Ketika Si Kecil Akhirnya Bisa Jalan


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Ketika Si Kecil Akhirnya Bisa Jalan - Usia setahun kok belum bisa jalan? Rasanya telinga saya sudah kebal dengar omongan-omongan orang terkait kenapa Zhafran belum juga bisa berjalan padahal usianya sudah setahun lebih. Ya memangnya kenapa kalau Zhafran sampai usia genap 12 bulan belum bisa jalan seperti bayi-bayi sebayanya yang di usia segitu sudah lincah jalan ke sana kemari

Ketahuilah, kalau ada orang yang paling menginginkan Zhafran bisa segera jalan, itu adalah saya dan ayahnya. Of course, setiap orang tua pasti menginginkan perkembangan anaknya bisa berjalan normal dan cepat. Tapi kan setiap anak punya perkembangannya masing-masing jadi rasanya nggak fair saja kalau mau dibandingkan.

Jangankan perkembangan bayi yang satu dengan bayi yang lain. Bayi yang lahir dari rahim yang sama, kakak-adik atau kembar sekalipun pasti punya perkembangan yang berbeda. Sepertinya semua orang tua sudah paham akan hal ini tapi kenapa masih saja suka membanding-bandingkan?

Setiap bayi pun bila sudah paham dan bisa bicara pasti tidak suka bila dirinya dibanding-bandingkan. Apalagi disinggung-singgung mengenai perkembangannya. Nyatanya, bukan saya saja yang kerap menjadi korban mom shaming, Zhafran juga sering kena baby shaming hanya karena tahap milestonenya dianggap lambat. Untungnya dia masih bayi, masih belum mengerti banyak hal.

Saya juga nggak bisa nggak marah, nggak bisa protes karena pelaku mom and baby shaming itu justru kebanyakan berasal dari orang-orang terdekat saya sendiri. Orang-orang yang seharusnya bisa memberikan support system yang baik untuk saya dan Zhafran bukan malah sebaliknya. Tapi ah sudahlah, telinga saya sudah terlanjur kebal dengan komentar-komentar miring mereka.

Kini, saya tidak lagi ingin peduli dengan omongan orang-orang, yang penting Zhafran bisa tumbuh dengan baik dan sehat serta melalui setiap fase perkembangannya dengan benar. Lebih pentingnya lagi karena akhirnya Zhafran sekarang sudah bisa jalan.

Tahap Perkembangan Si Kecil Sebelum Akhirnya Bisa Berjalan



Sejak kehadiran si kecil, setiap perkembangan barunya selalu menjadi momen yang saya dan ayahnya nanti-nantikan. Kapan dia mulai bisa tengkurap sendiri, duduk sendiri, merangkak hingga akhirnya bisa berdiri tanpa bantuan dan berjalan, semua itu tidak luput dari perhatian kami.

Bahkan saya dan ayahnya sering beradu mulut hanya karena merasa menjadi orang pertama yang menyaksikan kemampuan baru yang ditunjukkan Zhafran. Seperti saat pertama kali melihat Zhafran bisa berdiri  sendiri tanpa bantuan saya langsung spechless dong dan berseru kaget plus terharu tapi reaksi ayahnya mah biasa saja seolah berkata "baru lihat ya?" Saking tidak maunya dia mengakui kalau saya yang pertama kali menyaksikan momen pertama kali Zhafran bisa sendiri sendiri tanpa pegangan, haha. 

Termasuk momen saat Zhafran pertama kali bisa jalan juga sempat jadi perdebatan kami. Menurut ayahnya Zhafran sudah bisa jalan sejak ia melangkahkan kaki pertamanya waktu jalan usia 13 bulan. Sedangkan menurut saya, Zhafran baru benar-benar bisa jalan pas usianya masuk 14 bulan, saat akhirnya ia bisa berdiri sendiri lalu melangkah tanpa berpegangan. Ok, terserah mau hitungnya jelang 13 atau pas 14 bulan yang penting Zhafran sekarang sudah bisa jalan.

Jujur saja, dibanding momen perkembangan Zhafran lainnya, momen saat pertama kali melihat ia bisa berjalan ini yang bikin saya terharu banget sampai pengen mewek. Maa syaa Allaah, nggak nyangka bayi bunda yang waktu usia 10 bulan kemarin masih anteng di tempat, nggak ada minat sama sekali mau bergerak sekarang sudah mampu melangkahkan kaki sendiri tanpa dipegang.

