang tepat;
  • Memiliki tokoh yang kuat;
  • Jalan cerita yang menggantung (cliffhanger) di setiap bab;
  • Konflik di 3 (tiga) bab pertama;
  • Alur cerita yang tidak bertele-tele;
  • Konten cerita yang menarik dan tidak membosankan;
  • Tidak ada alur yang mengandung unsur adegan seksual yang vulgar dan eksplisit;
  • Tidak mengandung unsur LGBT
  • Tidak mengandung unsur SARA;
  • Alur tidak mengandung unsur incest.
Atau sebagai referensi kamu bisa intip dulu nih novel-novel romantis yang sudah terbit di https://gooddreamer.id/novel_romantis. Semoga ulasan di atas dapat membantu kamu menerbitkan novel dengan cara yang mudah dan praktis ya. Selamat berkarya.

7 komentar untuk "Tips Menulis Novel Remaja Romantis untuk Pemula"

Comment Author Avatar
Nah baguuus nih kalo mereka tidak terima yg ada unsur LGBT, incest dan sara. Paling sebel kalo udh Nemu buku yg ada karakter begitu 😔.

Sama mba, dulupun aku pengen punya novel sendiri. Tapi memang ga semudah yg terlihat yaa 😄. Akhirnya sampai Skr malah ga bikin2. Tetep aja sebagai penikmat novel orang lain 😅

Berarti good dreamers ini mirip2 Ama webtoon gitu yaa? Aku sering baca kalo webtoon, tapi kalo good dreamer belum pernah. Nanti coba lihat2 deh beberapa buku yg sudah ada di sana.
Comment Author Avatar
Kangen banget nulis cerita fiksi remaja. Tapi kehidupan hari-hari agak susah dibikin berbunga, dilema, dan riang apa masa-masa remaja. Tapi masih suka baca fiksi remaja romansa karya orang lain saat me time. Bikin suasana hati lebih indah saja, hehe.
Comment Author Avatar
Dari dulu syaa punya cita-cita menjadi seorang penulis novel romantis, sayangnya sampai hari ini belum kesampaian Mba SIs karena suka masih bingung harus mulai dari mana dan merangkai ceritanya itu bagaimana, tapi pas baca ini makin semangat banget untuk membuat novel romantis ini
Comment Author Avatar
aku salut lho dengan penulis cerita fiksi ini, bisa membangun ide dan karakter lalu mengeksekusi dalam sebuah tulisan. Perlu kemampuan imajinasi tingkat tinggi dengan kemampuan mennulis yang hebat. Aku kudu belajar banyak nih
Comment Author Avatar
Tipsnya bermanfaat sekali. Jujur saya kesulitan nulis yang romantis karena pada dasarnya tidak romantis, tapi menarik juga buat dicoba. Keluar dari zona nyaman
Comment Author Avatar
Aku lagi belajar nulis novel online nih baru sampai bab 5 semoga terkejar sampai target 20 bab dan sampai tamat aamiin
Comment Author Avatar
Aku suka banget sama penulis dan karya-karya fresh dari GoodDreamer.
Meski konflik yang disajikan kadang bukan konflik baru, namun dengan pengemasan gaya bahasa anak zaman sekarang, aku jadi paham POV dari karakter yang dibicarakan.
Gak pernah bosan baca Novel Remaja Romantis di GoodDreamer.

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.