Cara Mengganti Template Blogger Lewat Hp, Ternyata Mudah Sekali

by - Sunday, November 03, 2019

Cara mengganti template blogger lewat hp

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Cara Mengganti Template Blogger Lewat Hp, Ternyata Mudah Sekali. Apa cuma saya yang baru tahu kalau ganti template blog lewat hp ternyata mudah sekali. Duh, kemana saja saya selama ini, kenapa baru tahunya sekarang, hehe. Padahal sudah lama saya pengen ganti template Kamar Kenangan ini, tapi tidak segera saya lakukan.

Salah satu alasannya ya itu, saya malas buka laptop. Selama ini kan saya ngeblognya hanya mengandalkan hp doang. Buka blog di laptop itu pun kalau harus berurusan dengan edit html, seperti hendak memasukkan kode script atau ganti template.

Yup, sebelumnya saya memang tidak pernah ganti template lewat hp. Karena saya pikir segala yang berurusan dengan edit html itu hanya bisa diselesaikan via laptop, nggak bisa via hp. Ternyata saya salah ding. Siapa bilang ganti template blog nggak bisa lewat hp? Bisa banget kok. Malah caranya gampang sekali.


Mungkin ada di antara kamu yang sudah tahu, tapi bisa jadi masih banyak juga yang belum tahu gimana sih cara ganti template blog lewat hp. So, pada postingan kali ini saya bakal share cara mudah ganti template lewat hp tapi sebelumnya simak dulu yuk alasan kenapa saya ganti template.

Kenapa Ganti Template Blog?

Ngomong-ngomong soal ganti template, saya jadi ingat, dulu, tepatnya saat baru awal-awal ngeblog, saya sempat kecanduan mendandani blog. Kerjaan saya saban hari tiap buka blog bukannya berkutat pada laman edit entri malah rajin nongkrong di laman edit html. Bukanya update postingan baru eh malah sibuk update tema baru. Bukannya fokus cari ide menulis eh malah asyik cari template-template cantik di google.

Saking candunya, entah sudah berapa kali saya gonta-ganti template waktu itu. Saya juga lumayan rajin lho mendandani blog dengan menambah berbagai macam widget, mulai dari widget jam, chatbox, kursor bergambar, sampai musik MP3 player pun ada, wkwk. Jadilah tampilan blog saya dulu ramai sekali plus berisikπŸ˜…

Syukurnya saya bisa lepas dari candu tersebut. Coba kalau nggak, mungkin sampai saat ini saya masih doyan mengurus tampilan blog ketimbang isinya. Etapi syukur juga sih, gara-gara candu itu pula saya bisa familiar dengan kode-kode html. Yah, walau nggak mahir masalah kodingan, setidaknya saya bisa ganti template blog atau berkutat dengan kode-kode html sendiri tanpa minta bantuan orang lain. Paling kalau ada masalah saya nanyanya ke google saja, hehe.

Nah, sejak lepas dari kecanduan mendandani blog, saya jadi blogger yang lumayan setia pada satu template. Seingat saya, blog yang usianya sudah menginjak sekira 7 tahunan ini baru 3 kali ganti template. Fyi, blog ini memang saya buat saat sudah lepas dari candu gonta-ganti template. Kalau blog yang sering saya dandani itu mah lain lagi. Itu blog yang saya buat waktu masih alay, wkwk.


Template yang saya gunakan sebelumnya juga sudah jalan dua tahun baru saya ganti. Itu pun gantinya bukan tanpa alasan. Sebenarnya saya masih nyaman sih menggunakan  template tersebut. Namun karena saya sempat baca postingan beberapa blogger yang KATANYA kalau ganti template itu bisa bikin jumlah pengunjung blog kita jadi anjlok, saya jadi ragu dong.

Selain malas buka blog lewat laptop, pertimbangan inilah yang menghalangi saya untuk ganti template sesegera mungkin. Ya, kalau risiko ganti template bakal bikin pengunjung blog saya yang belum seberapa ini berkurang drastisss mending saya bertahan saja dengan template lama.

Padahal tadinya saya sudah niat banget mau ganti template langsung ke yang premium, bukan gratisan. Sudah nanya-nanya juga ke Mbak Muyass (founder Estrilook Community) rekomendasi template premium yang bagus dengan harga terjangkau. Malah sudah ada template premium yang saya incar. Tapi lagi-lagi karena pertimbangan ini, saya jadi maju mundur syantiiik.

Duh, mau ganti template saja sampai galau merana kayak gini, hehe. Sampai akhirnya pekan lalu pas ada obrolan terkait template di WAG 1 Minggu 1 Cerita, saya sengaja lempar pertanyaan.