Kalau ingat tahap perkembangan Zhafran selama ini memang agak terlambat dibanding bayi-bayi seusianya. Bayi lain ada yang sudah tengkurap dari usia 3 bulan, dia malah tengkurapnya baru bisa di usia 5 bulan. Mulai belajar merayap jelang 11 bulan. Duduk pun meski sudah tegak dari usia 6-7 bulan tapi masih belum bisa duduk sendiri. Itu pun baru bisa bangun dari tidurnya dan duduk sendiri awal 11 bulan.

Baca juga

Ketika Bayi Usia 5 Bulan Belum Bisa Tengkurap
Ketika Bayi Usia 11 Bulan Belum Bisa Merangkak

Sekalinya sudah bisa bangun sendiri barulah perkembangannya mulai pesat. Dari merangkak gaya ngesot, berdiri hingga lancar merambat di tembok. Masuk usia 12 bulan perlahan namun pasti Zhafran akhirnya bisa lancar merangkak dengan gaya klasik. Menginjak usia 13 bulan ia mulai bisa melangkahkan kaki satu-dua langkah tanpa berpegangan. 

Di usia segitu juga sebenarnya Zhafran sudah memiliki kemampuan untuk berdiri sendiri tanpa bantuan. Sayangnya kemampuan itu hanya ditunjukkan sekali dua kali jadi saya sempat mengira mungkin hanya kebetulan kali ya.

Nah, ternyata kemampuan berdirinya  baru dia tunjukkan lagi bahkan sampai berulang-ulang tepat di ulang bulannya yang ke-14 tanggal 4 kemarin. Tentu, kali ini saya tidak menganggap itu sebuah kebetulan semata. Kata neneknya kalau Zhafran sudah bisa berdiri sendiri berarti tidak lama lagi dia bisa segera lancar berjalan. Sekarang, tinggal tugas saya dan suami melatih Zhafran agar semangat untuk jalan. Pasalnya meski sudah bisa jalan, Zhafran masih ogah-ogahan jalannya, masih lebih suka merangkak. Kalau lagi mood saja baru dia mau jalan😅

In syaa Allaah, tidak lama lagi bayinya Bunda bakal lancar jalannya. Saya memang sudah sering sounding ke Zhafran agar bisa segera jalan sebelum adiknya lahir. Even saya sempat pesimis mengingat Zhafran telat merangkaknya jadi kemungkinan dia buat jalan mungkin bakal lama. Tapi syukurlah dari fase dia akhirnya bisa merangkak hingga melangkah tanpa berpegangan tidak memakan waktu sampai berbulan-bulan.

Si Kecil Akan Jalan pada Waktunya


gambar : mommyasia.com

Mungkin postingan terkait perkembangan Zhafran yang akhirnya bisa jalan ini terlalu cepat saya
publish. Harusnya saya publish ketika Zhafran benar-benar sudah bisa jalan dengan lancar. Saat ini Zhafran memang sudah mampu berdiri tanpa berpegangan dan melangkahkan kaki sendiri tanpa bantuan, hanya saja belum lancar, masih sering jatuh dan kehilangan keseimbangan.

Tapi tak apa, sengaja saya publish postingan ini tujuannya sama sekali bukan mau pamer karena bayi saya yang sering dikatain lelet perkembangannya ini akhirnya bisa jalan juga. Justru saya hanya ingin sharing, terutama pada ibu-ibu yang mengalami baper dan kegalauan sama seperti saya, sering pula jadi korban mom shaming 

Anak usia setahun kok belum bisa jalan? 

Tenang, kamu tidak sendiri. Ibu yang bayinya baru bisa jalan di atas satu tahun juga banyak kok, termasuk saya. Kata mama waktu bayi, saya baru bisa jalannya pas usia 16 bulan. Beda dengan suami yang kata mama mertua, anaknya itu sudah pinter jalan dari usia 9 bulan.