"Saya mau ganti template juga nih, ke premium tapi katanya kalau ganti template gitu bisa bikin pv langsung anjlok ya?"

Nggak nyangka pertanyaan saya bakal dapat tanggapan seperti ini

"Katanya itu hanya bisa dibuktikan kalau sudah dilakukan" begitu tanggapan yang datang dari Mbak Reisha Humaira, salah satu admin 1 Minggu 1 Cerita.

Ditanggapi seperti itu saya jadi merasa tertantang dong. Oke, saya mau buktikan. Saat itu juga keinginan saya buat ganti template semakin besar, meski sikonnya nggak memungkinkan banget.

Pasalnya saya dan keluarga tengah dalam persiapan mau berangkat ke Makassar trus masih sempat-sempatnya saya ambil notbuk yang sudah lama tidak saya jamah dengan tujuan mau ganti template. Mana notbuknya lowbet, setelah saya cas ternyata error, nggak bisa terbuka sama sekali. Begini nih kalau notbuknya jarang digunakan.

Harapan saya agar bisa ganti template saat itu juga nyaris pupus. Lantas sekonyong-konyong ide untuk ganti template lewat hape muncul begitu saja. Yowes, saya beranikan diri ganti template lewat hp setelah mem-back up file template lama buat jaga-jaga bila terjadi kesalahan.

You know, bagaimana hasilnya? Benar-benar bikin speechless. Ternyata saya hanya butuh waktu hitungan detik untuk ganti template lewat hp, tidak serempong dan sesusah yang saya bayangkan sebelumnya. Beneran deh, ganti template blog (khusus blogspot) memang mudah sekali. Bisa kamu praktikkan sendiri.

Tapi pastikan kamu punya alasan yang jelas dan kuat sebelum ganti template. Jangan alasannya hanya karena liat template blog Si A keren, template blog Si B manis trus kamu mau ikut-ikutan. Jangan sampai nanti kamu jadi ketagihan gonta-ganti template kayak saya dulu hingga lupa dan luput isi blog dengan konten-konten baru, hehe.

Mengurus tampilan blog memang penting sih namun percayalah, urusan membuat konten yang ciamik jauh lebih utama bagi seorang blogger.  Kalau untuk masalah tampilan mah gampang. Kita tinggal pilih template yang sudah tersedia, mau yang berbayar atau yang gratisan. Tapi kalau masalah konten, kita yang harus turun tangan sendiri, mulai dari cari ide, menulis hingga membagikannya ke semua akun media sosial yang kita punya.


Jadi alasan kamu mau ganti template karena apa?

Kalau alasan saya terpaksa ganti template karena memang sudah saatnya, hehe. Bukan karena bosan lho ya. Jadi alasan sebenarnya saya ganti template karena waktu masih pake template lama, blog ini loadingnya lama banget kalau dibuka di hp dengan versi dekstop.

That's why, kemarin-kemarin sebelum ganti template saya sengaja setting blog ini dengan tampilan seluler. Soalnya saya juga nggak tahu gimana cara mengatasinya, sudah kompres gambar, kurangi widget dan bla bla tetap saja lambat loading jadi mungkin solusi terbaiknya saya ganti template saja.

Alhamdulillaah sejak ganti template dengan template yang saya gunakan sekarang, blog ini sudah nggak lelet lagi dibuka dengan versi dekstop :)

Pertimbangan Memilih Template Blog

Tema atau template adalah tampilan muka sebuah blog yang bisa didesain semenarik mungkin. Itulah sebabnya ada banyak sekali jenis template blog. Ada yang berbayar, ada juga yang gratisan. Bahkan template bawaan dari blogger atau blogspot juga ada. Tinggal kita saja mau pilih template yang mana.

Kalau saya pribadi lebih suka pilih template blog dari web penyedia jasa template, soalnya pilihan template yang tersedia di sana beragam dan modern pula. Nggak sama dengan template bawaan blogger atau template jadul yang pernah saya gunakan, hehe.

Kebanyakan template blog yang ada sekarang memang simple, minimalis tapi kereeen. Saya suka jenis template yang kayak gini. Namun sebaiknya jangan memilih template blog hanya berdasarkan tampilan kerennya saja. Apalagi kalau kamu ingin serius menekuni dunia blog. Tentu ada beberapa hal lain yang juga perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih template.

Setidaknya template blog yang disarankan memenuhi kriteria berikut ini ;

  • Seo Friendly (mudah terindeks google)
  • Responsive (tampilan menyesuaikan dengan gadget pengunjung blog)
  • Ads Ready (Tersedia iklan adsense)
  • Fast Loading (loading cepat, tidak lalod)
  • Clean (enak dipandang, nggak bikin mata sakit )
Kita bisa menemukan kriteria template tersebut pada web yang menyediakan template premium maupun gratis. Kamu bisa mencari dan mendonwload template yang kamu inginkan di sana. Berikut beberapa rekomendasi web penyedia template premium/gratis yang bisa kamu kunjungi ;


FYI, template yang saya gunakan saat ini masih gratisan ya tapi sepertinya sudah memenuhi kriteria template disarankan untuk blogger (semoga, hehe). Padahal tadinya saya sudah berencana mau beralih ke template premium cuma belum sempat belinya, haha jadi ya sudah saya pake template gratisan saja. Lagipula template gratisan nggak kalah bagus kok dengan template premium walau jelas ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Cara Mudah Ganti Template Blogger  Lewat Hp

Seperti yang sudah saya singgung di atas, cara mengganti template blog khusus blogger atau blogspot lewat hp ternyata mudah sekali. Cukup dengan beberapa langkah dan hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu praktikkan ;

Buka dashborad blog kamu lalu pilih menu tema


Langkah pertama yang harus kamu lakukan silakan buka dashborad lewat web dan pilih menu tema.  Saya bukanya lewat chrome. Oya, jangan heran kalau buka fitur tema di web hp, tampilannya jadi berubah. Tema ini termasuk fitur blog yang tampilannya sudah berubah. Ke depannya tampilan fitur yang lain juga akan berubah. Lebih mobile friendly tentunya.

Selanjutnya klik tanda titik tiga

Maka akan muncul submenu seperti di bawah ini

Pilih submenu cadangkan (back up) untuk mencandangkan file template lama



Jadi sebelum ganti template baru, pastikan kamu sudah lebih dulu mencadangkan file template lama dengan cara mendonwloadnya. Ini termasuk langkah penting yang jangan sampai kamu lewatkan. Tujuannya tentu saja buat jaga-jaga kalau-kalau ada kesalahan pada saat mengganti template baru.

Setelah cadangkan template lama, silakan ganti template dengan klik submenu pulihkan maka akan muncul top up berikut


Upload tema atau template yang sudah kita donwload dan ekstrak sebelumnya



Ingat file template yang di-upload adalah file yang berbentuk xml ya. Setelah berhasil ter-upload otomatis tampilan blog kamu juga sudah berubah sesuai dengan template baru.

Nah, tadinya saya pikir setelah ganti template dengan cara tersebut saya harus berurusan lagi dengan edit html dan layout untuk merapikan blog dan menyesuaikan dengan tampilan yang lama. Seperti harus memasang ulang header blog serta memasukkan kembali beberapa script kode html, termasuk script kode untuk penayangan iklan adsense dan lain sebagainya.

Perkiraan saya ternyata meleset, guys. Apa yang saya khawatirkan sungguh tidak terjadi. Setelah ganti template blog dengan cara upload tema, saya tidak perlu repot-repot merapikan tampilan blog saya yang baru karena hasilnya sudah sangat rapi dan langsung menyesuaikan dengan tampilan blog saya yang lama.

Header blog saya tetap ada, iklan adsense juga tetap muncul, begitupula dengan widget yang saya pasang sebelumnya. Adapun perubahan yang saya lakuan hanya menghilangkan satu widget yang memang tidak saya tambahkan pada template saya yang lama.

Well, saya beneran baru tahu ternyata ganti template dengan cara cadangkan dan pulihkan lebih mudah. Maklum, selama ini saya ganti templatenya selalu lewat desktop, itu pun gantinya langsung di laman edit html dengan cara copy paste kode html template yang hendak saya gunakan.

Jadi kalau kamu ingin ganti template yang hasilnya tetap menampilkan beberapa widget dari template lama, kamu bisa coba dengan cara cadangkan kemudian pulihkan. Cara ini mudah sekali dan bisa diterapkan lewat hp tanpa perlu buka laptop/notbuk. Kerennya lagi, dengan tampilan baru dari fitur tema, sekarang kita juga sudah bisa edit htlm lewat hp lho. Lebih praktis, bukan? Selamat mencoba :)

Salam,

You May Also Like

37 comments

  1. wah aku juga selama ini kalau ganti template pakai yang edit html soalnya kalau pakai yang xml itu suka ketindih-tindih hasilnya. ternyata kalau pakai hape malah jadi rapi ya?