Tuh, ayah dan bundanya Zhafran saja punya perkembangan jalan yang berbeda. Jadi kemungkinan Zhafran sampai telat jalan karena ikut Bundanya ya? Ya, nggak gitu juga kali, haha. Entahlah saya nggak tahu apakah tahap perkembangan orang tua bisa nurun ke anaknya atau nggak? Saya hanya tahu bahwa setiap anak memiliki perkembangannya masing-masing. 

So, buat Bunda yang punya bayi dengan usia di atas setahun dan belum bisa jalan, tak perlu khawatir berlebihan. Karena sebenarnya fase bayi mulai bisa  berjalan itu cukup panjang. Berada dalam rentang waktu 9-18 bulan. Bunda baru perlu khawatir dan harus segera membawa bayi Bunda ke dokter bila usia bayi telah melewati rentang usia tersebut. 

Jadi tetap sabar dan semangat ya, terus latih dan stimulasi si kecil untuk berjalan. In syaa Allah semua bayi pasti bisa berjalan pada waktunya.

Salam,

26 komentar untuk "Ketika Si Kecil Akhirnya Bisa Jalan"

Comment Author Avatar
Benaaaar, pada akhirnya, nanti bakal jalan juga kok. Tenang, nanti bakal lucu-lucunyaaaa :D
Comment Author Avatar
Yap, memang begitu perkembangan anak2 ya. Pastinya semua bisa jalan pada waktunya.
Comment Author Avatar
Saya setuju mbak.. Nggak elok membanding-bandingkan perkembangan anak satu dengan yang lainnya. Bahkan saudara sekandung aja bisa beda apalagi yang beda rumah.. Hihi. Dulu sulung sy baru tumbuh gigi setelah 1th, baru jalan setelah 16 bulan. Subhanallah.. Tetangga tajam sekali omongannya.. Mengaitkan dengan ini dan itu. Untungnya sy sudah belajar di milis sehat jadi nggak khawatir karena perkembangan anak sy msh terbilang normal meski mungkin terlihat lebih lambat dari yang lain...
Comment Author Avatar
pastinay bahagia ya, tapi suak deg2an kalau jatuh
Comment Author Avatar
Anak saya semuanya diatas 12 bulan baru jalan. Tiap anak beda2 perkembangan motoriknya. Yg penting selalu sehat ya mbak
Comment Author Avatar
Bener mbaa, sama kaya ponakan ku. Ponakan yg pertama dia telat jalannya, yang kedua cepet, yang ketiga telat ngomong nya. Tapi bener akhirnya mereka tetep bisa jalan dan ngomong kok hehehe
Comment Author Avatar
Benar sekali Mbak. Saya mengalami semua itu.

Fahmi putra saya, usia satu tahun setengah blm bisa jalan. Ia masih tengkurap saja. Saya sedih, tapi saya percaya Fahmi akan berjalan pada saatnya

Alhamdulillah, usia 19 bulan Fahmi akhirnya bisa berdiri dan jalan sendiri. Saya sangat bersyukur dengan semua itu
Comment Author Avatar
Setiap anak memang beda-beda fase tumbuh kembangnya. Yang penting orang tua jangan sampai lelah menstimulasi.

Anak pertama saya umur 9 bulan udah mulai berdiri kemudian jalan. Tetapi, tumbuh giginya lama. Hampir usia 1,5 tahun baru giginya keluar satu per satu.

Kebalikan ma adiknya. Tumbuh giginya cepet. Tetapi, di usia 1,5 tahun baru belajar jalan.
Comment Author Avatar
Paling males memang kalo dibanding-bandingi sama anak org, saya juga begitu mba si anak pasti ada masanya bisa jalan, usia dia 19 bulan baru lancar jalannya, eh sekarang malah anaknya demen lari2 :)
Comment Author Avatar
Mechta 23:35
Karena setiap anak adalah unik, maka tidak perlu membanding-bandingkan perkembangannya. Bukankah demikian, Bunda.. Selamat mulai berjalan, Zhafran..
Comment Author Avatar
Aaaah jadi kangen masa-masa anak2 belajar jalan, nggak mau berhenti karena seneng bisa menjelajah seisi rumah.
Comment Author Avatar
belum punya anak tapi sbeel bgt kalau denegr mulut org suka judge dan ngatain enggak enggk ke anak kecil yang masih bertumbuh..