    ReplyDelete
  2. saya belum pernah nih mengganti template menggunakan hp. eh, memang saya sangaaat setia ding dengan satu template saja. sudah nyaman dan males ganti ganti

    ReplyDelete
  3. Wah pingin nyobain juga ah,
    Nampak asyik πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  4. Blog saya blom pernah ganti dari awal, sekitar 8 th lalu..hihi.. antara males dan takut salah..itu alasanya..

    ReplyDelete
  5. Kalo aku awalnya nggak berani ganti template lewat hp Mba, takut malah jadi error. Tp semenjak blogger.com mulai ada perubahan, aku juga ganti template lewat hp. Tapi pas masukin kode-kode verifikasi webmaster dll di blognya tetep pake laptop biar gampang dan meminimalisir kode jadi error.

    ReplyDelete
  6. sepanjang saya dulu pakai blogger, ga pernah nyobain ganti template pakai hp mbak, malah baru tau ini kalau caranya amat gampang.

    saya sendiri dulu pakai laptop karena di layoutnya pasti berantakan setelah ganti template, makanya selalu pakai komputer

    ReplyDelete
  7. Katanya kalau.ganti template DA dan PA nya bakalan turun ya Mba..jd ragu ganti template makanya..hehe

    ReplyDelete
  8. Aku setiap bw itu selalu merhatiin blog temen2 yang kece aku tandai nanti biasanya setor ke suami buat gantiin eh ternyata pake hp juga bisa ya. Makasih

    ReplyDelete
  9. Masangnya sih, cepet. Tapi milih2nya itu yang kadang sampe berhari-hari. Iya nggak, sih?

    ReplyDelete
  10. Saya termasuk setia dengan satu template. Kayaknya udha tahunan gak ganti-ganti. Tetapi, sebelum gantu pun milihnya lama aja. Sampai benar-benar sreg dulu. Sekarang mudha ya bis alewat hp

    ReplyDelete
  11. aku udah ganti template hehehe biar PV melonjak maka rubah template deh :D

    ReplyDelete
  12. Aku ga bakal brani ganti2 template pake hp mbak. Hehe

    Btw, aku udah ganti template premium, hati pun tenang bgt udah gak ada keinginan buat ganti ganti template lagi mbak :D

    ReplyDelete
  13. salah satu blog aku mau ganti template tapi masih gak sempet aja kalau pas buka laptop, cobain dari hp aja ya biar cepet

    ReplyDelete
  14. Aku nyerah deh mba skarang kalau harus ganti template, mba. Hahha. DLu pernah bisa pasang semuanya sendiri, trus ada yang bilang kuatir ada virus, akhirnya gak pernah lagi :)

    ReplyDelete
  15. Saya masih di fase itu rupanya: utak atik template sampai lupa nulis. Namanya juga newbie. Seperti anak kecil menemukan mainan baru. Lupa segalanya. Tapi ganti template dari hp belum pernah sih. Baca tutor step by step di sini kelihatannya mudah ya.

    ReplyDelete
  16. aku lamaaa nih ngga pernah ganti template hehehe..just love what I have now. Tapi memang mudah yaa ganti tema untuk blogger via hp..

    ReplyDelete
  17. Aku simpan ah postingan ini. Aku mau ganti template taik belum kesampean

    ReplyDelete
  18. Wah gampang banget mbaaaa. Ya ampun aku baru tahu lho. Slama ini kupikir baiknya dari laptop aja. Makassih lho bermanfaat banget ulasannya

    ReplyDelete
  19. Haha akumasih belum ngerti ganti2 template walau udah ikutin tutorialnya makanya blog saat ini pakai bawaan bloggr dan edit2 sendiri.

    ReplyDelete
  20. enak ya blogger bisa ganti template via hp kalau WP harus lewat laptop bisa sih lewat hp tapi kurang nyaman

    ReplyDelete
  21. Aku juga beberapa kali ganti template mbak karena nemu yang lebih pas. Kalau ganti bisa seharian dan pilih mana yang bagus belum lagi penyesuaian hehe.

    ReplyDelete
  22. Sejak diupgrade developernya, aplikasi Blogger sekarang jadi lebih memudahkan para blogger yang demen ngeupdate di hape. Saya pribadi tetap lebih suka di laptop sih mba. Bukan apa-apa, jempol aku gede. hahaha

    ReplyDelete
  23. Blog saya juga baru ganti template nih Mbak. Saya pakai free template dari gooyabi.

    ReplyDelete
  24. Kalau menunya banyak dan widget beragam, kadang cara cadangkan dan pulihkan ini tidak 100 persen bisa sempurna juga mba. Ada beberapa bagian yang hilang. Saya paling enggan nih ganti template blog utama karena menunya berlapis-lapis di halaman depan hehehee... Ya udah pake template standar aja dari dulu. :)

    ReplyDelete
  25. Sepertinya jalan hidup para blogger memang harus pernah merasakan Gonta ganti template dulu ya. :D
    Saya juga dulu gitu, hobi banget Gonta ganti template terus, segala widget dicobain.

    Terus itu yang nyoba ganti pake HP takut berantakan saya juga sih, malah baru tau kalo ternyata ngga repot setelah baca ini, tapi belum kepikiran buat ganti template dulu.

    Baru ganti kemarin2 itu aja minta tolong sama Heru.skill ganti template sekarang udah lupa semua :D

    ReplyDelete
  26. Dulu awal2 ngeblog saya suka ganti template. Tapi setelah ngerti kalau itu ngaruh di SEO, jadi jarang ganti. Terakhir kali ganti karena ingin template yang responsive.

    Kalo ngeblog lewat hp saya masih sekedar untuk Edit postingan. Masih lebih suka utak-atik lewat laptop hehe

    ReplyDelete
  27. Mungkin blog gue lumayan sering gonta-ganti template. Entah karena berat lah, atau bosan, entah ga enak dilihat. Hahah. Pokoknya banyak banget alesannya. Tapi skrg, kayaknya stay dulu deh dengan templat yang saat ini. Kalo pun mau ganti lagi, semoga bisa beli yg premium.

    Mngkin karena kebiasaan copas kode html template dri notepad, lalu paste d html blog, jd ngerasa aneh aja kalo upload lgsg begitu.
    Tapi, bole dicoba, kalo nantinya mau gNti template lagi. Ehe

    ReplyDelete
  28. kakk sebenernya aku dulu sering ganti2 template blog gegara liat temen temen gitu
    tapi sering juga ngotak ngatik kode yg pada akhirnya menyerah :(
    apalagi klo lewat hape dulu sulitnya naudzubillah :(

    ReplyDelete
  29. Iya sama, dulu waktu semangat 45 ngeblog rajin banget utak-atik blog yang sekarang kalau diingat2 bingung sendiri dulu kok bisa ya haha.
    Enak ya sekarang semua praktis ganti template blog aja bisa semudah itu lewat hp :D

    ReplyDelete
  30. Pernah nyoba sih, pake teknik ini. Tapi, berhubung hasilnya gak sesuai yg diharapkan, jadinya tetep ganti themenya pake laptop. Hehehe.


    Btw, terimakasih panduannya yang udah dibahas secara detail bgt.

    ReplyDelete
  31. Jadi nostalgia, awal-awal bikin blog dan nyari template. Bisa hampir seminggu. Beberapa bulan, ganti lagi karena alasan bosan. Sempat membeli atau lebih tepatnya menyewa desain blog. Ah, sekarang saya hanya pakai template bawaan. Lebih minimalis dan simpel. Semakin tua memang semakin malas dengan yang ribet πŸ˜…

    ReplyDelete
  32. Wah, patut dicoba, nih. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  33. Belum pernah nyoba ganti template lewat hp, soalnya sering re-design template yang dipasang sesuai keinginan hehe, jadi mesti banyak otak-atik kodenya. Jadi aku ngeditnya pasti pake pc/laptop. Kecuali templatenya tinggal nempel aja baru pake hp, soalnya tinggal copas saja.
    Yang penting dari template itu harus responsive dan cepat, biar pengunjung betah baca isi postingannya

    ReplyDelete
  34. Aku tapi masih belum berani hahaa.. Kalau wordpress aku berani sih. Nggak seberantakan blogspot. Tapi masih lebih puas pakai laptop. But artikel ini sangat membantu deh. Jadi tahu kudu apa-apa yang disiapin.

    ReplyDelete
  35. oh baru tau ternyata bisa ya ganti template blogger lewat hp, bisa jadi salah satu cara nih bagi yang pengen nyoba hal baru. Tapi yang penting sih mesti dilihat dulu tuh gimana websitenya, SEO Friendly sama Responsive itu aku setuju banget sih kak. Biar user betah dan google juga betah ngeindex, hehe

    ReplyDelete
  36. Mba Siska keren banget postingannya ini, bermanfaat banget buat para blogger pemula yang belum tahu caranya. ALhamdulillah dengan adanya postingan ini jadi mereka tahu.

    ReplyDelete
  37. Berfaedah bangettttt nih sis. Sama ku juga dulu rasanya tiap minggu pingin ganti template. Haha kalau sekarang yg pnting seo friendly, terlihat clean dan simple plus fast loading aja. Jadilah kek punyaku gitu udah ga ubah ubah lagi.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.