mbok ya mending diem dri pada ngomong yg nyakitin :(
Comment Author Avatar
Bungsuku juga setahun lebih dulu karena dia lebih suka ngesot. Untungnya dia dimanjain sana sini, jadi nggak ada yg ribet dg progres jalannya. Si sulung lebih cepat & lasak. Tiap anak memang beda, punya waktu sendiri seperti artikel di atas.
Comment Author Avatar
Emang suka nyesek ya mba klo dengerin omongan orang-orang tuh, ada aja salahnya, hhee. Kudu bakoh kitanya.
Comment Author Avatar
Sabar ya kak sama nyinyiran orang mungkin mereka belum tahu kalau perkembangan anak itu beda-beda. Pokoknya sing penting itu sehat.
Comment Author Avatar
Memang beda-beda anak mulai bisa berjalan, ada yang 9 bulan udah bisa, ada yang lebih. Anak saya dulu termasuk sama dengan Zhafran, 13 bulan baru bisa jalan.
Ayo semangat dedek Zhafran.
Comment Author Avatar
Selamat yaa Zhafran, sudah mulai jalan. Semoga semakin pintar melangkah dan hati2 ya nak!

Betul banget mba, saudara kandung aja perkembangannya beda2. Anak pertama sampe ke-4 beda semua sih tahap jalannya. yang laki 15-16 bulan. yang perempuan 10-11 bulan. yang penting pertumbuhannya baik semua yaa.. Semangat!
Comment Author Avatar
Yeay, Ahamdulillah.. MashaAllah.. betapa menjadi momen yang sangat luar biasa banget ini bagi orangtua ya bisa menyaksikan anaknya akhirnya bisa berjalan.. jadi inget masa masa anakku baru bisa berjalan dan itu memang sungguh membuat haru dan bahagia ya mbak.. semua anak berbeda beda dan memang butuh proses.. dan memang terus berusaha dan jangan membanding bandingkan dengan anak yang lain
Comment Author Avatar
Tiap anak memang beda-beda perkembangannya ya, anakku yang pertama satu tahun lebih baru lancar jalan, nah yang kedua sebelum 1 tahun sudah lancar. Asalkan masih dalam tahap normal gak perlu khawatir ya
Comment Author Avatar
Iya ya kadang kita suka membandingkan kemampuan anak padahal kan perkembangan nya beda2..hehe
Comment Author Avatar
Bahagia nya melihat buah hati setiap hari dengan berbagai perkembangan dan pertumbuhannya. Anak saya mau setahun mbak masih belajar berdiri hehe. Setiap anak adalah istimewa dan betapa bahagianya jika kita bisa selalu berada di dekatnya dan bersyukur tanpa mendengar omongan orang.
Comment Author Avatar
Kedua anak saya baru bisa jalan pada usia 13 bulan, Mbak. Saya dan suami mah santai aja, karena memang orang tuanya dulu juga bisa jalan pada usia segitu. hehehe
Comment Author Avatar
Bahagia ya mbak begitu melihat si kecil bisa jalan. Padahal tidak semua anak bisa berjalan di usia yang sama. Namun kadang sebagai orang tua kita sering was2 terlebih mendengar omongan tetangga, kok usia segini belum jalan....dan sebagainya. Semoga anak-anak kita senantiasa diberikan kesehatan dan kecerdasan....aamiin.
Comment Author Avatar
MasyaAllah bahagianya ya mba, lihat sikecil yang merangkak sekarang udah bisa jalan
aku juga kemarin nyaksiin anak temen yang dulunya masih kecil kugendong udah bisa kemana2 seru melihat mereka bertumbuh kembang.
Comment Author Avatar
I feel you mba. Perkembangan tiap anak beda beda ya. Dan sebagai orang tua tentu kita yang paling ingin liat perkenbangan anak.
Comment Author Avatar
Sama mbak saya pun suka deg degan ngeliat perkembangan anak hehe. Padahal tiap anak beda perkembangannya. Adzkia anak sy lebih dulu bisa jalan, tapi giginya belum ada satupun. Sekarang baru muncul sedikit giginya usia 13 bulan. Yang penting anak sehat sehat, positive thinking terus. InsyaAllah akan tiba pada waktunya

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.